Soal Postes PMM modul 3 topik 3 Refleksi dalam Pembelajaran
Soal Postes modul 3 topik 3 Refleksi dalam Pembelajaran
1.
Bu Dita seorang
guru SMK. Pada akhir proses pembelajaran, beliau mengajak peserta didik untuk
melakukan refleksi. Dalam proses refleksi, Bu Dita meminta peserta didik untuk
bisa berbagi hasil refleksi, namun ketika salah satu peserta didik sedang
berbagi, ada peserta didik lain yang asik berbicara dengan teman disebelahnya
mengomentari tentang hasil refleksi temannya. Berikut ini yang perlu dilakukan oleh Bu Dita adalah . . .
A.
Menunjuk kedua
peserta didik tersebut untuk menyampaikan hasil refleksi
B.
Mengajak peserta
didik untuk kembali melihat kesepakatan kelas mengenai menghargai orang lain √
C.
Mengingatkan
bahwa semua peserta didik akan diminta untuk menyampaikan hasil refleksi
D.
Meminta peserta
didik untuk berhenti berbagi dan menuliskan hasil refleksi di catatan pribadi masing-masing
2.
Di bawah ini yang
termasuk pertanyaan Refleksi adalah . . . .
A.
Kapan kamu akan
pulang?
B.
Bagian mana yang
menyenangkan dari pembelajaran ini? √
C.
Apa saja hasil
karyamu dalam pembelajaran ini?
D.
Apa yang sedang
kamu kerjakan saat ini?
3.
Perhatikan beberapa pertanyaan berikut:
1. Saya paling puas saat berhasil
melakukan ….
2. Cara yang paling membantu saya dalam
memahami topik ini adalah ….
3. Saya masih perlu belajar lagi saat melakukan ….
4. Target saya pada pembelajaran
selanjutnya adalah ….
5. Saat belajar minggu ini, saya berhasil
melakukan ….
Pertanyaan
yang tidak tepat ditanyakan saat refleksi bersama murid fase A adalah
A.
1 dan 2
B.
3 dan 5
C.
2 dan 4 √
D.
2 dan 5
E.
1 dan 4
4.
Dalam membuat
pertanyaan refleksi yang dapat dijadikan sebagai acuan adalah
A.
Fase murid √
B.
Usia murid
C.
Pemahaman murid
D.
Pemahaman Guru
E.
Respons murid
saat pembelajaran
5.
Berikut ini yang
TIDAK dilakukan pendidik ketika meminta peserta didik untuk melakukan Refleksi
adalah . . . .
A.
Merancang
pertanyaan refleksi sesuai dengan fase pemahaman peserta didik
B.
Menciptakan
suasana yang nyaman bagi peserta didik untuk berefleksi
C.
Meminta semua
peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya√
D.
Menyiapkan
beberapa pertanyaan pemandu refleksi bagi peserta didik.
6.
Bu
Maria adalah seorang guru bahasa SMP. Bu Maria ingin mengajak peserta didiknya untuk
melakukan refleksi pembelajaran. Bu Maria telah menyiapkan beberapa pertanyaan
untuk memandu proses refleksi pembelajaran tersebut. Bagi para peserta didik,
refleksi pembelajaran yang dirancang oleh Bu Maria merupakan sebuah kegiatan
baru, dan mereka tidak terbiasa untuk mengungkapkan apa yang dirasakan sehingga
dalam proses refleksi yang berlangsung, peserta didik cenderung diam dan tidak
berbagi secara lisan. Apa yang dapat dilakukan oleh Bu Maria sehingga proses
refleksi pembelajaran ini tetap dapat berlangsung dengan baik?
A.
Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara
tertulis bagi yang bersedia. √
B.
Menunjuk beberapa
peserta didik untuk menyampaikan secara lisan hasil refleksinya.
C.
Menutup sesi
refleksi setelah memastikan tidak ada peserta didik yang mau menyampaikan
secara lisan.
D.
Meminta semua
peserta didik untuk mencatat pertanyaan panduan dan menjawabnya kemudian dikumpulkan
besok paginya.
7.
Berikut ini yang
perlu menjadi perhatian pendidik ketika menyusun pertanyaan Refleksi adalah . .
. .
A.
Merancang
pertanyaan refleksi sesuai dengan fase pemahaman peserta didik √
B.
Peserta didik
diajak untuk berefleksi di lapangan
C.
Meminta semua
peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya
D.
Merancang
pertanyaan refleksi sesuai dengan keinginan pendidik
8.
Di bawah ini yang
termasuk pertanyaan Refleksi adalah . . . .
A.
Kapan kamu akan
pulang?
B.
Bagian mana yang
menyenangkan dari pembelajaran ini? √
C.
Apa saja hasil
karyamu dalam pembelajaran ini?
D.
Apa yang sedang
kamu kerjakan saat ini?
9.
Bu Indah adalah
seorang guru SMA. Beliau sudah menyusun dan menyiapkan beberapa pertanyaan
untuk melakukan refleksi pembelajaran, tetapi salah satu muridnya bernama
Rendra belum dapat melakukan refleksi dengan mendalam karena belum terbiasa
melakukan refleksi. Salah satu cara yang bisa Bu Indah lakukan untuk
memfasilitasi Rendra berefleksi adalah
A.
Mengulang
pertanyaan agar dapat dimengerti oleh Rendra
B.
Membiarkan karena
hanya satu orang yang tidak melakukan refleksi
C.
Memberikan
pertanyaan tambahan yang memandu √
D.
Memberikan
kesempatan Rendra melakukan refleksi lain waktu
E. Memanggilnya ke depan kelas untuk melakukan refleksi sendiri
10.
Bu Susan seorang
guru SMP. Pada setiap akhir pembelajaran, Bu Susan selalu menanyakan kepada
peserta didik apakah mereka sudah paham dengan pembelajaran yang dilakukan.
Namun para peserta didik lebih cenderung memilih diam. Bu Susan sebenarnya
ingin mengajak peserta didik untuk berefleksi. Apa yang bisa dilakukan Bu Susan
agar bisa berhasil mengajak peserta didik melakukan refleksi?
A.
Menunjukkan
peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi
B.
Meminta semua
peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara bergantian x
C.
Mengkondisikan
peserta didik dalam posisi duduk yang rileks dan nyaman
D.
Meminta semua peserta
didik menempelkan hasil refleksi di kertas x
11.
Perhatikan pertanyaan
berikut ini :
1.
Apa saja yang
kamu ketahui tentang materi ini sebelumnya?
2.
Bagaimana
perasaan kamu tentang pembelajaran hari ini?
3.
Tahapan apa yang
kamu lalui untuk menghasilkan tugas/projek ini?
4.
Bagian mana dari
pembelajaran hari ini yang kamu sukai?
5.
Apa yang ingin
kamu tingkatkan?
6.
Jika ada satu
kesempatan untuk mengubah, apa yang ingin kamu ubah dari proyek ini?
Pertanyaan di atas yang KURANG TEPAT untuk mengajak
peserta didik berefleksi dengan melihat kedepan terkait pengalaman belajar yang
sudah di alami adalah . . . .
A. 1 dan 2 x
B. 3 dan 4 x
C. 5 dan 6
D. 1 dan 3
x
0 Response to "Soal Postes PMM modul 3 topik 3 Refleksi dalam Pembelajaran"
Post a Comment