SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2020 PAKET 1 - POJOK IPA -->

Pages

SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2020 PAKET 1


SOAL LATUN BAHASA INDONESIA PAKET 1

1.      Bacalah teks berikut.
Keharuman dupa dengan aneka aroma membantu menenangkan jiwa. Pada saat meditasi, aroma dupa membantu pemusatan pikiran. Wangi dupa juga lazim merebak di beberapa rumah ibadah dalam bentuk batang, yang dibakar sebelum berdoa.(Kompas, 12 Agustus 2018)
Makna kata meditasi pada teks tersebut adalah ….
A. berdoa di rumah-rumah ibadah            C. rileksasi untuk mengendurkan urat saraf
B. pemusatan pikiran saat berdoa             D. konsentrasi dalam memecahkan masalah


2.      Bacalah petunjuk berikut!
Beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum menyeberang jalan.
1) Pilihlah jalan yang tidak terlalu ramai.
2) Jika bersama anak-anak atau orang tua, pegang tangannya.
3) Gunakan zebra cross jika ada.
4) Jangan menyeberang di tikungan jalan.
Kalimat tercetak miring tersebut memiliki makna...
A.    penyeberang berjalan melewati zebra cross jika ada.
B.     Penyeberang memakai zebra cross yang ada di jalan.
C.     Penyeberang mematuhi peraturan dengan memakai zebra cross.
D.    Penyeberang harus mencari zebra cross sebelum menyeberang jalan.


3.      Ada cara memasak mie instan agar kandungan vitamin tetap terjaga. Pertama masukkan mie ke dalam air mendidih. Kedua, angkat mie sebelum lembek. Selanjutnya, buat air rebusan baru dan taruhlah di dalam mangkok. Terakhir, masukkan bumbu dan mie ke dalam mangkok. Mie instan siap dihidangkan.
Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah ...
A. Mie harus segera diangkat dari air rebusan setelah lembek.
B. Mie semakin lernbek scmakin baik kandungan vitaminnya.
C. Langkah kedua masukkan mie ke dalam rebusan air mcndidih.
D. Mie jangan terlalu lembek agar kandungan vitaminnya terjaga.


4.       Bacalah teks berikut!
(1) Berbagai pihak dilibatkan untuk menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (2) Masing-masing pihak memiliki peran yang berbeda-beda. (3) Meskipun terasa berat, semua bahu-membahu demi terwujudnya warga sekolah yang literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat baca warga sekolah sangat rendah.
Kalimat yang menyatakan hubungan pertentangan pada teks tersebut ditandai dengan nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


5.      Perhatikan dengan seksama teks biografi berikut!
Habiburrahman El Shirazy merupakan sosok fenomenal dalam dunia sastra negeri ini. Beberapa karyanya, antara lain Ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, berhasil mendapat sambutan luar biasa dari pembaca novel tanah air. Bahkan karya-karyanya telah dibuat dalam bentuk film dan sinetron.

Menurut Kang Abik, demikian panggilan akrab para penggemar kepadanya, ia dapat membuat beberapa novel dalam satu waktu. Ibarat makan, katanya, bosan jika harus makan satu menu terus dalam beberapa hari. Strategi selang-seling dalam menulis novel Islaminya ia jalani untuk menghindari kejenuhan.

Pria kelahiran Semarang, 30 September 1976 ini, mengaku tidak kesulitan membuat novel dalam waktu bersamaan karena ia menulis sesuatu yang diketahui dan dekat dengan kehidupan.

Sejak sekolah, ia telah banyak membaca dan menulis. Bahkan ia sering mendapat penghargaan atas tulisan ilmiah kala itu. Saat kuliah S2 harus terus berlanjut, beasiswa yang diberikan sudah dihentikan. Ia memutar otak bagaimana cara mendapatkan uang. Pertama, ia menerjemahkan tulisan ilmiah dan non-ilmiah dari bahasa Arab ke Inggris. Pekerjaan dilakukan rutin dan tekun serta disiplin waktu.


Keistimewaan tokoh dalam biografi tersebut adalah ...
A. Karya-karyanya sudah banyak dibuat dalam bentuk film.
B. Beliau sudah gemar membaca dan menulis sejak muda.
C. Beliau dapat menulis beberapa novel dalam satu waktu
D. Dapat menerjemahkan buku dari bahasa Arab dan Inggris.

6.      Bacalah kutipan biografi berikut!

(1)R.M. Padmosantjojo merupakan seorang dokter yang dikenal sebagai pribadi yang sederhana dan tidak mau menonjolkan diri.(2) Anak seorang pegawai tinggi jawatan kereta api zaman Belanda ini lulus Fakultas Kedokteran UI tahun 1963. (3)Ia pernah sebagai dokter pribadi Presiden Soekarno dalam ahli bedah saraf. (4)Padmo dikenal sangat telaten dan sabar dalam menjalankan tugasnya. (5)Kesabaran ini membuahkan prestasi besar ketika ia berhasil memisahkan kembar siam Yuliana dan Yuliani pada 21 Oktober 1987.

Sikap tokoh R.M. Padmosantjojo yang patut diteladani pada kutipan bacan tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (1) dan (5)



7.      Bacalah paragraf berikut!
Minuman beralkohol tidak baik bagi tubuh. Minuman tersebut dapat meningkatkan risiko terserangnya penyakit kanker dan stroke. Minuman beralkohol juga menyebabkan kerusakan pada jantung dan sel-sel otak. Lebih dari itu, zat- zat yang terkandung dalam minuman itu menyebabkan toksin bagi tubuh.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah terletak pada kalimat ….
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat


8.      Bacalah paragraf berikut!
Trusmi merupakan desa yang dijuluki sentra batik cirebonan. Hampir semua orang mengenal batik, bahkan masyarakat Cina sangat menyukai motif-motif batik dari desa yang satu ini. Batik banyak sekali ditemukan di desa yang berjarak kurang lebih lima kilometer ke arah barat Kota Cirebon ini. Dari produk rumahan sampai produk pabrikan terkenal. Motifnya pun sangat beragam, ada mahkota, mega mendung, dan motif-motif pesisiran lainnya.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A. berbagai motif batik cirebonan
B. produk batik rumahan dan pabrikan
C. Trusmi sebagai sentra batik cirebonan
D. kegemaran orang Cina akan motif batik

9.      Bacalah dengan seksama kutipan teks berikut!
Berlaku curang pada saat mengukuti ulangan jika tidak diketahui guru memang menguntungkan. Bayangkan saja, tanpa harus bersusah-susah belajar, siswa yang berlaku curang mendapat nilai bagus untuk mata pelajaran yang diteskan. Namun, mereka tidak sadar bahwa kelakuan mereka ini menimbulkan ketidakadilan antarsiswa dalam penilaian. Siswa yang dengan bersusah payah belajar mempersiapkan ulangan, nilainya lebih rendah daripada siswa yang berlaku curang dengan menjiplak jawaban temannya atau dari buku pelajaran dan catatan. Lebih parah lagi, si pelaku merasa bangga dengan nilai yang didapatkannya. Mereka tidak peduli akan teman lain yang berlaku jujur, nilainya lebih rendah daripada mereka. Bahkan, mereka menyalahkan teman-temannya karena tidak berani berlaku curang. Padahal siswa yang tidak berlaku curang telah berlaku jujur ketika mengikuti ulangan.
Simpulan yang tepat untuk bacaan tersebut …
A.    Si pelaku kecurangan merasa bangga dengan nilai yang didapatkan.
B.     Tanpa harus belajar, siswa yang berlaku curang akan mendapatkan nilai yang baik.
C.     Berlaku curang ketika mengerjakan ulangan menimbulkan ketidakadilan antarsiswa dalam penilaian.
D.    Kita merasa prihatin terhadap tindakan siswa yang suka berlaku curang.




10.  Bacalah teks berikut!
(1) Pemilihan OSIS dengan cara paket akan segera diselenggarakan. (2) Sistem itu baik karena setiap pasangan dapat saling mengisi kekurangan saat berkampanye. (3) Namun, kegiatan ini berlumlah lazim. (4) Oleh karena itu, perlu diyakinkan peserta didik yang menjadi calon pengurus OSIS.

Kalimat yang menyatakan mendukung persoalan terdapat pada nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)



11.  Bacalah teks berikut!
(1) Banyak sekolah melarang siswanya membawa telepon seluler ke sekolah. (2) Sebagian besar menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran. (3) Hal itu memang benar, ketika telepon berdering di kelas, maka kegiatan pembelajaran akan terganggu. (4) Meskipun begitu ada beberapa sekolah yang tidak sepakat dengan pernyataan tersebut.

Kalimat yang menyatakan alasan yang mendukung pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)



12.  Bacalah teks berikut!
Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pendidikan karakter tak hanya diterapkan di sekolah saja, tapi di rumah dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi pelajar karena kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudahkah kalian menyadarinya?

Pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang harus memiliki karakter kuat dan tangguh untuk menghadapi segala tantangan yang akan datang. Banyak kasus korupsi, penurunan moral, dan penurunan kualitas sumber daya manusia merupakan alasan utama pendidikan karakter penting diterapkan di sekolah. Tentukan kualitas sumber daya manusia pada tahun 2021 juga menjadi faktor penting pendidikan karakter bagi pelajar.

Ringkasan yang tepat dari teks tersebut adalah ....
A. Pendidikan karakter harus diterapkan baik di sekolah maupun di lingkungan sosial.
B. Pendidikan karakter penting bagi pelajar mengingat pelajar adalah generasi penerus bangsa.
C. Pendidikan karakter remaja penting diberikan baik di sekolah, maupun di lingkungan sosial.
D. Pelajar harus memiliki karakter yang kuat karena adanya penurunan kualitas sumber daya manusia saat ini.


13.  Bacalah kedua teks berikut! 
Bacaan I
Banyak lho aktivitas keseharian kita yang tanpa kita sadari adalah aktivitas yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagai contoh aktivitas pola tidur yang baik, pola makan yang baik, dan pola keseharian yang baik. Nah, aktivitas itu jika benar-benar dilakukan sangat menjamin tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Cara menjaga kesehatan seperti ini tidak perlu mengeluarkan uang banyak dibanding dengan cara modern dan instan. Cara alami kayak gini juga bisa menjadi cara menjaga kesehatan tubuh mulai dari paru-paru, jantung, dan mata. Selanjutnya cara-cara tersebut bisa dilakukan dengan olahraga rutin, makan teratur, banyak minum air putih, mengonsumsi obat herbal, dan menjalani pola hidup sehat.
Bacaan II
Mengonsumsi pola makan seimbang me­rupakan anjuran mendasar yang hakiki bagi semua orang. Di mana asupan zat gizi yang terkonsumsi menentukan aspek kesehatan nutrisi setiap individu. Zat gizi tersebut, di antaranya karbohidrat, tepung-tepungan, gula, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat.
Pola makan sehat dan seimbang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut, di antaranya menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, pola makan sehat dan seimbang dapat meningkatkan konsentrasi serta kinerja otak. Pola makan tidak sehat akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, salah satunya menyebabkan ketidakmaksimalan kinerja tubuh dalam melaksanakan aktivitas.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua bacaan tersebut adalah menggunakan…

Bacaan 1
Bacaan II
A.
bahasa ilmiah
bahasa sehari-hari
B.
bahasa baku
bahasa tidak baku
C.
bahasa resmi
bahasa santai
D.
bahasa sehari-hari
bahasa ilmiah

14.  Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks Berita 2
menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...
A. teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
B. teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.
C. teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
D. teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.


15.  Bacalah kutipan cerita berikut!
Ayah mengamati aku dari atas ke bawah. Ia berdiri dan menjangkau tangan kananku. Katanya:
"Untuk apa bunga ini, heh."
Aku tidaktahu karena apa, telah mencintai bunga ditangan ku ini.
Ayah meraih. Merenggutnya dari tanganku. Kulihat bungkah otot tangan ayah menggenggam bunga kecil-kecil itu. Aku menahan untuk tidak berteriak.
"Laki-laki tidak perlu bunga, Buyung. Kalau perempuan, bolehlah. Tetapi engkau lqki-laki."
Ayah melemparkan bunga itu. Aku menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku membungkuk, mengambil bunga itu, membawanya ke kamar.
Dikutip dari: Kuntowijoyo, "Dilarang Mencintai Bunga-Bunga", Jakarta, Pustaka Firdaus, 1996.
Makna simbol kata bunga dalam kutipan tersebut adalah.....
A.    Bunga melambangkan keindahan sehingga tidak boleh dipetik.
B.     Bunga melambangkan kesucian hanya boleh dipandang.
C.    Bunga melambangkan kelembutan sehingga identik dengan perempuan.
D.    Bunga melambangkan kemurnian yang harus dilindungi.


16.  Cermatilah kutipan fabel berikut!
Saat pertengahan keledai dengan santainya berlari. Sedangkan kuda tengah berusaha berlari cepat. Keledai berusaha membuat rencana agar kuda kalah. Keledai berkali-kali membuat jebakan, tetapi jebakan itu menimpanya sendiri. Saat menuju garis finis keledai membuat rencana lagi. Yaitu keledai memberikan air minum untuk kuda yang berisikan obat tidur. Kuda pun menolaknya dan keledai disuruh meminumnya sendiri. Namun keledai tidak mau meminumnya. "Kenapa kamu tidak mau meminum air ini saja?" kata kuda.
"Aku tidak haus," jawab keledai.
Kuda memaksa keledai untuk meminum air itu. Saat keledai meminum air itu keledai pun jatuh tertidur. "Hmmm...benar apa yang telah kuduga. Dia mau menipuku," batin Kuda.

1. Simpulan makna simbol dalam fabel di atas adalah ....
A. Jangan mudah percaya terhadap orang lain
B. Jangan menganggap siapa pun lemah
C. Berhati-hatilah terhadap orang yang baru dikenal
D. Berbuat baik atau buruk kepada orang lain akan mengenai kepada diri sendiri.


17.  Bacalah kutipan cerita berikut!
Pembuatan candi kurang satu, tetapi apa hendak dikata, roh halus berhenti mengerjakan tugasnya dan tanpa bantuan mereka tidak mungkin Bandung Bondowoso menyelesaikannya. Keesokan harinya waktu Bandung Bondowoso mengetahui bahwa usahanya gagal, bukan main marahnya. Dia mengutuk para gadis di sekitar Prambanan, tidak aka nada orang yang mau memperistri mereka sampai mereka menjadi perawan tua, sedangkan Roro Jongrang sendiri dikutuk menjadi arca. 
Tokoh utama kutipan cerita tersebut adalah….
A. Roro Jongrang
B. Bandung Bondowoso
C. Para Gadis
D. Perawan Tua


18.  Perhatikan dengan seksama kutipan teks berikut!
Sudah empat hari ini ia duduk di beranda rumah sore hari. Pandangannya tak lepas dari tangga gunung di pinggir desa. Tak ada lagi yang ia tunggu kecuali suaminya yang pergi ke seberang untuk mengais rezeki. Kalaupun ia bisa berlari, sepertinya ia ingin mengejar kepergian orang yang sangat dicintainya.
Unsur yang menonjol dalam kutipan cerpen di atas adalah …
A.    Tema
B.     Latar
C.     Karakter tokoh
D.    Sudut pandang



19.  Bacalah kutipan cerita berikut!
Biarpun begitu muncul juga dari gua sanubariku, mengalir secepat kilat ke dalam otak menciptakan pikiran-pikiran yang memalukan.
Sambil berbaring memeluk guling. Tiba-tiba khayal membentang di depan muka mata batinku. Aneh tak tahan lagi aku. Aku menjadi sebal dan mual. Gadis yang jelita dan tidak berdosa itu harus menjadi korban, dibaktikan kepada seorang tua bangka, suka makan riba. Kupejamkan mataku, menyusukkan kepalaku ke bawah bantal. Aku tidak mau menghujatnya.

Konflik yang terjadi pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. tokoh aku yang tidak setuju dengan tua bangka.
B. tokoh aku yang tidak setuju gadis jelita jadi korban.
C. tokoh aku yang gelisah dan tidak bisa diatur.
D. tokoh aku yang tidak bisa menyimpan masa lalu.


20.  Bacalah kutipan cerpen berikut!
Lampu-lampu mulai dinyalakan. Mereka larut dalam tawa dan obrolan yang tak jelas arahnya. Aku memandangnya dari balik meja yang penuh makanan dan minuman. Aku mencoba ingin ditatap mereka dengan menumpahkan segelas minuman, tapi tak ada yang mengalihkan perhatian padaku, semua sibuk dengan kegembiraan ini. Keputusan untuk ke luar dan mengamati keceriaan anak-anak berkejaran di halaman ternyata keputusan yang tepat.

Latar waktu dan tempat
 
pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. malam hari, di halaman rumah
B. malam hari di ruang pesta
C. sore hari di dalam rumah
D. sore hari di ruang makan



21.  Bacalah kutipan cerpen berikut!
"Ayo Adi, bangun-bangun," kata ibu. "Adi masih ngantuk Bu," jawab Adi malas, 'Sekrang sudah pukul 07.00 Adi!" Kata ibu setengah marah. Sontak aku terkejut. Mataku yang masih ngantuk sekarang menyala 100 watt. Langsung aku melompat dari tempat tidurku dan lari terbirit-birit ke kamar mandi. Byurrrr...bunyi air yang kutimba. Tanpa pamit ke ibu aku langsung mengayuh sepedaku ke sekolah. Namun apa daya, setibanya di sekolah bel tanda masuk sudah berbunyi. Ah!, sialnya nasibku.

Cara penulis menggambarkan watak tokoh Adi dalam kutipan cerita tersebut adalah ...
A. uraian pengarang dan suasana
B. percakapan dan tingkah laku
C. tingkah laku dan jalan pikiran
D. jalan pikiran dan percakapan


22.  Perhatikan contoh berikut!
1. Bacalah teks berikut!
Maka sempurnalah penderitaan saya di muka bumi ini. Jasad ibuku masih belum kututup. Membujur di depan kamarku dengan kelu. Ia baru saja pergi, setelah berbulan melawan sakit dan derita.
Kutatap terus wajahnya yang pucat tapi pasrah itu. Matanya tidak terlalu rapat mengatup. Seakan-akan masih ada sisa kenangan di sana. Seakan-akan masih ada sesuatu yang dilihatnya. Tapi tidak. Kupikir cukuplah ia hidup dengan penderitaan-penderitaan yang menyekap di hampir seluruh umurnya.
Maksud kalimat "Maka sempurnalah penderitaan saya di muka bumi ini" pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. penderitaan telah mencapai puncak klimaksnya kemudian mendapat pertolongan dari Tuhan (percaya adanya Tuhan)
B.
penderitaan di dunia telah berakhir.
C. penderitaanya akan berubah menjadi kebahagiaan.

D. penderitaan di dunia akan dibalas nanti di akhirat.

23.  Bacalah teks berikut!
Anggi baru pulang sekolah siang itu. la bergegas ke kamar, berganti baju lalu makan siang. Setelah makan, ia harus segera mencuci kedelai untuk dibuat tempe. Barulah kemudian dia bisa beristirahat. Pukul 15.00 W1B dia melaksanakan kegiatan yang lain yaitu belajar kelompok bersama Sabrina, Nayla, dan Winda. Sekalipun lelah, ia melakukannya dengan bersemangat.  Ia tidak pernah melalaikan tugas, baik tugas sekolah maupun tugas membantu orang tua.

Nilai moral positif pada cerita tersebut adalah ....
A. bertanggung jawab
B. berdemokrasi
C. kepedulian
D. tenggang rasa


24.  Bacalah kutipan cerita berikut!
         "Maafkan saya, Rinda. Saya memang khilaf waktu itu," kataku pelan. Akhirnya muncul juga kata-kata itu setelah beberapa waktu tak jua ada keberanian untuk mengatakannya. Ya, aku memang harus minta maaf. Aku sadar, sikap dan kata-kataku tempo hari terhadapnya tentu saja telah membuatnya marah dan sakit hati. Dan kali ini aku sudah bersiap untuk menerima perlakuan dan makian paling kasar sekalipun dari mulut Rinda.
          Rinda diam sejenak, lalau memandangku tajam. Tetapi tak berapa lama, kulihat ekspresi Rinda seperti tengah menahan tawa.
Amanat kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Hadapilah segala permasalahan dengan senyuman.
B. Memberi maaf tidak harus diucapkan dengan kata-kata.
C. Jangan takut meminta maaf jika melakukan kesalahan.
D. Saling bermaaf-maafan dalam persahabatan



25.  Bacalah kutipan anak berikut!
         "Orangtua Ari ingin Ari pindah ke Kota Malang untuk melanjutkan SMP di sana. Memang orangtuanya tinggal di Malang, sedangkan di sini Ari tinggal bersama neneknya."
Ibu terdiam sejenak, lalu berkata lagi. "Oh, Lasmi, berpisah dengan teman-teman sekolah itu biasa. Kan, tidak selamanya kalian dalam satu sekolah, lama kelamaan kau akan melupakan Ari juga."
         "Ah, tida bisa, Bu. Ibu tahu selama ini Ari sudah seperti saudara sendiri," kata Lasmi terbata-bata.

Konflik pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Lasmi sangat kesal karena ibu mengizinkan Ari pindah ke Malang.
B. Lasmi ingin ikut pindah ke Malang jika Ari melanjutkan SMP di sana.
C. Lasmi tidak dapat menerima atas kepindahan Ari ke Malang.
D. Lasmi menyadari bahwa kepindahan teman sekolah itu biasa.

“Wow, makanan ini enak, sayang aku hanya bisa menikmatinya sedikit,” pikir si Monyet dalam hati. Monyet itu kemudian berencana untuk mencuri seluruh makanan ayam. Dia pun merencanakan sebuah ide.
“Hei, lihat ke langit, elang akan datang, dia ingin membawa anak-anakmu,” teriak si Monyet . Si Ayam kaget. Dia segera melindungi anak-anaknya. Sementara si Ayam betina melindungi anak-anaknya, si Monyet mencuri makanannya. Setelah itu pun si Monyetberlari.

Si Ayam menyadari bahwa si Monyet hanya menipunya. Dia mendatangi temannya yang lain, yaitu seekor kepiting. Si Ayam menceritakan semua masalahnya pada si Kepiting.
“Jangan khawatir, temanku, aku punya ide untuk memberinya pelajaran,” kata si Kepiting. Keesokan harinya, ayam betina itu bertemu dengan monyet itu lagi. Dia berkata, “Ayo kita pergi ke pulau. Ada begitu banyak makanan di pulau itu.”
“Tapi aku tak bisa berenang,” kata si monyet. “Aku           punya  perahu yang    dapat   kita naiki,”jawab siayam.
Akhirnya mereka pergi, namun si monyet tidak sadar ada si kepiting yang ikut dengan mereka. Si kepiting membolongi perahu yang mereka tumpangi dan perahupun bocor. Si kepiting berenang dan si ayam terbang untuk menyelamatkan diri. Tinggallah si monyet seorang diri.
“Tolonglah aku. Aku tak bisa berenang,” teriak si monyet.
“aku akan menolongmu asal kau berjanji tidak akan berbuat jahat lagi.”
“Baiklah aku berjanji,” jawab si monyet.
Si Ayam dan si kepiting pun menyelamatkan Si monyet.
26.    Penyebab terjadinya konflik pada kutipan teks fable tersebut adalah ...
A.         Ide si monyet yang telah menipu siayam.
B.          Keserakahan si monyet yang ingin menguasai semua makanan siayam.
C.          Si ayam mengajak monyet menyeberangi lautan.
D.         Si ayam meminta si monyet untukberjanji

27.          Akibat konflik yang ditimbulkan dalamkutipan fabel tersebut adalah ...
A.        Si monyet diajak kepulau.
B.       Si monyet menipu siayam.
C.       Si monyet diberipelajaran.
D.       Si monyetketakutan.

          Bacalah dua kutipan teksberikut!
          Kutipan 1.
“Mbak kenapa sih Ibu selalu memarahi kita?” tanya Mita
“Ga marah Dik Ibu sayang kita kok!” kata Ita dengan lembut kepada adiknya yang masih berumur 6 tahun dan terpaut usia dengannya 2 tahun.
Hartati dan Sutomo telah memiliki dua orang anak. Tak disangka ternyata Hartati memiliki watak pemarah. Dia sering memarahi anaknya sendiri dengan nada keras dan berkata kasar, karena emosilabil disebabkan pernikahan muda

Kutipan 2
Tinggal Ibu kini di ruang keluarga itu, masih terkulai seperti sepuluh tahun yang lalu. Rambut, wajah, dan busananya bagai menunjuk keberadaan waktu.
Telepon berdering. Ibu tersentak bangun dan langsung menyambar telepon. Diangkatnya ke telinga. Ternyata yang berbunyi telepon genggam. Ketika disambarnya, deringnya sudah berhenti.
28.        Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan fabel tersebut adalah....
Kutipan 1                                                         Kutipan 2
A.          dimulai dengan aksi                                  dimulai dengan penggambaran tokoh
B.           dimulai dengan masalah                            dimulai dengan lokasi
C.           dimulai dengan lokasi                               dimulai dengan aksi
D.          dimulai dengan ketegangan                      dimulai dengan aksi

Kutipan 1
“Kamu yang membawaku masuk ke dalam ruang asing ini. Kamu yang mengenalkanku dengan rasa itu. Rasa yang indah namun menyakitkan, rasa yang menyenangkan, namun itulah kesedihannya. Rasa yang menerbangkanku ke awan lalu menghempaskan tubuhku ke jurang terdalam.” Kututup buku diary yang ada di pangkuanku. Menatap langit biru yang cerah.
Kututup buku diary yang ada di pangkuanku. Menatap langit biru yang cerah dari balkon kamarku. Mengamati setiap gumpalan awan yang bergerak perlahan. Mengingatkanku pada peristiwa beberapa tahun silam.
Kutipan 2
“Bagaimana  Wil”  kata   Arif  “Apanya?”
“Tentang  perasaan    Loe    ke    Anggi?” Guaudahyakin,kalauguagaakan nyatain perasaan gua ke dia” “Kenapa? Kok Loe langsungpisimisgini sih?,    Loe      cowok bukan”
“Berisik Loe.” “Loe tau, akan sangat sakit bila di hidup kita itu ada kata penyesalan, waktu ga akan bisa diputar, dan lebih baik kita sakit hari karena ditolak daripada menyimpan rasa sendiri, ingat kita tuh bukan cewek! Kita cowok!

29.        Perbedaan penggunaaan bahasa pada kedua kutipan tersebut adalah ....
Kutipan 1                                                                                  Kutipan 2
A.          menggunakan kata sehari-hari                               menggunakan  kata resmi/baku
B.           dipengaruhi kata-kata daerah                                dipengaruhi     kata-kata asing
C.           menggunakan kata-kata baku                               menggunakan kata sehari-hari
D.          memvariasikan dengan kalimat langsung              tidak ada kalimat langsung

Bacalah kutipan teks cerpen berikut kemudian kerjakan soal no. 30 dan 31!

(1)Ita   menangis   menahan   amarah  dalam hatinya dia berkata, “Ibu kamu malaikatku kamu sosok panutanku tapi kenapa dirimu memarahiku setiap hari seperti ini? (2)Jika aku salah kamu seharusnya memberikan aku nasehat dan menyuruhku dengan baik bukan dengan cara memarahi dan mngeluarkan cacianmu. (3)Ibu aku sangat menyayangimu!”.(4)Walaupun sang Ibu memarahinya setiap hari Ita tidak pernah merasa dendam kepada ibunya. (5)Ita hanya bisa menangis menahan amarah saja karena diataubetapapunIbumarahkepadanyaitu

semua karena salahnya. (6)Ratapan hati Ita di kamarnya selesai melaksanakan salat.

30.          Kalimat yang membuktikan latar tempat peristiwa terjadi dalam kutipan teks tersebut adalah....
A.          (3)
B.         (4)
C.         (5)
D.         (6)

31.          Kalimat yang membuktikan bahwa tokoh bersifat pemaaf, tidak ada keinginan untuk membalas, ditandai dengan....
A.   (1) dan (2)
B.   (2) dan (3)
C.   (4) dan (5)
D.   (5) dan (6)

         Cermatilah kalimatberikut!

         Desa Sukamaju adalah desa transmigran pelopor yang diharapkan mampu menarik para transmigran lain [...] melakukan hal yang sama.

32.        Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
A.            dapat
B.             untuk
C.             agar
D.            bisa

 


         Bacalah teksberikut!

Dahsyatnya Hypnoparenting

(1)Buku ini merupakan hasil belajar sang penulis di Fakultas Magister Manajemen IPMI Jakarta dengan spesialisasi program Manajemen Sumber Daya Manusia pada tahun 1996. (2)Buku ini ditulis dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami pembaca. (3)Desain gambar animasi yang terdapat dalam buku ini justru menjadi kekurangan karena buku ini berorientasi dalam kehidupan keluarga yang ditujukan untuk dibaca orang tua. (4) Selain itu, ada banyak istilah-istilah dalam bahasa asing yang umumnya sukar dipahami oleh para orang tua.

33.    Bagian    yang    merupakan    keunggulan    karya terdapat pada kalimat....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Sebuah truk bermuatan batubara terperosok di proyek perbaikan jalan yang berada di Jalan Raya Rancaekek-Majalaya, Kabupaten Bandung. Akibatnya arus lalu lintas terganggu. Pantauan detikcom, Selasa (27/11/2018) truk bermuatan batubara itu terguling di badan jalan tersebut tepatnya sebelum Perumahan Grand Ricon Rancaekek. Sejumlah anggota polisi( … ) Satlantas Polres Bandung dan Polsek Rancaekek melakukan pengaturan lalu lintas di jalan tersebut.
34.    Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut adalah....
A.    di
B.     ke
C.     dari
D.    pada

          Bacalah teks prosedur acak berikut!

Cara Membuat Pisang Goreng
1)                Panaskan minyak goreng di dalam wajan!
2)                Tunggu hingga teksturnya terlihat lebih keras kemudian balik menggunakan spatula!
3)                Angkat dan pisang goreng siap untuk disajikan!
4)                Masukkan pisang ke dalamwajan
5)                Potong pisang menjadi dua atau tiga bagian dan masukkan ke dalam adonan tepung!
6)                Masukkan tepung, air, gula dan garam secukupnya ke dalam wadah atau mangkuk kemudian aduk hingga merata!
7)                Goreng pisang hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan!

35.    Urutan teks prosedur yang tepat adalah …
A.     4-5-7-6-3-2-1
B.     5-6-4-3-2-1-7
C.     7-4-2-3-1-5-6
D.     6-5-1-4-2-7-3

         Bacalah teks laporan observasi acak berikut!

1)      Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah dan akar.
2)            Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia dan  
        menyebar di seluruh pantai tropika dunia.
3)            Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang yang dihasilkan tumbuhanini.
4)            Pohon kelapa (Cocos nucifera) merupakan tumbuhan palem yang berbatangtinggi.
5)            Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang
        mengandung santan dan air.
6)            Kelapa menjadi tumbuhan serba guna karena dimanfaatkan semuabagiannya
                   oleh manusia.
36.    Urutan kalimat teks laporan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. 5-2-3-4-6-1
B. 3-4-2-1-5-6
C. 4-1-3-5-2-6
D. 2-3-1-4-5-6

Bacalah kutipan teks rumpang berikut!

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini tidak sedikit anak yang memiliki ponsel dengan kecanggihan setara dengan komputer. Siapa yang saat ini tidak mengenal game online COC, Kaya, dan lainnya? Pastinya semua pengguna smartphone tahu jenis game ini. Bermain game on line mendidik generasi muda menjadi lebih pintar  dalam  sains.  […]  Ada bahaya lain membidik generasimuda.
37.    Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf yang rumpang tersebut adalah …
A.      Namun, bermain game secara tidak bijaksana akan memiliki banyak efek buruk pada fisik dan psikis tanpa kitadisadari.
B.      Dampak positif ketika seseorang bermain game online adalah anak akan mengerti tentang komputer atau ponselpintar.
C.      Jika, dilihat dari sudut pandang lain, permainan atau game ini pada dasarnya bagus atau memiliki nilai positif bagi pemain.
D.      Dengan bermain game online dengan bijak pasti akan mengurangi risiko negatif dalam tubuh atau kesehatankita

Berita bencana likuefaksi di Palu disampaikan sesuai dengan realita yang ada.
38.    Variasi kata yang bercetak miring Pada kalimat persebut adalah….
A.       bukti
B.       kenyataan
C.       pernyataan
D.       kejadian

         Para siswa akan mengadakan bakti sosial untuk  membantu korban bencana alam di sekolah.
39.    Variasi kalimat tersebut yang tepat adalah …
A.         Untuk membantu korban bencana alam di sekolah para siswa telah mengadakan bakti sosial.
B.          Bakti sosial akan diadakan para siswa di sekolah untuk membantu korban bencana alam.
C.          Di sekolah para siswa sudah mengadakan bakti sosial untuk membantu korban bencanaalam.
D.         Para siswa di sekolah untuk membantu korban bencana alam. mengadakan bakti sosial.

Cermatilah kalimat berikut!

Fenomena    alam    likuefaksi       terjadi disebabkan karena permukaan tanah bergerak dan ambles sehingga semua bangunan hancur, kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan

Bencana (BNPB)

40.     Kesalahan penggunaan kata pada kalimat di atas adalah....
A.          likuefaksi
B.           karena
C.           disebabkan
D.          ambles

         Cermatilah kalimat-kalimatberikut!

1)                Kepada para siswa yang mengikuti KIR, setelah bel berbunyi segera menuju ruang serbaguna.
2)                Kerena hujan turun deras, kami terpaksa berteduh di gardu hansip dekat lapangan bola.
3)                Dalam pidatonya dia menjelaskan bahwa tanggal 5 Januari 2019 bukan merupakan hari cutibersama
4)                Sesuai dengan surat edaran, penilaian akhir semseter ganjil dilaksankan mulai tanggal 3 Desember2018.
41.     Kalimat tidak efektif ditandai dengan nomor ....
A.      1)                                                                 C. 3)
B.       2)                                                                 D. 4)

Jika ponsel atau tablet tidak muncul ketika memilih “kirim ke ponsel Anda”, Anda mungkin perlu [ ...] perangkat ke akun Google.
42.    Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam kalimat tersebut adalah ….
A.      Merangkaikan
B.      Mengirimkan
C.      Menghubungkan
D.      Menyatukan

Jembatan Sungai Ciandum merupakan akses menyambungkan Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Garut
43.     Kata yang tidak tepat penggunaannya dalam kalimat tersebut adalah ….
A.   jembatan
B.     merupakan
C.     menyambungkan
D.    akses

Bacalah kutipan teks rumpang berikut!

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini tidak sedikit anak yang memiliki ponsel dengan kecanggihan setara dengan komputer. Siapa yang saat ini tidak mengenal game online COC, Kaya, dan lainnya? Pastinya semua pengguna smartphone tahu jenis game ini. Bermain game on line mendidik generasi muda menjadi lebih pintar  dalam  sains.  […]  Ada bahaya lain membidik generasimuda.
44.    Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf yang rumpang tersebut adalah …
A.      Namun, bermain game secara tidak bijaksana akan memiliki banyak efek buruk pada fisik dan psikis tanpa kitadisadari.
B.      Dampak positif ketika seseorang bermain game online adalah anak akan mengerti tentang komputer atau ponselpintar.
C.      Jika, dilihat dari sudut pandang lain, permainan atau game ini pada dasarnya bagus atau memiliki nilai positif bagi pemain.
D.      Dengan bermain game online dengan bijak pasti akan mengurangi risiko negatif dalam tubuh atau kesehatankita


Kepala Desa Salamjaya, Wahyu Faturahman di lokasi menjelaskan, sebenarnya longsor terjadi saat wilayah itu […] hujan sejak Selasa sore.
45.    Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut adalah ....
A.      diterjang
B.      diguyur
C.      disirami
D.      dikenai

Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
46.    Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi efektif adalah …
A.      Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
B.      Peserta yang mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor terlebih dahulu kepadapanitia.
C.      Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib lapor kepadapanitia.
D.      Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor dahulu denganpanitia.

Para pengungsi tsunami di Palu di mana  saat ini sangat membutuhkan bantuan makanan dan pakaian layak pakai.
47.      Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah …
A.    Penggunaan kata di mana tidak tepat karena tidak menanyakan tempat.
B.     Kata korban karena kalimat tersebut menjadi tidak efektif.
C.     Kata layak tidak perlu karenaberlebihan.
D.    Kata para tidak perlu karena maknanya sama denganpengungsi.

48.    Bu Ina menyeduhkan teh hangat yang sangat manis sekali ke dalam cangkir kami.
Alasan tidak efektif       kalimat tersebut adalah….
A.      kata manis seharusnya mendapat imbuhan ke-an
B.      kata sekali seharusnyadihilangkan
C.      kata hangat seharusnya mendaat imbuhan pe-
D.      kata dalam seharusnyadihilangkan

Penghijauan dapat dilakukan dengan membuat […] kota karena dengan penghijauan dapat menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan untuk pernapasan makhluk hidup.
49.    Kata ulang yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada teks
tersebut adalah ….
A.   paru-paru
B.    taman-taman
C.    keindahan-keindahan
D.   pemandangan-pemandangan

          "Awalnya  saya hampir melepaskan kodok itu ke sungai, namun saya berpikir jangan-jangan kodok ini ikut kami dari Bali." kata Penno.
50.    Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A.        tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda koma(,)
B.        tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda titik dua(:)
C.        tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda titik koma(;)
D.        tanda kutip awal (") seharusnyadihilangkan






 

0 Response to "SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2020 PAKET 1"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel