Soal Postes PMM modul 2 Topik 3 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B
Soal Postes PMM
modul 2 Topik 3
Merancang
Pembelajaran SMP/Paket B
1.
Berikut
pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah ...
A.
Merupakan
pemahaman praktis √
B.
Mencerminkan
kesimpulan dari pembelajaran
C. Didapat
melalui berbagai proses pencarian belajar
D. Tidak
memiliki jawaban “benar” atau «salah”
2.
Produk akhir merupakan salah satu asesmen
sumatif, yaitu asesmen untuk evaluasi pada akhir proses pembelajaran. Salah satu tujuan dari adanya asesmen ini adalah ….
A.
Agar
murid mendapatkan nilai
B.
Untuk
mengukiur ketercapaian tujuan pembelajaran √
C.
Agar
guru bisa memberikan umpan balik seperti bagus, keren, pintar, pandai, cerdas,
dan sebagainya
D.
Untuk
membandingkan yang didapatkan murid
E.
Untuk
menjadi data tambahan
3.
Pak
Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin
agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara
berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk
memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya,
Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus memutuskan akan
menggunakan 3 aspek utama yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik
yang digunakan. Yang tidak termasuk kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
menunjukkan harmonisasi dalam bermusik adalah . . . .
A.
3
alat musik atau lebih digunakan sekaligus √
B.
Musik
dan vokal terdengar harmonis
C.
Suara
musik tidak mendominasi
D.
Artikulasi
dan nada tepat
4.
Pak
Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin
agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara
berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk
memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya,
Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus akan menggunakan
rubrik yang menilai 3 aspek yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat
musik yang digunakan. Untuk menilai ketercapaian Tujuan Pembelajaran, maka yang
perlu dilakukan Pak Markus adalah . . . .
A.
Menentukan
tujuan pembelajaran
B.
Menentukan
jenis asesmen
C.
Menentukan
capaian pembelajaran. √
D.
Menentukan
kriteria ketercapaian
5.
Bu
Ani sedang mempelajari modul ajar prakarya pengolahan yang didapat dari
Platform Merdeka Mengajar. Modul tersebut membahas teknik pengawetan dengan
metode pengasinan. Contoh kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara
membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian
yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama
dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah
di daerah Bu Ani adalah sawi. Apa yang bisa dilakukan oleh Bu Ani terkait hal
ini sehingga aktivitas pada modul ajar tersebut menjadi kontekstual?
A.
Mengajak
peserta didik untuk tetap mempraktikkan cara membuat ikan asin
B.
Mengajak
peserta didik untuk mempraktikkan cara membuat sawi asin. √
C.
Mengajak
peserta didik untuk studi wisata ke daerah pembuatan ikan asin
D.
Mengajak
peserta didik untuk melihat tayangan video terkait pembuatan ikan asin
6.
Bu
Ani sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka
Mengajar. Salah satu kegiatan yang ada di modul ajar tersebut
adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di
daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan
kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang
melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Bu Ani mengajak peserta didik untuk
membuat sawi asin. Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan oleh Bu Ani
dengan memperhatikan . . . .
A. Pembelajaran
kontekstual. √
B. Pemahaman
pembelajaran
C. Pembelajaran
berkesinambungan
D.
Konten isi pembelajaran
7.
Bu
Anita seorang guru Matematika SD. Pada modul ajar yang didapatkan dari Platform
Merdeka Mengajar, Bu Anita sangat tertarik dengan aktivitas peserta didik dalam
menghitung volume bangun ruang. Namun di sekolah Bu Anita, alat peraga bangun
ruang yang dibutuhkan belum tersedia, yang tersedia hanya alat peraga bangun
datar dengan jumlah yang cukup banyak.
Langkah yang dapat dilakukan
Bu Anita agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada
modul ajar tersebut adalah . . . .
A. Melakukan modifikasi pada tujuan pembelajaran
B. Melakukan modifikasi pada alat dan bahan praktik. √
C. Melakukan modifikasi pada langkah pembelajaran
D. Melakukan modifikasi pada modul ajar secara
keseluruhan
8.
Tidak
semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik.
Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa
ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban "resmi" dan benar
(sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang
mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan
yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam.
Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan
pertanyaan pemantik dibawah ini?
A.
Seorang
guru PAUD membawa sebuah buku kemudian bertanya “kira-kira siapa yang ada pada
gambar ini?’
B.
Seorang
guru Ekonomi bertanya «Apa pentingnya bagi kita mengetahui fakta angka inflasi
naik setiap tahun?. √
C. Seorang
guru Bahasa Indonesia bertanya “Apa saja cerita fiksi yang pernah kalaian
baca?”
D. Seorang
guru Geografi bertanya “Apakah bumi memiliki banyak lapisan tanah?»
E.
Seorang Guru IPA bertanya “Bagaimana
proses proses terjadinya hujan?”
9.
Langkah
pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun asesmen adalah …. (3)
A.
Menentukan
apa bukti-bukti yang dapat menunjukkan pemahaman peserta didik. √
B.
Menentukan
indikator pencapaian kompetensi
C.
Menentukan
alat ukur yang tepat
D.
Menentukan
lembar asesmen yang akan digunakan
10.
Indikator
pencapaian
kompetensi ditentukan berdasarkan
A.
Asesmen
formatif yang akan dilakukan
B.
Asesmen
sumatif yang akan dilakukan
C.
Tujuan
pembelajaran yang akan dilakukan√
D.
Sarana
dan prasarana belajar murid
11.
Berikut
merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada
murid, kecuali
A.
Meningkatkan
pemahaman murid
B.
Membuat
pelajaran menjadi lebih menarik dan efektif
C.
Jika
sesuai minat murid, akan meningkatkan motivasi murid dalam belajar
D.
Untuk
menggantikan guru mengajar siswa tanpa perlu berinteraksi lagi.√
E.
Pemilihan
media yang sesuai dengan tingkat kompetensi murid dapat membantu guru merancang
pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai kebutuhan murid
12.
Perhatikan
pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1.
Bagaimana cara mengukur panjang sebuah
meja?
2.
Alat
apa saja yang dapat digunakan untuk mengukur?
3.
Bagaimana
cara menggunakan timbangan?
4.
Apa
yang bisa dilakukan untuk mengukur berat udara?
Bu Ami adalah seorang guru Fisika. Saat ini Bu Ami
sedang menyampaikan pembelajaran mengenai pengukuran. Dari pertanyaan di atas,
manakah pertanyaan pemantik yang dapat digunakan oleh Bu Ami?
A.
1
dan 2 X
B.
2
dan 3
C.
1
dan 4
D.
2
dan 3
13.
Perhatikan
pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :
1.
Bermanfaat
untuk memberikan pengalaman sensorik.
2.
Memudahkan
peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam
3.
Lebih
disukai peserta didik karena melibatkan pengalaman audio visual yang
disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.
4.
Mudah
dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.
Berdasarkan pernyataan di
atas, keunggulan menggunakan media ajar berupa video ditunjukkan pada nomor . .
.
A.
1
dan 2
B.
3
dan 4
C.
1 dan 3
D.
2 dan 4 x
14.
Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut ini:
1.
Membantu dalam
menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran
2.
Membuktikan
pemahaman yang dicapai setelah mempelajari topik tertentu
3.
Meningkatkan motivasi
intrinsik peserta didik
4.
Menjadi umpan balik
proses pembelajaran
Pernyataan di
atas yang terkait pemahaman bermakna ditunjukkan oleh nomor . . .
A.
1 dan 3
B.
2 dan 4
C.
1 dan 2
D.
3 dan 4. x
15.
Pak
Anto adalah seorang guru IPA kelas 6. Pak Anto sedang menyampaikan pembelajaran
mengenai perubahan wujud benda. Pertanyaan pemantik yang
dapat digunakan oleh Pak Anto dalam proses pembelajaran tersebut adalah . .
.
A. Bagaimana
cara mengubah air menjadi es?. x
B. Apakah
suhu mempengaruhi perubahan wujud benda?
C. Bagaimana
hubungan antara suhu dengan perubahan wujud benda?
D. Apakah
udara bisa mengalami perubahan wujud?
16.
Dalam
penyusunan asesmen, penentuan alat ukur yang tepat sangat tergantung pada . .
.
A. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
B. Aspek dan tingkat capaian peserta didik
C. Capaian pembelajaran sesuai fase x
D. Lembar penilaian yang disiapkan
17.
Perhatikan
pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :
1.
Memudahkan
peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam
2.
Mudah
dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks
3.
Lebih
disukai peserta didik karena dapat disajikan secara menarik
4.
Bermanfaat
untuk memberikan pengalaman sensorik.
Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan
menggunakan media ajar konkrit ditunjukkan pada nomor . . . .
A.
1
dan 2
B.
3
dan 4 x
C.
1
dan 4
D.
2
dan 3
0 Response to "Soal Postes PMM modul 2 Topik 3 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B"
Post a Comment