Modul Ajar BAB I Hakekat Ilmu Sains IPA SMP Kelas 7 fase D Kurikulum Merdeka - POJOK IPA -->

Pages

Modul Ajar BAB I Hakekat Ilmu Sains IPA SMP Kelas 7 fase D Kurikulum Merdeka

 

Jenjang Kelas                :    Fase D/Kelas VII       

Model Pendekatan        :    PBL Saintifik

Alokasi Waktu              :    12 x 40 menit  

Profil Pelajar Pancasila :    Mandiri, Bernalar kristis, Gotong royong, kreatif

Metode                         :    Diskusi, Presentasi, Demonstrasi, Project, Eksperiment, Eksplorasi, Permainan, Ceramah, Simulasi, Mind Mapping, praktikum    

Media Belajar               :    Alat-alat Laboratorium IPA, LCD Proyektor, Sarana Prasarana lainnya

Media                            :    Video pembelajaran materi hakekat ilmu sains          

https://youtu.be/hA2pqoFKMsE  tentang si cilik penemu listrik sebagai motivasi

https://youtu.be/uOu6XAW5eCg tentang hakekat ilmu sains

https://youtu.be/XvOaq2rsxpI tentang alat-alat laboratorium beserta fungsinya

https://youtu.be/ful5FFt8faw  tentang metode ilmiah

https://youtu.be/nrmSUwdBpGQ tentang pengukuran

https://youtu.be/jiMK8OYkwto jangka sorong

 

Alat                               :    Gawai (Laptop)

Sumber Belajar             :    Buku Paket Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Kemdikbud 2021, internet dan sumber lainya.

Asesmen                       :    Guru menilai ketercapaian tujuan pembelajaran secara individu dan kelompok   

Jenis Asesmen              :

Tertulis (Pilihan berganda, uraian, portofolio)

Performa (Tes unjuk kerja)

Sikap (Profil Pelajar Pancasila)

Capaian Pembelajaran 

o   Peserta didik menggunakan berbagai alat bantu dalam melakukan pengukuran dan pengamatan serta memperhatikan detail yang relevan dari objek yang diamati. Secara mandiri,pelajar dapat mengajukan pertanyaan lebih lanjut untuk memperjelas hasil pengamatan dan membuat prediksi tentang penyelidikan ilmiah

o   Peserta didk merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional berdasarkan referensi yang benar untuk menjawab pertanyaan. Dalam penyelidikan yang dilakukan, peserta didik menggunakan berbagai jenis variabel untuk membuktikan prediksi, menyajikan data dalam bentuk tabel, grafik, dan model serta menjelaskan hasil pengamatan dan pola atau hubungan pada data secara digital atau non digital

o   Peserta didik mengumpulkan data dari penyelidikan yang dilakukannya, menggunakan data sekunder, serta menggunakan pemahaman sains untuk mengidentifikasi hubungan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti ilmiah.

o   Peserta didik mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada, menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan dan efeknya pada data serta menunjukkan permasalahan pada metodologi

o   Peserta didik mampu mengkomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh yang ditunjang dengan argumen, bahasa serta konversi Sains yang sesuai konteks penyelidikan dan menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menerapkan konsep metode ilmiah,

2.      Peserta didik mampu meningkatkan keterampilan dlam mengorganisasikan fakta dan data secara     sistematis, terpercaya

3.      Peserta didik mampu  menyajikan fakta dan data secara     sistematis, terpercaya

4.     Pesrta didik mampu menumbuhkan sikap-sikap ilmiah bahwa pengukuran sebagai bagia dari metode ilmiah.

 

Pemahaman Bermakna

1.      Kehidupan manusia yang semakin berkembang dalam hal jumlah penduduk dan kebutuhannya mendorong para ilmuwan Sains menciptakan berbagai penemuan untuk membantu kehidupan manusia dan lingkungan sekitar.

2.      Kita akan berlatih menjadi ilmuwan cilik dengan cara merancang, melakukan dan melaporkan penyelidikan dengan menggunakan metode ilmiah

 

Pertanyaan Pemantik

          apa itu Sains?

          Apa saja cabang-cabang sains?

          Dimana biasanya seorang ilmuwan sains melakukan penelitian?

          Apakah kalian pernah melakukan penelitian?

          Apa saja yang perlu kalian siapkan sebelum merancang sebuah penelitian/percobaan?

          Apa yang membedakan laboratorium dengan ruangan lainnya?

          Bagaimana cara kalian bekerja dilaboratorium?

          Bagaimana langkah-langkah kalian melakukan sebuah penelitian/percobaan?

          Apa yang kalian ketahui tentang pengukuran?

          Bagaimana cara mengukur dalam sains?

Materi ajar :

Pertemuan 1 : Ilmu sains

Pertemuan 2 : alat-alat laboratorium

Pertemuan 3 : metode ilmiah dan sikap ilmiah

Pertemuan 4 : pengukuran

 

Alat dan Bahan

          Kertas plano, spidol dan lem

          Penggaris dengan panjang 30 cm

          1 lembar kertas A4

          Kotak

          1 pita meteran (alat ukur jahit)

          3 labu erlenmeyer ukuran 300 mL atau 100 Ml

          3 termometer

          Air panas dan air dingin yang diisi ke dalam labu Erlenmeyer (untuk air dingin bisa air yang dicampur air es)

          Lap atau tisu

          1 gelas ukur 50 mL atau 100 mL (bbahan plastic)

          1 buah batu/kerikil yang ukurannya lebih kecil dari diameter ukuran gelas ukur

          1 buah gelas kimia 250 Ml yang diisi air

          Neraca Ohauss

          Beban

 

Kegiatan berdiferensiasi

o  Peserta didik visual : disajikan gambar pada setiap teks bacaan

o  Peserta didik auditori: disajikan link video pembelajaran

o  Peserta didik kinestetik : praktikum

o  Kata Kunci : ilmuwan, Sains, Percobaan, Pengukuran

Persiapan Pembelajaran

1.   Menyiapkan link pembelajaran

https://youtu.be/hA2pqoFKMsE tentang si cilik penemu listrik

https://youtu.be/uOu6XAW5eCg tentang hakekat ilmu sains

https://youtu.be/XvOaq2rsxpI tentang alat-alat laboratorium beserta fungsinya

https://youtu.be/ful5FFt8faw tentang metode ilmiah

https://youtu.be/nrmSUwdBpGQ tentang pengukuran

https://youtu.be/jiMK8OYkwto jangka sorong

2.   Menyiapkan LKPD untuk tiap kegiatan dan gambar bila diperlukan

3.   Menyiapkan asesmen dan daftar hadir siswa

4.   Menyiapkan alat dan bahan untuk praktikum

5.   Menyiapkan pembagian kelompok dengan jumlah anggota 4 -5 siswa

Kegiatan Pembelajaran I (2 jp/80 menit)

Pendahuluan

         Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam dan doa

         Guru melakukan apersepsi dan memotivasi dengan menayangkan video link https://youtu.be/hA2pqoFKMsE

Kegiatan Inti (70 menit)

       Peserta didik mengamati video motivasi tentang ilmuwan cilik asal Indonesia yang menemukan sumber listrik dari pohon kedondong melalui channel youtube guru pada linkhttps://youtu.be/hA2pqoFKMsE

      Peserta didik bertanya jawab mengenai apa yang diteliti ilmuwan cilik tersebut dan ilmu apa yang mendukungnya

          Peserta didik dibagi menjadi 8 kelompok (tiap kelompok beranggotakan 4 peserta didik)

        Peserta didik membaca, mencermati dan memahami materi tentangcabang-cabang ilmu sains dari bacaan yang diberikan secara mandiri di dalam kelompok

         Peserta didik merancang mind mapping tentang hakikat ilmu sains

        Peserta didik menuangkan hasil diskusi kelompok dalam bentuk mind mapping (dituangkan dalam kertas karton/plano)

         Peserta didik secara berkelompok menghubungkan literatur yang telah ditemukan dengan permasalahan yang dihadapi untuk mendapatkan solusi melalui peta berpikir (mind mapping)

        Peserta didik menyimpulkan, menuliskan kesan dan kendala yang mereka alami selama proses pemecahan masalah secara individu

         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi setiap kelompok di depan kelas (mengembangkan dan menyajikan hasil karya)

         Peserta didik melakukan refleksi terhadap investigasi dan proses-proses yang      mereka gunakan untuk memecahkan masalah

         Peserta didik mendapatkan feedback dari guru saat guru mengoreksi hasil pekerjaan peserta didik

Penutup

         Peserta didik mengirimkan hasil LKPD sesuai jadwal yang ditentukan oleh sekolah

         Peserta didik menerima feedback atas hasil belajarnya.

ASESMEN

         Sikap: Observasi (Profil Pelajar Pancasila 2 dimensi yaitu Mandiri dan Bernalar kritis

         Pengetahuan: Tes Tertulis (uji kompetensi)

         Performa: Penilaian Kinerja (Hasil Analisis dari informasi yang didapat)

 

Kegiatan Pembelajaran II (3 jp/120 menit)

Pendahuluan (10 menit)

         Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam dan doa (tertulis di ppt yang dikirim melalui Google Classroom/WAG) secara sinkron

         Guru melakukan apersepsi dan motivasi serta menyampaikan manfaat dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai secara sinkron di Google Classroom/WAG

Kegiatan Inti (70 menit)

Orientasi Peserta didik pada Masalah

         Peserta didik melaksanakan literasi terkait Laboratorium IPA baik menggunakan buku siswa yang sudah diunduh ataupun melalui di internet.

         Peserta didik menyimak video pembelajaran melaui link https://youtu.be/XvOaq2rsxpI

         Peserta didik menyebutkan alat-alat yang ada di dalam laboratorium IPA dan fungsinya berdasarkan video yang disajikan

Mengorganisasikan Peserta didik untuk Belajar

         Peserta didik dibagi dalam 8 kelompok dengan anggota tiap kelompok sejumlah 4 peserta didik

         Peserta didik secara mandiri di dalam kelompoknya diarahkan untuk mengamati            gambar alat-alat laboratorium dan fungsinya dalam LKPD

         Peserta didik secara mandiri membaca, mencermati dan memahami aturan  keselamatan kerja dalam lab di LKPD

Membimbing Penyelidikan

         Peserta didik secara mandiri mencari gambar dan mendiskusikan alat-alat              laboratorium dan fungsinya melalui internet/buku pelajaran

         Peserta didik diarahkan mengamati gambar keadaan laboratorium dan menuliskan aturan keselamatan mengenai hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di laboratorium IPA

Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

         Peserta didik secara mandiri menganalisis alat-alat laboratorium dan fungsinya yang diperlukan pada soal di LKPD

         Peserta didik secara mandiri menuliskan aturan keselamatan mengenai hal-hal   yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di laboratorium IPA

Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

         Peserta didik meletakkan komentar berupa tanggapan,saran,pujian atau kritikan yang membangun dengan menuliskan di kertas stiki not dan ditempelkan pada tugas kelompok lain.

         Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil pengamatannya

         Peserta didik menyimpulkan terkait materi Laboratorium IPA

         Peserta didik mendapatkan feedback dari guru saat guru mengoreksi hasil pekerjaan peserta didik

Penutup

         Peserta didik mengirimkan hasil LKPD sesuai jadwal yang ditentukan oleh sekolah

         Peserta didik menerima feedback atas hasil belajarnya.

Asesmen

         Sikap: Observasi (Profil Pelajar Pancasila 3 dimensi) yaitu Mandiri, Bernalar kritis, dan Kreatif

         Pengetahuan: Tes Tertulis (uji kemampuan)

         Performa: Penilaian Kinerja (Menggambarkan alat-alat laboratorium)

 

Kegiatan Pembelajaran III (3 jp/120 menit)

Pendahuluan (10 menit)

            Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam dan doa

            Guru melakukan apersepsi dan motivasi serta menyampaikan manfaat dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai secara sinkron

Orientasi Peserta didik pada Masalah

            Peserta didik melaksanakan literasi terkait Merancang percobaan baik menggunakan buku siswa yang sudah diunduh ataupun melalui internet.

            Peserta didik menyimak video pembelajaran tentang metode ilmiah melaui link https://youtu.be/ful5FFt8faw

            Peserta didik menyebutkan tahapan-tahapan dalam metode ilmiah berdasarkan video yang disajikan

Mengorganisasikan Peserta didik untuk Belajar

            Peserta didik secara mandiri membaca, mencermati dan memahami materi dalam    LKPD.

            Peserta didik secara mandiri membaca, mencermati dan memahami materi dalam ebook IPA buku siswa SMP/MTS Kelas VII semester 1 hal. 13 – 19

Membimbing Penyelidikan

            Peserta didik diarahkan mengamati gambar suatu perlakuan yang berbeda pada tanaman dan menuliskan tujuan percobaan dan hipotesisnya berdasarkan pengamatan pada gambar dalam LKPD

            Peserta didik bernalar kritis menentukan variabel-variabel dalam suatu penyelidikan yang disajikan dalam sebuah kasus

            Peserta didik secara kreatif membuat prosedur percobaan sederhana berdasarkan kasus yang disajikan

 

Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

            Peserta didik secara mandiri menuliskan hasil pengamatan yang dilakukan serta alat indera yang digunakan pada buku catatan

            Peserta didik secara kreatif menuliskan tujuan percobaan dan hipotesisnya berdasarkan pengamatan pada gambar

            Peserta didik menuliskan variabel-variabel dalam suatu penyelidikan

            Peserta didik secara mandiri menuliskan sebuah prosedur percobaan sederhana

            Peserta didik mempresentasikan

 

Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

            Peserta didik menyimpulkan terkait materi merancang percobaan

            Peserta didik mendapatkan feedback dari guru saat guru mengoreksi hasil pekerjaan peserta didik

Penutup

            Peserta didik mengirimkan hasil LKPD sesuai jadwal yang ditentukan oleh sekolah

            Peserta didik menerima feedback atas hasil belajarnya.

Asesmen

            Sikap : Observasi (Profil Pelajar Pancasila 3 dimensi : Mandiri, Bernalar kritis, dan Kreatif

            Pengetahuan: Tes Tertulis (uji kemampuan)

            Performa: Penilaian Kinerja (Menyusun prosedur percobaan)

 

 

Kegiatan Pembelajaran IV (3 jp/120 menit)

Pendahuluan (10 menit)

       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam dan doa

       Guru melakukan apersepsi dan motivasi serta menyampaikan manfaat dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai secara sinkron

Aktivitas pemantik

       Peserta didik duduk berpasangan untuk mengukur berapa lama mereka dapat menahan nafas menggunakan stopwatch/Hp atau jam tangan/jam dinding.

       Guru menanyakan aktivitas apa sedang yang dilakukan?

       Apa hubungannya mengukur dengan SAINS?

Kegiatan Inti (70 menit)

Aktivitas 1

Orientasi Peserta didik pada Masalah

       Peserta didik melaksanakan literasi terkait materi besaran dan satuan teks yang dibagikan.

       Peserta didik juga menyimak video pembelajaran melaui link https://youtu.be/nrmSUwdBpGQ   tentang pengukuran

       Peserta didik menyebutkan besaran dan satuan dalam IPA berdasarkan video yang disajikan

Mengorganisasikan Peserta didik untuk Belajar

       Peserta didik dibagi menjadi 8 kelompok (tiap kelompok beranggotakan 4 orang)  Saat PTMT ada 4 kelompok (tiap kelompok beranggotakan 4 orang)

       Disediakan empat meja praktikum dengan rincian

Meja 1 praktik tentang pengukuran panjang

Meja 2 praktik tentang pengukuran waktu

Meja 3 praktik tentang pengukuran suhu


 

 

Meja 4 praktik tentang pengukuran volume

           Kelompok 1 melakukan praktik di meja 1,

kelompok 2 di meja 2,

kelompok 3 di meja 3 dan

kelompok 4 dimeja 4.

Membimbing Penyelidikan

           Peserta didik secara mandiri melakukan percobaan mengukur panjang benda dan tinggi badan menggunakan penggaris dan pita meteran.

           Peserta didik secara mandiri melakukan percobaan mengukur kecepatan denyut nadi menggunakan stopwatch

           Peserta didik secara mandiri melakukan pengukuran volume benda tidak beraturan menggunakan gelas ukur seadanya yang ada di rumah bagi yang  pjj

           Setiap kelompok diberi waktu 15 menit untuk melakukan praktik di tiap meja

Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

           Peserta didik secara kreatif menuliskan hasil pengukuran panjang benda dan tinggi dalam bentuk tabel

           Peserta didik secara mandiri menuliskan hasil pengukuran volume benda tidak beraturan dalam bentuk tabel

Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

           Peserta didik mengerjakan uju kemampuan

           Peserta didik mendapatkan feedback dari guru saat guru mengoreksi hasil pekerjaan peserta didik

Penutup

           Peserta didik dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini

           Peserta didik menerima feedback atas hasil belajarnya.

Asesmen

           Sikap : Observasi (Profil Pelajar Pancasila 3 dimensi : Mandiri, Bernalar kritis, dan Kreatif

           Pengetahuan: Tes Tertulis (uji kemampuan)

           Performa: Penilaian Kinerja (menuliskan hasil percobaan pengukuran dalam bentuk tabel)

Pengayaan

       Peserta didik diberikan kegiatan untuk berimajinasi menjadi seorang ilmuwan dan diminta untuk menuliskan biografi mengenai dirinya dan penemuan apa yang dibuatnya.

Peserta Didik Menjadi pendamping tutor sebaya bagi temannya yang remedial.

Remedial

Peserta didik mengulang materi yang belum dipahami melalui kegiatan tutor sebaya yang didampingi oleh temannya yang sedang melaksanakan pengayaan.





0 Response to "Modul Ajar BAB I Hakekat Ilmu Sains IPA SMP Kelas 7 fase D Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel