Klasifikasi Makhluk Hidup - POJOK IPA -->

Pages

Klasifikasi Makhluk Hidup


Pengantar Klasifikasi

Materi Pelajaran IPA SMP kelas 7 semester II
Klasifikasi atau pengelompokan makhluk hidup dipelopori oleh seorang ilmuwan bernama Arsitoteles, yang mengelompokkan makhluk hidup menjadi hewan dan tumbuhan. Ilmuwan lainnya bernama Carolus Linnaeus. Dia adalah seorang ahli biologi dari Swedia memperkenalkan sistem klasifikasi  yang dikenal sebagai sistem tata nama ganda (Binomial nomenclature). Ilmuwan ini juga disebut sebagai Bapak Taksonomi.

Ada beberapa aturan dalam sistem tata nama ganda diantaranya:
a.       Terdiri dari dua kata menggunakan bahasa latin
b.      Kata pertama diawali dengan huruf besar, sedang kata kedua tidak diawali huruf besar.
c.       Kata pertama menunjukkan nama genus/marga, kata kedua menunjukkan jenis/species. Rhizopus orizeae, Rhizopus nama marga, orizeae nama spesies atau jenis.
d.      Penulisan di cetak miring atau di garis bawahi
Contoh: jagung memiliki nama Zea mays, melinjo memiliki nama Gnetum gnemon

Tujuan klasifikasi antara lain:
a.       Mempermudah dalam mempelajari makhluk hidup
b.      Mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup
c.       Mengetahui manfaatnya
d.      Mengetahui adanya saling ketergantungan antar makhluk hidup.

Langkah untuk melakukan klasifikasi yaitu,
1.      Pertama, mengamati persamaan dan perbedaan pada makhluk hidup,
2.      kedua, melakukan identifikasi berdasar ciri dan
3.      ketiga, memberikan nama pada makhluk hidup yang ditemukan.

Kunci determinasi/Dikotomi
Selain melakukan klasifikasi, tugas utama seorang taksonom adalah melakukan pengenalan atau identifikasi. Kunci dikotom dapat disusun melalui langkah-langkah berikut:
a.       Kelompokkan organisme yang akan diamati
b.      Gunakan ciri-ciri umum yang ada pada organisme tersebut sehingga dihasilkan dua kelompok umum yang berbeda.
c.       Gunakan ciri yang lebih khusus sehingga dua kelompok yang sudah terbentuk tadi dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok yang lebih kecil.
d.      Kegiatan pengelompokan dilanjutkan hingga dihasilkan kelompok yang tidak dapat dibagi lagi, dan di temukan nama kelompok.

Perhatikan contoh kunci dikotomi dibawah ini!
1.  a. bertulang belakang……………………………          2
    b. tidak bertulang belakang………………………         5
2. a. memiliki kelenjar susu …………………………         mamalia
    b. tidak memiliki kelenjar susu …………………            3
3. a. bernapas dengan insang …..…………………..          Pisces
    b. bernapas tidak dengan insang ….……………            4
4. a. tubuh bersisik keras ………………………….            Reptilia
    b. tubuh berbulu …………………………………          Aves
5. a. memiliki cangkang ……………………………          Gastropoda
    b. tidak memiliki cangkang ………………………         6
6. a. memiliki kaki beruas-ruas ……………………..          7
    b. tidak memiliki kaki, tubuh beruas-ruas … . . . .           Annelida
7. a. Jumlah kaki 3 pasang ……………………………      insekta
     b. jumlah kaki 4 pasang …………………………..     Arachnida
     kupu-kupu memiliki kunci determinasi 1b, 5b, 6a, 7a. Bagaimana dengan Ikan?
Dalam taksonomi terdapat suatu tingkatan yang terdiri dari organisme yang memiliki hubungan kekerabatan disebut  takson. Takson tersusun dari tingkatan tinggi ke tingkat rendah. Semakin tinggi takson memiliki sedikit persamaan dengan anggotanya. Pada tumbuhan, urutan takson dari tertinggi yaitu: devisio, class, ordo, familia, genus, species. Sedangkan pada hewan urutannya Filum, class, ordo, familia, genus, spesies.
Ada beberapa pergantian dalam sejarah klasifikasi, diawali dari Aristoteles yang membagi makhluk hidup dalam 2 dunia (2 Kingdom), yaitu kerajaan hewan dan tumbuhan. Dilanjutkan dengan sistem 3 kingdom dimana dunia dibagi menjadi kerajaan monera, plantae (tumbuhan) dan animalia (hewan), lalu pembagian makhluk hidup menjadi 4 kingdom terdiri dari monera, fungi, plantae dan animalia. Dan yang masih kita pakai hingga sekarang dengan pembagian 5 kingdom.
Klasifikasi 5 kingdom menurut Whittaker :
1.      Kingdom Monera
2.      Kingdom Protista
3.      Kingdom Fungi
4.      Kingdom Plantae (tumbuhan)
5.      Kingdom Animalia (hewan)

1.      Kingdom Monera
Ciri-ciri : Bersel satu, sel bersifat prokariotik (belum memiliki membran inti), memiliki dinding sel, ada yang menguntungkan ada yang merugikan.
Contoh : bakteri dan ganggang biru (Cyanophyta).
2.      Kingdom Protista,
Ciri-ciri umum : Ada yang bersel satu ada yang bersel banyak, sel bersifat eukariotik (sudah memiliki membran inti), reproduksi vegetatif dan generatif, ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan, pernapasan aerob.
3.      Kingdom Fungi/ jamur
Ciri-ciri umum: ada yang bersel satu/ banyak sel, eukariotik, tidak memiliki klorofil, bersifat heterotrof, tubuh tersusun atas hifa dan zat kitin, hidup ditempat lembab, ada yang menguntungkan  dan ada yang merugikan.
Ciri-cirinya: Bersel banyak, memiliki klorofil, bersifat autorof, sel memiliki dinding sel, ada yang sudah memiliki akar, batang, dan daun sejati.
Ciri-cirinya: multiseluler, sel eukariotik, bersifat heterotrof, tidak memiliki dinding sel, umumnya bergerak aktif. Kingdom hewan dibagi menjadi hewan vertebrata/cordata dan hewan avertebrata.


Soal Latihan
1.      Perhatikan tabel kunci dikotom berikut!
1a     Kuda liar         . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .        2
1b     Kuda hasil piaraan . . . . . . . . . . . . . . . . . .          3
2a     Berasal dari Amerika Utara . . . . . . . . . . . .       Kuda Mustang
2b     Berasal dari Perancis . . . . . . . . . . . . . . . .          Kuda Kamargu
3a     Tinggi kuda lebih dari 150 centi meter . . .         4
3b     Tinggi kuda kurang dari 150 centi meter . .       5
4a     Kulit bertotol-totol . . . . . . . . . . . . . . . . . . .       Kuda Appalusa
4b     Kulit tidak bertotol . . . . . . . . . . . . . . . . . . .      Kuda Tennesi
5a     Lubang hidung sangat kecil . . . . . . . . . . .         Kuda Shetland
5b     Lubang hidung besar . . . . . . . . . . . . . . . .         Kuda Poni
Urutan identifikasi untuk kuda poni yang benar adalah....
A.    1a, 2b, 5b
B.     1b, 3a, 4b
C.     1b, 3b, 5a
D.    1b, 3b, 5b.

2.      Perhatikan kunci determinasi berikut ini !
1a.    Tumbuhan berpembuluh  . . . . . . . . . . . . . .       2
1b.    Tumbuhan tidak berpembuluh . . . . . . . . . .       Bryophyta
2a.    Tumbuhan berbiji . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .       3
2b.    Tumbuhan berspora . . . . . . . . . . . . . . . . . .        Pteridophyta
3a.    Tumbuhan berbiji terbuka . . . . . . . . . . . . . .      Gymnospermae
3b.    Tumbuhan berbiji tertutup . . . . . . . . . . . . . .     4
4a.    Tumbuhan berkeping satu . . . . . . . . . . . . .        Monokotil
4b.    Tumbuhan berkeping dua . . . . . . . . . . . . . .      Dikotil
Kunci determinasi untuk bayam adalah ...
A.    1a, 2a, 3a, 4b
B.     1a, 2a, 3b, 4a
C.     1a, 2b, 3b, 4a
D.    1a, 2a, 3b, 4b.
3.      Perhatikan kunci dikotom berikut ini !
1a. Tubuh terbagi menjadi kepala, dada dan perut ................................        Insekta
1b. Tubuh tidak terbagi menjadi kepala, dada dan perut .......................       2
2a. Tubuh terbagi menjadi kepala dada bersatu dan perut ....................        3
2b. Tubuh terbagi menjadi kepala dan badan beruas-ruas ....................         4
3a. Pada kepala dada terdapat 4 pasang kaki .......................................         Arachnida
3b. Pada kepala dada terdapat 5 pasang kaki jalan ...............................        Crustacea
4a. Badan pipih beruas-ruas, tiap ruas terdapat 1 pasang kaki ..............        Chilopoda
4b. Badan pipih beruas-ruas, tiap ruas terdapat 2 pasang kaki ..............        Diplopoda
Urutan identifikasi yang benar untuk hewan laba-laba adalah....
A.    1a-2a-3a-4a
B.    1b-2b-3b-4b
C.   1b-2a-3b
D.   1b-2a-3a.
4.      Perhatikan contoh kunci dikotomi dibawah ini!
1. a. bertulang belakang…………………………………      2
    b. tidak bertulang belakang…………………………..       5
2. a. memiliki kelenjar susu ……………………………..      mamalia
    b. tidak memiliki kelenjar susu ………………………       3
3. a. bernapas dengan insang …..…………………........       Pisces
    b. bernapas tidak dengan insang ….…………….  ……    4
4. a. tubuh bersisik keras ……………………………….       Reptilia
    b. tubuh berbulu ………………………………………     Aves
5. a. memiliki cangkang …………………………………     Gastropoda
    b. tidak memiliki cangkang …………………………..      6
6. a. memiliki kaki beruas-ruas ………………………...        7
    b. tidak memiliki kaki, tubuh beruas-ruas ………….         Annelida
7. a. Jumlah kaki 3 pasang …………………………….        insekta
    b. jumlah kaki 4 pasang ……………………………          Arachnida
Seorang siswa sedang mengidentifikasi seekor kupu-kupu. Hasil identifikasi yang akan diperoleh adalah ….
A.          1a – 2a – 3a
B.           1a – 3b – 4a
C.           1b – 5b – 6a – 7a.
D.          1b – 5b – 6a – 7b
5.      Perhatikan kunci determinasi hewan berikut.
1a.    Hewan tidak bertulang belakang . . . . . . . . . .   2
  b.    Bertulang belakang . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    3
2a.    Berkaki enam . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .     Insecta
  b.    Berkaki delapan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .     Arachnida
3a.    Bersayap . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    Aves
  b.    Tidak bersayap . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .     4
4a.    Bersirip . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .     Pisces
  b.    Berkaki . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .     Amphibia
Hasil identifikasi ayam dengan menggunakan kunci identifikasi tersebut adalah ….
A.    1a, 2a
B.     1a, 2b
C.     1b, 3a.
D.    1b, 3b, 4b



0 Response to "Klasifikasi Makhluk Hidup"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel