Contoh Catatan Fakta Sebelum dan Setelah Pengamatan Penilaian Kinerja Guru (PKG) pola 360
Catatan fakta
Nama Guru yang dinilai : . . . . . . . . . . . .
Nama Penilai : . . . . . . . . . . . .
Catan
sebelum pengamatan (A)
Tanggal : |
28 September 2020 |
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa |
Prota, promes,
Silabus, RPP, Daftar nilaii, bahan ajar, dokumen catatan peserta didik |
Hasil pengamatan : 1.
Guru mempunyai daftar nama dan mengetahui karakter
peserta didik 2.
Guru mempunyai daftar peserta didik yang aktif dan
kurang aktif dalam pembelajaran 3.
Guru mempunyai catatan kerawanan, dan memahami kejadian luar biasa pada
peserta didik serta cara mengatasi 4.
Guru berusaha menyusun program dan soal-soal ulangan harian, remidi, dan
pengayaan 5.
Guru menganalisis secara kwantitatif hasil penilaian 6.
Guru mempunyai catatan prestasi peserta didik yang mengalami kelemahan
fisik 7.
Guru menyusun silabus, RPP, Program penilaian 8.
Guru menguasai berbagai teknik, strategi dan metode pembelajaran sesuai
dengan tujuan pembelajaran 9.
Guru menguasai materi pelajaran 10.
Guru belum selalu menuliskan tujuan pembelajaran 11.
Guru mempunyai sumber dan bahan ajar sebagai
referensi 12.
Guru memiliki soal-soal evaluasi 13.
Guru memiliki pemetakan SK dan KD 14.
Guru memiliki RPP dengan Langkah-langkah
pembelajaran yang jelas dan menggunakan metode yang fariatif (ceramah, tanya
jawab, eksperimen, diskusi, observasi) 15.
Guru menguasai berbagai metode pembelajaran 16.
Guru belum memiliki data cara belajar dan
pemetakan belajar peserta didik 17.
Guru belum memiliki instrumen dan hasil penilaian yang sesuai dengan cara
belajar peserta didik 18.
Guru belum memiliki catatan khusus kesulitan belajar setiap peserta didik 19.
Guru menghargai peserta didik dan bersikap adil 20.
Guru berperilaku baik untuk menceritakan nama baik sekolah 21.
Guru memberi
kesempatan peserta didik untuk bertanya 22.
Guru memberikan kesempatan orang tua murid untuk mengetahui
perkembangan putra / putrinya 23.
Guru mempunyai pandangan yang luas dan tidak
membedakan agama dan budaya 24.
Guru menghormati teman yang berbeda agama /
keyakinan 25.
Guru bekerja sama dengan teman sejawat tanpa
membedakan suku dan agama 26.
Guru aktif mengikuti upacara hari besar nasional 27.
Guru menginformasikan hasil ulangan terakhir nama 4 peserta didik, (Alya, Desiana, Dzaki, Seno) 28.
Guru menginformasikan karakteristik nama 4 peserta didik (aktif, pendiam,
pemalu, dll). 29.
Guru meninformasikan satu nama peserta didik dengan karakteristik
tertentu, dan bagaimana cara mengembangkannya. 30.
Guru menginformasikan satu nama peserta didik yang memiliki kelemahan
tertentu, dan bagai mana cara mengatasinya. 31.
Guru memiliki catatan peserta
didik yang mempunyai kelainan fisik tertentu, dan bagaimana memastikan bahwa
pesrta didik dapat belajar dengan baik. 32.
Guru menginformasikan kejadian
luar biasa dalam keluarga peserta didik (sakit, kematian keluarga, dsb),
dampak dan cara mengatasinya. 33.
Guru memiliki catatan peserta
didik yang sering mengganggu peserta didik lainnya, bagaimana cara
mengatasinya. 34.
Guru menginformasikan
karakteristik umum kelas yang diajarnya (rata-rata memiliki peserta didik
yang cerdas, kreatif, rata-rata baik dalam mata pelajaran tertentu). |
Catatan fakta
Nama Guru yang dinilai : . . . . . . . . . . . . .
Nama
Penilai : . . . . . . . . . . . . . .
Catan
setelah
pengamatan (C)
Tanggal : |
30 September 2020 |
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa |
Silabus, RPP, Presensi peserta didik, Daftar nilaii, perangkat
penilaian, media pembelajaran, referensi guru, jurnal kegiatan pembelajaran |
Hasil pengamatan : 1. Pengaturan
tempat duduk sudah baik 2. Guru memotivasi
peserta didik yang memiliki kekurangan fisik maupun akademik 3. Guru memberi
kesempatan kepada siswa siswa untuk menguasai materi pelajaran sesuai usia
dan kemampuan 4. Guru berusaha
mengarahkan peserta didik yang suka mengganggu temannya untuk lebih memperhatikan
pelajaran 5. Guru mampu
memanfaatkan teknologi informasi dengan menggunakan LCD dan slide power point 6. Guru
memanfaatkan hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk mengembangkan
topik mata pelajaran berikutnya, sehingga pembelajaran berlangsung dengan
baik 7. Dokumentasi,
administrasi pembelajaran sudah baik 8. Kesalahan dan
prilaku siswa yang negatif belum seluruhnya direspon guru dengan baik 9. Guru melakukan
pembimbingan secara efektif 10.Guru belum
memetakkan kesulitan belajar dan cara belajar seluruh siswa 11.Guru perlu
menyediakan alat pembelajaran yang memadahi dan mencukupi kebutuhan siswa
sesuai jumlah siswa 12.Guru tidak
banyak mendominasi pembicaraan 13.Guru lebih
menekankan pada pembimbingan 14.Guru
memberikan kesempatan siswa untuk bertanya, berpendapat, dan berdiskusi 15.Guru
mengembangkan kemampuan siswa untuk bertanya dan merespon dengan baik 16.Guru belum
membuat analisis pencapaian ketuntasan setiap KD secara maksimal 17.Guru belum
memiliki catatan khusu utnuk masukan balik dari teman sekerja dalam buku 18.Guru
menghargai peserta didik dan bersikap adil 19.Guru
bekerjasama dengan teman sejawat 20.Guru mau
menerima masukan teman sejawat 21.Guru meminta
teman sejawat untuk mengobservasi cara mengajarnya 22.Guru
mendiskusikan materi pembelajaran dan berbagi pengetahuan |
Bagaimana cara downloadnya ,kok gak bisa
ReplyDelete