Naskah Soal Asesmen Sumatif Tengah Semester Genap IPA Kelas 7 Kurikulum Nasional - POJOK IPA -->

Pages

Naskah Soal Asesmen Sumatif Tengah Semester Genap IPA Kelas 7 Kurikulum Nasional

NASKAH SOAL PTS II

IPA KELAS 7

1.        Ketika kereta api melaju menuju stasiun, terdapat pengamat yang berada di luar kereta api. Pernyataan berikut yang benar mengenai gerak relatif yang diamati pengamat adalah . . . .

A.       kereta bergerak menjauhi stasiun

B.       kereta bergerak mendekati stasiun.

C.       stasiun bergerak menjauhi kereta

D.       stasiun bergerak mendekati kereta

2.        Perhatikan gambar berikut!

Lintasan bola basket seperti pada gambar tersebut merupakan contoh . . . .

A.    gerak lurus

B.     gerak parabola.

C.     gerak melingkar

D.    gerak hiperbola

3.        Ketika Rudi naik kereta api melihat pepohonan di pinggir jalan nampak bergerak mendekati kereta dari depan, pepohonan yang diam tetapi tampak bergerak merupakan contoh gerak . . . .

A.    gerak semu

B.     gerak nyata

C.     gerak relatif

D.    gerak imajinasi

4.        Adik berlari keliling lapangan yang berbentuk lingkaran sejauh setengah putaran. Jika diameter lapangan adalah 100 meter, maka jarak tempuh dan perpindahan adik setelah berlari berturut-turut adalah . . . .

A.    314 m dan 100 m

B.     314 m dan 50 m

C.     157 m dan 100 m.

D.    157 m dan 50 m

5.        Setiap hari ayah melakukan perjalanan dari rumah ke kantor dengan rute seperti pada gambar berikut!

Dari gambar tersebut kelajuan kendaraan ayah adalah . . . .

A.    40 km/jam.

B.     30 km/jam

C.     20 km/jam

D.    15 km/jam

6.        Mobil yang semula bergerak lurus dengan kecepatan 12 m/s berubah menjadi 4 m/s dalam waktu 10 s. Percepatan yang dialami mobil tersebut adalah . . . .

A.    1,2 m/s2

B.     0,8 m/s2

C.     -0,8 m/s2

D.    -1,2 m/s2

7.        Perhatikan gambar berikut!

Seorang pengendara motor mengalami kebocoran oli dengan bekas tetesan ole seperti tampak pada gambar. Dari gambar tersebut dapat dipastikan motor tersebut mengalami gerak . . . .

A.     GLB

B.      GLBB dipercepat

C.      GLBB diperlambat

D.     GLBB dipercepat lalu diperlambat

8.        Perhatikan tabel gerak beberapa benda berikut !

Waktu (detik)

Jarak Yang Ditempuh (meter)

Benda 1

Benda 2

Benda 3

Benda 4

1

6

5

3

5

2

9

10

6

20

3

12

15

9

45

4

15

20

12

80

Dari tabel tersebut, benda yang mengalami gerak lurus beraturan (GLB) adalah ....

A.  1 dan 2          

B.   1 dan 4

C.   2 dan 3.         

D.  3 dan 4

Stimulus 1 : Grafik hubungan kecepatan terhadap waktu!

9.       Dari stimulus 1, grafik tersebut menunjukkan gerak benda . . . .

A.   GLB dilanjutkan dengan GLBB diperlambat

B.    GLB dilanjutkan dengan GLBB dipercepat

C.    GLBB diperlambat dilanjutkan dengan GLB 

D.   GLBB dipercepat dilanjutkan dengan GLBB diperlambat 

10.   Dari stimulus 1, kecepatan gerak benda pada detik ke 3 adalah . . . .

A.   15 m/s

B.    30 m/s

C.    60 m/s

D.   90 m/s

11.   Dari stimulus 1, jarak yang ditempuh benda setelah bergerak selama 7 sekon adalah . . . .

A.   150 m

B.    180 m

C.    210 m

D.   240 m

12.    Tiga gaya segaris bekerja pada sebuah benda seperti pada gambar di bawah.

Benda manakah yang mengalami percepatan terbesar ?

13.    Perhatikan gambar berikut!




Jika gaya yang digunakan untuk menarik benda tidak berubah, maka percepatannya akan menjadi....

A.       2,00 m/s2

B.       4,00 m/s2      

C.       6,00 m/s2

D.       12,00m/s2

14.    Setiap penumpang di dalam mobil termasuk pengemudi wajib menggunakan sabuk pengaman. Sabuk pengaman dirancang untuk menghindari benturan atau mencegah terlempar saat terjadi kecelakaan. Selain itu sabuk pengaman juga mencegah penumpang yang duduk dikursi belakang membentur penumpang yang duduk di depannya. Penggunaan sabuk pengaman tersebut terinspirasi dari . . . .

A.       Hukum I Newton

B.       Hukum II Newton

C.       Hukum III Newton

D.       Hukum aksi reaksi

15.    Perhatikan data berikut !

1)        Daun-daun kering berguguran

2)        Katak mengalami metamorfosis

3)        Tanah berwarna merah

4)        Tumbuhan berfotosintesis

Dari data tersebut, gejala alam biotik ditunjukkan nomor....

A.       1 dan 2

B.       1 dan 3

C.       2 dan 3

D.       2 dan 4

16.    Ciri makhluk hidup yang ditunjukkan oleh gambar berikut  adalah....

A.       tumbuh dan berkembang

B.       peka terhadap rangsang

C.       memerlukan makan

D.       mampu beradaptasi

17.    Perhatikan tabel kunci dikotom berikut!

1a    Kuda liar                . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .        2

1b   Kuda hasil piaraan . . . . . . . . . . . . . . . . . .                 3

2a    Berasal dari Amerika Utara . . . . . . . . . . . .              Kuda Mustang

2b   Berasal dari Perancis . . . . . . . . . . . . . . . .                Kuda Kamargu

3a    Tinggi kuda lebih dari 150 centi meter . . .               4

3b   Tinggi kuda kurang dari 150 centi meter . .             5

4a    Kulit bertotol-totol . . . . . . . . . . . . . . . . . . .             Kuda Appalusa

4b   Kulit tidak bertotol . . . . . . . . . . . . . . . . . . .             Kuda Tennesi

5a    Lubang hidung sangat kecil . . . . . . . . . . .               Kuda Shetland

5b   Lubang hidung besar . . . . . . . . . . . . . . . .                Kuda Poni

Urutan identifikasi untuk kuda poni yang benar adalah....

A.       1a, 2b, 5b

B.       1b, 3a, 4b

C.       1b, 3b, 5a

D.       1b, 3b, 5b.

18.    Perhatikan gambar berikut.

Kelompok makhluk hidup tersebut memiliki persamaan dengan tumbuhan. Persamaan tersebut adalah ….

A.       memperoleh makanan secara autrotof

B.       memperoleh makanan secara heterotrof

C.       memiliki dinding sel.

D.       tidak memiliki membran inti sel

19.  Ibu Popi, guru IPA kelas VII menugaskan siswanya untuk membawa sekelompok tumbuhan dengan ciri-ciri :

(1)   memiliki akar, batang dan daun

(2)   tumbuh di tempat yang lembab

(3)   tidak berbunga

(4)   memiliki spora yang terletak di permukaan bawah daun

Kelompok tumbuhan yang memiliki ciri-ciri tersebut adalah ...

A.     lumut

B.     paku-pakuan.

C.     tanaman kacang-kacangan

D.     rumput-rumputan

20.    Perhatikan gambar hewan berikut!

 

Kelompok hewan yang tidak bertulang belakang adalah. ...

A.       (1) dan (2)

B.       (1) dan (4)

C.       (2) dan (3)

D.       (2) dan (4)

 

Uraian

21.    Sebutkan 4 (empat) contoh gerak lurus berubah beraturan yang diperlambat!

22.    Sebuah mobil bergerak dengan kelajuan rata-rata 40 km/jam. Hitunglah jarak yang ditempuh setelah bergerak selama 45 menit!

23.    Sepeda motor yang dikendarai ayah melaju dengan kelajuan konstan 40 km/jam. Hitunglah waktu yang diperlukan ayah untuk menempuh jarak 10 km

24.    Benda yang semula diam kemudian didorong sehingga bergerak dengan percepatan tetap 3 m/s2. Berapakah kecepatan benda tersebut setelah bergerak selama 6 s!

