Klasifikasi Makhluk Hidup
Pengantar
Klasifikasi
Materi Pelajaran IPA SMP kelas 7
semester II
Klasifikasi
atau pengelompokan makhluk hidup dipelopori oleh seorang ilmuwan bernama Arsitoteles, yang mengelompokkan makhluk
hidup menjadi hewan dan tumbuhan. Ilmuwan lainnya bernama Carolus Linnaeus. Dia adalah seorang ahli biologi dari Swedia
memperkenalkan sistem klasifikasi yang
dikenal sebagai sistem tata nama ganda (Binomial
nomenclature). Ilmuwan ini juga disebut sebagai Bapak Taksonomi.
Ada beberapa aturan dalam
sistem tata nama ganda diantaranya:
a.
Terdiri dari dua kata menggunakan bahasa latin
b.
Kata pertama diawali dengan huruf besar, sedang kata
kedua tidak diawali huruf besar.
c. Kata pertama
menunjukkan nama genus/marga, kata kedua menunjukkan jenis/species. Rhizopus orizeae, Rhizopus nama marga,
orizeae nama spesies atau jenis.
d.
Penulisan di cetak miring atau di garis bawahi
Contoh: jagung memiliki nama Zea mays, melinjo memiliki nama Gnetum gnemon
Tujuan klasifikasi
antara lain:
a.
Mempermudah dalam
mempelajari makhluk hidup
b.
Mengetahui hubungan
kekerabatan antar makhluk hidup
c.
Mengetahui
manfaatnya
d.
Mengetahui adanya
saling ketergantungan antar makhluk hidup.
Langkah untuk melakukan
klasifikasi yaitu,
1.
Pertama, mengamati
persamaan dan perbedaan pada makhluk hidup,
2.
kedua, melakukan identifikasi berdasar ciri dan
3.
ketiga, memberikan nama
pada makhluk hidup yang ditemukan.
Kunci determinasi/Dikotomi
Selain melakukan klasifikasi, tugas utama seorang taksonom
adalah melakukan pengenalan atau identifikasi. Kunci dikotom dapat disusun
melalui langkah-langkah berikut:
a.
Kelompokkan
organisme yang akan diamati
b.
Gunakan ciri-ciri
umum yang ada pada organisme tersebut sehingga dihasilkan dua kelompok umum
yang berbeda.
c.
Gunakan ciri yang
lebih khusus sehingga dua kelompok yang sudah terbentuk tadi dapat
dikelompokkan menjadi dua kelompok yang lebih kecil.
d.
Kegiatan
pengelompokan dilanjutkan hingga dihasilkan kelompok yang tidak dapat dibagi
lagi, dan di temukan nama kelompok.
Perhatikan contoh kunci
dikotomi dibawah ini!
1. a. bertulang
belakang…………………………… 2
b. tidak bertulang belakang……………………… 5
2. a. memiliki kelenjar susu ………………………… mamalia
b. tidak memiliki kelenjar susu ………………… 3
3. a. bernapas dengan insang …..………………….. Pisces
b. bernapas tidak dengan insang ….…………… 4
4. a. tubuh bersisik keras …………………………. Reptilia
b. tubuh berbulu ………………………………… Aves
5. a. memiliki cangkang …………………………… Gastropoda
b. tidak memiliki cangkang ……………………… 6
6. a. memiliki kaki beruas-ruas
…………………….. 7
b. tidak memiliki kaki, tubuh beruas-ruas …
. . . . Annelida
7. a. Jumlah kaki 3 pasang
…………………………… insekta
b. jumlah kaki 4 pasang ………………………….. Arachnida
kupu-kupu
memiliki kunci determinasi 1b, 5b, 6a, 7a. Bagaimana dengan Ikan?
Dalam taksonomi terdapat suatu tingkatan yang terdiri
dari organisme yang memiliki hubungan kekerabatan disebut takson.
Takson tersusun dari tingkatan tinggi ke tingkat rendah. Semakin tinggi takson
memiliki sedikit persamaan dengan anggotanya. Pada tumbuhan, urutan takson dari
tertinggi yaitu: devisio, class, ordo, familia, genus, species.
Sedangkan pada hewan urutannya Filum, class, ordo, familia, genus,
spesies.
Ada beberapa pergantian dalam sejarah klasifikasi,
diawali dari Aristoteles yang membagi
makhluk hidup dalam 2 dunia (2 Kingdom), yaitu kerajaan hewan dan tumbuhan.
Dilanjutkan dengan sistem 3 kingdom dimana dunia dibagi menjadi kerajaan
monera, plantae (tumbuhan) dan animalia (hewan), lalu pembagian makhluk hidup
menjadi 4 kingdom terdiri dari monera, fungi, plantae dan animalia. Dan yang
masih kita pakai hingga sekarang dengan pembagian 5 kingdom.
Klasifikasi
5 kingdom menurut Whittaker :
1.
Kingdom Monera
2.
Kingdom Protista
3.
Kingdom Fungi
4.
Kingdom Plantae
(tumbuhan)
5.
Kingdom Animalia
(hewan)
Ciri-ciri
: Bersel
satu, sel bersifat prokariotik
(belum memiliki membran inti), memiliki dinding sel,
ada yang menguntungkan ada yang merugikan.
Contoh : bakteri dan
ganggang biru (Cyanophyta).
Ciri-ciri umum : Ada yang bersel satu ada yang bersel banyak, sel
bersifat eukariotik (sudah memiliki membran inti), reproduksi
vegetatif dan generatif, ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan,
pernapasan aerob.
Ciri-ciri umum: ada yang bersel satu/
banyak sel, eukariotik, tidak memiliki
klorofil,
bersifat heterotrof, tubuh tersusun atas hifa dan zat kitin, hidup ditempat lembab, ada yang
menguntungkan dan ada yang merugikan.
Ciri-cirinya: Bersel banyak,
memiliki klorofil,
bersifat autorof, sel memiliki dinding sel, ada yang sudah memiliki akar,
batang, dan daun sejati.
Ciri-cirinya: multiseluler, sel
eukariotik, bersifat heterotrof, tidak memiliki dinding sel, umumnya bergerak
aktif. Kingdom hewan dibagi menjadi hewan vertebrata/cordata
dan hewan avertebrata.
Soal
Latihan
1.
Perhatikan
tabel kunci dikotom berikut!
1a Kuda liar . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . 2
1b Kuda hasil piaraan . . . . . . . . . . . .
. . . . . . 3
2a Berasal dari Amerika Utara . . . . . . . .
. . . . Kuda Mustang
2b Berasal dari Perancis . . . . . . . . . . .
. . . . . Kuda Kamargu
3a Tinggi kuda lebih dari 150 centi meter . .
. 4
3b Tinggi kuda kurang dari 150 centi meter . . 5
4a Kulit bertotol-totol . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . Kuda Appalusa
4b Kulit tidak bertotol . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . Kuda Tennesi
5a Lubang hidung sangat kecil . . . . . . . .
. . . Kuda Shetland
5b Lubang hidung besar . . . . . . . . . . . .
. . . . Kuda Poni
Urutan
identifikasi
untuk kuda poni yang benar adalah....
A.
1a,
2b, 5b
B.
1b,
3a, 4b
C.
1b,
3b, 5a
D.
1b,
3b, 5b.
2.
Perhatikan
kunci determinasi berikut ini !
1a. Tumbuhan berpembuluh . . . . . . . . . . . . . . 2
1b. Tumbuhan tidak berpembuluh . . . . . . . . .
. Bryophyta
2a. Tumbuhan berbiji . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . 3
2b. Tumbuhan berspora . . . . . . . . . . . . . .
. . . . Pteridophyta
3a. Tumbuhan berbiji terbuka . . . . . . . . . .
. . . . Gymnospermae
3b. Tumbuhan berbiji tertutup . . . . . . . . . .
. . . . 4
4a. Tumbuhan berkeping satu . . . . . . . . . . .
. . Monokotil
4b. Tumbuhan berkeping dua . . . . . . . . . . .
. . . Dikotil
Kunci
determinasi untuk bayam adalah ...
A. 1a, 2a, 3a, 4b
B. 1a,
2a, 3b, 4a
C. 1a,
2b, 3b, 4a
D. 1a,
2a, 3b, 4b.
3.
Perhatikan kunci dikotom berikut ini !
1a. Tubuh
terbagi menjadi kepala, dada dan perut ................................ Insekta
1b. Tubuh tidak
terbagi menjadi kepala, dada dan perut ....................... 2
2a. Tubuh
terbagi menjadi kepala dada bersatu dan perut .................... 3
2b. Tubuh
terbagi menjadi kepala dan badan beruas-ruas .................... 4
3a. Pada kepala
dada terdapat 4 pasang kaki ....................................... Arachnida
3b. Pada kepala
dada terdapat 5 pasang kaki jalan ............................... Crustacea
4a. Badan pipih
beruas-ruas, tiap ruas terdapat 1 pasang kaki .............. Chilopoda
4b. Badan pipih
beruas-ruas, tiap ruas terdapat 2 pasang kaki .............. Diplopoda
Urutan
identifikasi yang benar
untuk hewan laba-laba adalah....
A.
1a-2a-3a-4a
B.
1b-2b-3b-4b
C.
1b-2a-3b
D.
1b-2a-3a.
4.
Perhatikan contoh kunci dikotomi dibawah ini!
1. a. bertulang
belakang………………………………… 2
b. tidak bertulang belakang………………………….. 5
2. a. memiliki
kelenjar susu …………………………….. mamalia
b. tidak memiliki kelenjar susu ……………………… 3
3. a. bernapas
dengan insang …..…………………........ Pisces
b. bernapas tidak dengan insang ….……………. …… 4
4. a. tubuh
bersisik keras ………………………………. Reptilia
b. tubuh berbulu ……………………………………… Aves
5. a. memiliki
cangkang ………………………………… Gastropoda
b. tidak memiliki cangkang ………………………….. 6
6. a. memiliki
kaki beruas-ruas ………………………... 7
b. tidak memiliki kaki, tubuh beruas-ruas
…………. Annelida
7. a. Jumlah
kaki 3 pasang ……………………………. insekta
b. jumlah kaki 4 pasang …………………………… Arachnida
Seorang
siswa sedang mengidentifikasi seekor kupu-kupu. Hasil identifikasi yang akan
diperoleh adalah ….
A.
1a – 2a – 3a
B.
1a – 3b – 4a
C.
1b – 5b – 6a – 7a.
D.
1b – 5b – 6a – 7b
5.
Perhatikan
kunci determinasi hewan berikut.
1a. Hewan tidak bertulang belakang . . . . . . .
. . . 2
b. Bertulang
belakang . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
2a. Berkaki enam . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . Insecta
b. Berkaki
delapan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Arachnida
3a. Bersayap . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . Aves
b. Tidak
bersayap . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4
4a. Bersirip . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . Pisces
b. Berkaki
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Amphibia
Hasil
identifikasi ayam dengan menggunakan kunci identifikasi tersebut adalah ….
A.
1a,
2a
B.
1a,
2b
C.
1b,
3a.
D.
1b,
3b, 4b
0 Response to "Klasifikasi Makhluk Hidup"
Post a Comment