Contoh soal PKP Guru Sasaran
Petunjuk:
·
Kerjakan yang
menurut anda mudah terlebih dahulu
·
Kerjakan
secara mandiri dan tidak bekerja sama
1.
Program
Peningkatan Kompetensi Pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan ... dalam
merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang
berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.
A. kompetensi
pedagogi guru
B. kompetensi
profesional guru
C. kompetensi
pedagogi dan profesional guru
D. kompetensi
(kualitas lulusan) siswa melalui pembinaan guru
2.
Alasan
kebijakan Program PKP berbasis zonasi adalah ....
A. pemerataan
anggaran daerah untuk peningkatan kompetensi guru
B. memanfaatkan
sistem yang sudah ada dalam peningkatan mutu pendidikan
C. untuk
meningkatkan efisiensi, efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan
D. memudahkan
koordinasi untuk pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan
3.
Pada KD “Menganalisis hubungan antar sudut sebagai
akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal”, materi
dan tingkat kognitif pada kompetensi dasar tersebut adalah ....
A. hubungan
antar sudut dengan tingkat kognitif C3
B. hubungan
antar sudut dengan tingkat kognitif C4
C. hubungan
dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C3
D. hubungan
dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C4
4.
Perhatikan
pernyataan di bawah ini:
(1)
Keterampilan
berpikir tingkat tinggi erat kaitannya dengan keterampilan berpikir sesuai
dengan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang menjadi satu kesatuan
proses pembelajaran
(2)
Pengetahuan
dan keterampilan dikerahkan dalam memecahkan permasalahan, mengambil keputusan,
menganalisis asumsi dan melakukan investigasi berdasarkan data dan informasi
sehingga menghasilkan simpulan yang diinginkan.
(3)
Enam elemen
dasar FRISCO, yaitu Focus, Reason,
Inference, Situation, Clarity, and Overview.
(4)
Dimensi
pengetahuan terdiri atas dimensi pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual,
pengetahuan prosedural dan pongetahuan metakognitif.
(5)
Evaluasi
terhadap solusi, asumsi yang terkait, memperkirakan hasil dan mengkomunikasikan
solusi yang telah dibuat
Pernyataan di
atas yang merupakan ciri-ciri keterampilan berpikir tingkat tinggi critical and creative thinking adalah
....
A. 1
dan 2 B. 2 dan 3 C. 3 dan 4 D. 4 dan 5
5.
Kegiatan di
bawah ini yang merupakan rangkaian kegiatan dari penguatan pendidikan karakter
berbasis budaya sekolah adalah ....
A. memberikan
tugas kepada siswa dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai
B. mengembangkan
muatan lokal sesuai dengan kebutuhan daerah
C. melaksanakan
upacara bendera setiap hari Senin dan membuat peraturan sekolah
D. mengundang
tokoh masyarakat seperti seniman, walikota, pemuka agama dalam kegiatan rutin
sekolah
6.
Berikut yang
bukan contoh penguasaan literasi digital pada kehidupan masyarakat adalah ....
A. mengukur
kecepatan angin menggunakan anemometer
B. memesan
tiket kereta api menggunakan aplikasi
C. membayar
tol menggunakan kartu e-toll
D. membeli
pulsa seluler ke minimarket
7.
Salah satu
target kompetensi dasar “Menguraikan kosakata dan konsep tentang tentang
keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau
bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi
lingkungan”, adalah ....
A. menganalisis
kosakata tentang keragaman benda dalam bahasa Indonesia melalui visual
B. menjelaskan
kosakata tentang keragaman benda dalam bahasa Indonesia melalui teks lisan
C. mengidentifikasi
kosakata tentang keragaman benda dalam bahasa Indonesia melalui teks tulis
D. menyimpulkan
kosakata tentang keragaman benda dalam bahasa Indonesia melalui eksplorasi
lingkungan
8.
Rumusan
indikator kunci untuk kompetensi dasar “Menganalisis
hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan
sekitar” adalah ....
A. menyebutkan
pengertian ekosistem
B. menyebutkan
komponen-komponen ekosistem
C. menjelaskan
interaksi yang terjadi dalam ekosistem
D. membandingkan
interaksi yang berlangsung dalam ekosistem
9.
Contoh
aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi ....
A. melihat
video tentang cuaca
B. membandingkan
hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
C. mencatat
hasil pengamatan cuaca
D. membaca
berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
10. Indikator
kunci dari kompetensi dasar “Menghubungkan
gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ....
A. mengklasifikasi
tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
B. menjelaskan
tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
C. menganalisis
hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
D. menganalisis
tentang gaya dan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
11. Peserta
didik diminta untuk menyebutkan tumbuhan yang ada di sekolah. Aktivitas
pembelajaran tersebut merupakan pengetahuan ....
A. faktual B. konseptual C. prosedural D. metakognitif
12. Indikator
mengidentifikasi benda-benda yang ada di kelas, apabila dimasukkan pada matriks
kemampuan berpikir dan dimensi pengetahuan berada pada posisi ....
|
|
|
|
13. Salah
satu sintaks Problem-based Learning adalah
mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Aktivitasnya adalah ....
A. siswa
berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan-bahan/alat yang
diperlukan untuk menyelesaikan masalah
B. kelompok
mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari
bahan bacaan
C. siswa
melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber untuk bahan
D. kelompok
melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah
14. Salah
satu aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis
merupakan sintaks Discovery Learning
yang ....
A. pernyataan/identifikasi
masalah (Problem Statement)
B. pengumpulan
data (Data Collection)
C. pengolahan
data (Data Processing)
D. pembuktian
(Verification)
15. Aktivitas
pembelajaran pada model Project based Learning pada sintaks mendesain
perencanaan produk adalah ....
A. peserta
didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi
pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan
B. peserta
didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang
telah ditentukan
C. membahas
kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan untuk dipaparkan kepada
orang lain
D. peserta
didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan,
mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru
16. Perhatikan
cuplikan berita berikut!
Di tengah giatnya
pemerintah membangun infrastrktur di mana-mana, ratusan pelajar di Kecamatan
Tompobulu, Maros, Sulawesi Selatan, harus berjuang mati-matian menuntut ilmu.
Bahkan ada yang rela mempertaruhkan nyawa dengan berenang di sungai karena tak
ada akses jembatan. Belakangan, wilayah ini pun ramai dikunjungi komunitas
relawan peduli pendidikan. Mereka tidak hanya datang mengajar, bahkan mereka
menggalang donasi untuk membantu perlengkapan sekolah dan membangun ruang
belajar yang layak. Setiap akhir pekan, mereka datang tanpa pamrih, meski harus
berjalan kaki hingga puluhan kilometer. Ironisnya, pemerintah tak pernah hadir
memberikan perhatian.
Sumber:
https://news.detik.com/berita/d-4001024/cerita-perjuangan-keras-anak-pedalaman-di-maros-meraih-cita-cita
|
Manakah
pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks di atas?
A. Mengapa
siswa di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah?
B. Jika
Anda seorang kepala desa, apa yang Anda lakukan?
C. Apa
yang dilakukan para relawan?
D. Apakah
pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini?
17. Perhatikan
contoh soal HOTS di bawah ini!
Beragam
permasalahan mendera Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, dari pembalakan
kayu ilegal, penebangan mangrove, pabrik CPO di muara sungai sampai limbah
pertambangan batubara, menambah beban berat bagi lingkungan. Keragaman
hayati kawasan inipun terancam.
Berdasarkan
kasus di atas, apa yang anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?
Jelaskan alasanmu!
Manakah
indikator soal yang paling tepat untuk soal di atas?
A. Disajikan
teks tentang ekosistem, siswa dapat menyebutkan komponen-komponen dalam
ekosistem
B. Disajikan
teks tentang ekosistem, siswa dapat menjelaskan interaksi yang terjadi dalam
ekosistem
C. Disajikan
beberapa kasus dalam ekosistem, sistem dapat membandingkan interaksi yang
terjadi dalam ekosistem
D. Disajikan
permasalahan kontekstual tentang ekosistem, siswa dapat menyelesaikan
permasalahan tersebut menggunakan konsep ekosistem
18. Manakah
soal yang paling tepat untuk stimulus berikut?
A. Sebutkan
2 contoh alat transportasi air!
B. Kapan
alat transportasi tersebut digunakan?
C. Jelaskan
fungsi alat transportasi air!
D. Jelaskan
manfaat alat transportasi air!
19. Soal
yang tepat untuk indikator “Disajikan
grafik tentang kegemaran, siswa dapat menentukan banyaknya siswa yang memiliki
kegemaran” adalah ....
A.
|
Berdasarkan
data tersebut, tentukan jumlah siswa yang memiliki kegemaran sepakbola jika
jumlah siswa 1200 orang!
|
|||||||||||||||||||
B.
|
Berdasarkan
data tersebut, tentukan perbandingan jumlah siswa yang mempunyai kegemaran
bulu tangkis, volley, sepakbola, basket dan silat, jika jumlah siswa di
sekolah tersebut adalah 1500!
|
|||||||||||||||||||
C.
|
|
Berdasarkan
data tersebut, tentukan jumlah siswa yang memiliki kegemaran sepakbola jika
jumlah siswa 1200 orang!
|
||||||||||||||||||
D.
|
|
Berdasarkan
data tersebut, tentukan perbandingan jumlah siswa yang mempunyai kegemaran
bulutangkis, volly, sepakbola, basket dan silat, jika jumlah siswa di sekolah
tersebut adalah 1500!
|
20. Perhatikan
soal di bawah ini!
Contoh soal
tersebut berada pada level kognitif ....
A. pengetahuan
B. aplikasi C. penalaran D. analisis
21. Peserta
didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi
pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan.
Aktivitas pembelajaran di atas merupakan model Project Based Learning pada sintaks ....
A. pertanyaan
mendasar
B. memonitoring
keaktifan dan pengembangan proyek
C. mendesain
perencanaan produk
D. menyusun
jadwal pembuatan
22. Kegiatan
pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik
untuk mencari dan menyelidiki sesuatu secara sistematis kritis dan logis
sehingga mereka dapat merumuskan sendiri temuannya. Model yang tepat digunakan
untuk kegiatan pembelajaran di atas adalah ....
A.
Discovery
Learning
B.
Problem
Based Learning
C.
Project
Based Learning
D.
Inquiry
Learning
23. Untuk
meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkunga, Ibu Kartika
menggunakan model pembelajaran Project
Based Learning dengan menugaskan siswanya membuat karya dari sampah
organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan,
nilai jual, dan keindahan. Teknik penulisan apakah yang sebaiknya dilakukan?
A. Tes
lisan
B. Penilaian
praktik
C. Penilaian
produk
D. Portofolio
24. Berikut
ini yang bukan merupakan tagihan
untuk guru sasaran adalah ....
A. Format
Penilaian Kompetensi
B. Jurnal
Belajar
C. Jurnal
Praktik Mengajar
D.
Best
Practice
25. Pola
pembelajaran pada program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran berbasis zonasi
untuk guru sasaran adalah ....
A. In-1,
In-2, On-1, In-3, On-2, In-4, On-3, In-5
B. In-1,
On-1, In-2, On-2, In-3, In-4, On-3, In-5
C. In-1,
In-2, In-3, On-1, On-2, On-3, In-4, In-5
D. In-1,
In-2, On-1, On-2, In-3, On-3, On-4, In-4
0 Response to "Contoh soal PKP Guru Sasaran"
Post a Comment