Soal Postes PMM modul 2 Topik 3 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B - POJOK IPA -->

Pages

Soal Postes PMM modul 2 Topik 3 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B

 

Soal Postes PMM modul 2 Topik 3

Merancang Pembelajaran SMP/Paket B

1.        Berikut pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah ...

A.       Merupakan pemahaman praktis

B.       Mencerminkan kesimpulan dari pembelajaran

C.       Didapat melalui berbagai proses pencarian belajar

D.       Tidak memiliki jawaban “benar” atau «salah”

2.        Produk akhir merupakan salah satu asesmen sumatif, yaitu asesmen untuk evaluasi pada akhir proses pembelajaran. Salah satu tujuan dari adanya asesmen ini adalah ….

A.       Agar murid mendapatkan nilai

B.       Untuk mengukiur ketercapaian tujuan pembelajaran

C.       Agar guru bisa memberikan umpan balik seperti bagus, keren, pintar, pandai, cerdas, dan sebagainya

D.       Untuk membandingkan yang didapatkan murid

E.        Untuk menjadi data tambahan

3.        Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus memutuskan akan menggunakan 3 aspek utama yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Yang tidak termasuk kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menunjukkan harmonisasi dalam bermusik adalah . . . .

A.       3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus

B.       Musik dan vokal terdengar harmonis

C.       Suara musik tidak mendominasi

D.       Artikulasi dan nada tepat

4.        Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus akan menggunakan rubrik yang menilai 3 aspek yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Untuk menilai ketercapaian Tujuan Pembelajaran, maka yang perlu dilakukan Pak Markus adalah . . . .

A.       Menentukan tujuan pembelajaran

B.       Menentukan jenis asesmen

C.       Menentukan capaian pembelajaran.

D.       Menentukan kriteria ketercapaian

5.        Bu Ani sedang mempelajari modul ajar prakarya pengolahan yang didapat dari Platform Merdeka Mengajar. Modul tersebut membahas teknik pengawetan dengan metode pengasinan. Contoh kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Apa yang bisa dilakukan oleh Bu Ani terkait hal ini sehingga aktivitas pada modul ajar tersebut menjadi kontekstual?

A.       Mengajak peserta didik untuk tetap mempraktikkan cara membuat ikan asin

B.       Mengajak peserta didik untuk mempraktikkan cara membuat sawi asin.

C.       Mengajak peserta didik untuk studi wisata ke daerah pembuatan ikan asin

D.       Mengajak peserta didik untuk melihat tayangan video terkait pembuatan ikan asin

6.        Bu Ani sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar. Salah satu kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Bu Ani mengajak peserta didik untuk membuat sawi asin. Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan oleh Bu Ani dengan memperhatikan . . . .

A.       Pembelajaran kontekstual.

B.       Pemahaman pembelajaran

C.       Pembelajaran berkesinambungan

D.       Konten isi pembelajaran

7.        Bu Anita seorang guru Matematika SD. Pada modul ajar yang didapatkan dari Platform Merdeka Mengajar, Bu Anita sangat tertarik dengan aktivitas peserta didik dalam menghitung volume bangun ruang. Namun di sekolah Bu Anita, alat peraga bangun ruang yang dibutuhkan belum tersedia, yang tersedia hanya alat peraga bangun datar dengan jumlah yang cukup banyak.

Langkah yang dapat dilakukan Bu Anita agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada modul ajar tersebut adalah . . . .

A.     Melakukan modifikasi pada tujuan pembelajaran

B.     Melakukan modifikasi pada alat dan bahan praktik.

C.     Melakukan modifikasi pada langkah pembelajaran

D.    Melakukan modifikasi pada modul ajar secara keseluruhan

8.        Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik. Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban "resmi" dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam.

Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini?

A.       Seorang guru PAUD membawa sebuah buku kemudian bertanya “kira-kira siapa yang ada pada gambar ini?’

B.       Seorang guru Ekonomi bertanya «Apa pentingnya bagi kita mengetahui fakta angka inflasi naik setiap tahun?.

C.       Seorang guru Bahasa Indonesia bertanya “Apa saja cerita fiksi yang pernah kalaian baca?”

D.       Seorang guru Geografi bertanya “Apakah bumi memiliki banyak lapisan tanah?»

E.        Seorang Guru IPA bertanya “Bagaimana proses proses terjadinya hujan?”

9.        Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun asesmen adalah …. (3)

A.       Menentukan apa bukti-bukti yang dapat menunjukkan pemahaman peserta didik.

B.       Menentukan indikator pencapaian kompetensi

C.       Menentukan alat ukur yang tepat

D.       Menentukan lembar asesmen yang akan digunakan

10.    Indikator pencapaian kompetensi ditentukan berdasarkan

A.       Asesmen formatif yang akan dilakukan

B.       Asesmen sumatif yang akan dilakukan

C.       Tujuan pembelajaran yang akan dilakukan

D.       Sarana dan prasarana belajar murid

11.    Berikut merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid, kecuali

A.       Meningkatkan pemahaman murid

B.       Membuat pelajaran menjadi lebih menarik dan efektif

C.       Jika sesuai minat murid, akan meningkatkan motivasi murid dalam belajar

D.       Untuk menggantikan guru mengajar siswa tanpa perlu berinteraksi lagi.

E.        Pemilihan media yang sesuai dengan tingkat kompetensi murid dapat membantu guru merancang pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai kebutuhan murid

 

12.    Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

1.         Bagaimana cara mengukur panjang sebuah meja?

2.         Alat apa saja yang dapat digunakan untuk mengukur?

3.         Bagaimana cara menggunakan timbangan?

4.         Apa yang bisa dilakukan untuk mengukur berat udara?

Bu Ami adalah seorang guru Fisika. Saat ini Bu Ami sedang menyampaikan pembelajaran mengenai pengukuran. Dari pertanyaan di atas, manakah pertanyaan pemantik yang dapat digunakan oleh Bu Ami?

A.       1 dan 2 X

B.       2 dan 3

C.       1 dan 4

D.       2 dan 3

13.    Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :

1.         Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.

2.         Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam

3.         Lebih disukai peserta didik karena melibatkan pengalaman audio visual yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.

4.         Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.

Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar berupa video ditunjukkan pada nomor . . . 

A.       1 dan 2

B.       3 dan 4

C.       1 dan 3

D.       2 dan 4 x

 

14.    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:

1.         Membantu dalam menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran

2.         Membuktikan pemahaman yang dicapai setelah mempelajari topik tertentu

3.         Meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik

4.         Menjadi umpan balik proses pembelajaran

Pernyataan di atas yang terkait pemahaman bermakna ditunjukkan oleh nomor . . .

A.       1 dan 3

B.       2 dan 4

C.       1 dan 2

D.       3 dan 4. x

15.    Pak Anto adalah seorang guru IPA kelas 6. Pak Anto sedang menyampaikan pembelajaran mengenai perubahan wujud benda. Pertanyaan pemantik yang dapat digunakan oleh Pak Anto dalam proses pembelajaran tersebut adalah . . . 

A.       Bagaimana cara mengubah air menjadi es?. x

B.       Apakah suhu mempengaruhi perubahan wujud benda?

C.       Bagaimana hubungan antara suhu dengan perubahan wujud benda?

D.       Apakah udara bisa mengalami perubahan wujud?

16.    Dalam penyusunan asesmen, penentuan alat ukur yang tepat sangat tergantung pada . . . 

A.     Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

B.     Aspek dan tingkat capaian peserta didik

C.     Capaian pembelajaran sesuai fase x

D.    Lembar penilaian yang disiapkan

17.    Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :

1.         Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam

2.         Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks

3.         Lebih disukai peserta didik karena dapat disajikan secara menarik

4.         Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.

Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar konkrit ditunjukkan pada nomor . . . .

A.    1 dan 2

B.     3 dan 4 x

C.     1 dan 4

D.    2 dan 3

0 Response to "Soal Postes PMM modul 2 Topik 3 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel