Contoh Soal Postes PKP
SOAL-SOAL LATIHAN POST TEST
1.
|
Tagihan untuk
guru sasaran pada kegiatan On-1
adalah ….
|
|||
a.
|
Pengembangan RPP
unit ke-1
|
c.
|
Reviu RPP (Unit 1)
|
|
b.
|
Format
Desain pembelajaran berdasarkan Pembelajaran Unit 1
|
d.
|
Penilaian berorientasi
HOTS Unit 1
|
|
2.
|
Polapembelajaran pada program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran berbasis zonasi untuk
guru sasaran adalah ….
|
|||
a.
|
In-1,
On-1, In-2, On-2, In-3, In-4, On-3
|
c.
|
In-1, In-2,
On-1, In-3, On-2, In-4, On-3, In-5
|
|
b.
|
In-1,
In-2, On-1, On-2, In-3, On-3, In-4, In-5
|
d.
|
In-1,
On-1, On-2, In-2, On-3, In-3, In-4, In-5
|
|
3.
|
Menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks
Discovery Learning ….
|
|||
a.
|
Problem
Statement
|
c.
|
Data
Processing
|
|
b.
|
Data
Collection
|
d.
|
Verification
|
|
4.
|
Dalam kegiatan meminta siswa menyebutkan nama tumbuhan
yang ada di sekolah termasuk di dimensi pengetahuan
….
|
|||
a.
|
Faktual
|
c.
|
Metakognitif
|
|
b.
|
Konseptual
|
d.
|
Prosedural
|
|
5.
|
Rumusan indikator kunci untuk
KD “menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa
di lingkungan sekitar” adalah ….
|
|||
a.
|
Mengklasifikasikan tentang gerak pada peristiwa
di lingkungan sekitar.
|
|||
b.
|
Menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa
di lingkungan sekitar.
|
|||
c.
|
Menjelaskan tentang gerak pada peristiwa
di lingkungan sekitar.
|
|||
d.
|
Menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa
di lingkungan sekitar.
|
|||
6.
|
Indikator kunci untuk
KD “ Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dengan jaring-jaring makanan
di lingkungan sekitar” adalah ….
|
|||
a.
|
Menyebutkan pengertian ekosistem.
|
c.
|
Menelaah hubungan antar komponen ekosistem.
|
|
b.
|
Menjelaskan
jarring-jaring makanan.
|
d.
|
Menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem.
|
|
7.
|
Contoh aktivitas pembelajaran
yang mengasah ketrampilan berfikir tingkat tinggi adalah
….
|
|||
a.
|
Melihat
video tentangcuaca.
|
c.
|
Membacaberbagaisumbertentangcuaca.
|
|
b.
|
Mencatat hasil pengamatan lengkap tentang cuaca.
|
d.
|
Membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat
manual dan aplikasi.
|
|
8.
|
Tujuan dari
Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran bagi
guru adalah ….
|
|||
a.
|
Peningkatan kompetensi siswa melalui pembinaan
guru.
|
|||
b.
|
Peningkatan kompetensi
guru melalui diklat berbasis kompetensi.
|
|||
c.
|
Peningkatan kualitas lulusan
yang diterima di sekolahfavorit .
|
|||
d.
|
Peningkatan kualitas
guru di ajang guru berprestasi.
|
|||
9.
|
Ketrampilan berfikir sesuai ranah kognitif,
afektif, dan psikomotor yang menjadi satu kesatuan dalam
KBM adalah ….
|
|||
a.
|
Transfer
knowledge
|
c.
|
Critical
thinking
|
|
b.
|
Problem
solving
|
d.
|
Creative
thinking
|
|
10.
|
Kemampuanpesertadidikuntukmenjelaskan
proses terjadinyagerhanamataharitermasukpengetahuan ….
|
|||
a.
|
Faktual
|
c.
|
Prosedural
|
|
b.
|
Konseptual
|
d.
|
Metakognitif
|
|
11.
|
Kemampuan peserta didik menyebutkan berbagai perangkat elektronik
yang ada di lingkungan sekolah ….
|
|||
a.
|
Faktual
|
c.
|
Prosedural
|
|
b.
|
Konseptual
|
d.
|
Metakognitif
|
|
12.
|
Proses
kognitif yang termasuk dalam ketrampilan berfikir tingkat tinggia alah
…
|
|||
a.
|
Memahami
|
c.
|
Menganalisis
|
|
b.
|
Menerapkan
|
d.
|
Mengingat
|
|
13.
|
Peserta didik merakit komputer dengan mengikuti buku
manual termasuk dalam ranah ketrampilan psikomotorik
….
|
|||
a.
|
Presisi
|
c.
|
Imitasi
|
|
b.
|
Naturalisasi
|
d.
|
Manipulasi
|
|
14.
|
Manakah
yang bukan ciri berfikir kreatif?
|
|||
a.
|
Berbeda
|
c.
|
Bersifat
lateral
|
|
b.
|
Hasil membandingkan dua hal
|
d.
|
Menghasilkan banyak kemungkinan
|
|
15.
|
Elemen dasar tahapan etrampilan berfikir kritis adalah
….
|
|||
a.
|
FRISO
|
c.
|
FRESHCO
|
|
b.
|
FRISICO
|
d.
|
FRISCO
|
|
16.
|
Perhatikan
KD berikut!
|
|||
a.
|
Bentuk interaksi manusia dengan lingkungan
– tingkat kognitif C3
|
|||
b.
|
Pembangunan
sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
Indonesia – tingkat kognitif C3
|
|||
c.
|
Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya
– tingkat kognitif C4
|
|||
d.
|
Pembangunan
sosial budaya dan ekonomi masyarakat
Indonesia – tingkat kognitif C4
|
|||
17.
|
Pernyataan
yang merupakan ciri-ciri ketrampilan berfikir tingkat tinggi sebagai
problem solving adalah ….
|
|||
1.
Ketrampilan berfikir tinggi erat kaitannya dengan ketrampilan berfikir sesuai dengan ranah kognitif,
afektif, dan psikomotor.
|
||||
2.
Ketrampilan menemukan dan mengeksplorasi masalah.
|
||||
3.
Ketrampilan merencanakan solusi,
melaksanakan dan mengevaluasi untuk pemecahan masalah.
|
||||
4.
Enam elemen dasar FRISCO
yaitu Focus, Reason, Interfence, Situation, Clarity, dan Overview.
|
||||
5.
Dimensi pengetahuan terdiri dari dimensi pegetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif.
|
||||
a.
|
1
dan 2
|
c.
|
3 dan 4
|
|
b.
|
2
dan 3
|
d.
|
4
dan 5
|
|
18.
|
Target
kompetensi untuk KD “Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik
yang diamati.” adalah ….
|
|||
a.
|
-
Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik
yang diamati.
|
|||
b.
|
-
Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan karakteristik
yang diamati.
-
Mengkasifikasikan benda berdasarkan karakteristik
yang diamati.
|
|||
c.
|
-
Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik
yang diamati.
-
Mengklasifikasikanmakhlukhidupberdasarkankarakteristik yang diamati.
-
Mengkasifikasikanbendaberdasarkankarakteristik yang diamati.
|
|||
d.
|
-
Mengklasifikasikanmakhlukhidupdanbendaberdasarkankarakteristik yang diamati.
-
Mengklasifikasikanmakhlukhidup yang diamati.
-
Mengklasifikasikanmakhlukhidupberdasarkankarakteristik yang diamati.
-
Mengkasifikasikanbendaberdasarkankarakteristik yang diamati.
|
|||
19.
|
Materipengayaan
KD “Membandingkansiklushidupbeberapamakhlukhidupsertamengaitkandengaupayapelestariannya.”
adalah ….
|
|||
a.
|
Menyebutkanupayapelestarianbeberapamakhlukhidup.
|
|||
b.
|
Menjelaskansiklusmakhlukhidupbeberapamakhlukhidup.
|
|||
c.
|
Membandingkansiklusmakhlukhidupsatudenganlainnya.
|
|||
d.
|
Menganalisishubunganantarasiklushidupdanupayapelestariannya.
|
|||
20.
|
Indikator“
Menyebutkanbenda-benda yang ada di kelas . “
padamatrikskemampuanberfikirdandimensipengetahuanadapada ….
|
DIMENSI
PENGETAHUAN
(Permendikbud No. 20 Tahun 2016 Tentang SKL
PendidikanDasardanMenangah)
|
METAKOGNITIF
|
|||||||
PROSEDURAL
|
||||||||
KONSEPTUAL
|
C
|
D
|
||||||
FAKTUAL
|
A
|
B
|
||||||
C1
MENGINGAT
|
C2
MEMAHAMI
|
C3
MENGAPLIKASIKAN
|
C4
MENGANALISIS
|
C5
MENGEVALUASI
|
C6
MENCIPTA
|
|||
DIMENSI PROSES BERFIKIR
RanahKognitif (C1 – C6) Taksonomi
Bloom
|
||||||||
a.
|
B
|
c.
|
A
|
|
b.
|
D
|
d.
|
C
|
0 Response to "Contoh Soal Postes PKP"
Post a Comment