contoh soal AKM teks informasi untuk pembelajaran level 1 kelas 7 dan 8. - POJOK IPA -->

Pages

contoh soal AKM teks informasi untuk pembelajaran level 1 kelas 7 dan 8.

 

contoh soal AKM teks informasi untuk pembelajaran level 1 kelas 7 dan 8.

 

kompetensi 5 level 1

Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

 

Soal Pilihan Ganda

 

Perhatikan pakta berikut!

“Sekitar 20,1 juta anak di bawah usia 2 tahun di Indonesia, mengalami stunting.”

Pernyataan yang sesuai dengan kutipan teks tersebut adalah ....

A.      Stunting terjadi pada anak-anak bukan orang dewasa.

B.       Perlunya pencegahan stunting dimulai sejak dini.

C.       Terjadinya stunting di usia dini akan memiliki IQ rendah.

D.      Anak stunting ketika dewasa mudah menjadi kegemukan.

Kunci A

 

Soal Pilihan Ganda Kompleks

“Seorang yang mengalami keterlambatan terhadap perkembangan otak" Kesimpulan yang tepat dari pernyataan tersebut adalah ...

Pilihlah pernyataan yang benar sesuai dengan kutipan di atas!

Kamu dapat memilih lebih dari satu jawaban.

A.    Perkembangan fisik yang terhambat.

B.     Mengalami masalah stunting pada individu.

C.     Memiliki IQ yang tidak tinggi jika stunting.

D.    keseimbangan gizi saat dalam kandungan.

 

kompetensi 8 level 1

Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Pilihan Ganda Kompleks

Bisa pilih jawaban lebih dari satu!

Pendapat yang tepat mengenai kualitas data informasi yang tersaji di dalam infografis tersebut adalah ….

A.      Informasi sahih dari sumber yang mampu dipertanggungjawabkan. √

B.      Relevansi informasi dipertanyakan sebagai sumber di tahun 2020. √

C.      Penjelasan dari BKKBN tentang stunting bermanfaat bagi masyarakat.

D.      Cara mencegah stunting sangat lengkap dalam infografi tersebut.

a.

1 Pilihan Ganda Kompleks

 

Oleh: Mindy Paramita / Menur Adhiyasasti

Saat harus #dirumahaja kala Ramadan, semangat kita untuk berbagi harus tetap tinggi. Karena, Ramadan tak hanya sekadar membersihkan diri dengan menahan haus, lapar, dan hawa nafsu, tapi juga berlomba mendapat pahala yang berlipat ganda dalam melakukan hal yang positif, salah satunya dengan bersedekah atau berbagi.

 

Jika saat keadaan normal berbagi bisa dilakukan secara langsung, kali ini berbagi tetap bisa dilakukan walau sedang #dirumahaja. Apa saja, ya pilihannya?

Berbagi lewat aplikasi online

Ya, online adalah cara termudah untuk bisa bersedekah tanpa harus berinteraksi atau melakukan kontak saat kondisi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti saat ini. Ada banyak pilihan berbagi, mulai dari menolong mereka yang sedang dalam masa pengobatan penyakit lewat Kitabisa.com atau lewat lembaga penyalur zakat seperti Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa bagi mereka yang kurang mampu. Anda tinggal klik pilihan pada siapa Anda ingin mengirimkan bantuan dan situs akan memberikan nomor rekening. Anda pun kemudian akan mendapat laporan pertanggungjawaban saluran donasi.

Mengirimkan makanan pada tetangga atau warga sekitar

Berbagi tak harus pada mereka yang kurang mampu, kita juga bisa saling berbagi dengan tetangga atau warga sekitar rumah. Bagaimana caranya? Jika kita memasak, lebihkan sedikit untuk berbagi. Jika kita memesan makanan secara online, mungkin memesan lebih dari satu bisa menjadi pilihan. Saat mengantar, tetap perhatikan syarat PSBB dengan berjaga jarak dan menggunakan masker. Atau jika Anda memesan secara online, Anda bisa langsung mengirimkan langsung ke alamat penerima. Tak ada alasan untuk tidak beramal salih di bulan baik.

Keranjang berbagi untuk mereka yang membutuhkan

Nah, ini cara baru yang lebih variatif dan marak dilakukan saat PSBB. Beberapa rumah sudah memberlakukan keranjang berbagi. Apa itu? Keranjang berbagi adalah tempat Anda menaruh makanan atau alat pembersih (seperti hand sanitizer, masker, tisue basah, atau disinfektan) yang bisa diambil oleh mereka yang membutuhkan. Bisa ditaruh di teras rumah Anda, atau di pos satpam komplek rumah. Mereka (penghuni komplek juga Anda) bisa menaruh apa saja di dalam kotak atau keranjang, untuk kemudian boleh diambil oleh siapapun (baik ojek online atau mereka yang kurang mampu). 



 
kompetensi 9 level 1
Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimilikinya yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

 

Perhatikan pernyataan berikut!

Pada masa pandemi Covid 19 ini banyak karyawan yang mengalami pemotongan gaji tiap bulan bahkan dikeluarkan dari tempat kerja (kantor). Andai salah satu dari saudara kalian mengalami kejadian di PHK dari kantor dan memilih untuk membuat makanan ringan untuk dipasarkan. Pendapatan hasil pemasaran tidak sebaik saat saudara kalian bekerja di kantor.

Penilaian informasi yang tepat untuk pembaca yang akan membantu orang lain dari rumah adalah ....

 

1.      Pembaca mendapatkan memilih cara menyalurkan bantuan sesuai kebutuhan sehingga informasi tersebut bermanfaat.

2.      Pembaca kurang mendapatkan informasi tentang bagaimana cara menyalurkan bantuan lewat applikasi.

3.      Informasi tersebut bermanfaat bagi yang belum pernah membantu dan dapat menggugah hati pembaca untuk mau membantu sesama.

 

Jawab : Benar-Benar-Salah

https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/akm/soal?j=3&l=4&s=296

 

Bacalah teks di bawah ini!

 Di perkotaan, anak-anak dengan mudah dapat bersekolah sampai jenjang pendidikan yang setinggi-tingginya. Namun, tidak demikian bagi anak-anak yang berada di pedesaan dan di pelosok negeri.

Simak tiga cuplikan berikut dari Buku Laskar Pelangi, yang ditulis oleh Andrea Hirata. Buku ini berkisah tentang anak-anak dari keluarga penambang yang miskin di Pulau Belitong. Mereka sekolah di sebuah sekolah dasar yang gedungnya sudah tidak layak pakai. Ketiga cuplikan ini merupakan bagian awal cerita. Menariknya, Andrea Hirata langsung menyuguhkan konflik seputar persoalan pendidikan yang ada di negeri ini.

Teks 1:

“Hari itu adalah hari yang agak penting: hari pertama masuk SD. Di ujung bangku-bangku panjang tadi ada sebuah pintu terbuka. Kosen pintu itu miring karena seluruh bangunan sekolah sudah doyong seolah akan roboh.”

(Sumber: Bab 1, halaman 1, Buku Laskar Pelangi, Andrea Hirata, diterbitkan oleh Penerbitan Bentang, 2008)

Teks 2:

“Aku cemas … karena beban perasaan  ayahku menjalar ke sekujur tubuhku …. Aku tahu beliau sedang gugup dan aku maklum bahwa tak mudah bagi seorang pria berusia empat puluh tujuh tahun, seorang buruh tambang yang beranak banyak dan bergaji kecil, untuk menyerahkan anak laki-lakinya ke sekolah. Lebih mudah menyerahkannya pada tauke pasar pagi untuk jadi tukang parut atau pada juragan pantai untuk menjadi kuli kopra agar dapat membantu ekonomi keluarga.”

(Sumber: Bab 1, halaman 2, Buku Laskar Pelangi, Andrea Hirata, diterbitkan oleh Penerbitan Bentang, 2008)

Teks 3:

“Keluarga Lintang berasal dari Tanjong Kelumpang, desa nun jauh di pinggir laut. Menuju ke sana harus melewati empat kawasan pohon nipah, tempat berawa-rawa yang dianggap seram …. Selain itu di sana juga tak jarang buaya sebesar pangkal pohon sagu melintasi jalan. Kampung pesisir itu secara geografis dapat dikatakan sebagai wilayah paling timur di Sumatra, daerah minus nun jauh masuk ke pedalaman Pulau Belitong.”

(Sumber: Bab 2, halaman 11 , Buku Laskar Pelangi, Andrea Hirata, diterbitkan oleh Penerbitan Bentang, 2008)

kompetensi 6 level 1

Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta).

Uraian

Dari teks 1, 2, dan 3 manakah yang mudah kamu pahami mengenai kondisi pendidikan di sebagian daerah di Indonesia.

Kunci : teks 1 karena digambarkan kondisi sekolah yang memprihatinkan.

https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/akm/soal?j=3&l=4&s=246

0 Response to "contoh soal AKM teks informasi untuk pembelajaran level 1 kelas 7 dan 8."

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel