Soal PSAS IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun 2023
IPA KELAS 7 KURIKULUM MERDEKA
1.
Perhatikan pernyataan berikut ini !
(1) pengetahuan sistematis tentang alam dan
dunia fisik
(2) berasal dari bahasa Latin yakni scientia
yang artinya sosial
(3) di dalamnya dipelajari tentang botani,
fisika, kimia, geologi, zoologi, dan sebagainya; ilmu pengetahuan alam
(4) Nama lain dari ilmu sosial
Pernyataan
yang tepat tentang sains adalah ....
A. (1)
dan (3)
B. (1)
dan (4)
C. (2)
dan (3)
D. (3)
dan (4)
2.
Dito mempelajari tentang arus listrik dan
magnet. Cabang ilmu Fisika yang dipelajari Dito adalah ....
A. mekanika
B. palentologi
C. optika
geometris
D. elektronika
3.
Siswa kelas 7 A akan melaksanakan percobaan
memanaskan cairan dalam tabung reaksi kimia! Peraturan keamanan yang tepat saat
pelaksanaan percobaan tersebut adalah ....
A. arahkan
tabung reaksi ke orang lain
B. gunakan
penjepit tabung untuk memegang tabung reaksi
C. panaskan
cairan dengan api besar
D. melakukan
percobaan tanpa kacamata pengaman
4.
Cara atau pendekatan yang dipakai dalam
penelitian suatu ilmu disebut ....
A. metode
ilmiah
B. karya
ilmiah
C. pendekatan
ilmiah
D. langkah-langkah
ilmiah
Stimulus 1 (untuk
soal nomor 5)
Adam
akan menyelidiki jalur yang dapat ditempuh dalam waktu terpendek (paling cepat)
untuk berjalan dari rumahnya ke sekolah. Misalnya ada tiga jalur berbeda yang
akan ia coba. Satu hari ia mencoba satu jalur. Ia mengukur waktu yang ditempuh
dari rumahnya ke sekolah pada tiap jalur tersebut. Karena Adam hanya ingin
mencari satu jalur yang tercepat, maka ia sendiri yang akan berjalan menempuh
jalur tersebut.
5.
Soal nomor 5
Berdasarkan
ilustrasi stimulus 1 tersebut, variabel bebas dari penyelidikan tersebut adalah
....
A.
waktu tempuh dari rumah ke sekolah
B.
waktu tempuh dari satu jalur ke jalur yang
lainnya
C.
jalur yang dapat ditempuh dalam waktu terpendek
D.
jalur yang ditempuh dari rumah ke sekolah
6.
Perhatikan tabel berikut !
No |
Besaran |
Satuan |
Alat ukur |
(1) |
Suhu |
celcius |
Termometer |
(2) |
Waktu |
sekon |
Stopwatch |
(3) |
Massa |
kilogram |
Neraca |
(4) |
Panjang |
meter |
Speedometer |
Berdasarkan
tabel di atas, besaran dengan satuan dalam Sistem Internasional dan alat ukur
yang sesuai ditunjukkan oleh nomor ....
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (4)
C.
(2) dan (3)
D.
(3) dan (4)
7.
Perhatikan tabel berikut !
No |
Besaran |
Satuan |
(1) |
Volume |
m3 |
(2) |
Kuat
arus |
ampere |
(3) |
Intensitas
cahaya |
kandela |
(4) |
Tegangan
listrik |
volt |
(5) |
Tekanan |
N/m2 |
Berdasarkan
tabel tersebut, besaran turunan dengan satuannya dalam Satuan Internasional
adalah ....
A.
(1), (2) dan (3)
B.
(1), (4) dan (5)
C.
(2), (3) dan (4)
D.
(2), (4) dan (5
8. Perhatikan gambar !
Menunjukkan
hasil pengukuran seorang siswa menggunakan meteran. Hasil pengukuran siswa tersebut
adalah ….
A.
35,0 mm
B.
35,1 mm
C.
36,0 mm
D.
36,5 mm
9.
Cara penulisan penyajian data hasil pengukuran
untuk percobaan menyelidiki suhu teh setelah didiamkan beberapa saat ke dalam
tabel yang tepat adalah ....
A.
Lama waktu (menit) |
Suhu teh (0C) |
0 |
60 |
2 |
58,50 |
4 |
55,0 |
6 |
51,00 |
B.
Lama waktu (menit) |
Suhu teh (0C) |
0 |
60,5 |
2 |
58,55 |
4 |
55,60 |
6 |
51,0 |
C.
Lama waktu (menit) |
Suhu teh (0C) |
0 |
60,0 |
2 |
5,80 |
4 |
55,0 |
6 |
5,10 |
D.
Lama waktu (menit) |
Suhu teh (0C) |
0 |
60,0 |
2 |
58,0 |
4 |
55,0 |
6 |
51,0 |
10.
Data hasil pengamatan yang dilakukan oleh
seorang siswa sebagai berikut!
No |
Lama perendaman biji kacang
hijau |
Persentase
biji yang berkecambah |
1 |
1 hari |
56 % |
2 |
2 hari |
78 % |
3 |
3 hari |
90 % |
4 |
4 hari |
75 % |
5 |
5 hari |
50 % |
Kesimpulan yang dapat kita peroleh dari tabel
hasil percobaan tersebut adalah ….
A.
perendaman biji kacang hijau yang paling baik
sebelum ditanam adalah 5 hari
B.
biji kacang hijau akan berkecambah secara
optimal ketika direndam selama 3 hari
C.
semakin lama biji kacang hijau direndam, maka
semakin banyak biji kacang hijau yang berkecambah
D.
tidak ada pengaruh lama perendaman biji kacang
hijau dengan banyaknya biji kacang hijau yang berkecambah.
11.
Urutan langkah-langkah laporan penelitian ilmiah
dari suatu percobaan yang tepat adalah ....
A.
tujuan percobaan, hipotesis, alat dan
bahan,variabel, prosedur, pengolahan data, kesimpulan
B.
tujuan percobaan, hipotesis, variabel, prosedur,
alat dan bahan, pengolahan data, kesimpulan
C.
tujuan percobaan, variabel, hipotesis, alat dan
bahan, prosedur, pengolahan data, kesimpulan
D.
tujuan percobaan, hipotesis, variabel, alat dan
bahan, prosedur, pengolahan data, kesimpulan
Stimulus 2 untuk
nomor 12
Nino
bersama kelompoknya melakukan role playing (bermain peran) susunan model
partikel zat dengan membentuk tiga baris dan berdiri sangan rapat, tidak ada
jarak satu dengan yang lainnya, kemudian menggetarkan tubuh mereka dengan tetap
mempertahankan jarak yang saling berdekatan sehingga agak sulit untuk bergerak.
12.
No 12.
Berdasarkan
ilustrasi stimulus 2 tersebut, kelompok Nino bermain peran sebagai zat ....
A.
padat
B.
cair
C.
gas
D.
campuran
13.
Perhatikan benda-benda pada gambar berikut !
Sifat
ketiga benda pada gambar di atas yang benar adalah ....
A.
balok kayu mempunyai volume tetap dan bentuk
berubah sesuai tempatnya
B.
awan mempunyai volume dan bentuk berubah sesuai
tempatnya
C.
minyak goreng mempunyai volume dan bentuk tetap
D.
ketiga benda mempunyai volume dan bentuk yang
tetap
14.
Perhatikan data berikut! ....
(1)
oksigen
(2)
balok kayu
(3)
seng
(4)
oksigen
Dari
data tersebut, zat yang memiliki ikatan antar partikel paling lemah adalah . .
. .
A.
(4)
B.
(3)
C.
(2)
D.
(1)
15.
Dalam tabung LPJ dan korek api berwujud cair,
tetapi ketika dibuka yang keluar berupa gas, hal ini disebabkan karena ....
A.
di dalam tabung tekanan gas sangat rendah,
sehingga berubah wujud menjadi cair
B.
di dalam tabung tekanan gas sangat tinggi,
sehingga berubah wujud menjadi cair
C.
di dalam tabung suhu gas sangat rendah, sehingga
berubah wujud menjadi cair
D.
di dalam tabung suhu gas sangat tinggi, sehingga
berubah wujud menjadi cair
16.
Perhatikan data tentang penggunaan bahan
berikut!
(1)
Gas elpiji sebagai bahan bakar, karena mudah terbakar,
dan menghasilkan kalor yang besar.
(2)
Tembaga sebagai kabel listrik, karena memiliki
daya hantar listrik yang baik.
(3)
Helium sebagai bahan pengisi balon udara, karena
memiliki massa yang ringan.
(4)
Aluminium sebagai bahan pembuat alat memasak,
karena tidak mudah korosi
Penggunaan
bahan di atas yang memanfaatkan sifat fisika adalah ....
A. (1)
dan (2)
B. (1)
dan (4)
C. (2)
dan (3)
D. (3)
dan (4)
17.
Perhatikan peristiwa berikut!
(1)
Buah apel dikupas kemudian didiamkan beberapa
saat
(2)
Garam dilarutkan dalam air
(3)
Kertas dibakar
(4)
Lilin dipanaskan kemudian didinginkan
Peristiwa yang merupakan perubahan kimia adalah
....
A.
(1) dan (3)
B.
(1) dan (4)
C.
(2) dan (3)
D.
(2) dan (4)
Stimulus 3 (untuk
soal nomor 18, 19, dan 20)
MASSA JENIS
Massa jenis adalah pengukuran massa
setiap satuan volume benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka
semakin besar pula massa setiap volumenya. Massa jenis setiap materi
berbeda-beda, yang dapat dijadikan sebagai penanda suatu zat. Massa jenis suatu
zat yang sama tetap sama, walaupun ukurannya berbeda.
Gambar berikut untuk membandingkan massa dari empat materi yang
volumenya sama yang
berbentuk kubus dengan panjang sisi masing-masing 1 cm.
Dari gambar tersebut, kita dapat mengetahui materi mana yang paling
rapat atau dengan kata lain yang massa jenisnya paling tinggi. Jika
dibandingkan massa 1 kg besi dengan massa 1 kg kayu adalah sama, hanya saja
akan dibutuhkan banyak sekali kayu agar dapat mencapai massa 1 kg, sementara
besi hanya dibutuhkan sedikit, nah dengan demikian yang berbeda antara besi 1
kg dengan kayu 1 kg adalah volumenya.
18.
soal 18
Berdasarkan
stimulus 3 Pernyataan berikut yang adalah . . . .
A. massa
2 liter minyak adalah 2 kg
B. balok
kayu yang bervolume 1 m3
akan tenggelam ketika berada di dalam air.
C. massa
jenis air jika dinyatakan dalam sistem mks adalah 100 kg/ m3
D. batang
besi yang massanya 15,8 kg memiliki volume 2 dm3
19.
Soal 19
Perhatikan
pernyataan berikut!
(1) massa
jenis didefinisikan sebagai hasil bagi antara besaran massa dengan besaran
volume.
(2) benda
yang massa jenisnya lebih kecil akan memiliki volume yang lebih besar jika
massanya sama.
(3)
zat yang sama akan memiliki massa jenis
yang berbeda, jika ukuran volumenya berbeda
(4)
massa 1 kg
besi lebih berat dari pada massa 1 kg minyak
Berdasarkan
stimulasi 3, maka pernyataan yang benar adalah . . . .
A. (1)
dan (2)
B. (1)
dan (3)
C. (2)
dan (4)
D. (3)
dan (4)
20.
Soal 20
Berdasarkan
stimulasi 3, jika massa semua benda adalah sama, maka urutan yang benar untuk
benda yang memiliki volume dari yang terbesar adalah . . . .
A.
air, minyak, besi, kayu
B.
minyak, kayu, air, besi
C.
besi, kayu, air, minyak
D.
kayu, air, minyak, besi
21.
Termometer dibuat berdasarkan prinsip bahwa
perubahan suhu dapat menyebabkan ....
A.
perubahan tekanan
B.
perubahan wujud
C.
perubahan volume
D.
perubahan massa jenis
22.
Pada sebuah termometer y, titik beku air adalah 50°y
dan titik didih air adalah 200°y. Bila suhu suatu benda diukur dengan
termometer celcius 60°C, suhu benda tersebut bila diukur dengan termometer y
adalah . . . .
A.
40°y
B.
90°y
C.
110°y
D.
140°y
Stimulus
4! (untuk soal nomor 23)
SKALA KELVIN
Penentuan
skala Kelvin berdasarkan
gerak partikel atau energi kinetik dari molekul sebuah zat. Ketika mencapai
skala temperatur absolut, seluruh partikel penyusun zat tersebut tidak bergerak
sama sekali. Kalau dilihat dengan pengukuran Celcius, ini terjadi pada suhu
-273°C (lebih tepatnya -273.15°C).
Melihat
ini, Kelvin mencetuskan skala temperatur absolut yang kemudian disebut Skala
Kelvin yang dimulai
dari 0. Makanya, skala Kelvin memiliki titik beku air pada 273
K dan titik didih air pada 373 K.
Temperatur
absolut tadi dianggap sebagai
titik awal atau 0 kelvin. Jadi, pada titik 0 K ini, suhu benar-benar dingin
hingga molekul zat berhenti bergerak. Oleh sebab itu, suhu Kelvin itu
mutlak, alias tidak mungkin minus.
https://www.zenius.net/blog/sejarah-skala-kelvin
23.
Soal 23
Berdasarkan stimulus 4, pernyataan berikut yang
benar adalah . . . .
A. suhu
ketika es sedang melebur adalah -273°C
B. suhu
ketika seluruh partikel penyusun zat tidak bergerak sama sekali adalah 0 K
C. temperatur
absolut adalah suhu campuran antara air dan es yaitu 0 K
D. suhu
air ketika mendidih adalah 273 K
24.
Usai mandi kita selalu mengeringkan badan kita dengan
menggunakan kain handuk. Kain handuk tersebut dapat kering meskipun tidak kita
jemur di bawah teriknya sinar matahari. Hal tersebut dikarenakan air yang
membasahi handuk mengalami peristiwa ....
A.
mendidih
B.
menguap
C.
menyublim
D.
mencair
25.
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menuangkan
minuman panas ke lepek
(2) Menjemur
pakain di bawah teriknya matahari
(3) Meniupkan
udara diatas permukaan air panas
(4) Menutup
panci masak ketika merebus air
Berdasarkan
pernyataan tersebut, cara untuk mempercepat penguapan adalah nomor….
A. (1),
(2) dan (3)
B. (1),
(2) dan (4)
C. (2),
(3) dan (4)
D. (1),
(2), (3) dan (4)
26.
Kalor lebur es adalah kalor yang diperlukan
untuk mengubah es menjadi air pada suhu konstan. Besarnya kalor lebur es adalah
80 kal/g. jika massa es yang mencair adalah 50 g, maka jumlah kalor yang
diperlukan adalah . . . .
A.
1.000 kal
B.
2.000 kal
C.
4.000 kal
D.
5.000 kal
27.
Ibu akan membuat
adonan roti dan membutuhkan air dengan suhu 50°C. Namun, ibu tidak
memiliki alat pemanas. Salah satu solusinya, mencampurkan air bejana A dengan
air di bejana lain seperti gambar berikut.
Air dalam
bejana yang harus dicampurkan ke dalam bejana A agar menghasilkan suhu akhir
yang dikehendaki itu adalah . . . .
A.
P
B.
Q
C.
R
D.
S
28.
Sebuah baja yang memiliki panjang 1000 cm dengan
suhu 30°C dipanaskan sehingga suhunya menjadi 80°C. Diketahui koefisien muai
panjang baja adalah 0,000012/°C. Pertambahan panjang baja tersebut adalah ….
A. 0,006 cm
B. 0,036 cm
C. 1.006 cm
D. 1.000,6 cm
29.
Perhatikan gambar bimetal berikut!
Berdasarkan
daftar koefisien muai logam berikut,
Logam |
𝜶 (
/0C ) |
Kuningan |
2,4 . 10 |
Besi |
1,2 . 10 |
Baja |
1,1 . 10 |
Alumunium |
2,7 . 10 |
logam
yang logis untuk M dan N adalah….
A. kuningan dan besi
B. besi dan baja
C. kuningan dan aluminium
D. aluminium dan baja
30.
Perhatikan gambar transmisi listrik jarak jauh
berikut!
Pemasangan
kabel listrik pada siang hari dibuat kendor bertujuan agar ….
A. pada
keadaan panas kabel listrik dapat diputus
B. tidak
menyusut, ketika dialiri arus listrik
C. pada
cuaca dingin, kabel listrik tidak putus
D. pada
siang hari kabel listrik cepat memuai
Uraian
31.
Sebutkan nama alat-alat laboratorium IPA berikut
ini lalu lengkapi dengan fungsinya masing-masing !
32.
Dalam menemukan sebuah konsep atau fakta, para
ilmuwan bekerja dengan serangkaian tahapan yang meliputi mengamati, bertanya,
merancang dan melakukan penyelidikan, mengumpulkan data, dan membuat
kesimpulannya. Cara kerja seperti itu disebut sebagai metode ilmiah, yaitu cara
atau pendekatan yang digunakan dalam suatu penelitian.
Dari
deskripsi tersebut, tuliskan langkah-langkah
dalam metode ilmiah secara berurutan!
Stimulus 5 (soal nomor 33 dan 34)
33.
Berdasarkan infografis pada stimulus 5, Jawablah
benar atau salah setiap pernyataan berikut!
1) Ukuran mata jaring yang digunakan untuk menangkap
ikan patin adalah 2,54 cm.
2) Massa satu ekor ikan patin dapat mencapai 0,7 kg
ketika dipanen.
3) Setiap wadah yang digunakan saat panen dapat diisi
ikan patin maksimum dengan massa 70 kg
4) Saat diangkut, ikan patin diletakkan dalam drum yang
diberi lubang pada bagian atas dengan ukuran 30 cm x 20 cm
34.
Berdasarkan infografis pada stimulus 5, tulislah
pernyataan yang benar dari pernyataan-pernyataan berikut (jawaban boleh lebih
dari satu)
• Satuan
dari lamanya waktu panen parsial adalah bukan dalam satuan SI.
• Volume
merupakan besaran turunan dari besaran pokok panjang dan waktu.
• Massa
dari ikan patin yang akan dipanen merupakan salah satu contoh besaran pokok.
• Satuan
yang digunakan untuk menyatakan ukuran mata jaring adalah satuan tak baku.
35.
Tuliskan nama perubahan wujud zat pada setiap
arah panah !
36. Perhatikan gambar!
Suhu t pada termometer Fahrenheit adalah ... .
37.
Sebuah teko listrik diisi air sebanyak 1,5 kg
dengan suhu 25oC. Jika kalor yang diserap air sebanyak 12 600 joule
dan kalor jenis air 4 200 J/kgoC, suhu akhir air tersebut adalah . .
. .
Stimulus 6 (untuk soal nomor 38, 39, dan 40)
Termos
pertama kali diciptakan tahun 1902 oleh James Dewar. Pada saat itu, James Dewar
menghadapi masalah menyangkut minuman untuk bayinya. Ia ingin bayinya selalu
minum susu yang masih hangat. Akan tetapi, mempertahankan susu agar hangat
dalam waktu yang lama merupakan masalah sulit pada waktu itu. Akhirnya James
Dewar mengatasi masalah itu dengan menciptakan botol vakum. Botol vakum
merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya
dikosongkan dan ditutup rapat untuk mencegah agar panas tidak menjalar.
Sementara itu, dinding sebelah dalam botol tersebut dilapisi perak untuk
mempertahankan panas. Botol vakum itulah yang kemudian menjadi asal mula ditemukannya
termos.
Termos
adalah botol yang diberi dinding dalam rangkap, yang dirancang membentuk
seperti kaca dengan bahan mengkilap yang dapat menyimpan cairan agar tetap
memiliki suhu seperti semula. Termos biasanya digunakan untuk menyimpan air
panas. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca. Kalor yang
terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat. Dengan kata
lain, radiasi panas yang dipancarkan oleh air mendidih, dapat ditahan oleh
dinding dalam termos yang terbuat dari bahan kaca yang mengkilap dengan lapisan
perak. Dengan demikian, air panas tersebut dapat bertahan dalam termos selama
beberapa jam. Gambar berikut menunjukkan bagian-bagian yang terdapat pada
termos.
38.
Soal 38
Berdasarkan
stimulus 6, apakah pernyataan berikut benar atau salah? Beri tanda
No |
Pernyataan |
B |
S |
|
Tutup termos terbuat dari bahan isolator agar tidak terjadi
perpindahan kalor secara konduksi |
|
|
|
Dinding termos dibuat mengkilap agar tidak terjadi radiasi kalor |
|
|
|
Termos mengisolasi panas 100% sehingga tidak terjadi perpindahan kalor |
|
|
|
Termos dibuat hampa agar tidak terjadi perpindahan kalor secara
radiasi |
|
|
39.
Soal 39
Berdasarkan
stimulus 6, pasangkan pernyataan berikut dengan jawaban yang benar
Pernyataan |
|
|
Jawaban |
Bahan yang digunakan untuk membuat bagian bawah termos |
|
A |
Perak |
Bahan yang dapat mencegah terjadinya perpindahan kalor secara radiasi
pada termos |
|
B |
Botol vakum |
Asal mula ditemukannya termos |
|
C |
Karet |
Panas yang terjadi di dalam termos sehingga menyebabkan tidak ada
kalor yang masuk maupun kalor yang keluar |
|
D |
Konveksi |
|
|
E |
Sistem terisolasi |
40.
Soal 40
Berdasarkan
stimulus 6, tuliskan desain yang ada pada termos untuk menghindari terjadinya
perpindahan kalor secara radiasi.
0 Response to "Soal PSAS IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun 2023"
Post a Comment