Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada kurikulum 2013 untuk kondisi khusus
Kompetensi Inti
dan Kompetensi Dasar pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada kurikulum 2013 untuk
kondisi khusus
Berikut Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah berbentuk sekolah menengah atas untuk kondisi khusus berdasar pada Keputusan KEPALA Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Nomor 018/H/Kr/2020 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Berbentuk Sekolah Menengah Atas Untuk Kondisi Khusus
KELAS VII
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa
ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni,
budaya
terkait fenomena dan
kejadian tampak mata |
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) an
ranah
abstrak
(menulis, membaca,
menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain
yang sama dalam sudut
pandang/teori |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1 Menerapkan konsep pengukuran
berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku) |
4.1 Menyajikan
data hasil pengukuran
dengan alat ukur yang sesuai dengan
menggunakan satuan
tak baku
dan satuan
baku |
3.2 Mengklasifikasikan
makhluk hidup berdasarkan
karakteristik
yang diamati |
4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup di lingkungan sekitar berdasarkan
karakteristik
yang diamati |
3.3 Menjelaskan konsep campuran,
zat dan contoh perubahannya dalam
kehidupan sehari-hari |
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau
karya tentang sifat larutan, perubahan
fisika dan
perubahan
kimia,
atau
pemisahan
campuran |
3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian,
kalor, perpindahan
kalor, dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan |
4.4 Melakukan
penyelidikan
tentang pengaruh
kalor terhadap suhu dan
wujud benda serta perpindahan kalor |
3.5 Menganalisis konsep energi, berbagai
sumber energi, perubahan
bentuk energi dalam
kehidupan
sehari-hari
termasuk fotosintesis |
4.5 Menyajikan hasil penyelidikan tentang
perubahan bentuk energi atau
pemanfaatan sumber
energi dalam
kehidupan sehari-hari |
3.6 Mengidentifikasi
sistem
organisasi
kehidupan
mulai dari tingkat sel
sampai organisme
dan
komposisi utama penyusun sel |
4.6 Membuat model
struktur sel tumbuhan/hewan |
3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk
hidup
dan lingkungannya
serta
dinamika populasi
akibat interaksi tersebut |
4.7 Menyajikan hasil pengamatan
terhadap interaksi makhluk
hidup dengan
lingkungan
sekitarnya |
3.8 Menganalisis
terjadinya pencemaran
lingkungan
dan dampaknya bagi
ekosistem |
4.8 Membuat tulisan tentang
gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya
berdasarkan hasil pengamatan |
3.9 Menganalisis perubahan
iklim dan
dampaknya bagi ekosistem |
4.9 Membuat
tulisan tentang
gagasan adaptasi/penanggulangan
masalah perubahan iklim |
3.10 Menjelaskan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya |
4.10 Mengomunikasikan upaya pengurangan
resiko dan
dampak bencana alam
serta
tindakan
penyelamatan
diri
pada saat
terjadi bencana
sesuai dengan jenis ancaman bencana di
daerahnya |
3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasi
dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan,
serta dampaknya bagi
kehidupan di bumi |
4.11 Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan
revolusi bumi dan
bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan
hasil pengamatan
atau penelusuran
berbagai
sumber informasi |
KELAS VIII
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi yaitu, (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching),yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami
dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya
tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak
mata |
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret
(menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung,
menggambar, dan menga dengan yang dipelajari di
sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1 Menganalisis
gerak
pada makhluk hidup, sistem
gerak pada
manusia,
dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak |
4.1 Menyajikan karya tentang
gangguan pada sistem
gerak atau upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia |
3.2 Menganalisis gerak
lurus, pengaruh gaya
terhadap gerak berdasarkan
Hukum Newton, dan
penerapannya
pada gerak benda dan gerak makhluk
hidup |
4.2 Menyajikan hasil penyelidikan
pengaruh gaya
terhadap
gerak
benda |
3.3 Menjelaskan
konsep pesawat sederhana, dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka
manusia |
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau
pemecahan masalah tentang manfaat
penggunaan pesawat
sederhana dalam kehidupan sehari-hari |
3.4 Mendeskripsikan keterkaitan struktur
jaringan
tumbuhan dan
fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh
struktur tumbuhan |
4.4 Menyajikan karya
dari hasil penelusuran berbagai sumber
informasi tentang
teknologi yang
terinspirasi dari
hasil pengamatan struktur tumbuhan |
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia,
gangguan yang berhubungan
dengan
sistem pencernaan,
serta upaya
menjaga
kesehatan sistem pencernaan |
4.5 Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang gangguan sistem pencernaan
atau upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan |
3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap
kesehatan |
4.6 Membuat karya tulis tentang dampak
penyalahgunaan zat
aditif dan zat
adiktif bagi kesehatan |
3.7 Menganalisis sistem peredaran darah
pada manusia dan
memahami gangguan
pada
sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan
sistem peredaran darah |
4.7 Menyajikan hasil
percobaan pengaruh aktivitas
(jenis,
intensitas,
atau durasi) pada frekuensi denyut jantung |
3.8 Menjelaskan
tekanan
zat dan penerapannya
dalam kehidupan
sehari-hari |
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk
menyelidiki
tekanan
zat cair |
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada
manusia dan
memahami gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga
kesehatan
sistem pernapasan |
4.9 Menyajikan
karya tentang upaya
menjaga kesehatan
system pernapasan |
3.10 Menganalisis
sistem ekskresi pada
manusia dan
memahami gangguan pada
sistem ekskresi
serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi |
4.10 Membuat karya
tentang sistem
ekskresi
pada
manusia dan
penerapannya dalam menjaga kesehatan diri |
3.11 Menganalisis konsep getaran,
gelombang, dan
bunyi
dalam kehidupan sehari-hari termasuk
sistem pendengaran manusia
dan sistem sonar pada hewan |
4.11 Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang, atau
bunyi |
3.12 Menganalisis sifat-sifat
cahaya, pembentukan bayangan pada bidang ar dan lengkung serta penerapannya |
4.12 Menyajikan hasil pengamatan tentang pembentukan bayangan pada cermin
dan lensa |
KELAS IX
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi yaitu, (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami
dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait
fenomena dan
kejadian tampak
mata |
4. Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan
ranah
abstrak
(menulis,
membaca,
menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada
manusia
dan gangguan pada
sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi |
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari
berbagai
sumber
terkait
upaya
pencegahan
gangguan pada
organ reproduksi |
3.2 Menganalisis penerapan teknologi pada sistem reproduksi
tumbuhan
dan hewan |
4.2 Menyajikan karya
penelusuran
informasi tentang perkembangbiakan
pada hewan atau tumbuhan |
3.3 Menerapkan
konsep
pewarisan sifat
dalam pemuliaan
dan kelangsungan
makhluk hidup |
4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang
tanaman dan hewan hasil
pemuliaan |
3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan
gejalanya dalam
kehidupan sehari-hari. |
4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang
gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari |
3.5 Menerapkan
konsep
rangkaian
listrik,
energi dan daya listrik,
sumber
energi listrik dalam
kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi
listrik alternatif. |
4.5 Menyajikan hasil rancangan berbagai
rangkaian listrik |
3.6 Menerapkan
konsep kema
gnetan, induksi elektromagnetik,
dan pemanfaatan medan
magnet dalam
kehidupan sehari-hari. |
4.6 Membuat
rancangan karya sederhana
yang memanfaatkan
prinsip elektromagnet dan/atau induksi elektromagnetik |
3.7 Menerapkan konsep bioteknologi dan
perannya dalam kehidupan
manusia |
4.7 Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di
lingkungan
sekitar |
3.8 Menghubungkan konsep partikel materi (atom, ion, molekul),
struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang
digunakan dalam
kehidupan sehari-hari, serta dampak penggunaannya
terhadap kesehatan manusia |
4.8 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat dan
pemanfaatan bahan dalam
kehidupan sehari-hari |
3.9 Menghubungkan sifat fisika dan kimia
tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya
tanah untuk
keberlanjutan kehidupan |
4.9 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan pentingnya
tanah bagi kehidupan |
3.10 Menganalisis
proses dan
produk teknologi
ramah lingkungan
untuk keberlanjutan kehidupan |
4.10 Menyajikan karya tentang proses dan produk
teknologi sederhana yang ramah
lingkungan |
0 Response to "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada kurikulum 2013 untuk kondisi khusus"
Post a Comment