contoh soal AKM teks informasi untuk pembelajaran level 1 kelas 7 dan 8 - POJOK IPA -->

Pages

contoh soal AKM teks informasi untuk pembelajaran level 1 kelas 7 dan 8

 

contoh soal AKM teks informasi untuk pembelajaran level 1 kelas 7 dan 8.

 



Gerhana matahari total ini dimulai dari Afrika, Arab, dan Asia Barat, dengan puncak di Asia Tenggara dan China, kemudian berakhir di Pasifik Barat. Menurut situs timeanddate.com, puncak gerhana bulan total akan terjadi pada 02.22 dini hari WIB, Rabu (3/7/2019). Meski gerhana bulan total hanya melewati Pasifik dan Chile, kita yang berada di Indonesia tetap dapat menikmati fenomena ini secara langsung berkat inovasi terbaru dari NASA. Web NASA membantu menjelaskan fenomena tersebut.

 

Sumber: https://sains.kompas.com/read/2019/07/02/173023923/infografik-gerhana-matahari-total-di-kawasan-pasifik.

Penulis : Akbar Bhayu Tamtomo

Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

kompetensi 5 level 1

Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

 

Pilihan Ganda

Menurut informasi yang ada di dalam bacaan, jika posisi matahari, bulan, dan bumi sejajar maka kemungkinan besar akan ....

A.    terjadi gerhana matahari Sebagian

B.     terjadi gerhana matahari sabit

C.     terjadi gerhana matahari penumbra

D.    terjadi gerhana matahari total √

 

kompetensi 9 level 1

Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimilikinya yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

 

Refleksikan berdasarkan teks, apa yang menyebabkan fenomena gerhana matahari dapat terus diprediksikan dan fenomena yang terjadi di kawasan Pasifik dan Amerika, tetapi di sebagian Indonesia bisa menikmati!

 

Kode 1 , Jawaban peserta didik dengan kata kunci: perkembangan zaman, berkat NASA, modernitas, dll (mengacu kepada perkembangan teknologi).
Kode 0 , Tidak sesuai kata kunci kode 1.

https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/akm/soal?j=3&l=4&s=296

 

 


Otak bisa salah mengira Anda kurang makan ketika bersantap junk food sehingga Anda akan makan lagi

Menurut Witherly, junk food sering melibatkan bahan-bahan makanan yang bisa “hilang” dalam sekejap. Misalnya saus mayonaise atau lelehan keju mozarela yang mudah meleleh di lidah. Ketika lidah mendeteksi bahwa tidak ada lagi makanan dalam mulut, saraf pengecap akan memberi sinyal ke otak bahwa Anda kurang makan atau sedang tidak makan.

Otak kemudian berpikir Anda kekurangan kalori sehingga akan cepat bereaksi dengan memicu pelepasan hormon lapar ghrelin untuk mencegah Anda kelaparan. Akibatnya, Anda cenderung makan berlebihan saat sedang bersantap makanan cepat saji.

Kita jadi lemot dan lebih sulit berpikir ketika sudah kecanduan junk food

Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2011 menunjukkan bahwa individu sehat yang makan junk food selama lima hari berturut-turut mengalami penurunan fungsi kognitif otak. Ini ditandai dengan kurangnya fokus perhatian, kecepatan bertindak, ingatan yang lebih buruk, serta perubahan mood drastis.

Di dalam otak, dopamin dosis tinggi yang dihasilkan setelah makan junk food menghambat kerja hippocampus dan menyebabkan peradangan. Hippocampus merupakan tempat pembentukan dan penyimpanan memori jangka panjang.

Selain itu, makanan tinggi gula dan lemak dapat menurunkan fungsi sinaps otak yang bertanggung jawab untuk pembelajaran dan kemampuan mengingat, serta mengganggu aktivitas peptida otak yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BNFD) yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan mencegah kerusakan sel otak.

kompetensi 5 level 1

Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

 

Pilihan Ganda Kompleks

Tentukan benar atau salah kesimpulan berikut!

1.      Seseorang yang hobi mengonsumsi junk food lebih pikun.

2.      Makanan junk food banyak mengandung tinggi gula menurunkan fungsi sinaps.

3.      Saat makan jenis junk food rasa lapar akan lebih terasa daripada makanan sehat.

4.      Konsumsi junk food berlebihan dapat mengubah mood menjadi buruk.

Kunci : Bebar-Salah-Benar-Salah

 

https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/akm/soal?j=3&l=4&s=245

 

Praktik STEM  


 Berangkat dari keprihatinan siswa SMP Negeri 23 Bandung melihat krisis air bersih di sekolah, mereka bereksperimen membuat alat penjernih air sederhana. Kondisi air di sekolah yang bersumber dari air sumur resapan warnanya kuning dan keruh, serta berbau besi, tentu saja tidak dapat dipergunakan untuk aktivitas sehari-hari, seperti wudhu dan buang air.

Guru pembimbing, Amalia Sholihah menangkap keprihatinan para siswa didiknya kemudian mengajak mereka mencari solusi dengan melakukan riset mandiri. 'Ketika membuat ini anak-anak sempat stres, karena tidak terbiasa. Biasanya kan berupa resep, kalau ini harus menggali, mencari tahu sendiri, tapi begitu lihat hasilnya dia sangat berbahagia,' tutur Amalia guru IPA. 

Dari hasil penelitian, siswa menemukan bahan-bahan yang harganya terjangkau tapi efektif menjernihkan air, yaitu ziolit berbentuk seperti kerikil dengan ukuran kecil dan sedang, pasir aktif, arang aktif, dan filter akuarium. Bahan-bahan ini kemudian ditakar dan disusun pada wadah yang sudah tidak terpakai, seperti botol air mineral bekas atau pipa. 

Dari percobaan yang dilakukan, susunan paling efektif untuk menjernihkan air adalah ziolit dengan ukuran kecil pada posisi paling bawah, dilanjutkan arang aktif, pasir aktif, lalu diisi kembali dengan ziolit berukuran sedang. Terakhir, posisi teratas dipasang filter akuarium. Hasilnya, ketika air tercemar dituang, air yang semula kuning, keruh, dan berbau, menjadi bening dan tidak berbau sama sekali. Air juga dapat mengalir dengan lancar, tidak mengalami penyumbatan.

Bukan sekadar efektif, namun bahan-bahan tersebut harganya pun terjangkau, sehingga terbeli oleh siswa. Masing-masing bahan tersebut harganya berkisar antara tiga ribu hingga dua belas ribu rupiah. 'Kalau kita lihat di internet harga filter itu dua juta, tidak mungkin terbeli oleh anak-anak saya yang keluarganya menengah ke bawah,' ungkap Amalia.  

Selain dapat dirasakan langsung manfaatnya, hasil pembelajaran STEM siswa SMP Negeri 23 Bandung ini juga seringkali diikutkan pada ekspos karya pelajar, baik di tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Tidak puas hanya sampai di sini, Amalia ingin para siswa dapat mengemas penjernih air dalam wadah menarik, sehingga memiliki nilai ekonomis. 'Lumayan untuk pemasukan, membantu ekonomi keluarga mereka,' harap Amalia. 

(Sumber: Artikel berjudul 'Sebuah Kisah Praktik Baik Pendidikan STEM dari SMPN 23 Bandung', diunduh dari  https://edukasi.kompas.com/read/2018/12/20/10462921/sebuah-kisah-praktik-baik-pendidikan-stem-dari-smpn-23-bandung).  

 

kompetensi 6 level 1

Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta).

Uraian

Menurutmu, mungkinkah alat hasil praktik STEM siswa SMPN 23 diproduksi untuk kalangan banyak?

jawaban bisa bervariasi, tetapi diharapkan jawaban mayoritas adalah setuju.

 

kompetensi 7 level 1

Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Pilihan Ganda

Apa dampak bagi siswa SMPN 23 setelah berhasil melakukan penelitian praktik STEM?

A.      Mereka menjadi dikenal oleh banyak orang hingga tingkat nasional.

B.      Membantu meningkatkan ekonomi keluarga karena memiliki nilai ekonomis tinggi.

C.      Dapat dirasakan langsung manfaatnya dengan bahan-bahan yang murah dan efektif.

D.      Sering diikutkan dalam ekspos karya pelajar baik tingat kota hingga nasional. √

 

Untuk membuat informasi tersebut akurat, informasi apa yang perlu ditambahkan oleh penulis?

A.    komentar siswa yang ikut penelitian √

B.     komentar guru dan kepala sekolah

C.     kesan pengunjung ekspos karya pelajar

D.    kesan orang tua peserta penelitian

 

Alasan Amalia memilih menggunakan ziolit, pasir aktif, dan filter akuarium adalah ....

A.      bahan mudah dicari

B.      bahan lumayan murah

C.      mudah dibuat

D.      efektif hasilnya √

 

Apa yang mendorong siswa SMPN 23 melakukan percobaan praktik STEM?

A.      Air sekolah yang kotor.

B.      Keprihatinan krisis air bersih. √

C.      Air sekolah berbau besi sehingga tidak bisa dipakai.

D.      Sumur resapan warnanya kuning dan keruh. 

 

https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/akm/soal?j=3&l=4&s=247

.

0 Response to "contoh soal AKM teks informasi untuk pembelajaran level 1 kelas 7 dan 8"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel