Contoh Soal Postes PKP - POJOK IPA -->

Pages

Contoh Soal Postes PKP



SOAL-SOAL LATIHAN POST TEST

1.
Tagihan untuk guru sasaran pada kegiatan On-1 adalah ….

a.
Pengembangan RPP unit ke-1
c.
Reviu RPP (Unit 1)

b.
Format Desain pembelajaran berdasarkan Pembelajaran Unit 1 
d.
Penilaian berorientasi HOTS Unit 1
2.
Polapembelajaran pada program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran berbasis zonasi untuk guru sasaran adalah ….

a.
In-1, On-1, In-2, On-2, In-3, In-4, On-3
c.
In-1, In-2, On-1, In-3, On-2, In-4, On-3, In-5

b.
In-1, In-2, On-1, On-2, In-3, On-3, In-4, In-5
d.
In-1, On-1, On-2, In-2, On-3, In-3, In-4, In-5
3.
Menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks Discovery Learning ….

a.
Problem Statement
c.
Data Processing

b.
Data Collection
d.
Verification
4.
Dalam kegiatan meminta siswa menyebutkan nama tumbuhan yang ada di sekolah termasuk di dimensi pengetahuan ….

a.
Faktual
c.
Metakognitif

b.
Konseptual
d.
Prosedural
5.
Rumusan indikator kunci untuk KD “menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ….

a.
Mengklasifikasikan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar.

b.
Menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar.

c.
Menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar.

d.
Menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar.
6.
Indikator kunci untuk KD “ Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dengan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar” adalah ….

a.
Menyebutkan pengertian ekosistem.
c.
Menelaah hubungan antar komponen ekosistem.

b.
Menjelaskan jarring-jaring makanan.
d.
Menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem.
7.
Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah ketrampilan berfikir tingkat tinggi adalah ….

a.
Melihat video tentangcuaca.
c.
Membacaberbagaisumbertentangcuaca.

b.
Mencatat hasil pengamatan lengkap tentang cuaca.
d.
Membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi.
8.
Tujuan dari Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran bagi guru adalah ….

a.
Peningkatan kompetensi siswa melalui pembinaan guru.

b.
Peningkatan kompetensi guru melalui diklat berbasis kompetensi.

c.
Peningkatan kualitas lulusan yang diterima di sekolahfavorit .

d.
Peningkatan kualitas guru di ajang guru berprestasi.
9.
Ketrampilan berfikir sesuai ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang menjadi satu kesatuan dalam KBM adalah ….

a.
Transfer knowledge
c.
Critical thinking

b.
Problem solving
d.
Creative thinking
10.
Kemampuanpesertadidikuntukmenjelaskan proses terjadinyagerhanamataharitermasukpengetahuan ….

a.
Faktual
c.
Prosedural

b.
Konseptual
d.
Metakognitif
11.
Kemampuan peserta didik menyebutkan berbagai perangkat elektronik yang ada di lingkungan sekolah ….

a.
Faktual
c.
Prosedural

b.
Konseptual
d.
Metakognitif
12.
Proses kognitif yang termasuk dalam ketrampilan berfikir tingkat tinggia alah …

a.
Memahami
c.
Menganalisis

b.
Menerapkan
d.
Mengingat
13.
Peserta didik merakit komputer dengan mengikuti buku manual termasuk dalam ranah ketrampilan psikomotorik ….

a.
Presisi
c.
Imitasi

b.
Naturalisasi
d.
Manipulasi
14.
Manakah yang bukan ciri berfikir kreatif?

a.
Berbeda
c.
Bersifat lateral

b.
Hasil membandingkan dua hal
d.
Menghasilkan banyak kemungkinan
15.
Elemen dasar tahapan etrampilan berfikir kritis adalah ….

a.
FRISO
c.
FRESHCO

b.
FRISICO
d.
FRISCO
16.
Perhatikan KD berikut!

a.
Bentuk interaksi manusia dengan lingkungan – tingkat kognitif C3

b.
Pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia – tingkat kognitif C3

c.
Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya – tingkat kognitif C4

d.
Pembangunan sosial budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia – tingkat kognitif C4
17.
Pernyataan yang merupakan ciri-ciri ketrampilan berfikir tingkat tinggi sebagai problem solving adalah ….

1.       Ketrampilan berfikir tinggi erat kaitannya dengan ketrampilan berfikir sesuai dengan ranah kognitif,  afektif, dan psikomotor.

2.       Ketrampilan menemukan dan mengeksplorasi masalah.

3.       Ketrampilan merencanakan solusi, melaksanakan dan mengevaluasi untuk pemecahan masalah.

4.       Enam elemen dasar FRISCO yaitu Focus, Reason, Interfence, Situation, Clarity, dan Overview.

5.       Dimensi pengetahuan terdiri dari dimensi pegetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif.

a.
1 dan 2
c.
3 dan 4

b.
2 dan 3
d.
4 dan 5
18.
Target kompetensi untuk KD “Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.” adalah ….

a.
- Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.

b.
- Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang diamati.
- Mengkasifikasikan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.

c.
- Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
- Mengklasifikasikanmakhlukhidupberdasarkankarakteristik yang diamati.
- Mengkasifikasikanbendaberdasarkankarakteristik yang diamati.

d.
- Mengklasifikasikanmakhlukhidupdanbendaberdasarkankarakteristik yang diamati.
- Mengklasifikasikanmakhlukhidup yang diamati.
- Mengklasifikasikanmakhlukhidupberdasarkankarakteristik yang diamati.
- Mengkasifikasikanbendaberdasarkankarakteristik yang diamati.
19.
Materipengayaan KD “Membandingkansiklushidupbeberapamakhlukhidupsertamengaitkandengaupayapelestariannya.” adalah ….

a.
Menyebutkanupayapelestarianbeberapamakhlukhidup.

b.
Menjelaskansiklusmakhlukhidupbeberapamakhlukhidup.

c.
Membandingkansiklusmakhlukhidupsatudenganlainnya.

d.
Menganalisishubunganantarasiklushidupdanupayapelestariannya.
20.
Indikator“ Menyebutkanbenda-benda yang ada di kelas . “ padamatrikskemampuanberfikirdandimensipengetahuanadapada ….

DIMENSI PENGETAHUAN
(Permendikbud No. 20 Tahun 2016 Tentang SKL PendidikanDasardanMenangah)
METAKOGNITIF






PROSEDURAL






KONSEPTUAL

C
D



FAKTUAL
A
B






C1
MENGINGAT
C2
MEMAHAMI
C3
MENGAPLIKASIKAN
C4
MENGANALISIS
C5
MENGEVALUASI
C6
MENCIPTA

DIMENSI PROSES BERFIKIR
RanahKognitif (C1 – C6) Taksonomi Bloom











a.
B
c.
A

b.
D
d.
C



0 Response to "Contoh Soal Postes PKP"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel