Contoh soal PKP Guru Sasaran - POJOK IPA -->

Pages

Contoh soal PKP Guru Sasaran


Petunjuk:
·      Kerjakan yang menurut anda mudah terlebih dahulu
·      Kerjakan secara mandiri dan tidak bekerja sama

1.        Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan ... dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.
A.  kompetensi pedagogi guru
B.  kompetensi profesional guru
C.  kompetensi pedagogi dan profesional guru
D.  kompetensi (kualitas lulusan) siswa melalui pembinaan guru

2.        Alasan kebijakan Program PKP berbasis zonasi adalah ....
A.  pemerataan anggaran daerah untuk peningkatan kompetensi guru
B.  memanfaatkan sistem yang sudah ada dalam peningkatan mutu pendidikan
C.  untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan
D.  memudahkan koordinasi untuk pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan

3.        Pada KD “Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal”, materi dan tingkat kognitif pada kompetensi dasar tersebut adalah ....
A.  hubungan antar sudut dengan tingkat kognitif C3
B.  hubungan antar sudut dengan tingkat kognitif C4
C.  hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C3
D.  hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C4

4.        Perhatikan pernyataan di bawah ini:
(1)      Keterampilan berpikir tingkat tinggi erat kaitannya dengan keterampilan berpikir sesuai dengan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang menjadi satu kesatuan proses pembelajaran
(2)      Pengetahuan dan keterampilan dikerahkan dalam memecahkan permasalahan, mengambil keputusan, menganalisis asumsi dan melakukan investigasi berdasarkan data dan informasi sehingga menghasilkan simpulan yang diinginkan.
(3)      Enam elemen dasar FRISCO, yaitu Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, and Overview.
(4)      Dimensi pengetahuan terdiri atas dimensi pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural dan pongetahuan metakognitif.
(5)      Evaluasi terhadap solusi, asumsi yang terkait, memperkirakan hasil dan mengkomunikasikan solusi yang telah dibuat
Pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri keterampilan berpikir tingkat tinggi critical and creative thinking adalah ....
A.  1 dan 2                          B. 2 dan 3                     C. 3 dan 4                       D. 4 dan 5

5.        Kegiatan di bawah ini yang merupakan rangkaian kegiatan dari penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah adalah ....
A.  memberikan tugas kepada siswa dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai
B.  mengembangkan muatan lokal sesuai dengan kebutuhan daerah
C.  melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin dan membuat peraturan sekolah
D.  mengundang tokoh masyarakat seperti seniman, walikota, pemuka agama dalam kegiatan rutin sekolah

6.        Berikut yang bukan contoh penguasaan literasi digital pada kehidupan masyarakat adalah ....
A.       mengukur kecepatan angin menggunakan anemometer
B.       memesan tiket kereta api menggunakan aplikasi
C.       membayar tol menggunakan kartu e-toll
D.       membeli pulsa seluler ke minimarket

7.        Salah satu target kompetensi dasar “Menguraikan kosakata dan konsep tentang tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan”, adalah ....
A.  menganalisis kosakata tentang keragaman benda dalam bahasa Indonesia melalui visual
B.  menjelaskan kosakata tentang keragaman benda dalam bahasa Indonesia melalui teks lisan
C.  mengidentifikasi kosakata tentang keragaman benda dalam bahasa Indonesia melalui teks tulis
D.  menyimpulkan kosakata tentang keragaman benda dalam bahasa Indonesia melalui eksplorasi lingkungan

8.        Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar “Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar” adalah ....
A.  menyebutkan pengertian ekosistem
B.  menyebutkan komponen-komponen ekosistem
C.  menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem
D.  membandingkan interaksi yang berlangsung dalam ekosistem

9.        Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi ....
A.  melihat video tentang cuaca
B.  membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
C.  mencatat hasil pengamatan cuaca
D.  membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim

10.    Indikator kunci dari kompetensi dasar “Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ....
A.  mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
B.  menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
C.  menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
D.  menganalisis tentang gaya dan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

11.    Peserta didik diminta untuk menyebutkan tumbuhan yang ada di sekolah. Aktivitas pembelajaran tersebut merupakan pengetahuan ....
A.  faktual                           B. konseptual                C. prosedural                   D. metakognitif

12.    Indikator mengidentifikasi benda-benda yang ada di kelas, apabila dimasukkan pada matriks kemampuan berpikir dan dimensi pengetahuan berada pada posisi ....

 

 

 

 


13.    Salah satu sintaks Problem-based Learning adalah mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Aktivitasnya adalah ....
A.  siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah
B.  kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan
C.  siswa melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber untuk bahan
D.  kelompok melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah

14.    Salah satu aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks Discovery Learning yang ....
A.  pernyataan/identifikasi masalah (Problem Statement)
B.  pengumpulan data (Data Collection)
C.  pengolahan data (Data Processing)
D.  pembuktian (Verification)

15.    Aktivitas pembelajaran pada model Project based Learning pada sintaks mendesain perencanaan produk adalah ....
A.  peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan
B.  peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan
C.  membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan untuk dipaparkan kepada orang lain
D.  peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru

16.    Perhatikan cuplikan berita berikut!


Di tengah giatnya pemerintah membangun infrastrktur di mana-mana, ratusan pelajar di Kecamatan Tompobulu, Maros, Sulawesi Selatan, harus berjuang mati-matian menuntut ilmu. Bahkan ada yang rela mempertaruhkan nyawa dengan berenang di sungai karena tak ada akses jembatan. Belakangan, wilayah ini pun ramai dikunjungi komunitas relawan peduli pendidikan. Mereka tidak hanya datang mengajar, bahkan mereka menggalang donasi untuk membantu perlengkapan sekolah dan membangun ruang belajar yang layak. Setiap akhir pekan, mereka datang tanpa pamrih, meski harus berjalan kaki hingga puluhan kilometer. Ironisnya, pemerintah tak pernah hadir memberikan perhatian.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-4001024/cerita-perjuangan-keras-anak-pedalaman-di-maros-meraih-cita-cita
Manakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks di atas?
A.  Mengapa siswa di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah?
B.  Jika Anda seorang kepala desa, apa yang Anda lakukan?
C.  Apa yang dilakukan para relawan?
D.  Apakah pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini?

17.    Perhatikan contoh soal HOTS di bawah ini!
 
Beragam permasalahan mendera Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, dari pembalakan kayu ilegal, penebangan mangrove, pabrik CPO di muara sungai sampai limbah pertambangan batubara, menambah beban berat bagi lingkungan. Keragaman hayati kawasan inipun terancam.

Berdasarkan kasus di atas, apa yang anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Jelaskan alasanmu!




















 
Manakah indikator soal yang paling tepat untuk soal di atas?
A.  Disajikan teks tentang ekosistem, siswa dapat menyebutkan komponen-komponen dalam ekosistem
B.  Disajikan teks tentang ekosistem, siswa dapat menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem
C.  Disajikan beberapa kasus dalam ekosistem, sistem dapat membandingkan interaksi yang terjadi dalam ekosistem
D.  Disajikan permasalahan kontekstual tentang ekosistem, siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep ekosistem





18.    Manakah soal yang paling tepat untuk stimulus berikut?
A.  Sebutkan 2 contoh alat transportasi air!
B.  Kapan alat transportasi tersebut digunakan?
C.  Jelaskan fungsi alat transportasi air!
D.  Jelaskan manfaat alat transportasi air!

19.    Soal yang tepat untuk indikator “Disajikan grafik tentang kegemaran, siswa dapat menentukan banyaknya siswa yang memiliki kegemaran” adalah ....
A.
Berdasarkan data tersebut, tentukan jumlah siswa yang memiliki kegemaran sepakbola jika jumlah siswa 1200 orang!
B.
Berdasarkan data tersebut, tentukan perbandingan jumlah siswa yang mempunyai kegemaran bulu tangkis, volley, sepakbola, basket dan silat, jika jumlah siswa di sekolah tersebut adalah 1500!
C.
No.
Kegemaran
Prosentase (%)
1.
Bulutangkis
20
2.
Volly
15
3.
Sepakbola
35
4.
Basket
15
5.
Silat
15
Berdasarkan data tersebut, tentukan jumlah siswa yang memiliki kegemaran sepakbola jika jumlah siswa 1200 orang!
D.
No.
Kegemaran
Prosentase (%)
1.
Bulutangkis
20
2.
Volly
15
3.
Sepakbola
35
4.
Basket
15
5.
Silat
15
Berdasarkan data tersebut, tentukan perbandingan jumlah siswa yang mempunyai kegemaran bulutangkis, volly, sepakbola, basket dan silat, jika jumlah siswa di sekolah tersebut adalah 1500!


20.    Perhatikan soal di bawah ini!


 













Contoh soal tersebut berada pada level kognitif ....
A.  pengetahuan                  B. aplikasi                     C. penalaran                    D. analisis

21.    Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan. Aktivitas pembelajaran di atas merupakan model Project Based Learning pada sintaks ....
A.  pertanyaan mendasar
B.  memonitoring keaktifan dan pengembangan proyek
C.  mendesain perencanaan produk
D.  menyusun jadwal pembuatan

22.    Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki sesuatu secara sistematis kritis dan logis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri temuannya. Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran di atas adalah ....
A.     Discovery Learning
B.     Problem Based Learning
C.     Project Based Learning
D.    Inquiry Learning

23.    Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkunga, Ibu Kartika menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan menugaskan siswanya membuat karya dari sampah organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penulisan apakah yang sebaiknya dilakukan?
A.  Tes lisan
B.  Penilaian praktik
C.  Penilaian produk
D.  Portofolio

24.    Berikut ini yang bukan merupakan tagihan untuk guru sasaran adalah ....
A.  Format Penilaian Kompetensi
B.  Jurnal Belajar
C.  Jurnal Praktik Mengajar
D.  Best Practice

25.    Pola pembelajaran pada program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran berbasis zonasi untuk guru sasaran adalah ....
A.  In-1, In-2, On-1, In-3, On-2, In-4, On-3, In-5
B.  In-1, On-1, In-2, On-2, In-3, In-4, On-3, In-5
C.  In-1, In-2, In-3, On-1, On-2, On-3, In-4, In-5
D.  In-1, In-2, On-1, On-2, In-3, On-3, On-4, In-4





0 Response to "Contoh soal PKP Guru Sasaran"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel