Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada kurikulum 2013 untuk kondisi khusus - POJOK IPA -->

Pages

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada kurikulum 2013 untuk kondisi khusus

 

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada kurikulum 2013 untuk kondisi khusus

 

Berikut Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah berbentuk sekolah menengah atas untuk kondisi khusus berdasar pada Keputusan KEPALA Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Nomor 018/H/Kr/2020 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Berbentuk Sekolah Menengah Atas Untuk Kondisi Khusus

 

KELAS VII

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

 

 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

 

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan    rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,  budaya  terkait  fenomena  dan kejadian tampak mata

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi, dan membuat) an  ranah  abstrak (menulis,  membaca,    menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

KOMPETENSI DASAR

 

KOMPETENSI DASAR

3.1 Menerapkan    konsep    pengukuran berbagai           besaran           dengan menggunakan satuan standar (baku)

4.1 Menyajikan  data  hasil  pengukuran dengan alat ukur yang sesuai dengan menggunakan  satuan  tak  baku  dan satuan baku

3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang diamati

4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati

3.3 Menjelaskan konsep campuran, zat dan contoh perubahannya dalam kehidupan sehari-hari

4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika  dan  perubahan  kimia,  atau pemisahan campuran

3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor,     perpindahan     kalor,     dan penerapannya     dalam     kehidupan sehari-hari     termasuk     mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan

4.4 Melakukan penyelidikan tentang pengaruh kalor  terhadap  suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor

3.5  Menganalisis  konsep energi, berbagai sumber   energi,   perubahan   bentuk energi  dalam  kehidupan  sehari-hari termasuk fotosintesis

4.5 Menyajikan hasil penyelidikan tentang perubahan bentuk energi atau pemanfaatan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari

3.6 Mengidentifikasi   sistem organisasi kehidupan   mulai   dari   tingkat sel sampai   organisme   dan komposisi utama penyusun sel

4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan

3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup    dan    lingkungannya    serta dinamika  populasi  akibat  interaksi tersebut

4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya

3.8  Menganalisis  terjadinya  pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem

4.8 Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan  hasil pengamatan

3.9 Menganalisis   perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem

4.9 Membuat   tulisan   tentang gagasan adaptasi/penanggulangan masalah perubahan iklim

3.10  Menjelaskan  tindakan  pengurangan

resiko sebelum, pada saat, dan pasca

bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya

4.10 Mengomunikasikan upaya pengurangan   resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan  diri  pada  saat  terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya

3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan,     serta dampaknya bagi kehidupan di bumi

4.11 Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi

 

 

KELAS VIII

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi yaitu, (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching),yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

 

 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

 

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan    (faktual, konseptual, dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang      ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi, dan membuat)  dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan menga dengan yang dipelajari di sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

KOMPETENSI DASAR

 

KOMPETENSI DASAR

3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup,  sistem  gerak  pada  manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak

4.1 Menyajikan karya tentang gangguan pada sistem gerak atau upaya menjaga   kesehatan sistem gerak manusia

3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum  Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup

4.2 Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda

3.3 Menjelaskan konsep pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia

4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari

3.4 Mendeskripsikan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan

4.4 Menyajikan karya dari hasil penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan

3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia, gangguan yang berhubungan        dengan sistem pencernaan, serta upaya   menjaga kesehatan sistem pencernaan

4.5 Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang gangguan sistem pencernaan atau upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan

3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan

4.6 Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan

3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan   pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah

4.7 Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas  (jenis,  intensitas,  atau durasi) pada frekuensi denyut jantung

3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair

3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia  dan  memahami  gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan

4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan system pernapasan

3.10 Menganalisis  sistem  ekskresi  pada manusia  dan  memahami  gangguan pada  sistem  ekskresi  serta  upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi

4.10 Membuat karya tentang sistem ekskresi      pada manusia dan penerapannya dalam       menjaga kesehatan diri

3.11 Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan     sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan

4.11 Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang, atau bunyi

3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang ar dan lengkung serta penerapannya

4.12 Menyajikan hasil pengamatan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa


 

KELAS IX

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi yaitu, (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

 

 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

 

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang  ilmu  pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai,  memodifikasi, dan  membuat)  dan  ranah  abstrak (menulis,     membaca,    menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

KOMPETENSI DASAR

 

KOMPETENSI DASAR

3.1 Menghubungkan   sistem   reproduksi pada  manusia  dan  gangguan  pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi

4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari  berbagai sumber terkait upaya pencegahan gangguan  pada organ reproduksi

3.2 Menganalisis penerapan teknologi pada sistem reproduksi  tumbuhan dan hewan

4.2 Menyajikan karya penelusuran informasi tentang perkembangbiakan pada hewan atau tumbuhan

3.3 Menerapkan  konsep  pewarisan  sifat dalam  pemuliaan  dan  kelangsungan makhluk hidup

4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan

3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari.

4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari

3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik  dalam  kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi  listrik alternatif.

4.5 Menyajikan hasil rancangan  berbagai rangkaian listrik

3.6 Menerapkan konsep kema gnetan, induksi  elektromagnetik, dan pemanfaatan  medan  magnet dalam kehidupan sehari-hari.

4.6 Membuat rancangan karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau induksi elektromagnetik

3.7  Menerapkan  konsep  bioteknologi  dan perannya dalam kehidupan manusia

4.7 Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar

3.8 Menghubungkan konsep partikel materi (atom, ion, molekul), struktur zat sederhana  dengan  sifat  bahan  yang digunakan  dalam  kehidupan  sehari-hari,  serta  dampak  penggunaannya terhadap kesehatan manusia

4.8 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari

3.9 Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan

4.9 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi kehidupan

3.10   Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan

4.10 Menyajikan karya tentang proses dan produk teknologi sederhana yang  ramah lingkungan

 

Demikian KI dan KD dalam kondisi khusus pada mata pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama, selengkapnya bisa di baca :

KI KD IPA SD

KI KD IPA SMP

KI KD IPA SMA

KI KD Semua Mapel

0 Response to "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada kurikulum 2013 untuk kondisi khusus"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel