Gerak Benda, Materi IPA SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka
Gerak Benda
A. Pengertian
Gerak
Gerak adalah perubahan jarak dan/atau posisi benda terhadap titik acuan yang pilih. Titik acuan didefinisikan sebagai titik awal objek tersebut atau titik tempat pengamat berada. Pada benda yang bergerak, titik-titik yang dilalui oleh benda disebut lintasan. Selain itu, pada benda yang bergerak juga terdapat besaran fisika yang bekerja, seperti perpindahan, kecepatan, dan percepatan.
Pepindahan (shift) adalah
besaran yang menyatakan besar perubahan posisi benda. Perpindahan yang terjadi
setiap satuan waktu disebut kecepatan. Sementara itu, jika kecepatan berubah setiap sekon,
disebut percepatan.
Jarak tempuh adalah informasi tentang nilai lintasan yang dilalui gerak benda. Besaran – besaran gerak yang pertama kali perlu diketahui adalah posisi, perpindahan dan jarak tempuh. Rumus perpindahan benda:
Δx = xt – x0 (1)
Keterangan
:
Δx =
Perubahan posisi, satuannya meter (m)
x0
= Posisi awal, satuannya meter (m)
Xt
= Posisi akhir, satuannya meter (m)
Dalam
pengertian Sains, jika suatu benda kembali ke posisi semula saat benda mulai
bergerak tadi maka benda tersebut dikatakan tidak melakukan perpindahan.
Contoh Soal Jarak dan Perpindahan
1. Anton berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki ke arah timur sejauh 400 m. Namun ia ingat tidak membawa alat tulis sehingga ia berjalan Kembali ke barat sejauh 300 m untuk membeli alat tulis tersebut di warung. Hitunglah jarak tempuh dan perpindahan Anton.
Pembahasan
Jarak tempuh = AB + BC = 400 m + 300 m = 700 m
Perpindahan = jarak AC = AB – BC = 400 m – 300 m = 100 m
2. Jarak antara rumah Antin dengan sekolah terhalang oleh sungai, sehingga setiap hari Antin harus berjalan ke arah timur dulu sejauh 400 m, kemudian belok ke arah utara sejauh 300 m untuk sampai ke sekolah. Jika dibangun sebuah jembatan di sungai tersebut, maka jarak terdekat antara rumah dengan sekolah antin adalah . . . .
A. 100 m
B. 500 m
C. 600 m
D. 700 m
Pembahasan
Jarak terdekat = Perpindahan
Perpindahan = jarak AC
AC2 = AB2 + BC2
AC2 = 4002 + 3002
AC2 = 160 000 + 90 000
AC2 = 250 000
AC = 500 m
3. Arman berlari keliling lapangan yang berbentuk lingkaran sebanyak 3 kali. Jika diameter lapangan adalah 35 m, hitunglah jarak dan perpindahan Arman.
Pembahasan
Jarak tempuh = 3 x keliling lingkaran
= 3 x π x d
= 3 x 22/7 x 35 = 330 m
Perpindahan = 0 m
B. Macam-macam
Gerak
1.
Gerak menurut keadaan benda
Dalam gerak benda ada istilah gerak nyata dan gerak
semu.
a.
Gerak nyata
Gerak nyata merupakan gerak suatu
benda yang diakibatkan karena terjadinya perpindahan benda terhadap titik
acuan. Oleh karena benda mengalami
perubahan posisi, benda memiliki lintasan dan kelajuan. Misalkan
kita berjalan kaki ke sekolah, nah kita nya benar-benar bergerak
dengan kaki kan?
b. Gerak semu adalah benda yang sebenarnya diam namun oleh pengamat teramati bahwa benda tersebut seolah-olah bergerak.
Misalkan kita naik bus, terus melihat pohon pohon di jalan, pohon itu seakan bergerak berlari-larian padahal nyatanya tidak. Nah gerakan pohon itu yang disebut dengan gerak semu.
2.
Gerak menurut lintasan benda
Gerak benda menurut lintasannya
dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu gerak lurus, gerak parabola, dan gerak melingkar
a. Gerak lurus
Gerak lurus adalah gerakan suatu benda yang lintasannya berupa
garis lurus. Jika benda yang mengalami gerak lurus dengan kecepatan tetap,
disebut gerak lurus beraturan (GLB). Namun, jika kecepatan dari suatu benda tersebut berubah
semakin cepat maupun semakin lambat, disebut gerak lurus berubah beraturan
(GLBB).
contoh gerak lurus :
1) kereta api yang melaju pada rel yang lurus dengan
kecepatan tetap(GLB)
2)
kelereng yang menggelinding pada bidang datar yang kasar
(GLBB diperlambat)
3)
Anak bermain plosodan (GLBB dipercepat)
b. Gerak Parabola
Gerak parabola merupakan gerakan
benda yang lintasannya berupa parabola.
Contoh gerak parabola :
1)
pemain basket yang melakukan shooting bola basket ke ring.
2)
pemain sepak bola yang melakukan tendangan jarak jauh.
3)
peluru yang ditembakkan dengan sudut elevasi tertentu.
c. Gerak melingkar
Gerak melingkar adalah gerakan
benda yang lintasannya berupa lingkaran atau bagian dari lingkaran itu. Dalam
gerak melingkar, jarak benda dengan pusat putaran tetap, tetapi posisi benda
terhadap pusat lingkaran berubah.
Contoh gerak melingkar :
1) gerakan
jarum jam
2) gerakan
pelek sepeda
3)
rotasi bumi
4)
revolusi bumi
C.
Perbedaan Kelajuan dan Kecepatan
Kelajuan (velocity) adalah seberapa cepat sebuah jarak ditempuh dalam
waktu tertentu tanpa memperhitungkan arah, karena kelajuan termasuk
besaran skalar (besaran di dalam Sains yang hanya memiliki nilai besar dan
satuan).
Sedangkan kecepatan adalah besarnya perpindahan persatuan waktu. Kecepatan adalah
besaran vektor (memiliki nilai besar dan satuan dan juga harus dinyatakan
arah kemana benda tersebut bergerak).
Keterangan :
v = kelajuan (velocity), satuannya
meter per sekon (m/s)
s = jarak
tempuh (shift), satuannya meter (m)
t = waktu (time), satuannya sekon
atau detik (s)
Kelajuan yang konstan atau bernilai tetap adalah kelajuan gerak suatu
benda ketika setiap bagian jarak itu ditempuh dalam waktu yang sama. Laju tetap
ini sering disebut laju sesaat. Kelajuan rata-rata ialah kelajuan
gerak benda yang menempuh jarak perpindahan tertentu di mana tidak setiap
bagian dari jarak itu ditempuh dalam waktu yang realatif sama. Rumus kelajuan
rata-rata:
Keterangan :
ṽ = kelajuan
rata-rata, satuan m/s
Σs = jumlah jarak yang ditempuh,
satuan meter (m)
Σt = jumlah waktu, satuannya sekon atau
detik (s)
Rumus untuk kecepatan adalah
Keterangan :
Δx = selisih jarak yang ditempuh, satuan meter (m)
Δt = selang waktu, satuan sekon atau detik (s)
Contoh Soal Kecepatan dan kelajuan
1. Andi berjalan ke arah timur sejauh 300 m, kemudian Kembali ke barat sejauh 60 m. Jika waktu yang dibutuhkan Andi 2 menit, tentukan besar kelajuan dan kecepatan Andi.
Pembahasan
2. Perhatikan gambar berikut!
Dalam perjalan ayah dari rumah ke kota Kayen tampak seperti gambar tersebut. Hitunglah Kecepatan dan kelajuan ayah selama perjalanan tersebut!
Pembahasan
3. Sepeda motor yang dikendarai ayah melaju dengan kelajuan konstan 60 km/jam. Jarak yang ditempuh ayah setelah melaju selama 10 menit adalah . . . .
A. 10 km
B. 12 km
C. 36 km
D. 61 km
Pembahasan
Kelajuan = 60 km/jam
Waktu = 10 menit = ⅙ jam
Jarak = kelajuan x waktu
= 60 x ⅙
= 10 km
4. Sepeda motor yang dikendarai ayah melaju dengan kelajuan konstan 60 km/jam. Waktu yang diperlukan ayah untuk menempuh jarak 45 km adalah . . . .
A. 15 menit
B. 30 menit
C. 45 menit
D. 60 menit
Pembahasan
D.
Percepatan
Selain kelajuan dan kecepatan, ada istilah percepatan. Sebuah
benda ketika bergerak pasti kecepatannya tidak tetap dan berubah-ubah, bisa
lebih cepat ataupun lebih lambat. Besaran yang digunakan untuk mengukur perubahan
dinamakan percepatan. Jadi Percepatan adalah besarnya pertambahan kecepatan tiap satuan waktu.
Rumusnya:
Keterangan :
a = percepatan gerak
benda, satuan m/s2
vo = kecepatan awal, satuan m/s
vt = kecepatan akhir, satuan m/s
to = waktu
awal, satuan sekon atau detik (s)
tt = waktu
akhir, satuan sekon atau detik (s)
Jika nilai hasil a adalah positif maka disebut gerak dipercepat.
Jika nilai hasil a adalah negatif maka disebut gerak diperlambat.
Contoh soal Percepatan
1. Mobil yang mula-mula dalam keadaan diam melaju dengan
kecepatan yang terus bertambah hingga mencapai 100 m/s dalam waktu 10 s. Besar
percepatan yang dialami mobil tersebut adalah . . . .
A.
1 m/s2
B.
5 m/s2
C.
10 m/s2
D.
20 m/s2
Pembahasan
2.
Perhatikan gambar berikut.
Besar kecepatan mobil pada gambar tersebut setelah
melaju selama 6 s adalah . . . .
A.
10 m/s
B.
15 m/s
C.
36 m/s
D.
54 m/s
Pembahasan
Soal Latihan
1. Gerak suatu benda selalu relatif. Dengan kata lain, bergerak atau tidaknya suatu benda ditentukan oleh . . . .
A.
Keadaan si pengamat terhadap benda
B.
Jarak si pengamat terhadap benda
C.
Gerak pengamat
D.
Gerak benda
2.
Ketika kereta api melaju menuju stasiun, terdapat
pengamat yang berada di luar kereta api. Pernyataan berikut yang benar mengenai
gerak relatif yang diamati pengamat adalah . . . .
A.
kereta bergerak mendekati stasiun
B.
stasiun bergerak menjauhi kereta
C.
stasiun bergerak mendekati kereta
D.
kereta bergerak menjauhi stasiun
3.
Joni berlari
keliling lapangan berbentuk lingkaran sebanyak 5 kali. Jika diameter lapangan
tersebut adalah 42 m, maka jarak dan perpindahan Joni secara berurutan adalah .
. . .
A.
0 dan 660 m
B.
42 dan 660 m
C.
660 m dan 0
D.
660 m dan 42 m
4.
Dani berangkat ke
sekolah berjalan kaki. Sebenarnya jarak dari rumah ke sekolah sangat dekat,
tetapi harus menyeberangi sungai. Dani setiap berangkat ke sekolah berjalan 400
m ke utara menuju jembatan, kemudian belok ke timur 300 m ditempuh dalam waktu
5 menit. Kelajuan dan kecepatan
rata-ratanya secara berurutan adalah . . . .
A.
140 m/s dan 100 m/s
B.
100 m/s dan 140 m/s
C.
1,6 m/s dan 2,3 m/s
D.
2,3 m/s dan 1,6 m/s
5.
Seorang pelari memerlukan waktu 3 menit 20 sekon untuk
menempuh jarak 1 500 m. Kelajuan rata-rata pelari tersebut adalah . . . .
A.
5,5 m/s
B.
7,5 m/s
C.
6,5 m/s
D.
8,5 m/s
6.
Sebuah mobil bergerak dengan kelajuan rata-rata 60
km/jam selama 30 menit. Jarak yang ditempuh mobil tersebut adalah . . . .
A. 30 km
B. 45 km
C. 60 km
D. 120 km
7.
Sebuah mobil bergerak dengan kelajuan rata-rata 72
km/jam. Waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak 60 km adalah . . . .
A. 45 menit
B. 50 menit
C. 60 menit
D. 72 menit
8.
Mobil yang semula bergerak lurus dengan kecepatan 4 m/s
berubah menjadi 12 m/s dalam waktu 10 s. Percepatan yang dialami mobil tersebut
adalah . . . .
A. 0,8 m/s2
B. 1,2 m/s2
C. 1,6 m/s2
D. 1,8 m/s2
9.
Benda yang semula diam kemudian didorong sehingga bergerak
dengan percepatan tetap 3 m/s2. Kecepatan benda tersebut setelah
bergerak selama 6 s adalah . . . .
A. 2 m/s
B. 9 m/s
C. 18 m/s
D. 20 m/s
10. Sebuah
mobil melaju dengan kecepatan 18 m/s. Kemudian mobil tersebut direm sehingga
berhenti setelah 9 detik, perlambatan mobil tersebut adalah . . . .
A. – 1 m/s2
B. – 2 m/s2
C. – 3 m/s2
D. - 4 m/s2
.
.
0 Response to "Gerak Benda, Materi IPA SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka"
Post a Comment