Soal Postes PMM Modul 1 Topik 4 Memahami Asesmen
Soal Postes PMM Modul 1 Topik 4 Memahami Asesmen
1.
Perhatikan
pernyataan di bawah ini
1.
Dapat digunakan
sebagai umpan balik perbaikan pembelajaran.
2.
Dapat digunakan
untuk memetakan perkembangan proses belajar murid
3.
Dapat digunakan
sebagai alat untuk menentukan kualitas guru
4.
Dapat digunakan
untuk bahan evaluasi diri guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran
5.
Dapat digunakan
untuk mengetahui hasil belajar murid pada akhir proses pembelajaran saja.
Pernyataan yang tepat terkait fungsi sesmen adalah . . .
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 3, dan 4
C. 1, 2, dan 4 √
D. 2, 4, dan 5
2.
Bu Alda akan
mealkukan tes untuk kemampuan menulis cerpen. Untuk tes tersebut, sebaiknya Bu
Alda menggunakan instrumen asesmen . . . .
A. catatan anekdotal √
B. rubrik
C. tabel cklis
D. lembar pengamatan
3.
Perhatikan
pernyataan di bawah ini
1.
Untuk mengetahui
sejauh mana kemampuan dan pemahaman diri terkait materi tertentu.
2.
Untuk
merencanakan perbaikan proses pembelajaran selanjutnya
3.
Untuk mengetahui
sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran pada periode tertentu.
4.
Untuk
mengetahui nilai capaian belajar anak.
5.
Untuk mengetahui
kekuatan dan kelemahan belajar setiap individu
6.
Untuk
merencanakan pola pendampingan belajar yang perlu dilakukan.
Fungsi asesmen
sumatif bagi guru adalah . . . .
A.
1
dan 4
B. 2 dan 3 √
C.
4
dan 6
D.
1
dan 5
4.
Pak Didi akan
melakukan asesmen untuk tujuan pembelajaran berikut :
Menyajikan hasil
percobaan pemanfaatan gaya dan gerak serta pengaruhnya pada peristiwa di
lingkungan sekitar.
Teknik asesmen yang tepat untuk digunakan oleh Pak Didi adalah . . . .
A. melakukan observasi mengenai perkembangan pengetahuan
murid mengenai gaya dan gerak.
B. menggunakan tes tertulis pilihan ganda untuk
mengetahui pemahaman murid mengenai pemanfaatan gaya dan gerak.
C. melakukan projek mengenai pemanfaatan gaya
dan gerak disertai laporan pelaksanaan projek √
D. melakukan tes presentasi mengenai jenis-jenis gaya
5.
Pernyataan yang
benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah . . . .
A. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran akan sama untuk
semua guru dan semua murid
B. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi
standar minimum yang harus dicapai setiap murid
C. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
merupakan sumber informasi bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian
pembelajaran sesuai kondisi murid √
D. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak
berkaitan dengan aktivitas selama proses pembelajaran dan strategi asesmen yang
akan dilakukan.
6.
Pak Ian ingin
mengetahui pencapaian hasil belajar muridnya di materi IPA. Ia juga ingin
melihat kekuatan dan kelemahan belajar murid.
Pada asesmen di bawah ini yang dapat dilakukan oleh
Pak Ian?
A. Murid mengerjakan proyek IPA kemudian Pak
Ian memeriksa dan menilai produk akhir yang dihasilkan dari proyek yang
dikerjakan. √
B. Murid mengerjakan soal kuis IPA melalui aplikasi,
kemudian Pak Ian memberikan umpan balik agar murid melakukan perbaikan.
C. Murid melakukan penilaian diri sendiri terkait
penguasaannya terkait materi IPA kemudian Pak Ian membaca hasil penilaian diri
tersebut.
D. Murid melakukan penilaian antarteman saat mempresentasikan
temuan mereka dalam percobaan IPA, kemudian murid saling memperbaiki dan
melengkapi temuan mereka.
7.
Asesmen sebagai
proses belajar bertujuan untuk . . .
A. sarana refleksi bagi murid terkait
pencapaian diri terhadap capaian pembelajaran √
B.
melakukan
penilaian akhir capaian pembelajaran murid
C. mendapatkan umpan balik bagi guru untuk memperbaiki
pembelajaran di tema berikutnya
D. melakukan pengecekan minat
8.
Dalam melakukan penilaian
hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA, Pak Adit menggunakan tes tertulis
sebagai satu-satunya alat ukur untuk mengukur kompetensi murid. Berdasarkan
prinsip penilaian, penilaian yang dilakukan Pak Adit tidak sesuai dengan prinsi
A. menyeluruh √
B. kesesuaian fungsi umpan balik
C. adil
D. sederhana informatif
9.
Asesmen hanya digunakan sebagai salah satu bukti atau informasi
untuk memahami proses pembelajaran yang telah berlangsung
A. Benar
B. Salah √
10. Pak Dentje adalah seorang guru baru. Ia masih kesulitan untuk
memahami kaitan antara Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran dalam kurikulum
dengan asesmen.
Pak Dentje menuliskan langkah-langkah agar dapat
membantu ia memahami.
1. Menelaah Capaian Pembelajaran.
2. Menurunkan capaian pembelajaran menjadi alur tujuan
pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
3. Melakukan asesmen
4. Dari inikator asesmen diturunkan menjadi kriteria
ketercapaian pembelajaran
5. Menurunkan tujuan pembelajaran menjadi indikator
asesmen
6. Mendiagmosis penguasaan murid dengan bantuan
kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
7. Menentukan interval pembelajaran yang sesuai
Langkah-langkah yang tepat dan sesuai urutannya adalah . . . .
A. 1-2-5-3-4-6-7
B. 1-2-3-5-4-6-7
C. 1-2-3-7-5-4-6
D. 1-2-5-4-3-6-7 √
11.
Asesmen yang dilakukan pada awal pembelajaran untuk mengetahui
kapasitas murid di kelas adalah
A. asesmen formatif
B. asesmen sumatif
C. asesmen diagostik √
D. asesmen diri
12.
Peran
asesmen dalam implementasi kurikulum di kelas adalah
A. untuk memberikan informasi kepada kepala
sekolah mengenai kualitas pembelajaran yang terjadi di sekolah
B. menstimulus pola pikir murid untuk
mengetahui mana yang benar dan mana yang salah
C. meningkatkan kemmapuan guru dalam
mengecek hasil akhir pencapaian murid
D. membantu guru untuk menentukan strategi
pembelajaran selanjutnya √
0 Response to "Soal Postes PMM Modul 1 Topik 4 Memahami Asesmen"
Post a Comment