25.    Sebutkan masing-masing 2 (dua) contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh!

26.    Sebutkan 4 (empat) contoh penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari!

27.    Perhatikan aktivitas-aktivitas makhluk hidup berikut!

1)        Bunga pukul empat mekar pada sore hari

2)        Burung puyuh bertelur

3)        Hydra membentuk tunas

4)        Tumbuhan melangsungkan proses fotosintesis

5)        Planaria berfragmentasi

Dari data aktivitas mahluk hidup tersebut, sebutkan aktivitas yang menunjukkan ciri makhluk hidup mampu berkembang biak!

28.  Sebutkan 4 (empat) contoh tumbuhan yang daunnya berbentuk seperti pita!

29.    Perhatikan ciri-ciri hewan berikut!

1)        Tubuh ditutupi sisik

2)        Bernapas dengan insang

3)        Berkembang biak dengan bertelur

Berdasarkan ciri di atas, hewan tersebut termasuk dalam kelompok ...

30.    Perhatikan kunci determinasi berikut ini !

1a.   Tumbuhan berpembuluh  . . . . . . . . . . . . . .             2

1b. Tumbuhan tidak berpembuluh . . . . . . . . . .             Bryophyta

2a.   Tumbuhan berbiji . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .             3

2b. Tumbuhan berspora . . . . . . . . . . . . . . . . . .              Pteridophyta

3a.   Tumbuhan berbiji terbuka . . . . . . . . . . . . . .            Gymnospermae

3b. Tumbuhan berbiji tertutup . . . . . . . . . . . . . .            4

4a.   Tumbuhan berkeping satu . . . . . . . . . . . . .              Monokotil

4b. Tumbuhan berkeping dua . . . . . . . . . . . . . .             Dikotil

Dari kunci determinasi tersebut, sebutkan ciri-ciri dari tanaman dikotil!

 

Uraian

21.    contoh gerak lurus berubah beraturan yang diperlambat

1)        mobil yang melaju lalu direm

2)        kelereng menggelinding pada lantai yang kasar

3)        bola ketika dilempar ke atas

4)        terjun payung

22.    Sebuah mobil bergerak dengan kelajuan rata-rata 40 km/jam. Hitunglah jarak yang ditempuh setelah bergerak selama 45 menit!

v   = 40 km/jam

t    = 45 menit = ¾ jam

s    = v x t

= 40 x ¾

= 30 km

23.    Sepeda motor yang dikendarai ayah melaju dengan kelajuan konstan 40 km/jam. Hitunglah waktu yang diperlukan ayah untuk menempuh jarak 10 km

v   = 40 km/jam

s    = 10 km

t    =  

=

= ¼ jam

= 15 menit

24.    Benda yang semula diam kemudian didorong sehingga bergerak dengan percepatan tetap 3 m/s2. Berapakah kecepatan benda tersebut setelah bergerak selama 6 s!

a   = 3 m/s2.

v0 = 0

t    = 6 s

vt = v0 + a.t

= 0 + 3x6 = 18 m/s

25.    Sebutkan masing-masing 2 (dua) contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh!

Contoh gaya sentuh

-            Gaya otot

-            Gaya gesek

-            Gaya mesin

Contoh gaya tak sentuh

-            Gaya magnet

-            Gaya listrik

-            Gaya gravitasi

 

26.    contoh penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari!

-            Ketika kita mendayung sampan ke belakang, sampan bergerak ke depan

-            Udara roket menyembur ke bawah, roket bergerak ke atas

-            Perenang menggerakkan tangan ke belakang, badan terdorong ke depan

-            Ketika peluru keluar dari senapan, senapan mendorong bah uke belakang

27.    aktivitas yang menunjukkan ciri makhluk hidup mampu berkembang biak!

-            Burung puyuh bertelur

-            Hydra membentuk tunas

-            Planaria berfragmentasi

28.    contoh tumbuhan yang daunnya berbentuk seperti pita!

-            Padi

-            Kelapa

-            Jagung

-            Ilalang

-            bambu

29.    pisces / ikan

30.    ciri-ciri dari tanaman dikotil menurut kunci determinasi pada soal tersebut adalah :

-            Tumbuhan berpembuluh 

-            Tumbuhan berbiji

-            Tumbuhan berbiji tertutup

-            Tumbuhan berkeping dua

 




0 Response to "Naskah Soal Asesmen Sumatif Tengah Semester Genap IPA Kelas 7 Kurikulum Nasional"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel