Contoh Catatan Fakta Selama Pengamatan Penilaian Kinerja Guru (PKG) Pola 360 - POJOK IPA -->

Pages

Contoh Catatan Fakta Selama Pengamatan Penilaian Kinerja Guru (PKG) Pola 360

 

Catatan fakta

 

Nama Guru yang dinilai          :  . . . . . . . . . . . . . . .

Nama Penilai                           : . . . . . . . . . . . . . . . .

Catan selama pengamatan (B)

Tanggal :

29 September 2020

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Silabus, RPP, Presensi peserta didik, Daftar nilaii, perangkat penilaian, media pembelajaran, referensi guru, jurnal kegiatan pembelajaran

Hasil pengamatan :

1.    Guru mengucapkan salam

2.    Guru menyebutkan siswa

3.    Guru menanyakan kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran

4.    Guru meminta siswa berdiri untuk mengikuti ice breaking

5.    Guru menyiapkan siswa untuk menyiapkan buku pelajaran IPA

6.    Guru memberikan apersepsi tentang materi Hukum I dan II Newton melalui video pembelajaran

7.    Guru meminta siswa untuk memperhatikan video pembelajaran

8.    Guru bertanya kepada siswa gaya apa saja yang bekerja pada saat roket hendak meluncur

9.    Guru meminta siswa untuk membuktikan hukum I Newton dengan menarik kertas di bawah gelas yang berisi air, namun air jangan sampai tumpah

10.Guru meminta siswa bertepuk tangan untuk siswa yang benar melakukannya

11.Guru menjelaskan tujuan pembelajaran

12.Guru menjelaskan tentang Hukum I dan II Newton

13.Guru memaparkan Hukum I dan II Newton

14.Guru memberikan contoh peristiwa yang berkaitan dengan Hukum I dan II Newton

15.Guru meminta siswa melihat gambar yang ada pada slide

16.Guru memotifasi siswa untuk berani bertanya

17.Guru bertanya kepada siswa tentang jenis-jenis bunyi Hukum Newton

18.Guru memberikan soal terkait Hukum I dan II Newton

19.Siswa menjawab soal yang dilontarkan oleh guru

20.Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok

21.Guru meminta siswa berhitung satu sampai delapan untuk pembentukan kelompok

22.Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya (masing-masing kelompok terdapat empat anak dan terdiri delapan kelompok)

23.Guru membagi LDS kepada setiap kelompok

24.Guru meminta anak mendiskusikan lembar diskusi yang diberikan

25.Salah satu siswa bertanya mengenai Langkah kerja dalam diskusi

26.Guru menjelaskan Langkah demi Langkah dalam diskusi kelompok

27.Guru menekankan kepada siswa untuk bekerja sama dan kompak dalam kelompoknya

28.Guru memberi waktu 5 menit untuk berdiskusi

29.Guru membimbing seluruh kelompok dalam diskusi

30.Guru meminta siswa mengangkat kertas untuk menunjukkan hasil diskusi

31.Siswa melaksanakan perintah guru

32.Ada tiga kelompok yang belum selesai diskusinya

33.Guru berkeliling untuk mengecek hasil diskusi

34.Guru meminta siswa yang belum jelas untuk bertanya

35.Guru meminta sekali lagi untuk masing-masing kelompok mengangkat kertas hasil diskusinya

36.Guru menegur siswa yang mengganggu temannya dengan nada yang halus

37.Guru menegur siswa yang tidak mau terlibat aktif dalam proses belajar dengan Bahasa yang sopan

38.Guru meminta salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi

39.Salah satu siswa dari perwakilan kelompok membacakan hasil diskusi mereka

40.Guru meminta kelompok lain untuk memperhatikan Ketika ada salah satu kelompok sedang presentasi di depan kelas

41.Guru meminta siswa bertepuk tangan untuk menghargai kelompok yang selesai presentasi

42.Guru meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil presentasi kelompok yang sedang berpresentasi

43.Guru meminta siswa untuk bertepuk tangan untuk semuanya baik yang maju maupun yang menanggapinya

44.Setelah masing-masing kelompok selesai mempresentasikan, guru mengoreksi jawaban mereka.

45.Guru meminta siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok

46.Siswa Kembali ke tempat duduk semula

47.Guru membagikan kertas yang berisi soal Latihan

48.Guru meminta siswa menyelesaikan dalam waktu 15 menit

49.Guru melatih siswa berfikir kritis dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan hasil diskusi

50.Guru memuji setiap kali ada siswa melakukan hal-hal yang bermanfaat atau memecahkan suatu permasalahan

51.Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk saling bertanya jawab dalam diskusi

52.Guru memberi kesempatan siswa untuk memperbaiki jawaban yang masih salah

53.Guru melatih siswa untuk berkomunikais dan lebih percaya diri dalam setiap sikap dan Tindakan

54.Guru mengkonfirmasi hasil diskusi siswa

55.Guru memberikan pujian kepada kelompok yang bekerja dengan baik

56.Guru merefleksi apa yang sudah diberikan

57.Guru mengajak siswa membuat rangkuman tentang materi system gerak pada manusia

58.Guru bertanya tentang pelajaran yang sudah diberikan apakah menyenangkan atau tidak

59.Guru memberikan evaluasi singkat untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa

60.Guru memberikan tugas rumah tentang system gerak pada manusia

61.Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan terimakasih dan mengakhiri dengan salam

62.Guru mengakhiri pembelajaran tepat waktu

 

0 Response to "Contoh Catatan Fakta Selama Pengamatan Penilaian Kinerja Guru (PKG) Pola 360"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel