SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2020 PAKET 1
SOAL LATUN
BAHASA INDONESIA PAKET 1
1. Bacalah
teks berikut.
Keharuman dupa
dengan aneka aroma membantu menenangkan jiwa. Pada saat meditasi, aroma dupa
membantu pemusatan pikiran. Wangi dupa juga lazim merebak di beberapa rumah
ibadah dalam bentuk batang, yang dibakar sebelum berdoa.(Kompas, 12
Agustus 2018)
Makna kata meditasi
pada teks tersebut adalah ….
A.
berdoa di rumah-rumah ibadah C.
rileksasi untuk mengendurkan urat saraf
B. pemusatan
pikiran saat berdoa D. konsentrasi
dalam memecahkan masalah
2. Bacalah petunjuk berikut!
Beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum menyeberang jalan.
1) Pilihlah jalan yang tidak terlalu ramai.
2) Jika bersama anak-anak atau orang tua, pegang tangannya.
3) Gunakan zebra cross jika ada.
4) Jangan menyeberang di tikungan jalan.
Kalimat tercetak miring tersebut memiliki makna...
Beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum menyeberang jalan.
1) Pilihlah jalan yang tidak terlalu ramai.
2) Jika bersama anak-anak atau orang tua, pegang tangannya.
3) Gunakan zebra cross jika ada.
4) Jangan menyeberang di tikungan jalan.
Kalimat tercetak miring tersebut memiliki makna...
A. penyeberang berjalan melewati zebra cross jika ada.
B. Penyeberang memakai zebra cross yang ada di
jalan.
C. Penyeberang mematuhi peraturan dengan memakai
zebra cross.
D. Penyeberang harus mencari zebra cross sebelum
menyeberang jalan.
3. Ada cara memasak mie instan agar kandungan vitamin tetap terjaga. Pertama
masukkan mie ke dalam air mendidih. Kedua, angkat mie sebelum lembek.
Selanjutnya, buat air rebusan baru dan taruhlah di dalam mangkok. Terakhir,
masukkan bumbu dan mie ke dalam mangkok. Mie instan siap dihidangkan.
Pernyataan yang sesuai
dengan teks di atas adalah ...
A. Mie harus segera
diangkat dari air rebusan setelah lembek.
B. Mie semakin lernbek
scmakin baik kandungan vitaminnya.
C. Langkah kedua
masukkan mie ke dalam rebusan air mcndidih.
D.
Mie jangan terlalu lembek agar kandungan vitaminnya terjaga.
4.
Bacalah teks berikut!
(1) Berbagai pihak dilibatkan untuk
menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (2) Masing-masing pihak memiliki
peran yang berbeda-beda. (3) Meskipun terasa berat, semua bahu-membahu demi
terwujudnya warga sekolah yang literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat
baca warga sekolah sangat rendah.
Kalimat yang menyatakan hubungan
pertentangan pada teks tersebut ditandai dengan nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
5.
Perhatikan
dengan seksama teks biografi berikut!
Habiburrahman
El Shirazy merupakan sosok fenomenal dalam dunia sastra negeri ini. Beberapa
karyanya, antara lain Ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, berhasil
mendapat sambutan luar biasa dari pembaca novel tanah air. Bahkan
karya-karyanya telah dibuat dalam bentuk film dan sinetron.
Menurut Kang Abik, demikian panggilan akrab para penggemar kepadanya, ia dapat membuat beberapa novel dalam satu waktu. Ibarat makan, katanya, bosan jika harus makan satu menu terus dalam beberapa hari. Strategi selang-seling dalam menulis novel Islaminya ia jalani untuk menghindari kejenuhan.
Pria kelahiran Semarang, 30 September 1976 ini, mengaku tidak kesulitan membuat novel dalam waktu bersamaan karena ia menulis sesuatu yang diketahui dan dekat dengan kehidupan.
Sejak sekolah, ia telah banyak membaca dan menulis. Bahkan ia sering mendapat penghargaan atas tulisan ilmiah kala itu. Saat kuliah S2 harus terus berlanjut, beasiswa yang diberikan sudah dihentikan. Ia memutar otak bagaimana cara mendapatkan uang. Pertama, ia menerjemahkan tulisan ilmiah dan non-ilmiah dari bahasa Arab ke Inggris. Pekerjaan dilakukan rutin dan tekun serta disiplin waktu.
Keistimewaan tokoh dalam biografi tersebut adalah ...
A. Karya-karyanya sudah banyak dibuat
dalam bentuk film.
B. Beliau sudah gemar membaca dan menulis sejak muda.
C. Beliau dapat menulis beberapa novel dalam satu waktu
D. Dapat menerjemahkan buku dari bahasa Arab dan Inggris.
B. Beliau sudah gemar membaca dan menulis sejak muda.
C. Beliau dapat menulis beberapa novel dalam satu waktu
D. Dapat menerjemahkan buku dari bahasa Arab dan Inggris.
6. Bacalah kutipan biografi berikut!
(1)R.M. Padmosantjojo merupakan seorang dokter yang dikenal sebagai pribadi
yang sederhana dan tidak mau menonjolkan diri.(2) Anak seorang pegawai tinggi
jawatan kereta api zaman Belanda ini lulus Fakultas Kedokteran UI tahun 1963.
(3)Ia pernah sebagai dokter pribadi Presiden Soekarno dalam ahli bedah saraf.
(4)Padmo dikenal sangat telaten dan sabar dalam menjalankan tugasnya.
(5)Kesabaran ini membuahkan prestasi besar ketika ia berhasil memisahkan kembar
siam Yuliana dan Yuliani pada 21 Oktober 1987.
Sikap tokoh R.M. Padmosantjojo yang patut diteladani pada kutipan bacan tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (1) dan (5)
7. Bacalah paragraf berikut!
Minuman beralkohol tidak baik bagi tubuh. Minuman tersebut dapat
meningkatkan risiko terserangnya penyakit kanker dan stroke. Minuman beralkohol
juga menyebabkan kerusakan pada jantung dan sel-sel otak. Lebih dari itu, zat-
zat yang terkandung dalam minuman itu menyebabkan toksin bagi tubuh.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah terletak pada kalimat ….
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
8. Bacalah paragraf berikut!
Trusmi merupakan desa yang dijuluki sentra batik cirebonan. Hampir semua orang mengenal batik, bahkan masyarakat Cina sangat menyukai motif-motif batik dari desa yang satu ini. Batik banyak sekali ditemukan di desa yang berjarak kurang lebih lima kilometer ke arah barat Kota Cirebon ini. Dari produk rumahan sampai produk pabrikan terkenal. Motifnya pun sangat beragam, ada mahkota, mega mendung, dan motif-motif pesisiran lainnya.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A. berbagai motif batik cirebonan
B. produk batik rumahan dan pabrikan
C. Trusmi sebagai sentra batik cirebonan
D. kegemaran orang Cina akan motif batik
Trusmi merupakan desa yang dijuluki sentra batik cirebonan. Hampir semua orang mengenal batik, bahkan masyarakat Cina sangat menyukai motif-motif batik dari desa yang satu ini. Batik banyak sekali ditemukan di desa yang berjarak kurang lebih lima kilometer ke arah barat Kota Cirebon ini. Dari produk rumahan sampai produk pabrikan terkenal. Motifnya pun sangat beragam, ada mahkota, mega mendung, dan motif-motif pesisiran lainnya.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A. berbagai motif batik cirebonan
B. produk batik rumahan dan pabrikan
C. Trusmi sebagai sentra batik cirebonan
D. kegemaran orang Cina akan motif batik
9. Bacalah
dengan seksama kutipan teks berikut!
Berlaku curang pada saat mengukuti ulangan jika
tidak diketahui guru memang menguntungkan. Bayangkan saja, tanpa harus
bersusah-susah belajar, siswa yang berlaku curang mendapat nilai bagus untuk
mata pelajaran yang diteskan. Namun, mereka tidak sadar bahwa kelakuan mereka
ini menimbulkan ketidakadilan antarsiswa dalam penilaian. Siswa yang dengan
bersusah payah belajar mempersiapkan ulangan, nilainya lebih rendah daripada
siswa yang berlaku curang dengan menjiplak jawaban temannya atau dari buku
pelajaran dan catatan. Lebih parah lagi, si pelaku merasa bangga dengan nilai
yang didapatkannya. Mereka tidak peduli akan teman lain yang berlaku jujur,
nilainya lebih rendah daripada mereka. Bahkan, mereka menyalahkan
teman-temannya karena tidak berani berlaku curang. Padahal siswa yang tidak
berlaku curang telah berlaku jujur ketika mengikuti ulangan.
Simpulan yang tepat untuk bacaan tersebut …
Simpulan yang tepat untuk bacaan tersebut …
A. Si pelaku kecurangan merasa bangga dengan nilai
yang didapatkan.
B. Tanpa harus belajar, siswa yang berlaku curang
akan mendapatkan nilai yang baik.
C. Berlaku curang ketika mengerjakan ulangan
menimbulkan ketidakadilan antarsiswa dalam penilaian.
D. Kita merasa prihatin terhadap tindakan siswa
yang suka berlaku curang.
10. Bacalah teks berikut!
(1) Pemilihan OSIS dengan cara paket akan segera diselenggarakan. (2) Sistem itu baik karena setiap pasangan dapat saling mengisi kekurangan saat berkampanye. (3) Namun, kegiatan ini berlumlah lazim. (4) Oleh karena itu, perlu diyakinkan peserta didik yang menjadi calon pengurus OSIS.
Kalimat yang menyatakan mendukung persoalan terdapat pada nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
(1) Pemilihan OSIS dengan cara paket akan segera diselenggarakan. (2) Sistem itu baik karena setiap pasangan dapat saling mengisi kekurangan saat berkampanye. (3) Namun, kegiatan ini berlumlah lazim. (4) Oleh karena itu, perlu diyakinkan peserta didik yang menjadi calon pengurus OSIS.
Kalimat yang menyatakan mendukung persoalan terdapat pada nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
11. Bacalah teks berikut!
(1) Banyak sekolah melarang siswanya membawa telepon seluler ke sekolah. (2) Sebagian besar menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran. (3) Hal itu memang benar, ketika telepon berdering di kelas, maka kegiatan pembelajaran akan terganggu. (4) Meskipun begitu ada beberapa sekolah yang tidak sepakat dengan pernyataan tersebut.
Kalimat yang menyatakan alasan yang mendukung pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
(1) Banyak sekolah melarang siswanya membawa telepon seluler ke sekolah. (2) Sebagian besar menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran. (3) Hal itu memang benar, ketika telepon berdering di kelas, maka kegiatan pembelajaran akan terganggu. (4) Meskipun begitu ada beberapa sekolah yang tidak sepakat dengan pernyataan tersebut.
Kalimat yang menyatakan alasan yang mendukung pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
12. Bacalah
teks berikut!
Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pendidikan karakter tak hanya diterapkan di sekolah saja, tapi di rumah dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi pelajar karena kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudahkah kalian menyadarinya?
Pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang harus memiliki karakter kuat dan tangguh untuk menghadapi segala tantangan yang akan datang. Banyak kasus korupsi, penurunan moral, dan penurunan kualitas sumber daya manusia merupakan alasan utama pendidikan karakter penting diterapkan di sekolah. Tentukan kualitas sumber daya manusia pada tahun 2021 juga menjadi faktor penting pendidikan karakter bagi pelajar.
Ringkasan yang tepat dari teks tersebut adalah ....
A. Pendidikan karakter harus diterapkan baik di sekolah maupun di lingkungan sosial.
B. Pendidikan karakter penting bagi pelajar mengingat pelajar adalah generasi penerus bangsa.
C. Pendidikan karakter remaja penting diberikan baik di sekolah, maupun di lingkungan sosial.
D. Pelajar harus memiliki karakter yang kuat karena adanya penurunan kualitas sumber daya manusia saat ini.
Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pendidikan karakter tak hanya diterapkan di sekolah saja, tapi di rumah dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi pelajar karena kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudahkah kalian menyadarinya?
Pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang harus memiliki karakter kuat dan tangguh untuk menghadapi segala tantangan yang akan datang. Banyak kasus korupsi, penurunan moral, dan penurunan kualitas sumber daya manusia merupakan alasan utama pendidikan karakter penting diterapkan di sekolah. Tentukan kualitas sumber daya manusia pada tahun 2021 juga menjadi faktor penting pendidikan karakter bagi pelajar.
Ringkasan yang tepat dari teks tersebut adalah ....
A. Pendidikan karakter harus diterapkan baik di sekolah maupun di lingkungan sosial.
B. Pendidikan karakter penting bagi pelajar mengingat pelajar adalah generasi penerus bangsa.
C. Pendidikan karakter remaja penting diberikan baik di sekolah, maupun di lingkungan sosial.
D. Pelajar harus memiliki karakter yang kuat karena adanya penurunan kualitas sumber daya manusia saat ini.
13. Bacalah kedua teks berikut!
Bacaan I
Banyak lho aktivitas keseharian kita yang tanpa kita
sadari adalah aktivitas yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagai
contoh aktivitas pola tidur yang baik, pola makan yang baik, dan pola
keseharian yang baik. Nah, aktivitas itu jika benar-benar
dilakukan sangat menjamin tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit.
Cara menjaga kesehatan seperti ini tidak perlu mengeluarkan uang banyak
dibanding dengan cara modern dan instan. Cara alami kayak gini juga
bisa menjadi cara menjaga kesehatan tubuh mulai dari paru-paru, jantung, dan
mata. Selanjutnya cara-cara tersebut bisa dilakukan dengan olahraga rutin,
makan teratur, banyak minum air putih, mengonsumsi obat herbal, dan menjalani
pola hidup sehat.
Bacaan II
Mengonsumsi pola makan seimbang merupakan anjuran mendasar yang hakiki
bagi semua orang. Di mana asupan zat gizi yang terkonsumsi menentukan aspek
kesehatan nutrisi setiap individu. Zat gizi tersebut, di antaranya karbohidrat,
tepung-tepungan, gula, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat.
Pola makan sehat dan seimbang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat
tersebut, di antaranya menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan meningkatkan daya
tahan tubuh. Selain itu, pola makan sehat dan seimbang dapat meningkatkan
konsentrasi serta kinerja otak. Pola makan tidak sehat akan menimbulkan dampak
negatif bagi tubuh, salah satunya menyebabkan ketidakmaksimalan kinerja tubuh
dalam melaksanakan aktivitas.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua bacaan tersebut adalah menggunakan…
Bacaan 1
|
Bacaan II
|
|
A.
|
bahasa ilmiah
|
bahasa sehari-hari
|
B.
|
bahasa baku
|
bahasa tidak baku
|
C.
|
bahasa resmi
|
bahasa santai
|
D.
|
bahasa sehari-hari
|
bahasa ilmiah
|
14. Cermati kutipan teks berita
berikut!
Teks Berita 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.
Teks Berita 2
menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...
A. teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
B. teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.
C. teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
D. teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.
Teks Berita 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.
Teks Berita 2
menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...
A. teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
B. teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.
C. teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
D. teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.
15. Bacalah
kutipan cerita berikut!
Ayah mengamati aku dari atas ke bawah. Ia
berdiri dan menjangkau tangan kananku. Katanya:
"Untuk apa bunga ini, heh."
Aku tidaktahu karena apa, telah mencintai bunga ditangan ku ini.
Ayah meraih. Merenggutnya dari tanganku. Kulihat bungkah otot tangan ayah menggenggam bunga kecil-kecil itu. Aku menahan untuk tidak berteriak.
"Laki-laki tidak perlu bunga, Buyung. Kalau perempuan, bolehlah. Tetapi engkau lqki-laki."
Ayah melemparkan bunga itu. Aku menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku membungkuk, mengambil bunga itu, membawanya ke kamar.
Dikutip dari: Kuntowijoyo, "Dilarang Mencintai Bunga-Bunga", Jakarta, Pustaka Firdaus, 1996.
Makna simbol kata bunga dalam kutipan tersebut adalah.....
"Untuk apa bunga ini, heh."
Aku tidaktahu karena apa, telah mencintai bunga ditangan ku ini.
Ayah meraih. Merenggutnya dari tanganku. Kulihat bungkah otot tangan ayah menggenggam bunga kecil-kecil itu. Aku menahan untuk tidak berteriak.
"Laki-laki tidak perlu bunga, Buyung. Kalau perempuan, bolehlah. Tetapi engkau lqki-laki."
Ayah melemparkan bunga itu. Aku menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku membungkuk, mengambil bunga itu, membawanya ke kamar.
Dikutip dari: Kuntowijoyo, "Dilarang Mencintai Bunga-Bunga", Jakarta, Pustaka Firdaus, 1996.
Makna simbol kata bunga dalam kutipan tersebut adalah.....
A.
Bunga
melambangkan keindahan sehingga tidak boleh dipetik.
B.
Bunga
melambangkan kesucian hanya boleh dipandang.
C.
Bunga
melambangkan kelembutan sehingga identik dengan perempuan.
D. Bunga melambangkan kemurnian yang harus
dilindungi.
16. Cermatilah kutipan fabel berikut!
Saat pertengahan keledai dengan santainya berlari. Sedangkan kuda tengah berusaha berlari cepat. Keledai berusaha membuat rencana agar kuda kalah. Keledai berkali-kali membuat jebakan, tetapi jebakan itu menimpanya sendiri. Saat menuju garis finis keledai membuat rencana lagi. Yaitu keledai memberikan air minum untuk kuda yang berisikan obat tidur. Kuda pun menolaknya dan keledai disuruh meminumnya sendiri. Namun keledai tidak mau meminumnya. "Kenapa kamu tidak mau meminum air ini saja?" kata kuda.
"Aku tidak haus," jawab keledai.
Kuda memaksa keledai untuk meminum air itu. Saat keledai meminum air itu keledai pun jatuh tertidur. "Hmmm...benar apa yang telah kuduga. Dia mau menipuku," batin Kuda.
1. Simpulan makna simbol dalam fabel di atas adalah ....
A. Jangan mudah percaya terhadap orang lain
B. Jangan menganggap siapa pun lemah
C. Berhati-hatilah terhadap orang yang baru dikenal
D. Berbuat baik atau buruk kepada orang lain akan mengenai kepada diri sendiri.
Saat pertengahan keledai dengan santainya berlari. Sedangkan kuda tengah berusaha berlari cepat. Keledai berusaha membuat rencana agar kuda kalah. Keledai berkali-kali membuat jebakan, tetapi jebakan itu menimpanya sendiri. Saat menuju garis finis keledai membuat rencana lagi. Yaitu keledai memberikan air minum untuk kuda yang berisikan obat tidur. Kuda pun menolaknya dan keledai disuruh meminumnya sendiri. Namun keledai tidak mau meminumnya. "Kenapa kamu tidak mau meminum air ini saja?" kata kuda.
"Aku tidak haus," jawab keledai.
Kuda memaksa keledai untuk meminum air itu. Saat keledai meminum air itu keledai pun jatuh tertidur. "Hmmm...benar apa yang telah kuduga. Dia mau menipuku," batin Kuda.
1. Simpulan makna simbol dalam fabel di atas adalah ....
A. Jangan mudah percaya terhadap orang lain
B. Jangan menganggap siapa pun lemah
C. Berhati-hatilah terhadap orang yang baru dikenal
D. Berbuat baik atau buruk kepada orang lain akan mengenai kepada diri sendiri.
17. Bacalah kutipan cerita berikut!
Pembuatan candi kurang satu, tetapi apa
hendak dikata, roh halus berhenti mengerjakan tugasnya dan tanpa bantuan mereka
tidak mungkin Bandung Bondowoso menyelesaikannya. Keesokan harinya waktu
Bandung Bondowoso mengetahui bahwa usahanya gagal, bukan main marahnya. Dia
mengutuk para gadis di sekitar Prambanan, tidak aka nada orang yang mau
memperistri mereka sampai mereka menjadi perawan tua, sedangkan Roro Jongrang
sendiri dikutuk menjadi arca.
Tokoh utama kutipan cerita tersebut
adalah….
A. Roro Jongrang
B. Bandung Bondowoso
C. Para Gadis
D. Perawan Tua
18. Perhatikan
dengan seksama kutipan teks berikut!
Sudah
empat hari ini ia duduk di beranda rumah sore hari. Pandangannya tak lepas dari
tangga gunung di pinggir desa. Tak ada lagi yang ia tunggu kecuali suaminya
yang pergi ke seberang untuk mengais rezeki. Kalaupun ia bisa berlari,
sepertinya ia ingin mengejar kepergian orang yang sangat dicintainya.
Unsur yang menonjol dalam kutipan cerpen di atas
adalah …
A.
Tema
B.
Latar
C. Karakter
tokoh
D.
Sudut pandang
19. Bacalah kutipan cerita berikut!
Biarpun begitu muncul juga dari gua sanubariku, mengalir secepat kilat ke
dalam otak menciptakan pikiran-pikiran yang memalukan.
Sambil berbaring memeluk guling. Tiba-tiba khayal membentang di depan muka
mata batinku. Aneh tak tahan lagi aku. Aku menjadi sebal dan mual. Gadis yang
jelita dan tidak berdosa itu harus menjadi korban, dibaktikan kepada seorang
tua bangka, suka makan riba. Kupejamkan mataku, menyusukkan kepalaku ke bawah
bantal. Aku tidak mau menghujatnya.
Konflik yang terjadi pada
kutipan cerita tersebut adalah ...
A. tokoh aku yang tidak setuju dengan tua bangka.
B. tokoh aku yang tidak setuju gadis jelita jadi
korban.
C. tokoh aku yang gelisah dan tidak bisa
diatur.
D. tokoh aku yang tidak bisa menyimpan masa lalu.
20. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Lampu-lampu mulai dinyalakan. Mereka larut dalam tawa dan obrolan yang tak jelas arahnya. Aku memandangnya dari balik meja yang penuh makanan dan minuman. Aku mencoba ingin ditatap mereka dengan menumpahkan segelas minuman, tapi tak ada yang mengalihkan perhatian padaku, semua sibuk dengan kegembiraan ini. Keputusan untuk ke luar dan mengamati keceriaan anak-anak berkejaran di halaman ternyata keputusan yang tepat.
Latar waktu dan tempat pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. malam hari, di halaman rumah
B. malam hari di ruang pesta
C. sore hari di dalam rumah
D. sore hari di ruang makan
Lampu-lampu mulai dinyalakan. Mereka larut dalam tawa dan obrolan yang tak jelas arahnya. Aku memandangnya dari balik meja yang penuh makanan dan minuman. Aku mencoba ingin ditatap mereka dengan menumpahkan segelas minuman, tapi tak ada yang mengalihkan perhatian padaku, semua sibuk dengan kegembiraan ini. Keputusan untuk ke luar dan mengamati keceriaan anak-anak berkejaran di halaman ternyata keputusan yang tepat.
Latar waktu dan tempat pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. malam hari, di halaman rumah
B. malam hari di ruang pesta
C. sore hari di dalam rumah
D. sore hari di ruang makan
21. Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Ayo Adi, bangun-bangun," kata ibu. "Adi masih ngantuk Bu," jawab Adi malas, 'Sekrang sudah pukul 07.00 Adi!" Kata ibu setengah marah. Sontak aku terkejut. Mataku yang masih ngantuk sekarang menyala 100 watt. Langsung aku melompat dari tempat tidurku dan lari terbirit-birit ke kamar mandi. Byurrrr...bunyi air yang kutimba. Tanpa pamit ke ibu aku langsung mengayuh sepedaku ke sekolah. Namun apa daya, setibanya di sekolah bel tanda masuk sudah berbunyi. Ah!, sialnya nasibku.
Cara penulis menggambarkan watak tokoh Adi dalam kutipan cerita tersebut adalah ...
A. uraian pengarang dan suasana
B. percakapan dan tingkah laku
C. tingkah laku dan jalan pikiran
D. jalan pikiran dan percakapan
"Ayo Adi, bangun-bangun," kata ibu. "Adi masih ngantuk Bu," jawab Adi malas, 'Sekrang sudah pukul 07.00 Adi!" Kata ibu setengah marah. Sontak aku terkejut. Mataku yang masih ngantuk sekarang menyala 100 watt. Langsung aku melompat dari tempat tidurku dan lari terbirit-birit ke kamar mandi. Byurrrr...bunyi air yang kutimba. Tanpa pamit ke ibu aku langsung mengayuh sepedaku ke sekolah. Namun apa daya, setibanya di sekolah bel tanda masuk sudah berbunyi. Ah!, sialnya nasibku.
Cara penulis menggambarkan watak tokoh Adi dalam kutipan cerita tersebut adalah ...
A. uraian pengarang dan suasana
B. percakapan dan tingkah laku
C. tingkah laku dan jalan pikiran
D. jalan pikiran dan percakapan
22. Perhatikan contoh berikut!
1. Bacalah teks berikut!
1. Bacalah teks berikut!
Maka sempurnalah penderitaan saya di muka bumi
ini. Jasad ibuku masih belum kututup. Membujur di depan kamarku dengan kelu. Ia
baru saja pergi, setelah berbulan melawan sakit dan derita.
Kutatap terus wajahnya yang pucat tapi pasrah itu. Matanya tidak terlalu rapat mengatup. Seakan-akan masih ada sisa kenangan di sana. Seakan-akan masih ada sesuatu yang dilihatnya. Tapi tidak. Kupikir cukuplah ia hidup dengan penderitaan-penderitaan yang menyekap di hampir seluruh umurnya.
Kutatap terus wajahnya yang pucat tapi pasrah itu. Matanya tidak terlalu rapat mengatup. Seakan-akan masih ada sisa kenangan di sana. Seakan-akan masih ada sesuatu yang dilihatnya. Tapi tidak. Kupikir cukuplah ia hidup dengan penderitaan-penderitaan yang menyekap di hampir seluruh umurnya.
Maksud kalimat "Maka sempurnalah
penderitaan saya di muka bumi ini" pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. penderitaan telah mencapai puncak klimaksnya kemudian mendapat pertolongan dari Tuhan (percaya adanya Tuhan)
B. penderitaan di dunia telah berakhir.
C. penderitaanya akan berubah menjadi kebahagiaan.
D. penderitaan di dunia akan dibalas nanti di akhirat.
A. penderitaan telah mencapai puncak klimaksnya kemudian mendapat pertolongan dari Tuhan (percaya adanya Tuhan)
B. penderitaan di dunia telah berakhir.
C. penderitaanya akan berubah menjadi kebahagiaan.
D. penderitaan di dunia akan dibalas nanti di akhirat.
23. Bacalah teks berikut!
Anggi baru pulang sekolah siang itu. la bergegas ke kamar, berganti baju
lalu makan siang. Setelah makan, ia harus segera mencuci kedelai untuk dibuat
tempe. Barulah kemudian dia bisa beristirahat. Pukul 15.00 W1B dia melaksanakan
kegiatan yang lain yaitu belajar kelompok bersama Sabrina, Nayla, dan Winda.
Sekalipun lelah, ia melakukannya dengan bersemangat. Ia tidak pernah
melalaikan tugas, baik tugas sekolah maupun tugas membantu orang tua.
Nilai moral positif pada cerita tersebut adalah ....
A. bertanggung jawab
B. berdemokrasi
C. kepedulian
D. tenggang rasa
A. bertanggung jawab
B. berdemokrasi
C. kepedulian
D. tenggang rasa
24. Bacalah kutipan cerita berikut!
"Maafkan saya, Rinda. Saya memang khilaf waktu itu," kataku pelan. Akhirnya muncul juga kata-kata itu setelah beberapa waktu tak jua ada keberanian untuk mengatakannya. Ya, aku memang harus minta maaf. Aku sadar, sikap dan kata-kataku tempo hari terhadapnya tentu saja telah membuatnya marah dan sakit hati. Dan kali ini aku sudah bersiap untuk menerima perlakuan dan makian paling kasar sekalipun dari mulut Rinda.
Rinda diam sejenak, lalau memandangku tajam. Tetapi tak berapa lama, kulihat ekspresi Rinda seperti tengah menahan tawa.
Amanat kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Hadapilah segala permasalahan dengan senyuman.
B. Memberi maaf tidak harus diucapkan dengan kata-kata.
C. Jangan takut meminta maaf jika melakukan kesalahan.
D. Saling bermaaf-maafan dalam persahabatan
"Maafkan saya, Rinda. Saya memang khilaf waktu itu," kataku pelan. Akhirnya muncul juga kata-kata itu setelah beberapa waktu tak jua ada keberanian untuk mengatakannya. Ya, aku memang harus minta maaf. Aku sadar, sikap dan kata-kataku tempo hari terhadapnya tentu saja telah membuatnya marah dan sakit hati. Dan kali ini aku sudah bersiap untuk menerima perlakuan dan makian paling kasar sekalipun dari mulut Rinda.
Rinda diam sejenak, lalau memandangku tajam. Tetapi tak berapa lama, kulihat ekspresi Rinda seperti tengah menahan tawa.
Amanat kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Hadapilah segala permasalahan dengan senyuman.
B. Memberi maaf tidak harus diucapkan dengan kata-kata.
C. Jangan takut meminta maaf jika melakukan kesalahan.
D. Saling bermaaf-maafan dalam persahabatan
25. Bacalah
kutipan anak berikut!
"Orangtua
Ari ingin Ari pindah ke Kota Malang untuk melanjutkan SMP di sana. Memang
orangtuanya tinggal di Malang, sedangkan di sini Ari tinggal bersama
neneknya."
Ibu terdiam sejenak, lalu berkata lagi. "Oh,
Lasmi, berpisah dengan teman-teman sekolah itu biasa. Kan, tidak selamanya
kalian dalam satu sekolah, lama kelamaan kau akan melupakan Ari juga."
"Ah,
tida bisa, Bu. Ibu tahu selama ini Ari sudah seperti saudara sendiri,"
kata Lasmi terbata-bata.
Konflik pada kutipan cerita tersebut adalah
...
A. Lasmi sangat kesal karena ibu mengizinkan Ari
pindah ke Malang.
B. Lasmi ingin ikut pindah ke Malang jika Ari
melanjutkan SMP di sana.
C. Lasmi tidak dapat menerima atas kepindahan Ari ke
Malang.
D. Lasmi menyadari bahwa kepindahan teman sekolah itu
biasa.
“Wow, makanan ini enak, sayang aku hanya bisa menikmatinya sedikit,”
pikir si Monyet dalam hati. Monyet itu kemudian berencana untuk mencuri seluruh
makanan ayam. Dia pun merencanakan sebuah ide.
“Hei, lihat ke langit, elang akan datang, dia ingin membawa
anak-anakmu,” teriak si Monyet . Si Ayam kaget. Dia segera melindungi
anak-anaknya. Sementara si Ayam betina melindungi anak-anaknya, si Monyet
mencuri makanannya. Setelah itu pun si Monyetberlari.
Si Ayam menyadari bahwa si Monyet hanya menipunya. Dia mendatangi
temannya yang lain, yaitu seekor kepiting. Si Ayam menceritakan semua
masalahnya pada si Kepiting.
“Jangan khawatir, temanku, aku punya ide untuk memberinya pelajaran,”
kata si Kepiting. Keesokan harinya, ayam betina itu bertemu dengan monyet itu
lagi. Dia berkata, “Ayo kita pergi ke pulau. Ada begitu banyak makanan di pulau
itu.”
“Tapi
aku tak bisa berenang,” kata si monyet. “Aku punya perahu yang dapat kita naiki,”jawab siayam.
Akhirnya mereka pergi, namun si monyet tidak sadar ada si kepiting yang
ikut dengan mereka. Si kepiting membolongi perahu yang mereka tumpangi dan
perahupun bocor. Si kepiting berenang dan si ayam terbang untuk menyelamatkan
diri. Tinggallah si monyet seorang diri.
“Tolonglah aku. Aku tak bisa berenang,” teriak si monyet.
“aku akan menolongmu asal kau berjanji tidak akan berbuat jahat lagi.”
“Baiklah aku berjanji,” jawab si monyet.
Si Ayam dan si
kepiting pun menyelamatkan Si monyet.
26. Penyebab
terjadinya konflik pada kutipan teks fable tersebut adalah ...
A.
Ide si monyet yang telah menipu siayam.
B.
Keserakahan si monyet yang
ingin menguasai semua makanan siayam.
C.
Si ayam mengajak monyet menyeberangi
lautan.
D.
Si ayam meminta si monyet untukberjanji
27.
Akibat konflik yang ditimbulkan
dalamkutipan fabel tersebut adalah ...
A.
Si monyet diajak kepulau.
B.
Si monyet menipu siayam.
C.
Si monyet diberipelajaran.
D.
Si monyetketakutan.
Bacalah
dua kutipan teksberikut!
Kutipan
1.
“Mbak kenapa sih Ibu selalu memarahi kita?” tanya Mita
“Ga marah Dik Ibu sayang kita kok!” kata Ita dengan
lembut kepada adiknya yang masih berumur 6 tahun dan terpaut usia dengannya 2
tahun.
Hartati dan Sutomo telah memiliki dua
orang anak. Tak disangka ternyata Hartati memiliki watak pemarah. Dia sering
memarahi anaknya sendiri dengan nada keras
dan berkata kasar, karena emosilabil disebabkan pernikahan muda
Kutipan 2
Tinggal Ibu kini di ruang keluarga itu,
masih terkulai seperti sepuluh tahun yang lalu. Rambut, wajah, dan busananya
bagai menunjuk keberadaan waktu.
Telepon berdering. Ibu tersentak bangun dan langsung
menyambar telepon. Diangkatnya ke telinga. Ternyata yang berbunyi telepon
genggam. Ketika disambarnya, deringnya sudah berhenti.
28.
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan fabel tersebut adalah....
Kutipan 1 Kutipan
2
A.
dimulai
dengan aksi dimulai
dengan penggambaran tokoh
B.
dimulai dengan
masalah dimulai
dengan lokasi
C.
dimulai dengan
lokasi dimulai
dengan aksi
D.
dimulai dengan
ketegangan dimulai
dengan aksi
Kutipan 1
“Kamu yang membawaku masuk ke dalam
ruang asing ini. Kamu yang mengenalkanku dengan rasa itu. Rasa yang indah namun
menyakitkan, rasa yang menyenangkan,
namun itulah kesedihannya. Rasa yang menerbangkanku ke awan lalu menghempaskan
tubuhku ke jurang terdalam.” Kututup buku diary
yang ada di pangkuanku. Menatap langit biru yang cerah.
Kututup buku diary yang ada di pangkuanku. Menatap
langit biru yang cerah dari balkon kamarku. Mengamati setiap gumpalan awan yang
bergerak perlahan. Mengingatkanku pada peristiwa beberapa tahun silam.
Kutipan 2
“Bagaimana Wil”
kata Arif “Apanya?”
“Tentang perasaan Loe ke Anggi?” “Guaudahyakin,kalauguagaakan
nyatain perasaan gua ke dia” “Kenapa?
Kok Loe langsungpisimisgini sih?, Loe cowok bukan”
“Berisik Loe.” “Loe tau, akan sangat sakit bila di hidup kita itu ada kata
penyesalan, waktu ga akan bisa
diputar, dan lebih baik kita sakit hari karena ditolak daripada menyimpan rasa
sendiri, ingat kita tuh bukan cewek! Kita cowok!
29.
Perbedaan penggunaaan bahasa pada kedua
kutipan tersebut adalah ....
Kutipan 1 Kutipan
2
A.
menggunakan kata
sehari-hari menggunakan kata resmi/baku
B.
dipengaruhi
kata-kata daerah dipengaruhi kata-kata asing
C.
menggunakan
kata-kata baku menggunakan
kata sehari-hari
D.
memvariasikan
dengan kalimat langsung tidak
ada kalimat langsung
Bacalah kutipan teks cerpen berikut kemudian kerjakan soal no. 30 dan 31!
(1)Ita menangis
menahan amarah dalam hatinya dia berkata, “Ibu kamu
malaikatku kamu sosok panutanku tapi kenapa dirimu memarahiku setiap hari
seperti ini? (2)Jika aku salah kamu seharusnya memberikan aku
nasehat dan menyuruhku dengan baik bukan dengan cara memarahi dan mngeluarkan
cacianmu. (3)Ibu aku sangat menyayangimu!”.(4)Walaupun
sang Ibu memarahinya setiap hari Ita tidak pernah merasa dendam kepada ibunya. (5)Ita
hanya bisa menangis menahan amarah saja karena
diataubetapapunIbumarahkepadanyaitu
semua karena salahnya. (6)Ratapan hati Ita di kamarnya selesai melaksanakan salat.
30.
Kalimat yang membuktikan latar tempat
peristiwa terjadi dalam kutipan teks tersebut adalah....
A. (3)
B. (4)
C. (5)
D. (6)
31.
Kalimat yang membuktikan bahwa tokoh
bersifat pemaaf, tidak ada keinginan untuk membalas, ditandai dengan....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)
Cermatilah kalimatberikut!
Desa Sukamaju adalah desa transmigran pelopor yang diharapkan mampu menarik para transmigran lain [...] melakukan hal yang sama.
32.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
A.
dapat
B.
untuk
C.
agar
D.
bisa
Bacalah teksberikut!
Dahsyatnya Hypnoparenting
(1)Buku ini merupakan hasil belajar sang penulis di Fakultas Magister Manajemen IPMI Jakarta dengan spesialisasi program Manajemen Sumber Daya Manusia pada tahun 1996. (2)Buku ini ditulis dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami pembaca. (3)Desain gambar animasi yang terdapat dalam buku ini justru menjadi kekurangan karena buku ini berorientasi dalam kehidupan keluarga yang ditujukan untuk dibaca orang tua. (4) Selain itu, ada banyak istilah-istilah dalam bahasa asing yang umumnya sukar dipahami oleh para orang tua.
33. Bagian yang merupakan keunggulan karya terdapat pada kalimat....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Sebuah truk bermuatan batubara
terperosok di proyek perbaikan jalan yang berada di Jalan Raya
Rancaekek-Majalaya, Kabupaten Bandung. Akibatnya arus lalu lintas terganggu. Pantauan detikcom, Selasa (27/11/2018)
truk bermuatan batubara itu terguling di badan jalan tersebut tepatnya sebelum
Perumahan Grand Ricon Rancaekek. Sejumlah
anggota polisi( … ) Satlantas Polres Bandung dan Polsek Rancaekek melakukan pengaturan lalu lintas di jalan tersebut.
34. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat yang
rumpang tersebut adalah....
A.
di
B.
ke
C.
dari
D.
pada
Bacalah teks prosedur acak berikut!
Cara Membuat Pisang Goreng
1)
Panaskan minyak
goreng di dalam wajan!
2)
Tunggu hingga
teksturnya terlihat lebih keras kemudian balik menggunakan spatula!
3)
Angkat dan pisang
goreng siap untuk disajikan!
4)
Masukkan pisang
ke dalamwajan
5)
Potong pisang
menjadi dua atau tiga bagian dan masukkan ke dalam adonan tepung!
6)
Masukkan tepung,
air, gula dan garam secukupnya ke dalam wadah atau mangkuk kemudian aduk hingga merata!
7)
Goreng pisang
hingga warnanya berubah menjadi
coklat keemasan!
35. Urutan teks prosedur yang tepat adalah …
A. 4-5-7-6-3-2-1
B. 5-6-4-3-2-1-7
C. 7-4-2-3-1-5-6
D. 6-5-1-4-2-7-3
Bacalah teks laporan observasi acak berikut!
1) Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah
buah kelapa, batang, pelepah dan akar.
2)
Tumbuhan ini
diperkirakan berasal dari pesisir
Samudera Hindia di sisi Asia dan
menyebar di seluruh pantai tropika dunia.
3)
Kelapa adalah
sebutan dari nama buah yang yang
dihasilkan tumbuhanini.
4)
Pohon kelapa (Cocos nucifera) merupakan tumbuhan palem yang
berbatangtinggi.
5)
Buahnya tertutup
sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang
mengandung santan dan air.
6)
Kelapa menjadi
tumbuhan serba guna karena
dimanfaatkan semuabagiannya
oleh manusia.
36. Urutan kalimat teks laporan yang tepat
berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. 5-2-3-4-6-1
B. 3-4-2-1-5-6
C.
4-1-3-5-2-6
D. 2-3-1-4-5-6
Bacalah kutipan teks rumpang berikut!
Tidak dapat dipungkiri bahwa
saat ini tidak sedikit anak yang
memiliki ponsel dengan kecanggihan setara dengan komputer. Siapa yang saat ini
tidak mengenal game online COC, Kaya,
dan lainnya? Pastinya semua pengguna smartphone tahu jenis game ini. Bermain game on line mendidik generasi muda
menjadi lebih pintar dalam sains.
[…] Ada bahaya lain membidik
generasimuda.
37. Kalimat yang tepat untuk
melengkapi paragraf yang rumpang tersebut adalah …
A. Namun, bermain game secara
tidak bijaksana akan memiliki banyak
efek buruk pada fisik dan psikis tanpa kitadisadari.
B.
Dampak positif ketika seseorang bermain game online adalah anak akan mengerti tentang komputer atau
ponselpintar.
C.
Jika, dilihat dari sudut pandang lain, permainan atau game ini pada dasarnya
bagus atau memiliki nilai positif bagi pemain.
D.
Dengan bermain game online dengan bijak pasti
akan mengurangi risiko negatif dalam tubuh atau kesehatankita
Berita bencana likuefaksi di Palu disampaikan sesuai
dengan realita yang ada.
38.
Variasi kata yang bercetak miring
Pada kalimat persebut adalah….
A.
bukti
B. kenyataan
C.
pernyataan
D.
kejadian
Para siswa akan mengadakan bakti sosial
untuk membantu korban bencana alam di sekolah.
39. Variasi kalimat tersebut yang tepat adalah
…
A.
Untuk membantu korban bencana alam di
sekolah para siswa telah mengadakan bakti sosial.
B.
Bakti sosial akan diadakan
para siswa di sekolah untuk membantu korban bencana alam.
C.
Di sekolah para siswa sudah mengadakan
bakti sosial untuk membantu korban bencanaalam.
D.
Para siswa di sekolah untuk membantu
korban bencana alam. mengadakan bakti sosial.
Cermatilah kalimat berikut!
Fenomena alam
likuefaksi terjadi disebabkan karena permukaan tanah bergerak dan ambles sehingga semua bangunan hancur, kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi
dan Humas Badan Nasional Penanggulangan
Bencana (BNPB)
40. Kesalahan penggunaan kata pada kalimat di
atas adalah....
A.
likuefaksi
B.
karena
C.
disebabkan
D.
ambles
Cermatilah kalimat-kalimatberikut!
1)
Kepada para siswa yang mengikuti KIR,
setelah bel berbunyi segera menuju ruang serbaguna.
2)
Kerena hujan turun deras, kami terpaksa berteduh di gardu hansip dekat
lapangan bola.
3)
Dalam pidatonya dia menjelaskan bahwa
tanggal 5 Januari 2019 bukan merupakan hari
cutibersama
4)
Sesuai dengan surat edaran, penilaian akhir semseter ganjil dilaksankan mulai
tanggal 3 Desember2018.
41. Kalimat
tidak efektif ditandai dengan nomor ....
A.
1) C.
3)
B.
2) D.
4)
Jika ponsel
atau tablet tidak muncul ketika memilih “kirim ke ponsel Anda”, Anda mungkin
perlu [ ...] perangkat ke akun Google.
42. Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi
bagian yang rumpang dalam kalimat tersebut adalah ….
A.
Merangkaikan
B.
Mengirimkan
C. Menghubungkan
D.
Menyatukan
Jembatan Sungai Ciandum merupakan akses menyambungkan
Kabupaten Tasikmalaya dengan
Kabupaten Garut
43. Kata yang tidak tepat penggunaannya dalam
kalimat tersebut adalah ….
A.
jembatan
B.
merupakan
C.
menyambungkan
D.
akses
Bacalah kutipan teks rumpang berikut!
Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini tidak sedikit anak yang memiliki
ponsel dengan kecanggihan setara dengan komputer. Siapa yang saat ini tidak
mengenal game online COC, Kaya, dan lainnya? Pastinya semua pengguna smartphone tahu jenis game ini. Bermain game on line mendidik generasi muda
menjadi lebih pintar dalam sains.
[…] Ada bahaya lain membidik
generasimuda.
44. Kalimat yang tepat untuk
melengkapi paragraf yang rumpang tersebut adalah …
A. Namun, bermain game secara
tidak bijaksana akan memiliki banyak
efek buruk pada fisik dan psikis tanpa kitadisadari.
B.
Dampak positif ketika seseorang bermain game online adalah anak akan mengerti tentang komputer atau
ponselpintar.
C.
Jika, dilihat dari sudut pandang lain, permainan atau game ini pada dasarnya
bagus atau memiliki nilai positif bagi pemain.
D.
Dengan bermain game online dengan bijak pasti
akan mengurangi risiko negatif dalam tubuh atau kesehatankita
Kepala Desa Salamjaya, Wahyu Faturahman di
lokasi menjelaskan, sebenarnya longsor terjadi saat wilayah itu […] hujan sejak Selasa sore.
45. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
yang rumpang tersebut adalah ....
A.
diterjang
B.
diguyur
C.
disirami
D.
dikenai
Peserta yang
berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain,
diharuskan wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
46. Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi
efektif adalah …
A. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan
sakit atau keperluan lain, wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
B.
Peserta yang mengikuti penyajian materi
karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor terlebih
dahulu kepadapanitia.
C.
Peserta yang berhalangan mengikuti
penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib
lapor kepadapanitia.
D.
Peserta yang berhalangan mengikuti
penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib
melapor dahulu denganpanitia.
Para
pengungsi tsunami di Palu di mana saat ini sangat membutuhkan bantuan makanan dan pakaian layak pakai.
47. Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada
kalimat tersebut adalah …
A.
Penggunaan kata di mana tidak
tepat karena tidak menanyakan tempat.
B.
Kata korban karena kalimat tersebut menjadi tidak efektif.
C.
Kata layak tidak perlu karenaberlebihan.
D.
Kata para tidak perlu karena maknanya
sama denganpengungsi.
48. Bu Ina menyeduhkan teh hangat yang sangat manis sekali
ke dalam cangkir kami.
Alasan tidak
efektif kalimat tersebut adalah….
A.
kata manis
seharusnya mendapat imbuhan ke-an
B.
kata sekali seharusnyadihilangkan
C.
kata hangat
seharusnya mendaat imbuhan pe-
D.
kata dalam seharusnyadihilangkan
Penghijauan
dapat dilakukan dengan membuat […] kota karena dengan penghijauan dapat
menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan untuk pernapasan makhluk hidup.
49. Kata ulang yang tepat
untuk melengkapi bagian yang rumpang pada teks
tersebut adalah ….
A.
paru-paru
B.
taman-taman
C.
keindahan-keindahan
D.
pemandangan-pemandangan
"Awalnya
saya hampir melepaskan kodok itu ke sungai, namun saya berpikir
jangan-jangan kodok ini ikut kami dari Bali." kata Penno.
50. Kesalahan
penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A.
tanda titik (.) setelah kata
Bali seharusnya tanda koma(,)
B.
tanda titik (.) setelah kata Bali
seharusnya tanda titik dua(:)
C.
tanda titik (.) setelah kata Bali
seharusnya tanda titik koma(;)
D.
tanda kutip awal (")
seharusnyadihilangkan
0 Response to "SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2020 PAKET 1"
Post a Comment