Contoh Catatan Fakta Sebelum dan Setelah Pengamatan Penilaian Kinerja Guru (PKG) pola 360 - POJOK IPA -->

Pages

Contoh Catatan Fakta Sebelum dan Setelah Pengamatan Penilaian Kinerja Guru (PKG) pola 360

 

Catatan fakta

 

Nama Guru yang dinilai          : . . . . . . . . . . . . 

Nama Penilai                            . . . . . . . . . . . .

Catan sebelum pengamatan (A)

Tanggal :

28 September 2020

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Prota, promes, Silabus, RPP, Daftar nilaii, bahan ajar, dokumen catatan peserta didik

Hasil pengamatan :

1.       Guru mempunyai daftar nama dan mengetahui karakter peserta didik

2.       Guru mempunyai daftar peserta didik yang aktif dan kurang aktif dalam pembelajaran

3.       Guru mempunyai catatan kerawanan, dan memahami kejadian luar biasa pada peserta didik serta cara mengatasi

4.       Guru berusaha menyusun program dan soal-soal ulangan harian, remidi, dan pengayaan

5.       Guru menganalisis secara kwantitatif hasil penilaian

6.       Guru mempunyai catatan prestasi peserta didik yang mengalami kelemahan fisik

7.       Guru menyusun silabus, RPP, Program penilaian

8.       Guru menguasai berbagai teknik, strategi dan metode pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran

9.       Guru menguasai materi pelajaran

10.    Guru belum selalu menuliskan tujuan pembelajaran

11.    Guru mempunyai sumber dan bahan ajar sebagai referensi

12.    Guru memiliki soal-soal evaluasi

13.    Guru memiliki pemetakan SK dan KD

14.    Guru memiliki RPP dengan Langkah-langkah pembelajaran yang jelas dan menggunakan metode yang fariatif (ceramah, tanya jawab, eksperimen, diskusi, observasi)

15.    Guru menguasai berbagai metode pembelajaran

16.    Guru belum memiliki data cara belajar dan pemetakan belajar peserta didik

17.    Guru belum memiliki instrumen dan hasil penilaian yang sesuai dengan cara belajar peserta didik

18.    Guru belum memiliki catatan khusus kesulitan belajar setiap peserta didik

19.    Guru menghargai peserta didik dan bersikap adil

20.    Guru berperilaku baik untuk menceritakan nama baik sekolah

21.    Guru memberi kesempatan peserta didik untuk bertanya

22.    Guru memberikan kesempatan orang tua murid untuk mengetahui perkembangan putra / putrinya

23.    Guru mempunyai pandangan yang luas dan tidak membedakan agama dan budaya

24.    Guru menghormati teman yang berbeda agama / keyakinan

25.    Guru bekerja sama dengan teman sejawat tanpa membedakan suku dan agama

26.    Guru aktif mengikuti upacara hari besar nasional

27.    Guru menginformasikan hasil ulangan terakhir nama 4 peserta didik, (Alya, Desiana, Dzaki, Seno)

28.    Guru menginformasikan karakteristik nama 4 peserta didik (aktif, pendiam, pemalu, dll).

29.    Guru meninformasikan satu nama peserta didik dengan karakteristik tertentu, dan bagaimana cara mengembangkannya.

30.    Guru menginformasikan satu nama peserta didik yang memiliki kelemahan tertentu, dan bagai mana cara mengatasinya.

31.    Guru memiliki catatan peserta didik yang mempunyai kelainan fisik tertentu, dan bagaimana memastikan bahwa pesrta didik dapat belajar dengan baik.

32.    Guru menginformasikan kejadian luar biasa dalam keluarga peserta didik (sakit, kematian keluarga, dsb), dampak dan cara mengatasinya.

33.    Guru memiliki catatan peserta didik yang sering mengganggu peserta didik lainnya, bagaimana cara mengatasinya.

34.    Guru menginformasikan karakteristik umum kelas yang diajarnya (rata-rata memiliki peserta didik yang cerdas, kreatif, rata-rata baik dalam mata pelajaran tertentu).

Catatan fakta

 

Nama Guru yang dinilai          : . . . . . . . . . . . . .

Nama Penilai                           : . . . . . . . . . . . . . .

Catan setelah pengamatan (C)

Tanggal :

30 September 2020

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Silabus, RPP, Presensi peserta didik, Daftar nilaii, perangkat penilaian, media pembelajaran, referensi guru, jurnal kegiatan pembelajaran

Hasil pengamatan :

1.    Pengaturan tempat duduk sudah baik

2.    Guru memotivasi peserta didik yang memiliki kekurangan fisik maupun akademik

3.    Guru memberi kesempatan kepada siswa siswa untuk menguasai materi pelajaran sesuai usia dan kemampuan

4.    Guru berusaha mengarahkan peserta didik yang suka mengganggu temannya untuk lebih memperhatikan pelajaran

5.    Guru mampu memanfaatkan teknologi informasi dengan menggunakan LCD dan slide power point

6.    Guru memanfaatkan hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk mengembangkan topik mata pelajaran berikutnya, sehingga pembelajaran berlangsung dengan baik

7.    Dokumentasi, administrasi pembelajaran sudah baik

8.    Kesalahan dan prilaku siswa yang negatif belum seluruhnya direspon guru dengan baik

9.    Guru melakukan pembimbingan secara efektif

10.Guru belum memetakkan kesulitan belajar dan cara belajar seluruh siswa

11.Guru perlu menyediakan alat pembelajaran yang memadahi dan mencukupi kebutuhan siswa sesuai jumlah siswa

12.Guru tidak banyak mendominasi pembicaraan

13.Guru lebih menekankan pada pembimbingan

14.Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya, berpendapat, dan berdiskusi

15.Guru mengembangkan kemampuan siswa untuk bertanya dan merespon dengan baik

16.Guru belum membuat analisis pencapaian ketuntasan setiap KD secara maksimal

17.Guru belum memiliki catatan khusu utnuk masukan balik dari teman sekerja dalam buku

18.Guru menghargai peserta didik dan bersikap adil

19.Guru bekerjasama dengan teman sejawat

20.Guru mau menerima masukan teman sejawat

21.Guru meminta teman sejawat untuk mengobservasi cara mengajarnya

22.Guru mendiskusikan materi pembelajaran dan berbagi pengetahuan


  

1 Response to "Contoh Catatan Fakta Sebelum dan Setelah Pengamatan Penilaian Kinerja Guru (PKG) pola 360"

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel