LAPORAN HASIL AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF
LAPORAN
HASIL AKSI NYATA
MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF
CGP_angkatan 4 Kabupaten
Grobogan
Nama Peserta :
Asmadi, S.Pd
Instansi : SMP Negeri 1 Purwodadi
Latar
Belakang:
Interaksi Guru
dengan murid dalam menumbuh kembangkan
budaya positif Pentingnya serta penguatan karakter
terhadap murid perlu dikembangkan didalam budaya sekolah sehingga Nilai – nilai
dan Peran Guru Penggerak dalam mewujudkan Budaya sekolah dapat berjalan sesuai
dengan tujuan dan harapan.
Untuk membangun
budaya yang positif, sekolah perlu menyediakan lingkungan belajar yang positif, aman, dan nyaman agar murid-murid mampu berpikir, bertindak,
dan mencipta dengan merdeka, mandiri, dan bertanggung jawab. Dalam hal ini
sekolah merupakan institusi yang berperan penting dalam pembentukan karakter
siswa sebagaimana tujuan pendidikan yakni mewujudkan pelajar Indonesia yang
memiliki profil pelajar pancasila.
Tujuan:
1.
Menumbuhkan
karakter murid dengan pendekatan humanis dan bermakna positif bagi perkembangan
murid
2.
Membangun disiplin
positif melalui penerapan budaya positif sebagai konsekuensi logis dalam proses pembelajaran
3.
Menyusun Keyakinan Kelas sebagai bagian dari
Budaya positif sekolah
4.
Menumbuhkan
Motivasi intrinsik/internal murid untuk disiplin
diri sesuai dengan keyakinan kelas yang sudah disepakati
Bersama
Deskripsi Aksi Nyata
Aksi nyata yang saya lakukan yaitu
membuat kesepakatan kelas yang berpihak pada murid. Selain membuat kesepakatan
kelas bersama murid, saya juga mengimbaskannya kepada rekan guru di skolah
dengan terlebih dahulu mengomunikasikannya kepada Kepala Sekolah sehubungan
kegiatan yang melibatkan siswa dan guru secara langsung di sekolah. Mengingat
urgensi budaya positif di sekolah sebagai calon guru penggerak saya harus
mengambil langkah kearah perubahan yang lebih baik.
Pengimbasan budaya positif yang saya
lakukan dimulai dari rekan-rekan guru dalam satu ruang yang terdiri dari guru
mapel IPA, Matematika, dan Agama yang nantinya akan saya jadikan komunitas
MIPAG. Komunitas ini akan memudahkan untuk
mengokomunikasikan tentang budaya positif dikelas. Disamping itu, komunitas ini
bertujuan untuk mengimbaskan tentang visi guru penggerak yang saya buat yaitu
mewujudkan peserta didik yang selalu ceria,
aktif dan kreatif serta memiliki semangat bergotong royong yang dilandasi iman
dan takwa.
Langkah-langkah aksi nyata yang dilakukan :
1. Meminta izin kepada kepala Sekolah.
2. Melakukan Sosialisasi di dalam kelas pandangan
tentang Disiplin.
3. Bekerja sama dengan selmua warga sekolah untk
menerapkan sikap Disiplin.
Tolok
Ukur:
1.
Terbentuknya
"Keyakinan Kelas" melalui kegiatan kesepakatan kelas yang dilakukan
guru dan murid
2.
Guru dan
murid konsisten dalam menjalankan keyakinan kelas yang sudah disepakati
3.
Adanya
karakter baik dalam diri murid seperti kemandirian, tanggung jawab, percaya
diri, gotong royong dan saling menghargai saat kegiatan pembelajaran
berlangsung
4.
Murid
dapat mengaplikasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila secara sadar dan konsisten
dalam proses belajar
Linimasa
Tindakan Yang Akan Dilakukan:
1.
Berkoordinasi dengan
kepala sekolah, rekan guru, dan orang tua murid terkait Budaya positif yang
akan dikembangkan di kelas
2.
Menanyakan pendapat
murid tentang kelas belajar yang mereka inginkan
3.
Menanyakan ide dari
murid tentang impian kelas belajar mereka seperti apa
4.
Mengambil kesimpulan
dari semua masukan / pendapat murid dan membuatnya menjadi satu keyakinan kelas
bersama
5.
Membuat hasil keyakinan
kelas tersebut dalam sebuah poster dan menempelkannya didalam kelas agar murid
dapat mengingatnya setiap waktu
6.
Pelaksanaan tindakan selama 4 minggu
7.
Evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan
Program Tindak Lanjut
Calon Guru penggerak akan membuat keyakinan kelas
bersama murid yang baru ditahun ajaran baru 2022-2023, dengan metode baru melalui qusioner google form dan
didiskusikan melalui daring ataupun
tatap muka,dan berkolaborasi bersama rekan kerja agar poin – poin keyakinan kelas yang dibuat mendukung program, visi dan misi
sekolah serta khususnya visi murid impian
Hasil Aksi Nyata
1.
Berkolaborasi
dengan CGP lain dan berkoordinasi dengan Kepala Sekolah untuk meminta ijin
melakukan aksi nyata
2.
Membuat
kesepakatan kelas yang akan menjadi keyakinan kelas 9D SMP Negeri 1 Purwodadi
3.
Menerapkan
kesepakatan kelas dan budaya positif
a.
Selalu
menjaga kebersihan kelas
b.
Menerapkan
kebiasaan bergotong royong
c.
Melatih
kreatifitas murid diawali dengan inovasi dalam pembelajaran oleh guru
d.
Membiasakan
berliterasi
e. Menerapkan segi tiga restitusi
Demikian laporan aksi nyata dari saya, semoga bermanfaat.
Terima Kasih
Video Aksi Nyata : Sosialisasi Modul 1.1 & 1.4
0 Response to "LAPORAN HASIL AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF"
Post a Comment