SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2020 PAKET 2
SOAL LATUN BAHASA INDONESIA PAKET 2
.
1. Bacalah dengan seksama kutipan teks berikut!
Sebentar lagi gelaran
Moto GP akan dimulai, banyak pabrikan yang telah menyiapkan motor dengan
piranti kelas
wahid.Tak ayal kompetensi akan semakin kompetitif, dari
tim ART hingga tim pabrikan siap beradu kebolehan di 18 lintasan yang akan
diselenggarakan
Makna kata yang
digarisbawahi pada teks di atas adalah
A. piranti/perangkat dengan harga mahal
B. piranti/perangkat dengan kualitas bagus
C. piranti/perangkat dengan bahan terbaik
D. piranti/perangkat dengan kualitas yang sudah
teruji
2.
Selain melakukan diet, mengolah tubuh merupakan cara
yang dapat ditempuh untuk menyiasati masalah kegemukan. Akan tetapi, hal ini
pada dasarnya tidak hanya berlaku untuk anak yang mengalami kegemukan,
melainkan kepada setiap anak. Hanya saja, beberapa anak merasa malas untuk
melakukan kegiatan fisik, terlebih jika layar kaca telah menghipnotisnya.
Makna
tersurat paragraf di atas adalah ....
A.
Setiap anak sebaiknya tidak terlalu terhipnotis dengan
televisi.
B.
Mengolah tubuh sangat diperlukan untuk semua
anak tidak hanya untuk anak mengalami masalah kegemukan.
C.
Layar kaca terlalu menghipnotis anak dan membuat anak
malas untuk melakukan diet
D.
Diet adalah salah satu cara untuk mengatasi kegemukan.
3.
Bank BRI memberikan pinjaman
modal dengan bunga rendah kepada para pedagang kaki lima (PKL) .Hal
ini disambut baik oleh para PKL . Adapun alasan Bank BRI meminjamkan modal
tersebut adalah agar PKL mampu mengembangkan usahanya sekaligus memiliki
warung tetap.
Pernyataan yang sesuai dengan paragraf
tersebut adalah..
A. Bank BRI
memimjamkan modal usaha kepada para PKL agar memiliki warung.
B. Bank
BRI meminjamkan modal usaha dengan tujuan usaha PKL mampu berkembang.
C. Bank BRI
meminjamkan modal usaha kepada para PKL dengan bunga tinggi.
D. Rencana Bank
BRI meminjamkan modal usaha disambut baik oleh PKL.
4. Bacalah paragraf berikut!
Apakah kamu tahu? Sayuran hijau memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Kandungan zat gizinya seperti vitamin, zat besi, dan serat sangat diperlukan tubuh kita. Vitamin bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Zat besi bermanfaat membantu proses pembentukan sel darah merah. Sementara itu, serat sayuran berguna untuk melancarkan pencernaan. Zat-zat gizi tersebut di antaranya terdapat pada bayam, kangkung, brokoli, dan daun singkong.
Apakah kamu tahu? Sayuran hijau memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Kandungan zat gizinya seperti vitamin, zat besi, dan serat sangat diperlukan tubuh kita. Vitamin bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Zat besi bermanfaat membantu proses pembentukan sel darah merah. Sementara itu, serat sayuran berguna untuk melancarkan pencernaan. Zat-zat gizi tersebut di antaranya terdapat pada bayam, kangkung, brokoli, dan daun singkong.
Pernyataan yang sesuai paragraf di atas
adalah …
A.
Sayuran hijau perlu dimasak dengan benar
sebelum dikonsumsi.
B.
Penderita anemia disebabkan jarang
mengonsumsi sayuran hijau.
C.
Sayuran hijau mengandung semua zat gizi
yang diperlukan tubuh.
D.
Kandungan gizi pada sayuran hijau, seperti
serat, vitamin, dan zat besi.
5. Bacalah teks berikut!
Bung Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, 12 Agustus 1902. Hatta adalah pejuang, negarawan, ekonom, dan Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Beliua bersama Soekarno memainkan peranan penting untuk kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda, sekaligus memperoklamasikannya pada 17 Agustus 1945. Beliau pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta. Ia mundur dari jabatan Wakil Presiden pada tahun 1945 karena sesuatu hal. Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.
Keistimewaan tokoh dalam teks tersebut adalah ....
A. seorang pejuang, negarawan, dan ekonom
B. semangat yang tinggi untuk kemerdekaan RI
C. mundur dari jabatan Wakil Presiden RI
D. penjuang yang penuh semangat
Bung Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, 12 Agustus 1902. Hatta adalah pejuang, negarawan, ekonom, dan Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Beliua bersama Soekarno memainkan peranan penting untuk kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda, sekaligus memperoklamasikannya pada 17 Agustus 1945. Beliau pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta. Ia mundur dari jabatan Wakil Presiden pada tahun 1945 karena sesuatu hal. Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.
Keistimewaan tokoh dalam teks tersebut adalah ....
A. seorang pejuang, negarawan, dan ekonom
B. semangat yang tinggi untuk kemerdekaan RI
C. mundur dari jabatan Wakil Presiden RI
D. penjuang yang penuh semangat
6.
Bacalah kutipan biografi
tokoh berikut!
Dalam bisnis, Chairul menyatakan bahwa generasi muda bisnis sudah seharusnya
sabar dan mau menapaki tangga usaha satu persatu. Menurutnya, membangun sebuah
bisnis tidak seperti membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan sebuah kesabaran
dan tak pernah menyerah. Jangan sampai banyak yang mengambil jalan seketika
(instant), karena dalam dunia usaha kesabaran adalah salah satu kunci utama
dalam mencuri hati pasar. Membangun integritas adalah penting bagi Chairul.
Adalah manusiawi ketika berusaha, seseorang ingin segera mendapatkan hasilnya.
Tidak semua hasil bisa diterima secara langsung.
Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. sabar dan pantang menyerah
B. sabar dan ingin cepat berhasil
C. tekun dan teliti dalam berbisnis
D. sabar dalam berusaha dan sangat kreatif
7. Bacalah teks berikut!
(1) Sirsak adalah salah satu tanaman obat terbaik yang pernah ditemukan dari hasil penelitian. (2) Sampai-sampai hasil penelitiannya pun kadang dirahasiakan untuk kepentingan industri. (3) Khasiat sirsak ternyata tidak hanya terdapat di daunnya, tetapi buah dan kulitnya pun mempunyai manfaat untuk pengobatan kanker. (4) Kita cukup langsung makan buahnya saja untuk mendapatkan manfaat dari sirsak.
Kalimat utama pada teks tersebut terdapat pada nomor ....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)
(1) Sirsak adalah salah satu tanaman obat terbaik yang pernah ditemukan dari hasil penelitian. (2) Sampai-sampai hasil penelitiannya pun kadang dirahasiakan untuk kepentingan industri. (3) Khasiat sirsak ternyata tidak hanya terdapat di daunnya, tetapi buah dan kulitnya pun mempunyai manfaat untuk pengobatan kanker. (4) Kita cukup langsung makan buahnya saja untuk mendapatkan manfaat dari sirsak.
Kalimat utama pada teks tersebut terdapat pada nomor ....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)
8.
Bacalah
paragraf berikut!
"Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pendiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memilii baban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres."
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
"Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pendiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memilii baban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres."
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. terkena stres karena pensiun.
B. mendapat gaji tanpa bekerja
C. tidak
perlu sres menghadapi pensiun
D. mengoptimalkan kegatan di masa pensiun
9. Bacalah
dengan seksama kutipan teks berikut!
Limbah atau hasil buangan kapal sering
menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah
penumpang yang membuang sampah sembarangan ke laut. Mereka tidak menghiraukan
pengaruh sampah-sampah dan gas buang tersebut terhadap kehidupan di laut.
Padahal mereka tahu bahwa laut juga merupakan sumber penghidupan nelayan. Ikan,
terumbu karang, dan biota laut lainnya akan pergi ke laut yang lebih dalam.
Lebih parah lagi ada beberapa yang mati karena pencemaran laut tersebut.
Simpulan isi bacaan di atas adalah ....
Simpulan isi bacaan di atas adalah ....
A. Limbah dan sampah yang dibuang ke laut sering menimbulkan
masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah penumpang yang
membuang sampah sembarangan di laut.
B. Limbah dan sampah yang dibuang ke laut akan mencemari laut
yang menjadi sumber penghidupan nelayan.
C. Para penumpang tidak menghiraukan pengaruh sampah terhadap
kehidupan biota laut.
D. Air laut yang tercemar
tidak dapat digunakan sebagai tempat ikan dan terumbu
karang.
10. Bacalah teks berikut!
(1) Banjir di Jakarta tidak semata-mata faktor alam. (2) Jakarta yang terletak di pinggir laut juga bukan faktor utama. (3) Aktivitas dan ulah warga berpengaruh pada terjadinya banjir di Jakarta. (4) Banyak warga yang masih membuang sampah ke sungai. (5) Lebih dari enam ton sampah diangkat dari pintu air Manggarai.
Kalimat yang mendukung persoalan terdapat pada nomor ...
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
(1) Banjir di Jakarta tidak semata-mata faktor alam. (2) Jakarta yang terletak di pinggir laut juga bukan faktor utama. (3) Aktivitas dan ulah warga berpengaruh pada terjadinya banjir di Jakarta. (4) Banyak warga yang masih membuang sampah ke sungai. (5) Lebih dari enam ton sampah diangkat dari pintu air Manggarai.
Kalimat yang mendukung persoalan terdapat pada nomor ...
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
11. Bacalah teks berikut!
(1) Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI, OSIS SMP Tunas Bangsa mengadakan kegiatan Lomba Baca Puisi dan Lomba Tata Upacara Antarkelas. (2) Lomba tersebut diselenggarakan tanggal 14-15 Agustus 2014. (3) Guru dan siswa bekerja sama menyukseskan acara tersebut. (4) Kegiatan itu mengingatkan perjuangan pahlawan karena memiliki tujuan yang sama yaitu kesuksesan.
Kalimat yang menyatakan alasan yang mendukung terhadap masalah pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
(1) Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI, OSIS SMP Tunas Bangsa mengadakan kegiatan Lomba Baca Puisi dan Lomba Tata Upacara Antarkelas. (2) Lomba tersebut diselenggarakan tanggal 14-15 Agustus 2014. (3) Guru dan siswa bekerja sama menyukseskan acara tersebut. (4) Kegiatan itu mengingatkan perjuangan pahlawan karena memiliki tujuan yang sama yaitu kesuksesan.
Kalimat yang menyatakan alasan yang mendukung terhadap masalah pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
12. Bacalah
paragraf berikut!
Polusi udara dapat didefinisikan sebagai udara yang mengandung zat kimia ataupun memiliki kondisi fisik (misal panas) yang melewati batas tertentu, sehingga dapat membahayakan manusia, makhluk hidup lain (hewan, tumbuh-tumbuhan) ataupun lingkungan abiotik. Polusi udara dengan demikian merupakan ancaman yang sangat serius bagi kelangsungan hidup di bumi.
Polusi udara memang terjadi secara alamiah, sejak bumi terbentuk. Sebab, fenomena alam seperti letusan gunung berapi, kebakaran hutan, badai debu, bangkai tumbuh-tumbuhan dan hewan yang membusuk, dan garam dari laut, semua dapat mencemari udara. Tapi, semua itu boleh dikatakan masih dalam batas-batas yang dapat ditoleransi, artinya laju proses pembersihan polusi dari udara dan laju proses pencemaran itu masih dalam keseimbangan alam.
Polusi udara dapat didefinisikan sebagai udara yang mengandung zat kimia ataupun memiliki kondisi fisik (misal panas) yang melewati batas tertentu, sehingga dapat membahayakan manusia, makhluk hidup lain (hewan, tumbuh-tumbuhan) ataupun lingkungan abiotik. Polusi udara dengan demikian merupakan ancaman yang sangat serius bagi kelangsungan hidup di bumi.
Polusi udara memang terjadi secara alamiah, sejak bumi terbentuk. Sebab, fenomena alam seperti letusan gunung berapi, kebakaran hutan, badai debu, bangkai tumbuh-tumbuhan dan hewan yang membusuk, dan garam dari laut, semua dapat mencemari udara. Tapi, semua itu boleh dikatakan masih dalam batas-batas yang dapat ditoleransi, artinya laju proses pembersihan polusi dari udara dan laju proses pencemaran itu masih dalam keseimbangan alam.
Rangkuman yang tepat untuk bacaan di atas
adalah ....
A. Polusi udara yang terjadi secara alamiah yang melewati batas tertentu dapat membahayakan makhluk hidup ataupun lingkungan abiotik.
B. Polusi udara adalah udara yang mengandung zat kimia, sehingga dapat membahayakan yang merupakan ancaman serius.
C. Polusi udara adalah udara yang mengandung zat kimia dan panas tertentu yang membahayakan manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan dan terjadi sejak bumi terbentuk.
D. Polusi udara adalah udara yang mengandung panas yang melewati panas tertentu, dapat mengancam kelangsungan hidup di bumi secara serius, baik pada manusia, hewan ataupun tumbuh-tumbuhan.
A. Polusi udara yang terjadi secara alamiah yang melewati batas tertentu dapat membahayakan makhluk hidup ataupun lingkungan abiotik.
B. Polusi udara adalah udara yang mengandung zat kimia, sehingga dapat membahayakan yang merupakan ancaman serius.
C. Polusi udara adalah udara yang mengandung zat kimia dan panas tertentu yang membahayakan manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan dan terjadi sejak bumi terbentuk.
D. Polusi udara adalah udara yang mengandung panas yang melewati panas tertentu, dapat mengancam kelangsungan hidup di bumi secara serius, baik pada manusia, hewan ataupun tumbuh-tumbuhan.
13. Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!
Teks 1
Kita tidak pernah berpikir tentang berapa banyak racun yang kita
kumpulkan dari udara tercemar dan makanan yang sudah diproses secara kimiawi.
Lebih dari 90% orang tidak menyadari bahwa banyak substansi kimiawi berukuran
mikroskopik, logam berat, dan racun memengaruhi tubuh mereka setiap hari. Kita
tidak dapat melihat semua substansi berbahaya tersebut, tetapi mereka
benar-benar menyerang tubuh kita.
Bagaimana cara mengetahui hal-hal tersebut benar memengaruhi tubuh kita
(tanpa menggunakan mikroskop)? Cara terbaik adalah melakukan tes urin menggunakan
ubi bit (beetroot). Apakah urin Anda berwarna merah setelah minum jus
ubi bit? Jika ya, Anda mungkin merasa khawatir karena itu berarti bahwa Anda
mungkin memiliki kebocoran saluran pencernaan.
Teks 2
Sebuah video menghebohkan para netizen. Video yang diunggah
Wisa Rahardi per tanggal 20 Januari 2016 itu menjadi buah bibir di
dunia maya.
Dalam video berdurasi 8 menit 23 detik
itu, terlihat seorang pria berpakaian ala Ustaz terlihat sedang menggandakan
uang. Namun anehnya, ia mengeluarkan uang pecahan Rp50 ribu rupiah dari kantong
plastik, dan tidak habis-habis!
Si Ustaz hanya terlihat mengaduk-aduk kantong plastik itu dengan
tangannya dan terus mengeluarkan helai demi helai uang tanpa henti. Sementara
di sekelilingnya terlihat beberapa pria dan seorang wanita dengan baju tank
top, menghitung uang yang berhasil dikeluarkan.
Tidak ada keterangan lebih lanjut dari
video ini. Namun akun pengunggahnya menuliskan informasi bahwa
video ini nyata dan bukan rekayasa.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah
....
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
menggunakan kosakata
asli bahasa Indonesia
|
menggunakan kosakata
bahasa asing
|
B
|
menggunakan bahasa
resmi
|
menggunakan bahasa
santai
|
C
|
menggunakan bahasa
bidang ilmu
|
menggunakan bahasa
sehari-hari
|
D
|
menggunakan
perumpamaan
|
menggunakan bahasa
lugas
|
14. Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks 1
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.
Teks 2
Minggu dini hari tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum berhasil. Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....
A. Teks 1: apa, bagaimana, mengapa, siapa ; Teks 2: apa, kapan bagaimana, siapa
B. Teks 1: di mana, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2: apa, bagaimana, kapan, siapa
C. Teks 1: di mana, mengapa, siapa, bagaimana ; Teks 2: kapan, bagaimana, apa, siapa
D. Teks 1: apa, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2:kapan, apa, bagaimana, siapa
Teks 1
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.
Teks 2
Minggu dini hari tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum berhasil. Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....
A. Teks 1: apa, bagaimana, mengapa, siapa ; Teks 2: apa, kapan bagaimana, siapa
B. Teks 1: di mana, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2: apa, bagaimana, kapan, siapa
C. Teks 1: di mana, mengapa, siapa, bagaimana ; Teks 2: kapan, bagaimana, apa, siapa
D. Teks 1: apa, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2:kapan, apa, bagaimana, siapa
15. Bacalah
kutipan cerita berikut!
Para penghuni rimba merasa kurang senang.
Keangkuhan si merak semakin menjadi-jadi! Setiap berjumpa penghuni rimba
lainnya, merak selalu pamer bulu-bulunya itu.
"Siapa yang bisa menandingi keelokan diriku?" kata merak berulang kali, tanpa bosan-bosan.
Tentu saja teman-temannya kian jengkel kepada merak.
"Ah, aku ada akal untuk menyadarkan si merak," pikir kancil suatu hari.
Lantas kancil membisiki beberapa teman lain. Di antaranya kijang, kelinci, dan tupai.
Pagi itu merak kembali pamer kepada teman-temannya.
Jalannya dibuat miring-miring agar bagian bulunya kelihatan siapa saja.
Dikutip dari: Imam Musbikin, "Merak yang Angkuh" dalam Si Kodok dalam Tempayan, Yogyakarta, Mitra Pustaka, 2005.
Simbol bulu tersebut mengandung makna....
"Siapa yang bisa menandingi keelokan diriku?" kata merak berulang kali, tanpa bosan-bosan.
Tentu saja teman-temannya kian jengkel kepada merak.
"Ah, aku ada akal untuk menyadarkan si merak," pikir kancil suatu hari.
Lantas kancil membisiki beberapa teman lain. Di antaranya kijang, kelinci, dan tupai.
Pagi itu merak kembali pamer kepada teman-temannya.
Jalannya dibuat miring-miring agar bagian bulunya kelihatan siapa saja.
Dikutip dari: Imam Musbikin, "Merak yang Angkuh" dalam Si Kodok dalam Tempayan, Yogyakarta, Mitra Pustaka, 2005.
Simbol bulu tersebut mengandung makna....
A. Kekayaan
B. Keindahan
C. Kebaikan
D. kesombongan
16. Cermatilah kutipan fabel berikut!
Saat pertengahan keledai dengan santainya berlari. Sedangkan kuda tengah berusaha berlari cepat. Keledai berusaha membuat rencana agar kuda kalah. Keledai berkali-kali membuat jebakan, tetapi jebakan itu menimpanya sendiri. Saat menuju garis finis keledai membuat rencana lagi. Yaitu keledai memberikan air minum untuk kuda yang berisikan obat tidur. Kuda pun menolaknya dan keledai disuruh meminumnya sendiri. Namun keledai tidak mau meminumnya. "Kenapa kamu tidak mau meminum air ini saja?" kata kuda.
"Aku tidak haus," jawab keledai.
Kuda memaksa keledai untuk meminum air itu. Saat keledai meminum air itu keledai pun jatuh tertidur. "Hmmm...benar apa yang telah kuduga. Dia mau menipuku," batin Kuda.
Kuda dalam fabel tersebut menyimbolkan orang yang ....
A. tangkas
B. hebat
C. kuat
D. waspada
Saat pertengahan keledai dengan santainya berlari. Sedangkan kuda tengah berusaha berlari cepat. Keledai berusaha membuat rencana agar kuda kalah. Keledai berkali-kali membuat jebakan, tetapi jebakan itu menimpanya sendiri. Saat menuju garis finis keledai membuat rencana lagi. Yaitu keledai memberikan air minum untuk kuda yang berisikan obat tidur. Kuda pun menolaknya dan keledai disuruh meminumnya sendiri. Namun keledai tidak mau meminumnya. "Kenapa kamu tidak mau meminum air ini saja?" kata kuda.
"Aku tidak haus," jawab keledai.
Kuda memaksa keledai untuk meminum air itu. Saat keledai meminum air itu keledai pun jatuh tertidur. "Hmmm...benar apa yang telah kuduga. Dia mau menipuku," batin Kuda.
Kuda dalam fabel tersebut menyimbolkan orang yang ....
A. tangkas
B. hebat
C. kuat
D. waspada
17. Bacalah kutipan teks fabel berikut!Kerajaan Tanah Sumedang diperintah raja
yang adil dan bijaksana. Sang Raja mempunyai seorang anak bernama Putri Arum.
Suatu ketika Putri Anrm mengidap penyakit kulit yang menjijikkan. Raja
mengadakan sayembara. Siapa dapat.menyembuhkan Putri Arum jika laki-laki akan
dijodohkan, jika perempuan akan dijadikan saudara.
Bujang
Trindil pembantu setia Dang Anggana mengikuti sayembara. Ia segera pergi
mencari obat. Ia berjalan mendaki gunung tinggi dan menjelajah hutan belantara.
Karena lelah, ia tertidur di bawah pohon rindang dan bermimpi. Dalam mimpi itu,
ia disuruh membuat sumur. Sumur itu akan mengeluarkan air panas sebagai sarana
menyembuhkan Putri Arum. Ketika terbangun, Bujang Trindil segera melakukan
seperti dalam mimpinya. Keajaiban terjadi. Setelah Putri Arum mandi dengan air
sumur itu, penyakit kulitnya lenyap.
Akhirnya,
Bujang Trindil mendapatkan hadiah. Namun, hadiah itu ia serahkan kepada
tuannya, Dang Anggana. Menikahlah Dang Anggana dengan Sang Putri Arum. Bujang
Trindil merasa lega dan bahagia.
Tokoh utama kutipan cerita tersebut adalah….
A. Putri
Arum
B. Sang
Raja
C. Bujang
Trindil
D. Dang
Anggana
18. Perhatikan
dengan seksama kutipan teks berikut!
Terpaksalah
Mbok Sutiyah mengeluhkan perasaannya kepada Nining sendiri.
“Kapan
sekolahmu selesai, Nduk! Aku tak melihat apa gunanya sekolah terlalu lama
seperti yang kau jalani itu!” Katanya di antara keluhan-keluhannya.
“Hanya
tinggal berapa bulan lagi, Mbok. Selesai Ujian SMA, tamatlah sekolahku,” Jawab
nining.
Kutipan teks cerpen di atas adalah bagian struktur orientasi berupa …
A. Penciptaan gambaran visual latar
B. Penentuan waktu kisah, latar tempat, dan latar waktu
C. Pengenalan
tokoh dan penentuan peristiwa
D. Penentuan peristiwa dan dan atmosfer
19. Bacalah
kutipan cerita anak berikut!
Pagi ini tidak bisa lagi Timan tak marah. Kapal gratis ke Muara Baru masih
belum bisa jalan, sementara Rahmat anaknya yang sekolah pada sebuah SD di Pluit
tak mau berangkat dengan bus. Tapi tentu Timan mestinya ngerti. Dengan bus dari Marunda, Cilincing, ke
Pluit, Penjaringan, jaraknya 10 km. Pukul berapakah Rahmat sampai di sekolah.
Konflik
pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. sekolah yang jauh membuat timan bingung
B. angkutan gratis yang rusak rahmat tidak sekolah
C. kekhawatiran Timan atas keterlambatan Rahmat
D. jarak sekolah yang merepotkan siswanya
20. Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Aku tau tempat yang pas untuk makan siang sekaligus salat zuhur. Bagaimana?" tanya Marion.
"Ke mana? Masih jauh?" tanyaku khawatir karena perutku semakin keroncongan. Aku melihat sekeliling arel Louvre dan Arc de Triomphe du Carrousel. Tak ada kedai maupun kios makanan cepat saji di sana.
Latar pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. siang hari, di sebuah masjid
B. siang hari, di Louvre
C. sore hari, di Arc de Triomphe
D. sore hari, di sebuah kedai
"Aku tau tempat yang pas untuk makan siang sekaligus salat zuhur. Bagaimana?" tanya Marion.
"Ke mana? Masih jauh?" tanyaku khawatir karena perutku semakin keroncongan. Aku melihat sekeliling arel Louvre dan Arc de Triomphe du Carrousel. Tak ada kedai maupun kios makanan cepat saji di sana.
Latar pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. siang hari, di sebuah masjid
B. siang hari, di Louvre
C. sore hari, di Arc de Triomphe
D. sore hari, di sebuah kedai
21. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Pada siang yang murung itu, seorang laki-laki tambun keluar dari perut mobil dengan pengahnya dan berlari menuju beranda rumah bergaya limasan. Kedatangan laki-laki itu disambut seorang perempuan yang langsung menyodorkan handuk. Laki-laki yang menggosokkan handuk di kepalanya itu basah diguyur hujan deras.
Cara penulis menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. tindakan tokoh
B. dialog antartokoh
C. diceritakan langsung
D. diceritakan orang lain
Pada siang yang murung itu, seorang laki-laki tambun keluar dari perut mobil dengan pengahnya dan berlari menuju beranda rumah bergaya limasan. Kedatangan laki-laki itu disambut seorang perempuan yang langsung menyodorkan handuk. Laki-laki yang menggosokkan handuk di kepalanya itu basah diguyur hujan deras.
Cara penulis menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. tindakan tokoh
B. dialog antartokoh
C. diceritakan langsung
D. diceritakan orang lain
22. Cermati
kutipan cerpen berikut!
Pada
suatu petang matahari tiba-tiba memantulkan sinarnya menerobos awan dan seekor
burung kesiangan mulai berkicau. Waktu Kyoko tiba di kebunnya, daun-daun sayur
mengkilap seperti baru digosok layaknya. Awan berwarna merah muda yang
menggumpal di puncak-puncak pegunungan itu memesonanya. Ia terkejut sewaktu
mendengar suaminya tiba-tiba memanggilnya, dan tergesa-gesa ia ke atas; tanpa
menunggu sampai tangannya yang penuh lumpur di cuci dulu. Suaminya
terengah-engah karena pemusatan tenaga yang dibutuhkan untuk berteriak
memanggilnya.
“Aku memanggil dan memanggil! Apa kau tidak dengar?”
“Aku sangat menyesal.”
“Berhentilah dengan kerjamu di kebun itu! Bila aku tiap
kali harus berteriak memanggilmu, dalam sekejap saja aku akan mati.
Lagi pula aku tak bisa melihat di mana kau berada dan apa yang
kau lakukan.”
“Aku bekerja di kebun sayur. Tapi kalau tidak suka,
aku akan berhenti bekerja.”
Sumber: Pikiran Rakyat, 11 Juni 2003
Suasana yang tergambar dalam cuplikan cerpen di atas
adalah ….
A. senang
B. sedih
C. tegang
D. cemas
23. Bacalah teks berikut!
Raja Kahuripan mempunyai dua orang putra, yaitu Raden Panji dan Raden
Anom. Raden Anom lebih cerdas daripada Raden Panji. Selain
cerdas, Raden Anom juga dikenal ramah. Raden Panji merasa iri hati melihat
kecerdasan Raden Anom. Karena itu ia ingin mencelakakan saudaranya. Dia
menyuruh pembantunya agar membubuhkan racun ke dalam makanan Raden Anom.
Nilai moral positif yang bisa kita ambil dari cerita di atas adalah....
A. Ramah
B. Suka menolong
C. Menghormati orang lain
D. Penurut
24. Bacalah kutipan teks cerita berikut!
Kalau tidak, tentu telah berkurang satu lowongan kerja untuk tukang kebun keliling seperti dia. Dua hari yang lalu itu kukemas pakaian-pakaian bekas anak-anak yang sudah tidak muat lagi mereka kenakan. Aku yang menyisihkan pakaian-pakaian tua milikku, begitu juga milik istriku. Pakaian-pakaian bekas itu kuberikan kepadanya, di samping upah yang dia terima. Kami sebenarnya bukanlah orang yang mampu. Tapi kebiasaan seperti itu telah ditanamkan orang tuaku sejak aku masih kecil.
Amanat yang sesuai dengan kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Kita harus menghormati orang lain!
B. Harus berbagi rezeki dengan orang lain!
C. Haruslah tolong menolong dalam hidup!
D. Jangan berprasangka buruk pada orang lain!
Kalau tidak, tentu telah berkurang satu lowongan kerja untuk tukang kebun keliling seperti dia. Dua hari yang lalu itu kukemas pakaian-pakaian bekas anak-anak yang sudah tidak muat lagi mereka kenakan. Aku yang menyisihkan pakaian-pakaian tua milikku, begitu juga milik istriku. Pakaian-pakaian bekas itu kuberikan kepadanya, di samping upah yang dia terima. Kami sebenarnya bukanlah orang yang mampu. Tapi kebiasaan seperti itu telah ditanamkan orang tuaku sejak aku masih kecil.
Amanat yang sesuai dengan kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Kita harus menghormati orang lain!
B. Harus berbagi rezeki dengan orang lain!
C. Haruslah tolong menolong dalam hidup!
D. Jangan berprasangka buruk pada orang lain!
25. Bacalah
kutipan cerita berikut!
"Her, Tur ... lo mending jadi pemain Singapur aja! Nggak ada pemain kaya gue di Singapur! Muke lo juga lebih pantes main di Singapur!" Ledek Benni.
Arthur langsung berhenti dan menarik pundak Benni. "Heh! Gue ini orang Indonesia! Nggak bakal gue tuker sama apa pun!
Konflik pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. saling mengnginkan pergi ke Singapura
B. ketegangan dengan orang asing
C. perebutan pemain luar negeri
D. harga diri yang dipermainkan
"Her, Tur ... lo mending jadi pemain Singapur aja! Nggak ada pemain kaya gue di Singapur! Muke lo juga lebih pantes main di Singapur!" Ledek Benni.
Arthur langsung berhenti dan menarik pundak Benni. "Heh! Gue ini orang Indonesia! Nggak bakal gue tuker sama apa pun!
Konflik pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. saling mengnginkan pergi ke Singapura
B. ketegangan dengan orang asing
C. perebutan pemain luar negeri
D. harga diri yang dipermainkan
Bacalah teks berikut!
Kurasa
hari ini aku begitu sibuk, belum purna sudah
koreksian di meja kerjaku, aku sudah dipanggil bapak kepala sekolahku di
ruangannya. Kutinggal sejenak pekerjaanku tuk bergegas ke ruang kepala sekolah.
Taklama kemudian, tergesa gesa aku masuk kembali ke ruang itu untuk mengambil
mapku yang tertinggal. " Prang!" tak kusengaja tanganku menyentuh
gelas di ujung mejaku, pecah! Terjatuh di lantai.yang membuatku panik
melihatekspresiIbuRini,melototiakudengan
berujar,
"Bagaimana sih kamu, gak punyamata, ya?" "lihat nih rokku
basah!".
"Ma..maaf
ya aku ga sengaja, Bu," jelasku. "Ada apa ya?" Oh...sudahlah Bu
Rini jangan marah-marah seperti itu, kan Ibu Mega tidak sengaja," lerai
Ibu Tri.
26. Penyebab
terjadinya konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.
Ibu Mega dipanggil ke ruang kepala sekolah. Padahal koreksian
menumpuk dan belumterselesaikan.
B. Ibu Mega tanpa sengaja menyentuh gelas yang berada di ujung meja,
gelas
terpecah sehingga membuat rok
Ibu Rini basah.
C.
Ibu Tri berusaha melerai keributan
antara Ibu Mega dengan Ibu Rini,
mengakibatkan mereka bertiga di
panggil oleh kepala sekolah
D.
kepala sekolah merasa bersalah karena
memanggil Ibu Mega menyebabkan Ibu
Tri tersiram air minum dan menyebabkan
roknyabasah.
Kupeluk putriku semata wayang. Tampak sekali
kekecewaan yang ia alami dari tatapan lugunya kepadaku. Kuingat sudah lebih
tiga kali ayahnya membatalkan janji makan malam di akhir pekan. Kali ini
terulang kembali, di akhir hari libur semesternya ayah mengulangi kembali
ingkar janji terhadap Yusra putriku. Padahal Yusra esok sudah harus kembali kepesantrennya karena waktu libur
telah usai. Aku berusaha menghiburnya agar ia tidak kecewa padaayahnya.
27. Akibat
konflik yang dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.
Yusra kembali lagi kepesantren
B.
Yusra menatap ibu denganlugu.
C.
Yusra kembali batal makanmalam
D.
Yusra kecewa karena ayah
ingkar janji.
Kutipan 1
Di
sebuah kolam yang cukup besar dan dalam
seekor kadal sedang berjalan di pinggiran kolam. Kadal sedang mencari kegiatan
baru dia sangat inginberpetualang.
Ketika dia berjalan dipinggiran kolam sambil
mengeluarkan lidahnya dia melihat sesuatu muncul dari dalam air hal pertama yang dilihat oleh kadal itu adalah sebuah
kepala yang melenggak lenggok kesana kemariseperti sedang mencari sesuatu.
Kutipan 2
Seekor Anjing yang memiliki kemampuan berlari tanpa
henti mengejar sang kelinci tanpa kelelahan. Sang Kelinci yang sangat cepat
melompat menghindari kejaran anjing itu membuat anjing itu kehilangan jejaknya,
anjing itu mulai mengendus-ngendus bau sang kelinci dan tidak lama menemukan
kelinci kembali dan mengejarnya kembali hingga akhirnya anjing itu menyerah
tidak mengejar kelinci itulagi.
Ternyata
kejadian itu ditonton olehseekor burung gagak yang sedang bertengger di sebuah
pohon ketika anjing itu melewati pohon tersebut sang gagak dan anjing berdebat tentang tujuannya
mengejar kelinciantara
berburu makanan dengan mempertahankandiri.
28. Perbedaan
pola pengembangan kedua kutipan fable tersebut adalah….
Kutipan 1 Kutipan
2
A.
dimulai dengan
garis besarcerita dimulai
dengan aksi
B.
dimulai dengan lokasi Dimulai
dengan masalah
C.
dimulai dengan lokasi dimulai
dengan aksi
D.
dimulai dengan aksi dimulai
dengan aksi
Kutipan
1
Pada saat itu Dhea berusaha untuk membuat Vindy dan
Lyona menjadi
tenang. “Udah stop. Kenapa kalian malah bertengkar? Kita ke sini untuk
belajar bukan bertengkar kayak gini. Dan kamu Lyona (sambil memandangnya),
kenapa kamu nggak pernah berhenti untuk mengganggu aku atau sahabat sahabatku?.
Please… don’t disturb me and my friends” Ucap
Dhea. Saat itu pula Lyona dan kedua sahabatnya hanya bisa terpaku diam dan
mendengarkan perkataan Dhea tersebut karena mereka kehabisan kata-kata.
Kemudian Dhea,Vindy, Meisha,danFaramasukkekelasdandudukdi
bangku mereka masing-masing.
Kutipan 2
Namaku
Vania aku mempunyai seorang sahabat bernama Jihan dia baik, cantik dan juga
pintar aku memang baru mengenalnya. Saat pertama kali aku bertemu dengannya dia
membantu masalah yang aku alami waktu itu dia menolongku untuk keluar dari
masalah yang aku alami. Dia satu sekolah denganku dan juga sekelas tentunya.
Setiap jam istirahat kami selalu menghabiskan waktu bersama. Kadang aku menjadi
sesorang yang gila saat aku bersamanya, tertawa bersama melakukan hal- hal
seperti layaknya anak kecil bermain petak umpet dan lain sebagainya padahal
umur kami sudah belasan tahun tapi kamimenjadi
kekanak-kanakan
saat kami bersama.
29.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan tersebut adalah….
Kutipan
1 Kutipan
2
A.
Menggunakan kata sehari-hari
menggunakan kata baku
B.
Dipengaruhi kata-kata daerah
dipengaruhi kata-kata asing
C.
Menggunakan kata-kata lugas
Menggunakan ungkapan
D.
menggunakan kalimat langsung
menggunakankalimat tidak
langsung
Bacalah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal no.30 dan 31!
(1)Mentari baru saja MEMBUKA selimutnya,langit sedikit oren di langit timur.(2)Ani sangat gesit membantu ibu merapikan dagangan di meja depan rumah(3)Menyapu halaman, mengepel lantai, dan mengelap meja serta kaca agar terlihat bersih.(4)Dengan tujuan pelanggan di warung ibunya betah, senang, dan akhirnya tak beranjak untuk ke warung yang lain.(5)Semua ini ia lakukan sejak satu tahun yang lalu, menggantikan posisi ayahnya yang sudah meninggal dunia.
30.
Bukti tokoh Ani rajin ditandai
dengannomor....
A. (1) dan(2)
B. (2) dan(3)
C. (3) dan(4)
D. (5) dan(6)
31. Bukti latar waktu pada kutipan cerpen
tersebut ditandai nomor....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)
(1)Kejanggalan dalam
cerpen ini ada pada saat penulis
mulai menuturkan bagian terpenting soal dongeng peri teratai tersebut, lalu
membandingkannya dengan Padma.
(2)Bagaimana kronologis terkuaknya sosok asli Padma di mata Jasmine?
(3)Sementara Kartika sekali pun tak
menyinggung soal anak perempuannya yang telah mati. (4)Bagaimana pula Jasmine
mengerti soal kecelakaan itu tanpa ada jembatan penghubung yang menjelaskan
peristiwa itu dalam cerita? (5)Memang, di akhir cerita jelas tersirat antara
Jasmine maupun Kartika telah sama-sama tahu masalah ini. (6)Namun, alangkah
baiknya jika kronologi cerita diperjelas meski secara tidak langsung, sehingga
tidak terjadi lompatan di tengahcerita.
(7)Kejanggalan
tersebut dapat diimbangi dengan cara bercerita si pengarang yang indah,
mengalir, dan enak dibaca. (8)Nama-nama latin pada bunga dapat menambah
pengetahuan pembaca.
32. Bagian yang merupakan keunggulan karya
terdapat pada kalimat ditandai
nomor ....
A.
4 C
. 6
B.
5 D. 7
Perhatikan kutipan teks yang rumpang berikut!
Aksi antisedotan plastik di
Indonesia, sebagai reaksi atas masalah sampah plastik yang semakin membahayakan
lautan dan satwa di dalamnya. Aksi ini mendapat dukungan pencinta lingkungan.
[. ] pecinta lingkungan
ingin menjadikan isu antisedotan
plastik ini sebagai pijakan awal untuk meloncat ke isu berikutnya, yakni
melarang pemakaian semua plastik sekali pakai, baik itu sedotan plastik,
kantong plastik, kemasan makanan plastik, ataupun botol plastik sekali pakai.
33. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
yang rumpang tersebut adalah ....
A.
aktif
B.
aktivis
C.
aktivasi
D.
aktivitas
Cermatilah
kalimat-kalimat berikut!
1. Masukkan buah yang telah kita potong- potong
ke dalamwadah.
2. Kemudian tambahkan sedikitair
3. Dan sop buah telah siapdisajikan.
4. Tambahkan susu manis dan kelapa muda ke
dalam wadah yangtadi.
5. tambahkan selasih dan es serut yang telah
kita siapkansebelumnya.
6. Setelah itu siapkan sebuah wadah yang besar
7. Potong buah-buahan yang telah anda pilih
dengan bentuk menyerupai dadu,
atau kotak-kotak.
34. Kalimat -kalimat tersebut dapat disusun
menjadi petunjuk membuat sop buah
dengan urutan
nomor ....
A. 4-5-7-6-3-2-1
B. 5-6-4-3-2-1-7
C. 6-4-2-3-1-5-7
D. 7-6-1-4-2-5-3
35. Cermatilah kalimat-kalimatberikut!
1)
Terdapat berbagai macam warna bunga mawar, seperti warna merah muda, merah, kuning, putih, biru, bahkanhitam.
2)
Tanaman ini tingginya antara 2-5 meter dan ada
lebih dari 100spesies.
3)
Mawar adalah salah satu tanaman hias populer
yang merupakan tanaman semak dari jenis genusRosa.
4)
Batang mawar berduri tajam, licin, dan halus,
serta bentuk daun yang menyirip dengan
panjang sekitar 5-15cm.
5)
Tanaman mawar hidup di daerah yang sejuk.
6)
Di bagian mahkota bunga, terdapat 4 sampai 5 helai daunmahkota.
Urutan kalimat agar menjadi
laporan yang padu adalah ....
A. 5-2-3-4-6-1
B. 4-3-2-1-5-6
C. 3-2-4-1-6-5
D. 2-3-1-4-5-6
Smartphone
adalah sebuah alat komunikasi yang canggih. Alat ini tidak hanya digunakan
untuk berkomunikasi, tetapi juga digunakan untuk mengakses aplikasi yang sesuai
dengan pekerjaan, aktivitas, dan lain- lain. Canggihnya smartphone membuat para
remaja juga turut andil untuk menggunakannya. Menurut mereka smartphone adalah
kehidupan mereka. Alat canggih ini seakan-akan
tidak bisa hilang dari kehidupan mereka. […]Dengan alasan, smartphone
belum terlalu penting bagi anak remajanya karena smartphone bisa digunakan
untuk melihat situs- situs porno.
36. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf
yang rumpang tersebut adalah …
A.
Namun, banyak orang tua yang
tidak setuju anaknya menggunakansmartphone.
B.
Dampak positif lainnya smartphone bisa
digunakan untuk mencari teman-teman lama dan berkomunikasi jarakjauh.
C.
Juga, smartphone dianggap membawa dampak
negatif bagi remaja karena smartphone bisa digunakan untuk melihat
situs-situsdewasa.
D.
Ada juga orang tua yang setuju anaknya
menggunakan smartphone denga alasan untuk mengakses aplikasi atau
webpembelajaran.
Segala upaya persuasif sudah kami lakukan untuk
mengurangi kecanduan game online pada anak-anak.
37. Variasi kata persuasif pada kalimat
tersebut yang tepat adalah ....
A.
rayuan
B.
kampanye
C.
propaganda
D.
ajakan
Cermatilah kalimat berikut!
Para siswa telah menggelar acara
pentas seni dengan meriah di sekolah untuk memperingati hari guru.
38. Variasi
kalimat tersebut yang tepat adalah …
A.
Di sekolah dengan meriah telah menggelar
acara pentas seni untuk memperingati hari guru
B.
Untuk memperingati hari guru para siswa
dengan meriah acara pentas Senimenggelar
C.
Acara pentas seni telah
digelar para siswa dengan meriah untuk memperingati hari guru
D.
Dengan meriah acara pentas seni
memperingati hari guru menggelar parasiswa
Bacalah paragraf berikut!
(1)
Pohon yang akan ditanam di Jakarta tentunya pohon yang berkualitas. (2)
Pohon harus berakar kuat agar tidak mudah tumbang.(3)Jakarta memerlukan oksigen dari
tumbuh- tumbuhan. (4) Pohon-pohon yang berakar tunjang tersebut bisa
berumur panjang ,
tidak mudah tumbang, dan
petugas tidaksulit mengawasi
tanaman kota.
39. Perbaikan paragraf tersebut supaya
menjadi padu adalah mengganti kalimat nomor (3) menjadi ...
A.
Pohon yang tumbangmembahayakan
masyarakat.
B.
Pohon kota harus dijaga dan dirawat denganbaik.
C. Pohon yang kuat adalah tanaman yang berakar tunjang seperti
jati, beringin ,dan kenari.
D.
Pohon-pohon saatpenanaman dengan
prosedur yang baik pasti kuat
40. Warga Indonesia yang berusia 9 bulan
sampai 17 tahun harus diobati rubella agar tidak terkena campak rubella.
Kata yang tidak tepat
penggunaannya dalam teks tersebut adalah…
A.
Campak C. diobati
B. Virus D. rubella
1.
Keputusan dari pada pemerintah itu melegakan hati rakyat.
2.
Adik membaca cerpen sambil tiduran.
3.
Kakak berangkat bekerja pukul 07.00 WIB
4.
Demo mahasiswa itu dibubarkan oleh polisi.
41. Kalimat tidak efektif ditandai dengan
nomor….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
Saat
bermain di dapur, Mita [… .] sayur yang dimasak ibu, sehingga lantai dapur
basahsemua.
42. Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi
bagian teks yang rumpang adalah…
A.
menghilangkan
B.
menumpahkan
C.
menghabiskan
D.
memakan
Saat
ini navigasi alat transportasi seperti mobil, kapal, dan pesawat terbang
bahkan ojek daring banyak dibantu [... .] sistem GPRS dan GPS yang handal .
43. Konjungsi yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah …
A.
dengan
B.
daripada
C.
karena
D.
dari
Kita berharap pemerintah
segera berusaha dengan mengeluarkan
peraturan yang melindungi anak-anak dari pengaruh gawai.
44. Kata yang tepat untuk mengganti kata berusaha tersebut adalah....
A. bertindak
B.
bekerja
C.
berusaha
D.
beraksi
(1) Pohon yang akan ditanam di Jakarta
tentunya pohon yang berkualitas. (2) Pohon harus berakar kuat agar
tidak mudah tumbang.(3)Jakarta memerlukan oksigen dari tumbuh tumbuhan. (4)
Pohon pohon yang berakar tunjang tersebut bisa berumur panjang
, tidak mudah tumbang,
dan petugas tidaksulit mengawasi tanaman kota.
45. Penulisan kata ulang yang tepat adalah ….
A.
Tumbuhtumbuhan dan pohonpohon
B.
Tumbuh tumbuhan dan pohon pohon
C.
Tumbuh-tumbuhan dan
pohon-pohon
D.
Tumbuhtumbuh-an dan pohonpohon-an
46. Rapat
itu dihadiri oleh pemimpin dan para anggota-anggotannya.
Perbaikan kalimat tersebut agar
menjadi efektif adalah…
A.
Rapat itu dihadiri oleh
pemimpin dan para anggotanya.
B.
Pemimpin-pemimpin itu rapat diikuti
olehpara anggota-anggotanya
C.
Para anggota-anggota itu mengikuti rapat pemimpinnya
D.
Pemimpin-pemimpin rapat itu ngajakpara
anggota-anggotanya
Keputusan dari pada pemerintah itu
melegakan hati rakyat.
47. Alasan ketidaktepatan penggunaan kata
pada kalimat tersebut adalah…
A.
Kata itu
tidak perlu dipakai karenahanya sebagaipenunjuk
B.
Kata melegakan
seharusnya memuaskan karena
melegakan
Bahasa daerah
C.
Kata rakyat
seharusnya masyarakatkarena rakyat tertuju pada Subjek tertentu
D.
Kata dari pada tidak tepat karena bukan
kalimatperbandingan.
Andrea Hirata menulis beberapa bukubuku novel yang sangat laku sekali
di pasaran.
48.
Banjir yang terjadi kemarin
disebabkan karena sampah yang mengunung.
Alasan
ketidakefektifan kalimat tersebut adalah …
A.
Kata disebabkan
tidak diperlukan karena kata tersebut
tidakbaku
B.
Kata karena tidak diperlukan karena maknanya sama dengandisebabkan.
C.
Kata
kemarin tidak perlukan karena kata
tersebut bermaknaganda.
D.
Kata menggunung tidak diperlukan
sehingga dapatdihilangkan.
“Fenomena alam likuefaksi
menyebabkan karena berbagai rumah roboh,” kata Sutopo PurwoNugroho,
Kepala Pusat Data Informasi dan
Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
49. Kesalahan penggunaan kata pada kalimat di
atas adalah ... .
A. likuefaksi
B. menyebabkan
C. karena
D. fenomena
Hari ini
kepala sekolah akan
mengikuti
seleksi Kepala
Sekolah Berprestasi Tingkat
Nasional kata Ibu Susi .
50. Penggunaan tandabacayang tepatpada kalimat langsung
tersebutadalah...
A.
“Hari
ini kepala sekolah
akan mengikuti Lomba
Kepala Sekolah Berprestasi TingkatNasional
kata Ibu Susi."
B.
“Hari ini kepala sekolah
akan mengikuti Lomba
Kepala Sekolah
Berprestasi Tingkat Nasional,”
kata
IbuSusi
C.
“Hari ini
kepala sekolah
akan mengikuti seleksi
Kepala Sekolah
Berprestasi Tingkat Nasional."Kata:
Ibu Susi.
D.
“Hari
ini kepala sekolah
akan mengikuti Lomba
Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional!”
kata IbuSusi
0 Response to "SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2020 PAKET 2"
Post a Comment