NASKAH SOAL TES AWAL PKP
Petunjuk:
• Isilah data keteranganpesertapadabagianataslembarjawaban.menurut
•Berilahtandasilang ( X ) padalembarjawaban yang telahdisediakan.
• Soaltidakbolehdibawa, dicoratcoret, dandifotoolehpeserta.
• Kerjakan yang andaterlebihdahulu.
• Kerjakansecaramandiridantidakberkerjasama.
1. Program peningkatan kualitas lulusan siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada ketrampilan berfikir tingkat tinggi merupakan tujuan program....
A. Guru Garis Depan (GGD)
B. Pendidikan Profesi Guru (PPG)
C. Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP)
D. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
2. Zona PKP bertujuan sebagai berikut, kecuali....
A. Mewujudkan pemerataan pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan
B. Meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta pemerataan mutu pendidikan
C. Memanfaatkan sistem yang sudah ada dalam peningkatan mutu pendidikan.
D. Memudahkan dalam melakukan pemerataan kompetensi, kinerja, serta aktivitas guru.
3. Pada KD “Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat indonesia” materi dan tingkat kognitif pada kompetensi dasar tersebut adalah....
A. Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan – tingkat kognitif K3
B. Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat indonesia – Tingkat kognitif C4
C. Pembangunan sosial, buadaya dan ekonomi masyarakat Indoensia – tingkat kognitif C3
D. Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonensia – tingkat Kognitif C3
4. Perhatikan pernyataan dibawah ini:
1) Ketrampilan berfikiran tingkat tinggi erat kaitannya dengan ketrampilan berfikir sesuai dengan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang menjadi satu kesatuan proses pembelajaran
2) Ketrampilan menentukan dan mengeksplorasi permasalahan.
3) Ketrampilan merencanakan solusi, melaksanaakn dan mengevaluasi solusi masalah\
4) Enam elemen dasar FRISCO, yaitu Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, Permasalahan
5) Dimensi pengetahuan terdiri atas dimensi pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan metakognitif.Pernyatan diatas yang merupakan ciri-ciri ketrampilan tingkat tinggi problem solving adalah....
A. 1 dan2
B. 2 dan 3
C. 3 dan4
D. 4 dan5
5. Perhatikan contoh kegiatan berikut.
(1). Gerakan Indonesiamembaca
(2). Menyediakan pojok baca di sekolah.
(3). Sosialisasi literasi yang melibatkan tokoh masyarakat.
(4). Keterlibatan orangtua siswa membacakan cerita di depan kelas
(5). Penyelenggara kampung literasi.
Kegiatan tersebut yang merupakan contoh kegiatan literasi masyarakat adalah.....
a. 1, 2 dan 3 c. 2, 3, dan 5
b. 2, 3 dan 4 d. 3, 4, dan 5
6. Pada kompetensi dasar “ mengklasifikasikan mahluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.” Manakah
A
|
1. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik
yang diamati.
|
B
|
1. Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang diamati
2. Mengklasifikasikan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
|
C
|
1. Menjelaskan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
2. Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang diamati.
3. Mengklasifikasikan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
|
D
|
1. Menjelaskan makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang diamati.
2. Menjelaskan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
3. Mengklasifikasikan mahluk hidup berdasarkan karakteristik yang diamati
4. Mengklasifikasikan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
|
7. Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar “ Menganalisis hubungan anatara komponen ekosistim dan jaringan makanan di lingkungan sekitar, adalah...
A. Menyebutkan pengertian ekosistem
B. Menjelaskan jaring-jaring makanan
C. Menelaah hubungan antar komponen ekosistem.
D. Menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem.
8. Pada KD membandingkan siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup serta dengan upaya pelestariannya.” Pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah...
A. Menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis mahluk hidup
B. Menjelaskan siklus mahluk hidup beberapa jenis mahluk hidup.
C. Membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya
D. Menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian.
9. Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah ketrampilan berfikir tingkat tinggi adalah...
A. Melihat video tentang cuaca
B. Catatan hasil pengamatan cuaca
C. Membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
D. Membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi.
10. Indikator kunci dari kompetensi dasar “menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah....
A. Mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa dilingkungan sekitar
B. Menjelaskan tentang gerak pada peristiwa dilingkungan sekitar
C. Menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa dilingkungan sekitar
D. Menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
11. Peserta didik diminta untuk menyebutkan nama tumbuhan yang ada disekolah. Aktivitas pembelajaran tersebut masuk ke dalam dimensi pengetahuan....
A. Faktual
B. Koseptual
C. Prosedural
D. Metakognitif
12. Indikator mengidentifikasi benda-benda yang ada dikelas, apa bila dimasukan pada matriks kemampuan berfikir dan dimensi pengetahuan dan dimensi pengetahuan berada pada posisi ...
13. Salah satu sintaks problem based learning adalah mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Contoh aktivitas aktivitas pembelajarannya adalah....
A. Siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/ bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah
B. Kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan.
C. Siswa melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber bahan untuk diskusi)
D. Kelompok diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah.
14. Aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan dengan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks discovery learning yang....
A. Perrnyataan/identifikasi masalah (problem Statment)
B. Pengumpulan data (Data Collection)
C. Pengolahan data (Data Processing)
D. Pembuktian (Verification)
15. Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputipembagian tugas, persiapan alat, bahan, media sumber yang dibutuhkan peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru…
A. Model Inquiry
B. ProblemBase Learning
C. Problem Solving
D. PJBL
16. Perhatikan cuplikan berita dibawah ini !
ditengah giatnya pemerintah membangun infrastruktur di mana-mana, ratusan pelajar di kecamatan Tampobulu, Maros, Sulawesi Selatan, harus berjuang mati-matian dalam menuntut ilmu. Bahkan ada yang rela mempertaruhkan nyawa dengan berenang disungai karena tak ada akses jembatan Di Bonto Matinggi puluhan siswa terpaksa berenang disungai tiap kesekolah. Belakangan wilayah ini pun ramai dikunjungi relawan pendidikan. Mereka tidak hanya dapat mengajar bahkan mereka menggalang donasi untuk membantu perlengkapan sekolah dan membangun mengajar yang layak. Setiap akhir pekan, mereka datang tanpa pamrih, meski harus berjalan kaki hingga puluhan kilometer. Ironisnya, pemerintah tak pernah hadir memberikan perhatian.
|
Adakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks diatas?
A. Mengapa siswa di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah?
B. Jika anda seorang kepala desa, apa yang akan anda lakukan?
C. Apa yang dilakukan para relawan?
D. Apakah pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini ?
17. Perhatikan contoh soal HOTS dibawah ini!
Pemerintah Indonesia pernah menerapkan program transmigrasi, terutama dari pulau jawa untuk mengatasi masalah kependudukan. Kini transmigrasi dianggap sudah tak relevan lagi. Karena kita menganggap penduduk itu beban yang kita pikirkan adalah transmigrasi dari keluar. Hari ini bukan lagi solusi yang efektif.” Kata JK di istana Wapres. Jalan kebon sirih jakarta pusat. (24/8/2018)
|
Manakah Indikator soal yang tepat untuk soal diatas....?
Disajikan Teks, siswa yang dapat menjelaskan pengertian kependudukan.
A. Disajikan kasus tentang kependudukan siswa dapat menjelaskan terjadinya ledakan kependudukan disuatu negara
B. Disajikan teks tentang kependudukan, siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya ledakan penduduk.
C. Disajikan permasalahan kontekstual tentang kependudukan, siswa dapat menyelesaikan permasalahn tersebut menggunakan konsep kependudukan.
18.
Manakah soal yang memenuhi kriteria HOTS untuk stimulasi berikut?
A. Hewan apa yang berperan sebagai konsumen tingkat I?
B. Sawi dan bunga sepatu berperan sebagai apa?
C. Apakah peran burung elang dalam suatu rantai makanan?
D. Jika jumlah ulat menurun drastis, apa yang terjadi pada burung elang?
19. Soal yang tepat untuk indikator “disajikan grafik tentang keragaman, siswa dapat menentukan banyaknya siswa yang memiliki keragaman tertentu” adalah ...
A
|
TABEL KEGEMARAN SISWA
|
Jika jumlah siswa 1200 orang, tentukan jumlah siswa yang memiliki kegemaran bulu tangkis, volley, sepak bola, basket dan silat !
| ||||||||||||||||||
B
|
TABEL KEGEMARAN SISWA
|
Jika jumlah siswa di sekolah tersebut adalah 1500 orang, tentukan perbandingan jumlah siswa yang mempunyai kegemaran bulu tangkis, volley, sepak bola, basket dan silat!
| ||||||||||||||||||
C
|
|
Berdasarkan data tersebut, tentukan jumlah siswa yang memiliki kegemaran sepak bola jika jumlah siswa 1200 orang.
| ||||||||||||||||||
D
|
|
Berdasarkan data tersebut tentukan perbandingan jumlah siswa yang mempunyai kegemaran bulu tangkis, volley, sepakbola, basket dan silat, jika jumlah siswa disekolah tersebut adalah 1500 orang!
|
20. Perhatikansoaldibawahini
5
|
10
|
25
|
30
|
30
|
10
|
5
|
Berdasarkan diagram batangtersebutpersentasebanyaknyasiswa yang mendapatkannilailebihbesaratausamadengannilai rata- rata.
Contohsoaltersebutpada level kognitif…
a. Pengetahuan
b. Aplikasi
c. Penalaran
d. Analisis
21.Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media sumber yang dibutuhkan. Aktivitas pembelajaran diatas merupakan model Project based Learning pada sintaks...
A. Pertanyaan Mendasar
B. Memonitoring keaktifan dan pengembangan
C. Mendesain perencanaan
D. Menyusun jadwal pembuatan.
22. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik yang diawali dengan pemberian rangsangan. Mengajak peserta didik dalam mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan mengolah data sehingga mampu memberikan pembuktian dan menarik simpulan. Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran diatas adalah......
A. Discovey Learning
B. Problem Based Learning
C. Project Based Learning
D. Inquiry Learning
23. Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan. Ibu kartini menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan menugaskan siswanya membuat karya dari sampah organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilian apakah yang sebaiknya dilakukan…
A. Tes Lisan
B. Penilaian Praktik
C. Penilaian Produk
D. Portofolio
24. Berikut ini yang bukan merupakan tagihan untuk guru sasaran adalah....
A. Format Penilaian Kompetensi
B. Jurnal Belajar
C. Jurnal Praktik Mengajar
D. Best Practice
25. Polapembelajaranpada program peningkatankompetensipembelajaranberbasiszonasiuntukguru sasaranadalah ……
a. In 1 ,On1 ,In2,On2,In3,On3,In4,On4
b. In1 , In2, On1, In3, On2, In4, On3, In5
c. In1 , In2, On1, On2 , In3, On3, In4, On4
d. In1 , On2, On1, In3, On2, In4, On3, In5
0 Response to "NASKAH SOAL TES AWAL PKP"
Post a Comment