Soal PSAS IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun 2023 - POJOK IPA -->

Pages

Soal PSAS IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun 2023

IPA KELAS 7 KURIKULUM MERDEKA

 

1.      Perhatikan pernyataan berikut ini !

(1)    pengetahuan sistematis tentang alam dan dunia fisik

(2)    berasal dari bahasa Latin yakni scientia yang artinya sosial

(3)    di dalamnya dipelajari tentang botani, fisika, kimia, geologi, zoologi, dan sebagainya; ilmu pengetahuan alam

(4)    Nama lain dari ilmu sosial

Pernyataan yang tepat tentang sains adalah ....


A.    (1) dan (3)

B.    (1) dan (4)

C.   (2) dan (3)

D.   (3) dan (4)


2.      Dito mempelajari tentang arus listrik dan magnet. Cabang ilmu Fisika yang dipelajari Dito adalah ....


A.  mekanika

B.  palentologi

C.  optika geometris

D.  elektronika


3.      Siswa kelas 7 A akan melaksanakan percobaan memanaskan cairan dalam tabung reaksi kimia! Peraturan keamanan yang tepat saat pelaksanaan percobaan tersebut adalah ....

A.  arahkan tabung reaksi ke orang lain

B.  gunakan penjepit tabung untuk memegang tabung reaksi

C.  panaskan cairan dengan api besar

D.  melakukan percobaan tanpa kacamata pengaman

4.      Cara atau pendekatan yang dipakai dalam penelitian suatu ilmu disebut ....


A.  metode ilmiah

B.  karya ilmiah

C.  pendekatan ilmiah

D.  langkah-langkah ilmiah


 

Stimulus 1 (untuk soal nomor 5)

Adam akan menyelidiki jalur yang dapat ditempuh dalam waktu terpendek (paling cepat) untuk berjalan dari rumahnya ke sekolah. Misalnya ada tiga jalur berbeda yang akan ia coba. Satu hari ia mencoba satu jalur. Ia mengukur waktu yang ditempuh dari rumahnya ke sekolah pada tiap jalur tersebut. Karena Adam hanya ingin mencari satu jalur yang tercepat, maka ia sendiri yang akan berjalan menempuh jalur tersebut.

5.      Soal nomor 5

Berdasarkan ilustrasi stimulus 1 tersebut, variabel bebas dari penyelidikan tersebut adalah ....

A.     waktu tempuh dari rumah ke sekolah

B.     waktu tempuh dari satu jalur ke jalur yang lainnya

C.     jalur yang dapat ditempuh dalam waktu terpendek

D.     jalur yang ditempuh dari rumah ke sekolah

6.      Perhatikan tabel berikut !

No

Besaran

Satuan

Alat ukur

(1)

Suhu

celcius

Termometer

(2)

Waktu

sekon

Stopwatch

(3)

Massa

kilogram

Neraca

(4)

Panjang

meter

Speedometer

Berdasarkan tabel di atas, besaran dengan satuan dalam Sistem Internasional dan alat ukur yang sesuai ditunjukkan oleh nomor ....


A.     (1) dan (2)

B.     (1) dan (4)

C.     (2) dan (3)

D.     (3) dan (4)


7.      Perhatikan tabel berikut !

No

Besaran

Satuan

(1)

Volume

m3

(2)

Kuat arus

ampere

(3)

Intensitas cahaya

kandela

(4)

Tegangan listrik

volt

(5)

Tekanan

N/m2

Berdasarkan tabel tersebut, besaran turunan dengan satuannya dalam Satuan Internasional adalah ....


A.     (1), (2) dan (3)

B.     (1), (4) dan (5)

C.     (2), (3) dan (4)

D.     (2), (4) dan (5


8.  Perhatikan gambar !

Menunjukkan hasil pengukuran seorang siswa menggunakan meteran. Hasil pengukuran siswa tersebut adalah ….


A.     35,0 mm

B.     35,1 mm

C.     36,0 mm

D.     36,5 mm


9.      Cara penulisan penyajian data hasil pengukuran untuk percobaan menyelidiki suhu teh setelah didiamkan beberapa saat ke dalam tabel yang tepat adalah ....

A.                                               

Lama waktu (menit)

Suhu teh (0C)

0

60

2

58,50

4

55,0

6

51,00

B.                                               

Lama waktu (menit)

Suhu teh (0C)

0

60,5

2

58,55

4

55,60

6

51,0

C.                                               

Lama waktu (menit)

Suhu teh (0C)

0

60,0

2

5,80

4

55,0

6

5,10

D.                                               

Lama waktu (menit)

Suhu teh (0C)

0

60,0

2

58,0

4

55,0

6

51,0

10.   Data hasil pengamatan yang dilakukan oleh seorang siswa sebagai berikut!

No

Lama perendaman biji kacang hijau

Persentase biji yang berkecambah

1

1 hari

56 %

2

2 hari

78 %

3

3 hari

90 %

4

4 hari

75 %

5

5 hari

50 %

Kesimpulan yang dapat kita peroleh dari tabel hasil percobaan tersebut adalah ….

A.     perendaman biji kacang hijau yang paling baik sebelum ditanam adalah 5 hari

B.     biji kacang hijau akan berkecambah secara optimal ketika direndam selama 3 hari

C.     semakin lama biji kacang hijau direndam, maka semakin banyak biji kacang hijau yang berkecambah

D.     tidak ada pengaruh lama perendaman biji kacang hijau dengan banyaknya biji kacang hijau yang berkecambah.

11.   Urutan langkah-langkah laporan penelitian ilmiah dari suatu percobaan yang tepat adalah ....

A.     tujuan percobaan, hipotesis, alat dan bahan,variabel, prosedur, pengolahan data, kesimpulan

B.     tujuan percobaan, hipotesis, variabel, prosedur, alat dan bahan, pengolahan data, kesimpulan

C.     tujuan percobaan, variabel, hipotesis, alat dan bahan, prosedur, pengolahan data, kesimpulan

D.     tujuan percobaan, hipotesis, variabel, alat dan bahan, prosedur, pengolahan data, kesimpulan

 

Stimulus 2 untuk nomor 12

Nino bersama kelompoknya melakukan role playing (bermain peran) susunan model partikel zat dengan membentuk tiga baris dan berdiri sangan rapat, tidak ada jarak satu dengan yang lainnya, kemudian menggetarkan tubuh mereka dengan tetap mempertahankan jarak yang saling berdekatan sehingga agak sulit untuk bergerak.

12.   No 12.

Berdasarkan ilustrasi stimulus 2 tersebut, kelompok Nino bermain peran sebagai zat ....


A.     padat

B.     cair

C.     gas

D.     campuran


13.   Perhatikan benda-benda pada gambar berikut !

Sifat ketiga benda pada gambar di atas yang benar adalah ....

A.     balok kayu mempunyai volume tetap dan bentuk berubah sesuai tempatnya

B.     awan mempunyai volume dan bentuk berubah sesuai tempatnya

C.     minyak goreng mempunyai volume dan bentuk tetap

D.     ketiga benda mempunyai volume dan bentuk yang tetap

14.   Perhatikan data berikut! ....


(1)    oksigen

(2)    balok kayu

(3)    seng

(4)    oksigen

Dari data tersebut, zat yang memiliki ikatan antar partikel paling lemah adalah . . . .


A.     (4)

B.     (3)

C.     (2)

D.     (1)


15.   Dalam tabung LPJ dan korek api berwujud cair, tetapi ketika dibuka yang keluar berupa gas, hal ini disebabkan karena ....


A.     di dalam tabung tekanan gas sangat rendah, sehingga berubah wujud menjadi cair

B.     di dalam tabung tekanan gas sangat tinggi, sehingga berubah wujud menjadi cair

C.     di dalam tabung suhu gas sangat rendah, sehingga berubah wujud menjadi cair

D.     di dalam tabung suhu gas sangat tinggi, sehingga berubah wujud menjadi cair


16.   Perhatikan data tentang penggunaan bahan berikut!

(1)    Gas elpiji sebagai bahan bakar, karena mudah terbakar, dan menghasilkan kalor yang besar.

(2)    Tembaga sebagai kabel listrik, karena memiliki daya hantar listrik yang baik.

(3)    Helium sebagai bahan pengisi balon udara, karena memiliki massa yang ringan.

(4)    Aluminium sebagai bahan pembuat alat memasak, karena tidak mudah korosi

Penggunaan bahan di atas yang memanfaatkan sifat fisika adalah ....


A.     (1) dan (2)    

B.     (1) dan (4)    

C.     (2) dan (3)    

D.     (3) dan (4)


17.   Perhatikan peristiwa berikut!

(1)    Buah apel dikupas kemudian didiamkan beberapa saat

(2)    Garam dilarutkan dalam air

(3)    Kertas dibakar

(4)    Lilin dipanaskan kemudian didinginkan

Peristiwa yang merupakan perubahan kimia adalah ....


A.     (1) dan (3)

B.     (1) dan (4)

C.     (2) dan (3)

D.     (2) dan (4)


 

Stimulus 3 (untuk soal nomor 18, 19, dan 20)

MASSA JENIS

Massa jenis  adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya. Massa jenis setiap materi berbeda-beda, yang dapat dijadikan sebagai penanda suatu zat. Massa jenis suatu zat yang sama tetap sama, walaupun ukurannya berbeda.

Gambar berikut untuk membandingkan massa dari empat materi yang volumenya sama yang berbentuk kubus dengan panjang sisi masing-masing 1 cm.

Dari gambar tersebut, kita dapat mengetahui materi mana yang paling rapat atau dengan kata lain yang massa jenisnya paling tinggi. Jika dibandingkan massa 1 kg besi dengan massa 1 kg kayu adalah sama, hanya saja akan dibutuhkan banyak sekali kayu agar dapat mencapai massa 1 kg, sementara besi hanya dibutuhkan sedikit, nah dengan demikian yang berbeda antara besi 1 kg dengan kayu 1 kg adalah volumenya.

18.   soal 18

Berdasarkan stimulus 3 Pernyataan berikut yang adalah . . . .

A.     massa 2 liter minyak adalah 2 kg

B.     balok kayu yang bervolume 1 m3 akan tenggelam ketika berada di dalam air.

C.     massa jenis air jika dinyatakan dalam sistem mks adalah 100 kg/ m3

D.     batang besi yang massanya 15,8 kg memiliki volume 2 dm3

 

19.   Soal 19

Perhatikan pernyataan berikut!

(1)    massa jenis didefinisikan sebagai hasil bagi antara besaran massa dengan besaran volume.

(2)    benda yang massa jenisnya lebih kecil akan memiliki volume yang lebih besar jika massanya sama.

(3)    zat yang sama akan memiliki massa jenis yang berbeda, jika ukuran volumenya berbeda

(4)    massa 1 kg besi lebih berat dari pada massa 1 kg minyak

Berdasarkan stimulasi 3, maka pernyataan yang benar adalah . . . .


A.     (1) dan (2)

B.     (1) dan (3)

C.     (2) dan (4)

D.     (3) dan (4)


20.   Soal 20

Berdasarkan stimulasi 3, jika massa semua benda adalah sama, maka urutan yang benar untuk benda yang memiliki volume dari yang terbesar adalah . . . .


A.     air, minyak, besi, kayu

B.     minyak, kayu, air, besi

C.     besi, kayu, air, minyak

D.     kayu, air, minyak, besi


21.   Termometer dibuat berdasarkan prinsip bahwa perubahan suhu dapat menyebabkan ....


A.     perubahan tekanan

B.     perubahan wujud

C.     perubahan volume

D.     perubahan massa jenis


22.   Pada sebuah termometer y, titik beku air adalah 50°y dan titik didih air adalah 200°y. Bila suhu suatu benda diukur dengan termometer celcius 60°C, suhu benda tersebut bila diukur dengan termometer y adalah . . . .


A.     40°y

B.     90°y

C.     110°y

D.     140°y


 

Stimulus 4! (untuk soal nomor 23)

SKALA KELVIN

Penentuan skala Kelvin berdasarkan gerak partikel atau energi kinetik dari molekul sebuah zat. Ketika mencapai skala temperatur absolut, seluruh partikel penyusun zat tersebut tidak bergerak sama sekali. Kalau dilihat dengan pengukuran Celcius, ini terjadi pada suhu -273°C (lebih tepatnya -273.15°C). 

Melihat ini, Kelvin mencetuskan skala temperatur absolut yang kemudian disebut Skala Kelvin yang dimulai dari 0. Makanya, skala Kelvin memiliki titik beku air pada 273 K dan titik didih air pada 373 K.

Temperatur absolut tadi dianggap sebagai titik awal atau 0 kelvin. Jadi, pada titik 0 K ini, suhu benar-benar dingin hingga molekul zat berhenti bergerak. Oleh sebab itu, suhu Kelvin itu mutlak, alias tidak mungkin minus. 

https://www.zenius.net/blog/sejarah-skala-kelvin

23.   Soal 23

Berdasarkan stimulus 4, pernyataan berikut yang benar adalah  . . . .

A.  suhu ketika es sedang melebur adalah -273°C

B.  suhu ketika seluruh partikel penyusun zat tidak bergerak sama sekali adalah  0 K

C.  temperatur absolut adalah suhu campuran antara air dan es yaitu 0 K

D.  suhu air ketika mendidih adalah 273 K

24.   Usai mandi kita selalu mengeringkan badan kita dengan menggunakan kain handuk. Kain handuk tersebut dapat kering meskipun tidak kita jemur di bawah teriknya sinar matahari. Hal tersebut dikarenakan air yang membasahi handuk mengalami peristiwa ....


A.     mendidih

B.     menguap

C.     menyublim

D.     mencair


25.   Perhatikan pernyataan berikut!

(1)    Menuangkan minuman panas ke lepek

(2)    Menjemur pakain di bawah teriknya matahari

(3)    Meniupkan udara diatas permukaan air panas

(4)    Menutup panci masak ketika merebus air

Berdasarkan pernyataan tersebut, cara untuk mempercepat penguapan adalah nomor….


A.     (1), (2) dan (3)

B.     (1), (2) dan (4)

C.     (2), (3) dan (4)

D.     (1), (2), (3) dan (4)


26.   Kalor lebur es adalah kalor yang diperlukan untuk mengubah es menjadi air pada suhu konstan. Besarnya kalor lebur es adalah 80 kal/g. jika massa es yang mencair adalah 50 g, maka jumlah kalor yang diperlukan adalah . . . .


A.     1.000 kal

B.     2.000 kal

C.     4.000 kal

D.     5.000 kal


27.   Ibu akan membuat  adonan roti dan membutuhkan air dengan suhu 50°C. Namun, ibu tidak memiliki alat pemanas. Salah satu solusinya, mencampurkan air bejana A dengan air di bejana lain seperti gambar berikut.

Air dalam bejana yang harus dicampurkan ke dalam bejana A agar menghasilkan suhu akhir yang dikehendaki itu adalah . . . .


A.         P

B.         Q

C.         R

D.        S


28.   Sebuah baja yang memiliki panjang 1000 cm dengan suhu 30°C dipanaskan sehingga suhunya menjadi 80°C. Diketahui koefisien muai panjang baja adalah 0,000012/°C. Pertambahan panjang baja tersebut adalah ….


A.    0,006 cm

B.    0,036 cm

C.    1.006 cm

D.    1.000,6 cm


29.   Perhatikan gambar bimetal berikut!

Berdasarkan daftar koefisien muai logam berikut,

Logam

𝜶 ( /0C )

Kuningan

2,4 . 10−5

Besi

1,2 . 10−5

Baja

1,1 . 10−5

Alumunium

2,7 . 10−5

 logam yang logis untuk M dan N adalah….


A.    kuningan dan besi

B.    besi dan baja

C.    kuningan dan aluminium

D.    aluminium dan baja


30.   Perhatikan gambar transmisi listrik jarak jauh berikut!

Pemasangan kabel listrik pada siang hari dibuat kendor bertujuan agar ….

A.     pada keadaan panas kabel listrik dapat diputus

B.     tidak menyusut, ketika dialiri arus listrik

C.     pada cuaca dingin, kabel listrik tidak putus

D.     pada siang hari kabel listrik cepat memuai

 

Uraian

31.   Sebutkan nama alat-alat laboratorium IPA berikut ini lalu lengkapi dengan fungsinya masing-masing !

32.   Dalam menemukan sebuah konsep atau fakta, para ilmuwan bekerja dengan serangkaian tahapan yang meliputi mengamati, bertanya, merancang dan melakukan penyelidikan, mengumpulkan data, dan membuat kesimpulannya. Cara kerja seperti itu disebut sebagai metode ilmiah, yaitu cara atau pendekatan yang digunakan dalam suatu penelitian.

Dari deskripsi tersebut, tuliskan langkah-langkah dalam metode ilmiah secara berurutan!

Stimulus 5 (soal nomor 33 dan 34)


33.   Berdasarkan infografis pada stimulus 5, Jawablah benar atau salah setiap pernyataan berikut!

1)    Ukuran mata jaring yang digunakan untuk menangkap ikan patin adalah 2,54 cm.

2)    Massa satu ekor ikan patin dapat mencapai 0,7 kg ketika dipanen.

3)    Setiap wadah yang digunakan saat panen dapat diisi ikan patin maksimum dengan massa 70 kg

4)    Saat diangkut, ikan patin diletakkan dalam drum yang diberi lubang pada bagian atas dengan ukuran 30 cm x 20 cm

34.   Berdasarkan infografis pada stimulus 5, tulislah pernyataan yang benar dari pernyataan-pernyataan berikut (jawaban boleh lebih dari satu)

      Satuan dari lamanya waktu panen parsial adalah bukan dalam satuan SI.

      Volume merupakan besaran turunan dari besaran pokok panjang dan waktu.

      Massa dari ikan patin yang akan dipanen merupakan salah satu contoh besaran pokok.

      Satuan yang digunakan untuk menyatakan ukuran mata jaring adalah satuan tak baku.

35.   Tuliskan nama perubahan wujud zat pada setiap arah panah !

36.   Perhatikan gambar!

Suhu t pada termometer Fahrenheit adalah ... .

37.   Sebuah teko listrik diisi air sebanyak 1,5 kg dengan suhu 25oC. Jika kalor yang diserap air sebanyak 12 600 joule dan kalor jenis air 4 200 J/kgoC, suhu akhir air tersebut adalah . . . .

Stimulus 6 (untuk soal nomor 38, 39, dan 40)

Termos pertama kali diciptakan tahun 1902 oleh James Dewar. Pada saat itu, James Dewar menghadapi masalah menyangkut minuman untuk bayinya. Ia ingin bayinya selalu minum susu yang masih hangat. Akan tetapi, mempertahankan susu agar hangat dalam waktu yang lama merupakan masalah sulit pada waktu itu. Akhirnya James Dewar mengatasi masalah itu dengan menciptakan botol vakum. Botol vakum merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk mencegah agar panas tidak menjalar. Sementara itu, dinding sebelah dalam botol tersebut dilapisi perak untuk mempertahankan panas. Botol vakum itulah yang kemudian menjadi asal mula ditemukannya termos.

Termos adalah botol yang diberi dinding dalam rangkap, yang dirancang membentuk seperti kaca dengan bahan mengkilap yang dapat menyimpan cairan agar tetap memiliki suhu seperti semula. Termos biasanya digunakan untuk menyimpan air panas. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca. Kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat. Dengan kata lain, radiasi panas yang dipancarkan oleh air mendidih, dapat ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari bahan kaca yang mengkilap dengan lapisan perak. Dengan demikian, air panas tersebut dapat bertahan dalam termos selama beberapa jam. Gambar berikut menunjukkan bagian-bagian yang terdapat pada termos.

38.   Soal 38

Berdasarkan stimulus 6, apakah pernyataan berikut benar atau salah? Beri tanda contreng (√) pada kolom B jika pernyataan benar dan pada kolom S jika pernyataan salah

No

Pernyataan

B

S

Tutup termos terbuat dari bahan isolator agar tidak terjadi perpindahan kalor secara konduksi

 

 

Dinding termos dibuat mengkilap agar tidak terjadi radiasi kalor

 

 

Termos mengisolasi panas 100% sehingga tidak terjadi perpindahan kalor

 

 

Termos dibuat hampa agar tidak terjadi perpindahan kalor secara radiasi

 

 

39.   Soal 39

Berdasarkan stimulus 6, pasangkan pernyataan berikut dengan jawaban yang benar

Pernyataan

 

 

Jawaban

Bahan yang digunakan untuk membuat bagian bawah termos

A

Perak

Bahan yang dapat mencegah terjadinya perpindahan kalor secara radiasi pada termos

B

Botol vakum

Asal mula ditemukannya termos

C

Karet

Panas yang terjadi di dalam termos sehingga menyebabkan tidak ada kalor yang masuk maupun kalor yang keluar

D

Konveksi

 

 

E

Sistem terisolasi

40.   Soal 40

Berdasarkan stimulus 6, tuliskan desain yang ada pada termos untuk menghindari terjadinya perpindahan kalor secara radiasi.




 

0 Response to "Soal PSAS IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun 2023"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel