CONTOH RPP SESUAI EDARAN MENDIKBUD NOMOR 14 TAHUN 2019
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
: SMA AGFI
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran
: 2019 / 2020
Alokasi Waktu : 12 JP (3 Kali Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Kompetensi Dasar
|
Tujuan Pembelajaran
|
|
KD 3.6
|
Menerapkan konsep torsi, momen inersia,
titik berat, dan
momentum sudut
pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Melalui model pembelajaran Discovery Learning dan
kecakapan
abad 21, peserta didik dapat menerapkan
konsep
torsi, momen
inersia, titik berat dan momentum
sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam
kehidupan sehari-hari, selanjutnya merencanakan
dan melanksanakan percobaan titik berat dan keseimbangan serta melaporkan hasil percobaan
tersebut dengan jujur, teliti dan tanggungjawab.
|
KD 4.6
|
Merencanakan dan melaksanakan percobaan titik berat dan
keseimbangan.
|
B. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
|
Inti
|
Penutup
|
Peserta
didik
bersama guru
melakukan do’a bersama
|
Peserta didik
mendiskusikan
konsep
torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum
sudut pada benda tegar (statis dan dinamis)
|
Peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran yang sudah didapatkan dengan bimbingan
guru
|
Peserta
didik dibimbing
guru
memaparkan pembelajaran
pertemuan sebelumnya
|
Peserta didik melakukan
percobaan sederhana untuk membuktikan konsep torsi, momen
inersia, titik
berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis
dan dinamis) yang sudah di
diskusikan
|
Peserta didik
memberikan
apresiasi,
melakukan penilaian,
dan evaluasi,
dengan bimbingan guru.
|
Peserta
didik
menyampaikan
materi yang akan dipelajari
|
Peserta didik
memaparkan
penemuan hasil pembuktian
konsep
torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum
sudut pada benda tegar
(statis dan dinamis)
yang ditemukan dari hasil diskusi
dan peserta didik lain memberikan tanggapan
|
Guru
menyampaikan
materi
pembelajaran
yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya dan bersama peserta didik berdo’a sebagai penutup belajar.
|
C. Penilaian Pembelajaran
Adapun penilaian pembelajaran yang dilakukan meliputi penilaian: Penilaian sikap, penilaian
pengetahuan berupa tes tertulis dan lisan, penilaian kinerja dan penilaian portofolio.
Mengetahui
:
|
Bekasi, 12 Desember 2019
|
|
Kepala SMA AGFI,
|
,
|
Guru Fisika,
|
.................................................
............................................ NIP.
.........................................
NIP.
....................................
DOWNLOAD CONTOH RPP
0 Response to "CONTOH RPP SESUAI EDARAN MENDIKBUD NOMOR 14 TAHUN 2019"
Post a Comment