Contoh Catatan Fakta Selama Pengamatan Penilaian Kinerja Guru (PKG) Pola 360
Catatan fakta
Nama Guru yang dinilai : . . . . . . . . . . . . . . .
Nama Penilai : . . . . . . . . . . . . . . . .
Catan
selama
pengamatan (B)
Tanggal : |
29 September 2020 |
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa |
Silabus, RPP, Presensi peserta didik, Daftar nilaii, perangkat
penilaian, media pembelajaran, referensi guru, jurnal kegiatan pembelajaran |
Hasil pengamatan : 1. Guru
mengucapkan salam 2. Guru
menyebutkan siswa 3. Guru menanyakan
kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran 4. Guru meminta
siswa berdiri untuk mengikuti ice breaking 5. Guru
menyiapkan siswa untuk menyiapkan buku pelajaran IPA 6. Guru
memberikan apersepsi tentang materi Hukum I dan II Newton melalui video pembelajaran 7. Guru meminta
siswa untuk memperhatikan video pembelajaran 8. Guru bertanya
kepada siswa gaya apa saja yang bekerja pada saat roket hendak meluncur 9. Guru meminta
siswa untuk membuktikan hukum I Newton dengan menarik kertas di bawah gelas
yang berisi air, namun air jangan sampai tumpah 10.Guru meminta
siswa bertepuk tangan untuk siswa yang benar melakukannya 11.Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran 12.Guru
menjelaskan tentang Hukum I dan II Newton 13.Guru
memaparkan Hukum I dan II Newton 14.Guru memberikan
contoh peristiwa yang berkaitan dengan Hukum I dan II Newton 15.Guru meminta
siswa melihat gambar yang ada pada slide 16.Guru
memotifasi siswa untuk berani bertanya 17.Guru bertanya
kepada siswa tentang jenis-jenis bunyi Hukum Newton 18.Guru
memberikan soal terkait Hukum I dan II Newton 19.Siswa menjawab
soal yang dilontarkan oleh guru 20.Guru meminta
siswa untuk membentuk kelompok 21.Guru meminta
siswa berhitung satu sampai delapan untuk pembentukan kelompok 22.Siswa duduk
sesuai dengan kelompoknya (masing-masing kelompok terdapat empat anak dan
terdiri delapan kelompok) 23.Guru membagi
LDS kepada setiap kelompok 24.Guru meminta
anak mendiskusikan lembar diskusi yang diberikan 25.Salah satu
siswa bertanya mengenai Langkah kerja dalam diskusi 26.Guru
menjelaskan Langkah demi Langkah dalam diskusi kelompok 27.Guru
menekankan kepada siswa untuk bekerja sama dan kompak dalam kelompoknya 28.Guru memberi
waktu 5 menit untuk berdiskusi 29.Guru
membimbing seluruh kelompok dalam diskusi 30.Guru meminta
siswa mengangkat kertas untuk menunjukkan hasil diskusi 31.Siswa
melaksanakan perintah guru 32.Ada tiga
kelompok yang belum selesai diskusinya 33.Guru
berkeliling untuk mengecek hasil diskusi 34.Guru meminta
siswa yang belum jelas untuk bertanya 35.Guru meminta
sekali lagi untuk masing-masing kelompok mengangkat kertas hasil diskusinya 36.Guru menegur
siswa yang mengganggu temannya dengan nada yang halus 37.Guru menegur
siswa yang tidak mau terlibat aktif dalam proses belajar dengan Bahasa yang
sopan 38.Guru meminta
salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi 39.Salah satu
siswa dari perwakilan kelompok membacakan hasil diskusi mereka 40.Guru meminta
kelompok lain untuk memperhatikan Ketika ada salah satu kelompok sedang
presentasi di depan kelas 41.Guru meminta
siswa bertepuk tangan untuk menghargai kelompok yang selesai presentasi 42.Guru meminta
kelompok lain untuk menanggapi hasil presentasi kelompok yang sedang
berpresentasi 43.Guru meminta
siswa untuk bertepuk tangan untuk semuanya baik yang maju maupun yang
menanggapinya 44.Setelah masing-masing
kelompok selesai mempresentasikan, guru mengoreksi jawaban mereka. 45.Guru meminta
siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok 46.Siswa Kembali
ke tempat duduk semula 47.Guru
membagikan kertas yang berisi soal Latihan 48.Guru meminta
siswa menyelesaikan dalam waktu 15 menit 49.Guru melatih
siswa berfikir kritis dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan hasil diskusi 50.Guru memuji
setiap kali ada siswa melakukan hal-hal yang bermanfaat atau memecahkan suatu
permasalahan 51.Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk saling bertanya jawab dalam diskusi 52.Guru memberi
kesempatan siswa untuk memperbaiki jawaban yang masih salah 53.Guru melatih
siswa untuk berkomunikais dan lebih percaya diri dalam setiap sikap dan
Tindakan 54.Guru
mengkonfirmasi hasil diskusi siswa 55.Guru
memberikan pujian kepada kelompok yang bekerja dengan baik 56.Guru
merefleksi apa yang sudah diberikan 57.Guru mengajak
siswa membuat rangkuman tentang materi system gerak pada manusia 58.Guru bertanya
tentang pelajaran yang sudah diberikan apakah menyenangkan atau tidak 59.Guru
memberikan evaluasi singkat untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa 60.Guru
memberikan tugas rumah tentang system gerak pada manusia 61.Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan terimakasih dan mengakhiri dengan salam 62.Guru mengakhiri
pembelajaran tepat waktu |
0 Response to "Contoh Catatan Fakta Selama Pengamatan Penilaian Kinerja Guru (PKG) Pola 360"
Post a Comment