SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2020 PAKET 2 - POJOK IPA -->

Pages

SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2020 PAKET 2


SOAL LATUN BAHASA INDONESIA PAKET 2

1.      Bacalah dengan seksama kutipan teks berikut!
Sebentar lagi gelaran Moto GP akan dimulai, banyak pabrikan yang telah menyiapkan motor dengan piranti kelas wahid.Tak ayal kompetensi akan semakin kompetitif, dari tim ART hingga tim pabrikan siap beradu kebolehan di 18 lintasan yang akan diselenggarakan
Makna kata yang digarisbawahi pada teks di atas adalah 
A. piranti/perangkat dengan harga mahal 
B. piranti/perangkat dengan kualitas bagus 
C. piranti/perangkat dengan bahan terbaik 
D. piranti/perangkat dengan kualitas yang sudah teruji 

2.      Selain melakukan diet, mengolah tubuh merupakan cara yang dapat ditempuh untuk menyiasati masalah kegemukan. Akan tetapi, hal ini pada dasarnya tidak hanya berlaku untuk anak yang mengalami kegemukan, melainkan kepada setiap anak. Hanya saja, beberapa anak merasa malas untuk melakukan kegiatan fisik, terlebih jika layar kaca telah menghipnotisnya.
Makna tersurat paragraf di atas adalah ....
A.    Setiap anak sebaiknya tidak terlalu terhipnotis dengan televisi.
B.     Mengolah tubuh sangat diperlukan untuk semua anak tidak hanya untuk anak  mengalami masalah kegemukan.
C.     Layar kaca terlalu menghipnotis anak dan membuat anak malas untuk melakukan diet
D.    Diet adalah salah satu cara untuk mengatasi kegemukan. 

3.      Bank BRI  memberikan pinjaman modal dengan bunga rendah kepada para pedagang kaki  lima (PKL) .Hal ini disambut baik oleh para PKL . Adapun alasan Bank BRI meminjamkan modal tersebut adalah agar PKL mampu mengembangkan  usahanya sekaligus memiliki warung tetap.
Pernyataan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah..
A.    Bank BRI memimjamkan modal usaha kepada para PKL agar memiliki warung.
B.     Bank BRI meminjamkan modal usaha dengan tujuan usaha PKL mampu berkembang.
C.     Bank BRI meminjamkan modal usaha kepada para PKL dengan  bunga tinggi.
D.    Rencana Bank BRI  meminjamkan modal usaha disambut baik oleh PKL.

4.  Bacalah paragraf berikut!
       Apakah kamu tahu? Sayuran hijau memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Kandungan zat gizinya seperti vitamin, zat besi, dan serat sangat diperlukan tubuh kita. Vitamin bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Zat besi bermanfaat membantu proses pembentukan sel darah merah. Sementara itu, serat sayuran berguna untuk melancarkan pencernaan. Zat-zat gizi tersebut di antaranya terdapat pada bayam, kangkung, brokoli, dan daun singkong.
Pernyataan yang sesuai paragraf di atas adalah …
A.    Sayuran hijau perlu dimasak dengan benar sebelum dikonsumsi.
B.     Penderita anemia disebabkan jarang mengonsumsi sayuran hijau.
C.     Sayuran hijau mengandung semua zat gizi yang diperlukan tubuh.
D.    Kandungan gizi pada sayuran hijau, seperti serat, vitamin, dan zat besi.

5.      Bacalah teks berikut!
Bung Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, 12 Agustus 1902. Hatta adalah pejuang, negarawan, ekonom, dan Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Beliua bersama Soekarno memainkan peranan penting untuk kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda, sekaligus memperoklamasikannya pada 17 Agustus 1945. Beliau pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta. Ia mundur dari jabatan Wakil Presiden pada tahun 1945 karena sesuatu hal. Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Keistimewaan tokoh dalam teks tersebut adalah ....
A.
seorang pejuang, negarawan, dan ekonom
B. semangat yang tinggi untuk kemerdekaan RI
C. mundur dari jabatan Wakil Presiden RI
D. penjuang yang penuh semangat

6.      Bacalah kutipan biografi tokoh berikut!

Dalam bisnis, Chairul menyatakan bahwa generasi muda bisnis sudah seharusnya sabar dan mau menapaki tangga usaha satu persatu. Menurutnya, membangun sebuah bisnis tidak seperti membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan sebuah kesabaran dan tak pernah menyerah. Jangan sampai banyak yang mengambil jalan seketika (instant), karena dalam dunia usaha kesabaran adalah salah satu kunci utama dalam mencuri hati pasar. Membangun integritas adalah penting bagi Chairul. Adalah manusiawi ketika berusaha, seseorang ingin segera mendapatkan hasilnya. Tidak semua hasil bisa diterima secara langsung.

Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. sabar dan pantang menyerah
B. sabar dan ingin cepat berhasil
C. tekun dan teliti dalam berbisnis
D. sabar dalam berusaha dan sangat kreatif

7.      Bacalah teks berikut!
(1) Sirsak adalah salah satu tanaman obat terbaik yang pernah ditemukan dari hasil penelitian. (2) Sampai-sampai hasil penelitiannya pun kadang dirahasiakan untuk kepentingan industri. (3) Khasiat sirsak ternyata tidak hanya terdapat di daunnya, tetapi buah dan kulitnya pun mempunyai manfaat untuk pengobatan kanker. (4) Kita cukup langsung makan buahnya saja untuk mendapatkan manfaat dari sirsak.
Kalimat utama pada teks tersebut terdapat pada nomor ....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)

8.      Bacalah paragraf berikut!
"Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pendiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memilii baban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres."
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A.    terkena stres karena pensiun.
B.     mendapat gaji tanpa bekerja
C.     tidak perlu sres menghadapi pensiun
D.    mengoptimalkan kegatan di masa pensiun

9.      Bacalah dengan seksama kutipan teks berikut!
Limbah atau hasil buangan kapal sering menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah penumpang yang membuang sampah sembarangan ke laut. Mereka tidak menghiraukan pengaruh sampah-sampah dan gas buang tersebut terhadap kehidupan di laut. Padahal mereka tahu bahwa laut juga merupakan sumber penghidupan nelayan. Ikan, terumbu karang, dan biota laut lainnya akan pergi ke laut yang lebih dalam. Lebih parah lagi ada beberapa yang mati karena pencemaran laut tersebut.
Simpulan isi bacaan di atas adalah  ....
A.    Limbah dan sampah yang dibuang ke laut sering menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah penumpang yang membuang sampah sembarangan di laut.
B.     Limbah dan sampah yang dibuang ke laut akan mencemari laut yang menjadi sumber penghidupan nelayan.
C.     Para penumpang tidak menghiraukan pengaruh sampah terhadap kehidupan biota laut.
D.    Air laut yang tercemar tidak dapat digunakan sebagai tempat ikan dan terumbu karang.

10.  Bacalah teks berikut!
(1) Banjir di Jakarta tidak semata-mata faktor alam. (2) Jakarta yang terletak di pinggir laut juga bukan faktor utama. (3) Aktivitas dan ulah warga berpengaruh pada terjadinya banjir di Jakarta. (4) Banyak warga yang masih membuang sampah ke sungai. (5) Lebih dari enam ton sampah diangkat dari pintu air Manggarai.
Kalimat yang mendukung persoalan terdapat pada nomor ...

A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

11.  Bacalah teks berikut!
(1) Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI, OSIS SMP Tunas Bangsa mengadakan kegiatan Lomba Baca Puisi dan Lomba Tata Upacara Antarkelas. (2) Lomba tersebut diselenggarakan tanggal 14-15 Agustus 2014. (3) Guru dan siswa bekerja sama menyukseskan acara tersebut. (4) Kegiatan itu mengingatkan perjuangan pahlawan karena memiliki tujuan yang sama yaitu kesuksesan.
Kalimat yang menyatakan alasan yang mendukung terhadap masalah pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

12.    Bacalah paragraf berikut!
       Polusi udara dapat didefinisikan sebagai udara yang mengandung zat kimia ataupun memiliki kondisi fisik (misal panas) yang melewati batas tertentu, sehingga dapat membahayakan manusia, makhluk hidup lain (hewan, tumbuh-tumbuhan) ataupun lingkungan abiotik. Polusi udara dengan demikian merupakan ancaman yang sangat serius bagi kelangsungan hidup di bumi.
       Polusi udara memang terjadi secara alamiah, sejak bumi terbentuk. Sebab, fenomena alam seperti letusan gunung berapi, kebakaran hutan, badai debu, bangkai tumbuh-tumbuhan dan hewan yang membusuk, dan garam dari laut, semua dapat mencemari udara. Tapi, semua itu boleh dikatakan masih dalam batas-batas yang dapat ditoleransi, artinya laju proses pembersihan polusi dari udara dan laju proses pencemaran itu masih dalam keseimbangan alam.
Rangkuman yang tepat untuk bacaan di atas adalah ....
A. Polusi udara yang terjadi secara alamiah yang melewati batas tertentu dapat membahayakan makhluk hidup ataupun lingkungan abiotik.
B. Polusi udara adalah udara yang mengandung zat kimia, sehingga dapat membahayakan yang merupakan ancaman serius.
C. Polusi udara adalah udara yang mengandung zat kimia dan panas tertentu yang membahayakan manusia, hewan,  tumbuh-tumbuhan dan terjadi sejak bumi terbentuk.
D. Polusi udara adalah udara yang mengandung panas yang melewati panas tertentu, dapat mengancam kelangsungan hidup di bumi secara serius, baik pada manusia, hewan ataupun tumbuh-tumbuhan.

13.  Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!

Teks 1
       Kita tidak pernah berpikir tentang berapa banyak racun yang kita kumpulkan dari udara tercemar dan makanan yang sudah diproses secara kimiawi. Lebih dari 90% orang tidak menyadari bahwa banyak substansi kimiawi berukuran mikroskopik, logam berat, dan racun memengaruhi tubuh mereka setiap hari. Kita tidak dapat melihat semua substansi berbahaya tersebut, tetapi mereka benar-benar menyerang tubuh kita.
       Bagaimana cara mengetahui hal-hal tersebut benar memengaruhi tubuh kita (tanpa menggunakan mikroskop)? Cara terbaik adalah melakukan tes urin menggunakan ubi bit (beetroot). Apakah urin Anda berwarna merah setelah minum jus ubi bit? Jika ya, Anda mungkin merasa khawatir karena itu berarti bahwa Anda mungkin memiliki kebocoran saluran pencernaan.

Teks 2
       Sebuah video menghebohkan para netizen. Video yang diunggah Wisa Rahardi per  tanggal 20 Januari 2016 itu menjadi buah bibir di dunia maya. 
Dalam video berdurasi 8 menit 23 detik itu, terlihat seorang pria berpakaian ala Ustaz terlihat sedang menggandakan uang. Namun anehnya, ia mengeluarkan uang pecahan Rp50 ribu rupiah dari kantong plastik, dan tidak habis-habis! 
       Si Ustaz hanya terlihat mengaduk-aduk kantong plastik itu dengan tangannya dan terus mengeluarkan helai demi helai uang tanpa henti. Sementara di sekelilingnya terlihat beberapa pria dan seorang wanita dengan baju tank top, menghitung uang yang berhasil dikeluarkan. 
Tidak ada keterangan lebih lanjut dari video ini. Namun akun pengunggahnya menuliskan informasi bahwa video ini nyata dan bukan rekayasa.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ....


Teks 1
Teks 2
A
menggunakan kosakata asli bahasa Indonesia
menggunakan kosakata bahasa asing
B
menggunakan bahasa resmi
menggunakan bahasa santai
C
menggunakan bahasa bidang ilmu
menggunakan bahasa sehari-hari
D
menggunakan perumpamaan
menggunakan bahasa lugas

14.  Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks 1
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.

Teks 2
Minggu dini hari tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum berhasil. Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....

A. Teks 1: apa, bagaimana, mengapa, siapa ; Teks 2: apa, kapan bagaimana, siapa
B. Teks 1: di mana, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2: apa, bagaimana, kapan, siapa
C. Teks 1: di mana, mengapa, siapa, bagaimana ; Teks 2: kapan, bagaimana, apa, siapa
D. Teks 1: apa, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2:kapan, apa, bagaimana, siapa

15.  Bacalah kutipan cerita berikut!
Para penghuni rimba merasa kurang senang. Keangkuhan si merak semakin menjadi-jadi! Setiap berjumpa penghuni rimba lainnya, merak selalu pamer bulu-bulunya itu.
"Siapa yang bisa menandingi keelokan diriku?" kata merak berulang kali, tanpa bosan-bosan.
Tentu saja teman-temannya kian jengkel kepada merak.
"Ah, aku ada akal untuk menyadarkan si merak," pikir kancil suatu hari.
Lantas kancil membisiki beberapa teman lain. Di antaranya kijang, kelinci, dan tupai.
Pagi itu merak kembali pamer kepada teman-temannya.
Jalannya dibuat miring-miring agar bagian bulunya kelihatan siapa saja.
Dikutip dari: Imam Musbikin, "Merak yang Angkuh" dalam Si Kodok dalam Tempayan, Yogyakarta, Mitra Pustaka, 2005.
Simbol bulu tersebut mengandung makna....
A.    Kekayaan
B.     Keindahan
C.     Kebaikan
D.    kesombongan

16.  Cermatilah kutipan fabel berikut!
Saat pertengahan keledai dengan santainya berlari. Sedangkan kuda tengah berusaha berlari cepat. Keledai berusaha membuat rencana agar kuda kalah. Keledai berkali-kali membuat jebakan, tetapi jebakan itu menimpanya sendiri. Saat menuju garis finis keledai membuat rencana lagi. Yaitu keledai memberikan air minum untuk kuda yang berisikan obat tidur. Kuda pun menolaknya dan keledai disuruh meminumnya sendiri. Namun keledai tidak mau meminumnya. "Kenapa kamu tidak mau meminum air ini saja?" kata kuda.
"Aku tidak haus," jawab keledai.
Kuda memaksa keledai untuk meminum air itu. Saat keledai meminum air itu keledai pun jatuh tertidur. "Hmmm...benar apa yang telah kuduga. Dia mau menipuku," batin Kuda.
Kuda dalam fabel tersebut menyimbolkan orang yang ....
A. tangkas
B. hebat
C. kuat
D. waspada

17.  Bacalah kutipan teks fabel berikut!Kerajaan Tanah Sumedang diperintah raja yang adil dan bijaksana. Sang Raja mempunyai seorang anak bernama Putri Arum. Suatu ketika Putri Anrm mengidap penyakit kulit yang menjijikkan. Raja mengadakan sayembara. Siapa dapat.menyembuhkan Putri Arum jika laki-laki akan dijodohkan, jika perempuan akan dijadikan saudara.
Bujang Trindil pembantu setia Dang Anggana mengikuti sayembara. Ia segera pergi mencari obat. Ia berjalan mendaki gunung tinggi dan menjelajah hutan belantara. Karena lelah, ia tertidur di bawah pohon rindang dan bermimpi. Dalam mimpi itu, ia disuruh membuat sumur. Sumur itu akan mengeluarkan air panas sebagai sarana menyembuhkan Putri Arum. Ketika terbangun, Bujang Trindil segera melakukan seperti dalam mimpinya. Keajaiban terjadi. Setelah Putri Arum mandi dengan air sumur itu, penyakit kulitnya lenyap.
Akhirnya, Bujang Trindil mendapatkan hadiah. Namun, hadiah itu ia serahkan kepada tuannya, Dang Anggana. Menikahlah Dang Anggana dengan Sang Putri Arum. Bujang Trindil merasa lega dan bahagia.
Tokoh utama kutipan cerita tersebut adalah….
A.    Putri Arum
B.     Sang Raja
C.     Bujang Trindil
D.    Dang Anggana

18.  Perhatikan dengan seksama kutipan teks berikut!
Terpaksalah Mbok Sutiyah mengeluhkan perasaannya kepada Nining sendiri.
“Kapan sekolahmu selesai, Nduk! Aku tak melihat apa gunanya sekolah terlalu lama seperti yang kau jalani itu!” Katanya di antara keluhan-keluhannya.
“Hanya tinggal berapa bulan lagi, Mbok. Selesai Ujian SMA, tamatlah sekolahku,” Jawab nining.
Kutipan teks cerpen di atas adalah bagian struktur orientasi berupa …
A.    Penciptaan gambaran visual latar
B.     Penentuan waktu kisah, latar tempat, dan latar waktu
C.     Pengenalan tokoh dan penentuan peristiwa
D.    Penentuan peristiwa dan dan atmosfer

19.  Bacalah kutipan cerita anak berikut!
Pagi ini tidak bisa lagi Timan tak marah. Kapal gratis ke Muara Baru masih belum bisa jalan, sementara Rahmat anaknya yang sekolah pada sebuah SD di Pluit tak mau berangkat dengan bus. Tapi tentu Timan mestinya ngerti. Dengan bus dari Marunda, Cilincing, ke Pluit, Penjaringan, jaraknya 10 km. Pukul berapakah Rahmat sampai di sekolah.
Konflik pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. sekolah yang jauh membuat timan bingung
B. angkutan gratis yang rusak rahmat tidak sekolah
C. kekhawatiran Timan atas keterlambatan Rahmat
D. jarak sekolah yang merepotkan siswanya

20.  Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Aku tau tempat yang pas untuk makan siang sekaligus salat zuhur. Bagaimana?" tanya Marion.
"Ke mana? Masih jauh?" tanyaku khawatir karena perutku semakin keroncongan. Aku melihat sekeliling arel Louvre dan Arc de Triomphe du Carrousel. Tak ada kedai maupun kios makanan cepat saji di sana.
Latar pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. siang hari, di sebuah masjid
B. siang hari, di Louvre
C. sore hari, di Arc de Triomphe
D. sore hari, di sebuah kedai

21.  Bacalah kutipan cerpen berikut!
Pada siang yang murung itu, seorang laki-laki tambun keluar dari perut mobil dengan pengahnya dan berlari menuju beranda rumah bergaya limasan. Kedatangan laki-laki itu disambut seorang perempuan yang langsung menyodorkan handuk. Laki-laki yang menggosokkan handuk di kepalanya itu basah diguyur hujan deras.
Cara penulis menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. tindakan tokoh
B. dialog antartokoh
C. diceritakan langsung
D. diceritakan orang lain

22.  Cermati kutipan cerpen berikut!
Pada suatu petang matahari tiba-tiba memantulkan sinarnya menerobos awan dan seekor burung kesiangan mulai berkicau. Waktu Kyoko tiba di kebunnya, daun-daun sayur mengkilap seperti baru digosok layaknya. Awan berwarna merah muda yang menggumpal di puncak-puncak pegunungan itu memesonanya. Ia terkejut sewaktu mendengar suaminya tiba-tiba memanggilnya, dan tergesa-gesa ia ke atas; tanpa menunggu sampai tangannya yang penuh lumpur di cuci dulu. Suaminya terengah-engah karena pemusatan tenaga yang dibutuhkan untuk berteriak memanggilnya.
“Aku memanggil dan memanggil! Apa kau tidak dengar?”
 “Aku sangat menyesal.”
“Berhentilah dengan kerjamu di kebun itu! Bila aku tiap kali harus berteriak  memanggilmu, dalam sekejap saja aku akan mati. Lagi pula aku tak bisa melihat di mana kau berada dan apa yang kau lakukan.”
“Aku bekerja di kebun sayur. Tapi kalau tidak suka, aku akan berhenti bekerja.”
SumberPikiran Rakyat, 11 Juni 2003
Suasana yang tergambar dalam cuplikan cerpen di atas adalah ….
A.    senang
B.     sedih
C.     tegang
D.    cemas        

23.  Bacalah teks berikut!
Raja Kahuripan mempunyai dua orang putra, yaitu Raden Panji dan Raden Anom.  Raden  Anom lebih cerdas daripada Raden Panji. Selain cerdas, Raden Anom juga dikenal ramah. Raden Panji merasa iri hati melihat kecerdasan Raden Anom. Karena itu ia ingin mencelakakan saudaranya. Dia menyuruh pembantunya agar membubuhkan racun ke dalam makanan Raden Anom.
Nilai moral positif yang bisa kita ambil dari cerita di atas adalah....
A.  Ramah 
B.  Suka menolong
C.  Menghormati orang lain
D.  Penurut

24.  Bacalah kutipan teks cerita berikut!
          Kalau tidak, tentu telah berkurang satu lowongan kerja untuk tukang kebun keliling seperti dia. Dua hari yang lalu itu kukemas pakaian-pakaian bekas anak-anak yang sudah tidak muat lagi mereka kenakan. Aku yang menyisihkan pakaian-pakaian tua milikku, begitu juga milik istriku. Pakaian-pakaian bekas itu kuberikan kepadanya, di samping upah yang dia terima. Kami sebenarnya bukanlah orang yang mampu. Tapi kebiasaan seperti itu telah ditanamkan orang tuaku sejak aku masih kecil.
Amanat yang sesuai dengan kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Kita harus menghormati orang lain!
B. Harus berbagi rezeki dengan orang lain!
C. Haruslah tolong menolong dalam hidup!
D. Jangan berprasangka buruk pada orang lain!

25.  Bacalah kutipan cerita berikut!
         "Her, Tur ... lo mending jadi pemain Singapur ajaNggak ada pemain kaya gue di Singapur! Muke lo juga lebih pantes main di Singapur!" Ledek Benni.
Arthur langsung berhenti dan menarik pundak Benni. "Heh! Gue ini orang Indonesia! Nggak bakal gue tuker sama apa pun!

Konflik pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. saling mengnginkan pergi ke Singapura
B. ketegangan dengan orang asing
C. perebutan pemain luar negeri
D. harga diri yang dipermainkan

Bacalah teks berikut!
Kurasa hari ini aku begitu sibuk, belum purna sudah koreksian di meja kerjaku, aku sudah dipanggil bapak kepala sekolahku di ruangannya. Kutinggal sejenak pekerjaanku tuk bergegas ke ruang kepala sekolah. Taklama kemudian, tergesa gesa aku masuk kembali ke ruang itu untuk mengambil mapku yang tertinggal. " Prang!" tak kusengaja tanganku menyentuh gelas di ujung mejaku, pecah! Terjatuh di lantai.yang membuatku panik melihatekspresiIbuRini,melototiakudengan
berujar, "Bagaimana sih kamu, gak punyamata, ya?" "lihat nih rokku basah!".
"Ma..maaf ya aku ga sengaja, Bu," jelasku. "Ada apa ya?" Oh...sudahlah Bu Rini jangan marah-marah seperti itu, kan Ibu Mega tidak sengaja," lerai Ibu Tri.

26. Penyebab terjadinya konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.    Ibu Mega dipanggil ke ruang kepala sekolah. Padahal koreksian   
      menumpuk dan belumterselesaikan.
B.    Ibu Mega tanpa sengaja menyentuh gelas yang berada di ujung meja, gelas
                 terpecah sehingga membuat rok Ibu Rini basah.
C.    Ibu Tri berusaha melerai keributan antara Ibu Mega dengan Ibu Rini,
                 mengakibatkan mereka bertiga di panggil oleh kepala sekolah
D.    kepala sekolah merasa bersalah karena memanggil Ibu Mega menyebabkan Ibu
     Tri tersiram air minum dan menyebabkan roknyabasah.

 Kupeluk putriku semata wayang. Tampak sekali kekecewaan yang ia alami dari tatapan lugunya kepadaku. Kuingat sudah lebih tiga kali ayahnya membatalkan janji makan malam di akhir pekan. Kali ini terulang kembali, di akhir hari libur semesternya ayah mengulangi kembali ingkar janji terhadap Yusra putriku. Padahal Yusra esok sudah harus kembali kepesantrennya karena waktu libur telah usai. Aku berusaha menghiburnya agar ia tidak kecewa padaayahnya.

27. Akibat konflik yang dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.            Yusra kembali lagi kepesantren
B.            Yusra menatap ibu denganlugu.
C.            Yusra kembali batal makanmalam
D.            Yusra kecewa karena ayah ingkar janji.

Kutipan 1
Di sebuah kolam yang cukup besar dan dalam seekor kadal sedang berjalan di pinggiran kolam. Kadal sedang mencari kegiatan baru dia sangat inginberpetualang.
Ketika dia berjalan dipinggiran kolam sambil mengeluarkan lidahnya dia melihat sesuatu muncul dari dalam air hal pertama yang dilihat oleh kadal itu adalah sebuah kepala yang melenggak lenggok kesana kemariseperti sedang mencari sesuatu.


Kutipan 2
Seekor Anjing yang memiliki kemampuan berlari tanpa henti mengejar sang kelinci tanpa kelelahan. Sang Kelinci yang sangat cepat melompat menghindari kejaran anjing itu membuat anjing itu kehilangan jejaknya, anjing itu mulai mengendus-ngendus bau sang kelinci dan tidak lama menemukan kelinci kembali dan mengejarnya kembali hingga akhirnya anjing itu menyerah tidak mengejar kelinci itulagi.
Ternyata kejadian itu ditonton olehseekor burung gagak yang sedang bertengger di sebuah pohon ketika anjing itu melewati pohon tersebut sang gagak dan anjing berdebat  tentang    tujuannya    mengejar    kelinciantara
       berburu makanan dengan mempertahankandiri.

28. Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan fable tersebut adalah….
Kutipan 1                                                                        Kutipan 2
A.    dimulai  dengan garis besarcerita                         dimulai dengan aksi
B.     dimulai dengan lokasi                                          Dimulai dengan masalah
C.     dimulai dengan lokasi                                          dimulai dengan aksi
D.    dimulai dengan aksi                                             dimulai dengan aksi

   Kutipan 1
Pada saat itu Dhea berusaha untuk membuat Vindy   dan    Lyona    menjadi    tenang. “Udah stop. Kenapa kalian malah bertengkar? Kita ke sini untuk belajar bukan bertengkar kayak gini. Dan kamu Lyona (sambil memandangnya), kenapa kamu nggak pernah berhenti untuk mengganggu aku atau sahabat sahabatku?. Please… don’t disturb me and my friends”        Ucap Dhea. Saat itu pula Lyona dan kedua sahabatnya hanya bisa terpaku diam dan mendengarkan perkataan Dhea tersebut karena mereka kehabisan kata-kata. Kemudian Dhea,Vindy, Meisha,danFaramasukkekelasdandudukdi
  bangku mereka masing-masing.
Kutipan 2
Namaku Vania aku mempunyai seorang sahabat bernama Jihan dia baik, cantik dan juga pintar aku memang baru mengenalnya. Saat pertama kali aku bertemu dengannya dia membantu masalah yang aku alami waktu itu dia menolongku untuk keluar dari masalah yang aku alami. Dia satu sekolah denganku dan juga sekelas tentunya. Setiap jam istirahat kami selalu menghabiskan waktu bersama. Kadang aku menjadi sesorang yang gila saat aku bersamanya, tertawa bersama melakukan hal- hal seperti layaknya anak kecil bermain petak umpet dan lain sebagainya padahal umur kami sudah belasan tahun tapi kamimenjadi
kekanak-kanakan saat kami bersama.

29.    Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan tersebut adalah….

Kutipan 1                                                 Kutipan 2
A.           Menggunakan kata sehari-hari              menggunakan kata baku
B.            Dipengaruhi kata-kata daerah             dipengaruhi kata-kata asing
C.            Menggunakan kata-kata lugas             Menggunakan ungkapan
D.           menggunakan kalimat langsung          menggunakankalimat tidak langsung

 Bacalah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal no.30 dan 31!

(1)Mentari baru saja MEMBUKA selimutnya,langit sedikit oren di langit timur.(2)Ani sangat gesit membantu ibu merapikan dagangan di meja depan rumah(3)Menyapu halaman, mengepel lantai, dan mengelap meja serta kaca agar terlihat bersih.(4)Dengan    tujuan    pelanggan  di warung ibunya betah, senang, dan akhirnya tak beranjak untuk ke warung yang lain.(5)Semua ini ia lakukan sejak satu tahun yang   lalu,   menggantikan   posisi ayahnya yang sudah meninggal dunia.

 

30.    Bukti tokoh Ani rajin ditandai dengannomor....
A.  (1) dan(2)
B.   (2) dan(3)
C.   (3) dan(4)
D.  (5) dan(6)

31.      Bukti latar waktu pada kutipan cerpen tersebut ditandai nomor....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)

           (1)Kejanggalan dalam cerpen ini ada pada saat penulis mulai menuturkan bagian terpenting soal dongeng peri teratai tersebut, lalu membandingkannya            dengan            Padma. (2)Bagaimana kronologis terkuaknya sosok asli Padma di mata Jasmine? (3)Sementara Kartika sekali pun tak menyinggung soal anak perempuannya yang telah mati. (4)Bagaimana pula Jasmine mengerti soal kecelakaan itu tanpa ada jembatan penghubung yang menjelaskan peristiwa itu dalam cerita? (5)Memang, di akhir cerita jelas tersirat antara Jasmine maupun Kartika telah sama-sama tahu masalah ini. (6)Namun, alangkah baiknya jika kronologi cerita diperjelas meski secara tidak langsung, sehingga tidak terjadi lompatan di tengahcerita.
(7)Kejanggalan tersebut dapat diimbangi dengan cara bercerita si pengarang yang indah, mengalir, dan enak dibaca. (8)Nama-nama latin pada bunga dapat menambah pengetahuan pembaca.

32.     Bagian yang merupakan keunggulan karya terdapat pada kalimat ditandai
nomor ....
A.              4                                                          C . 6
B.              5                                                          D. 7

Perhatikan kutipan teks yang rumpang berikut!
Aksi antisedotan plastik di Indonesia, sebagai reaksi atas masalah sampah plastik yang semakin membahayakan lautan dan satwa di dalamnya. Aksi ini mendapat dukungan pencinta lingkungan. [. ] pecinta lingkungan
ingin menjadikan isu antisedotan plastik ini sebagai pijakan awal untuk meloncat ke isu berikutnya, yakni melarang pemakaian semua plastik sekali pakai, baik itu sedotan plastik, kantong plastik, kemasan makanan plastik, ataupun botol plastik sekali pakai.

33.    Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut adalah ....
A.                aktif
B.                 aktivis
C.                 aktivasi
D.                aktivitas

 

Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
1.    Masukkan buah yang telah kita potong- potong ke dalamwadah.
2.    Kemudian tambahkan sedikitair
3.    Dan sop buah telah siapdisajikan.
4.    Tambahkan susu manis dan kelapa muda ke dalam wadah yangtadi.
5.      tambahkan selasih dan es serut yang telah kita siapkansebelumnya.
6.      Setelah itu siapkan sebuah wadah yang besar
7.      Potong buah-buahan yang telah anda pilih dengan bentuk menyerupai dadu,   
      atau  kotak-kotak.

34.   Kalimat -kalimat tersebut dapat disusun menjadi petunjuk membuat sop buah
dengan urutan nomor ....
A.   4-5-7-6-3-2-1
B.      5-6-4-3-2-1-7
C.      6-4-2-3-1-5-7
D.  7-6-1-4-2-5-3

35.            Cermatilah kalimat-kalimatberikut!

1) Terdapat berbagai macam warna bunga mawar, seperti warna merah muda, merah, kuning, putih, biru, bahkanhitam.
2) Tanaman ini tingginya antara 2-5 meter dan ada lebih dari 100spesies.
3) Mawar adalah salah satu tanaman hias populer yang merupakan tanaman semak dari jenis genusRosa.
4) Batang mawar berduri tajam, licin, dan halus, serta bentuk daun yang menyirip dengan panjang sekitar 5-15cm.
5) Tanaman mawar hidup di daerah yang sejuk.
6) Di bagian mahkota bunga, terdapat 4 sampai 5 helai daunmahkota.
Urutan kalimat agar menjadi laporan yang padu adalah ....
A.  5-2-3-4-6-1
B. 4-3-2-1-5-6
C. 3-2-4-1-6-5
D.  2-3-1-4-5-6

                                                                                                                                      Smartphone adalah sebuah alat komunikasi yang canggih. Alat ini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, tetapi juga digunakan untuk mengakses aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan, aktivitas, dan lain- lain. Canggihnya smartphone membuat para remaja juga turut andil untuk menggunakannya. Menurut mereka smartphone adalah kehidupan mereka. Alat canggih ini seakan-akan  tidak bisa hilang dari kehidupan mereka. […]Dengan alasan, smartphone belum terlalu penting bagi anak remajanya karena smartphone bisa digunakan untuk melihat situs- situs porno.

36.   Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf yang rumpang tersebut adalah …
A.         Namun, banyak orang tua yang tidak setuju anaknya menggunakansmartphone.
B.          Dampak positif lainnya smartphone bisa digunakan untuk mencari teman-teman lama dan berkomunikasi jarakjauh.
C.          Juga, smartphone dianggap membawa dampak negatif bagi remaja karena smartphone bisa digunakan untuk melihat situs-situsdewasa.
D.         Ada juga orang tua yang setuju anaknya menggunakan smartphone denga alasan untuk mengakses aplikasi atau webpembelajaran.
Segala upaya persuasif sudah kami lakukan untuk mengurangi kecanduan game online pada anak-anak.

37.     Variasi kata persuasif pada kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A.      rayuan
B.       kampanye
C.       propaganda
D.      ajakan

   Cermatilah kalimat berikut!

Para siswa telah menggelar acara pentas seni dengan meriah di sekolah untuk memperingati hari guru.

38.    Variasi kalimat tersebut yang tepat adalah …
A.    Di sekolah dengan meriah telah menggelar acara pentas seni untuk memperingati hari guru
B.     Untuk memperingati hari guru para siswa dengan meriah acara pentas Senimenggelar
C.     Acara pentas seni telah digelar para siswa dengan meriah untuk memperingati hari guru
D.    Dengan meriah acara pentas seni memperingati hari guru menggelar parasiswa

    Bacalah paragraf berikut!

(1) Pohon yang akan ditanam di Jakarta tentunya pohon yang berkualitas. (2) Pohon harus berakar kuat agar tidak mudah tumbang.(3)Jakarta memerlukan oksigen dari tumbuh- tumbuhan. (4) Pohon-pohon yang berakar tunjang tersebut bisa berumur  panjang  ,  tidak mudah    tumbang,    dan    petugas    tidaksulit mengawasi tanaman kota.

39.       Perbaikan paragraf tersebut supaya menjadi padu adalah mengganti kalimat nomor (3) menjadi ...
A.        Pohon yang tumbangmembahayakan masyarakat.
B.        Pohon kota harus dijaga dan dirawat denganbaik.
C.      Pohon yang kuat adalah tanaman yang berakar tunjang seperti jati,  beringin ,dan kenari.
D.    Pohon-pohon saatpenanaman dengan prosedur yang baik pasti kuat

40.      Warga Indonesia yang berusia 9 bulan sampai 17 tahun harus diobati rubella agar tidak terkena campak rubella.
Kata yang tidak tepat penggunaannya dalam teks tersebut adalah…
A.           Campak                                                       C. diobati
B.    Virus                                                               D. rubella

1.  Keputusan dari pada pemerintah itu melegakan hati rakyat.
2.  Adik membaca cerpen sambil tiduran.
3.  Kakak berangkat bekerja pukul 07.00 WIB
4.  Demo mahasiswa itu dibubarkan oleh polisi.

41.     Kalimat tidak efektif ditandai dengan nomor….
A.             (1)
B.              (2)
C.              (3)
D.             (4)

Saat bermain di dapur, Mita [… .] sayur yang dimasak ibu, sehingga lantai dapur basahsemua.
42.     Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi bagian teks yang rumpang adalah…
A.             menghilangkan
B.             menumpahkan
C.             menghabiskan
D.             memakan

        Saat ini navigasi     alat transportasi seperti mobil, kapal, dan pesawat terbang bahkan ojek daring banyak dibantu [... .] sistem GPRS dan GPS yang handal .

43.     Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A.              dengan
B.               daripada
C.               karena
D.              dari

         Kita berharap pemerintah segera berusaha dengan mengeluarkan peraturan yang melindungi anak-anak dari pengaruh gawai.

44.     Kata yang tepat untuk mengganti kata berusaha tersebut adalah....
A.      bertindak
B.       bekerja
C.       berusaha
D.      beraksi

 (1) Pohon yang akan ditanam di Jakarta tentunya pohon yang berkualitas. (2) Pohon harus berakar kuat agar tidak mudah tumbang.(3)Jakarta memerlukan oksigen dari tumbuh tumbuhan. (4) Pohon pohon yang berakar tunjang tersebut bisa berumur  panjang  ,  tidak mudah    tumbang,    dan    petugas    tidaksulit mengawasi tanaman kota.

45.      Penulisan kata ulang yang tepat adalah ….
A.    Tumbuhtumbuhan dan pohonpohon
B.     Tumbuh tumbuhan dan pohon pohon
C.     Tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohon
D.    Tumbuhtumbuh-an dan pohonpohon-an

46.  Rapat itu dihadiri oleh pemimpin dan para anggota-anggotannya.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi efektif adalah…
A.          Rapat itu dihadiri oleh pemimpin dan para anggotanya.
B.           Pemimpin-pemimpin itu rapat diikuti olehpara anggota-anggotanya
C.           Para anggota-anggota itu mengikuti rapat pemimpinnya
D.           Pemimpin-pemimpin rapat itu ngajakpara anggota-anggotanya

Keputusan dari pada pemerintah itu melegakan hati rakyat.

47.      Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah…
A.                Kata itu tidak perlu dipakai karenahanya sebagaipenunjuk
B.                 Kata melegakan seharusnya memuaskan karena melegakan
Bahasa daerah
C.                 Kata rakyat seharusnya masyarakatkarena rakyat tertuju pada Subjek tertentu
D.                Kata dari pada tidak tepat karena bukan kalimatperbandingan.
            Andrea Hirata  menulis beberapa bukubuku novel yang sangat laku sekali di pasaran.


48.    Banjir yang terjadi kemarin disebabkan karena sampah yang mengunung.
Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah …
A.    Kata disebabkan tidak diperlukan karena kata tersebut tidakbaku
B.     Kata karena tidak diperlukan karena maknanya sama dengandisebabkan.
C.     Kata   kemarin   tidak perlukan karena        kata tersebut bermaknaganda.
D.    Kata menggunung tidak diperlukan sehingga dapatdihilangkan.

“Fenomena alam likuefaksi menyebabkan karena berbagai rumah roboh,” kata Sutopo PurwoNugroho,
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

49.       Kesalahan penggunaan kata pada kalimat di atas adalah ... .
A.    likuefaksi
B.     menyebabkan
C.     karena
D.    fenomena

Hari ini kepala sekolah  akan mengikuti seleksi  Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat  
Nasional kata Ibu Susi .

50.         Penggunaan tandabacayang tepatpada kalimat langsung tersebutadalah...
A.            Hari ini kepala sekolah akan mengikuti Lomba Kepala Sekolah Berprestasi TingkatNasional kata Ibu Susi."
B.             Hari ini kepala sekolah akan mengikuti Lomba Kepala Sekolah
         Berprestasi Tingkat Nasional,” kata IbuSusi
C.             “Hari ini kepala sekolah  akan mengikuti seleksi Kepala Sekolah
         Berprestasi Tingkat Nasional."Kata: Ibu Susi.
D.             Hari ini kepala sekolah akan mengikuti Lomba Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional!”  kata IbuSusi





 

0 Response to "SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2020 PAKET 2"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel