LAPORAN HASIL AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF - POJOK IPA -->

Pages

LAPORAN HASIL AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

 

LAPORAN HASIL AKSI NYATA

MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

 

CGP_angkatan 4 Kabupaten Grobogan

Nama Peserta  : Asmadi, S.Pd

Instansi            : SMP Negeri 1 Purwodadi

 

Latar Belakang:

Interaksi Guru dengan murid dalam menumbuh kembangkan budaya positif Pentingnya serta penguatan karakter terhadap murid perlu dikembangkan didalam budaya sekolah sehingga Nilai – nilai dan Peran Guru Penggerak dalam mewujudkan Budaya sekolah dapat berjalan sesuai dengan tujuan dan harapan.

 

Untuk membangun budaya yang positif, sekolah perlu menyediakan lingkungan belajar yang positif, aman, dan nyaman agar murid-murid mampu berpikir, bertindak, dan mencipta dengan merdeka, mandiri, dan bertanggung jawab. Dalam hal ini sekolah merupakan institusi yang berperan penting dalam pembentukan karakter siswa sebagaimana tujuan pendidikan yakni mewujudkan pelajar Indonesia yang memiliki profil pelajar pancasila.

 

Tujuan:

1.        Menumbuhkan karakter murid dengan pendekatan humanis dan bermakna positif bagi perkembangan murid

2.        Membangun disiplin positif melalui penerapan budaya positif sebagai konsekuensi logis dalam proses pembelajaran

3.        Menyusun  Keyakinan Kelas sebagai bagian dari Budaya positif sekolah

4.        Menumbuhkan Motivasi intrinsik/internal murid untuk disiplin diri sesuai dengan  keyakinan kelas yang sudah disepakati Bersama

 

Deskripsi Aksi Nyata

Aksi nyata yang saya lakukan yaitu membuat kesepakatan kelas yang berpihak pada murid. Selain membuat kesepakatan kelas bersama murid, saya juga mengimbaskannya kepada rekan guru di skolah dengan terlebih dahulu mengomunikasikannya kepada Kepala Sekolah sehubungan kegiatan yang melibatkan siswa dan guru secara langsung di sekolah. Mengingat urgensi budaya positif di sekolah sebagai calon guru penggerak saya harus mengambil langkah kearah perubahan yang lebih baik.


Pengimbasan budaya positif yang saya lakukan dimulai dari rekan-rekan guru dalam satu ruang yang terdiri dari guru mapel IPA, Matematika, dan Agama yang nantinya akan saya jadikan komunitas MIPAG. Komunitas ini akan memudahkan  untuk mengokomunikasikan tentang budaya positif dikelas. Disamping itu, komunitas ini bertujuan untuk mengimbaskan tentang visi guru penggerak yang saya buat yaitu mewujudkan peserta didik yang selalu ceria, aktif dan kreatif serta memiliki semangat bergotong royong yang dilandasi iman dan takwa.

Langkah-langkah aksi nyata yang dilakukan :

1. Meminta izin kepada kepala Sekolah.

2. Melakukan Sosialisasi di dalam kelas pandangan tentang Disiplin.

3. Bekerja sama dengan selmua warga sekolah untk menerapkan sikap Disiplin.

 

Tolok Ukur:

1.        Terbentuknya "Keyakinan Kelas" melalui kegiatan kesepakatan kelas yang dilakukan guru dan murid

2.        Guru dan murid konsisten dalam menjalankan keyakinan kelas yang sudah disepakati

3.        Adanya karakter baik dalam diri murid seperti kemandirian, tanggung jawab, percaya diri, gotong royong dan saling menghargai saat kegiatan pembelajaran berlangsung

4.        Murid dapat mengaplikasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila secara sadar dan konsisten dalam proses belajar

 

Linimasa Tindakan Yang Akan Dilakukan:

1.        Berkoordinasi dengan kepala sekolah, rekan guru, dan orang tua murid terkait Budaya positif yang akan dikembangkan di kelas

2.        Menanyakan pendapat murid tentang kelas belajar yang mereka inginkan

3.        Menanyakan ide dari murid tentang impian kelas belajar mereka seperti apa

4.        Mengambil kesimpulan dari semua masukan / pendapat murid dan membuatnya menjadi satu keyakinan kelas bersama

5.        Membuat hasil keyakinan kelas tersebut dalam sebuah poster dan menempelkannya didalam kelas agar murid dapat mengingatnya setiap waktu

6.        Pelaksanaan tindakan selama 4 minggu

7.        Evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan

 

Program Tindak Lanjut

Calon Guru penggerak akan membuat keyakinan kelas bersama murid yang baru ditahun ajaran baru 2022-2023, dengan metode baru melalui qusioner google form dan didiskusikan melalui daring ataupun tatap muka,dan berkolaborasi bersama rekan kerja agar poin – poin keyakinan kelas yang dibuat mendukung program, visi dan misi sekolah serta khususnya visi murid impian

 

Hasil Aksi Nyata

1.        Berkolaborasi dengan CGP lain dan berkoordinasi dengan Kepala Sekolah untuk meminta ijin melakukan aksi nyata

 

2.        Membuat kesepakatan kelas yang akan menjadi keyakinan kelas 9D SMP Negeri 1 Purwodadi

 



3.        Menerapkan kesepakatan kelas dan budaya positif

a.         Selalu menjaga kebersihan kelas

 

b.         Menerapkan kebiasaan bergotong royong

 

c.         Melatih kreatifitas murid diawali dengan inovasi dalam pembelajaran oleh guru

 

d.         Membiasakan berliterasi

e.      Menerapkan segi tiga restitusi

Demikian laporan aksi nyata dari saya, semoga bermanfaat.
Terima Kasih

Video Aksi Nyata : Sosialisasi Modul 1.1 & 1.4 

0 Response to "LAPORAN HASIL AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel