ANALISIS KI-KD IPA KELAS 9 - POJOK IPA -->

Pages

ANALISIS KI-KD IPA KELAS 9


ANALISIS SKL, KI-KD, INDIKATOR , DAN INSPIRASI PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN: IPA
                                                 KELAS/ SEMESTER: IX/2


SKL
KI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Teknik Penilaian
DIMENSI PENGETAHUAN
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual ,prosedural dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan:
1. ilmu pengetahuan, 2. teknologi, 3. seni, dan 4. budaya .
Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional
KOMPETENSI PENGETAHUAN
    

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.6    
Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet, termasuk dalam kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi

3.1.1         Menjelaskan pengertian magnet.
3.1.2         Membedakan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
3.1.3         Menyebutkan contoh feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
3.1.4         Menjelaskan 3 cara membuat magnet.
3.1.5         Menjelaskan 3 cara menghilangkan sifat magnet.
3.1.6         Menjelaskan teori kemagnetan bumi.
3.1.7         Menyebutkan contoh-contoh penerapan Gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.8         Menjelaskan prinsip kerja contoh-contoh penerapan Gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.9         Menjelaskan prinsip induksi elektromagnetik.
3.1.10     Menyebutkan contoh-contoh penerapan induksi elektromagnetik  dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.11     Menjelaskan prinsip kerja contoh-contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.12     Mengamati  berbagai  bentuk magnet dan berbagai produk yang memanfaatkan elektromagnet atau induksi elektromagnetik

·         Konsep kemagnetan
·         Induksi elektromagnetik
·         Pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari, termasuk pada navigasi/pergerakan hewan dalam mencari makanan dan migrasi
Mengamati
1.   Sebuah magnet dapat menarik benda-benda seperti besi, baja yang ada di sekitarnya.
2.   Jarum kompas yang digantung pada statif menggunakan benang.

Menanya
1.   Mengapa benda-benda seperti besi dan baja yang ada di sekitar magnet, dapat ditarik oleh magnet?
2.   Mengapa jarus kompas yang digantung pada statif menggunakan benang (bergerak bebas) selalu menujuk arah utara dan selatan bumi?
3.   Apakah penggunakan magnet dalam kehidupan sehari-hari?
4.   Apa hubungan antara hewan-hewan dengan listrik dalam mencari makan atau migrasi?

Eksperimen/explore
Melakukan eksperimen, sehingga menghasilkan data tentang:
1.   Sifat kemagnetan
2.   Electromagnet
3.   Induksi Elektromagnet
4.   Trafo, dynamo sepeda

Asosiasi
1.   Menganalisis data untuk menentukan sifat-sifat kemagnetan
2.   Menganalisis data untuk membuat kesimpulan bahwa di sekitar arus listrik terdapat medan magnet dan factor-faktor yang menentukan besarnya medan magnet.
3.   Menganalisis data untuk membuat kesimpulan bahwa di sekitar medan magnet terdapat arus listrik dan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya arus listrik yang dihasilkan.
4.   Menganalisis data untuk menentukan hubungan antara tegangan, jumlah lilitan dan kuat arus pada trafo.

Komunikasi
1.   Mempresentasikanhasilpercobaan
2.   Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsipelektro-magnetik (misalnyabellistrik dan induksi elektromagnetikmisalnyatrafosederhana)
·        
·      Tes tertulis, bentuk uraian
·      Penugasan


3.7. Menerap kan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia

3.1.1        Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.
3.1.2        Menjelaskan perbedaan prinsip dasar pengembangan bioteknologi konvensional dan modern.
3.1.3        Mengidentifikasi penerapan bioteknologi konvensional dalam memenuhi kebutuhan pangan di kehidupan sehari hari
3.1.4        Mengidentifikasi sumber-sumber agen bioteknologi dan produk yang dihasilkan
3.1.5        Mengidentifikasi penerapan bioteknologi modern atau memenuhi kebutuhan pangan di kehidupan sehari hari  
3.1.6        Menjelaskan prinsip rekayasa genetik dan hasilnya produk.
3.1.7 Menjelaskan keuntungan dan kerugian dari penerapan bioteknologi dalam bidang pangan

·      Bioteknologi konvensional
·      Bioteknologi modern
·      Penerapan bioteknologi modern
Mengamati :
·      Mengamati gambar, tayangan dan atau bacaan yang berhubungan dengan produksi pangan.
Menanya :
·      Apa saja produksi pangan itu ?
·      Mengapa kita bergantung pada produksi pangan?
·      Bagaimana menghasilkan produksi pangan?
·      Mengapa ada yang gagal panen?
Eksperimen/explore :
·      Melakukan stufi literatur tentang produksi padi dalam rangka usaha peningkatan hasil panen.
·      Alternatif lain berupa survey di lingkungan sekitar tentang produk pangan unggulan yang dihasilkan.
Asosiasi :
·      Mencari hubungan antara peningkatan produksi pangan dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
·      Mencatat produk pangan unggulan di sekitar dan menghubungkannya dengan perkembangan teknologi.
.
Komunikasi:
·      Diskusi kelompok untuk membahas hasil pengamatan.
·      Menyampaikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis dan dipresentasikan di depan kelas.

·      Tes tertulis
·      Penugasan


8   Menghubungkan konsep partikel materi(atom, ion,molekul),struktur zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalamkehidupan sehari-hari, sertadampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia
3.1.1        Mendeskripsikan atom, ion dan molekul
3.1.2.      Menjelaskan macam-macam sifat bahan
3.1.3.      Mendeskripsikan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan sifatnya
3.1.4.      .Mendeskripsikan pengaruh sifat bahan terhadap kesehatan

Konsep partikel materi

Mengamati
·       Mengamati benda-benda yang ada di sekitar baik benda hidup maupun benda mati. Semua benda-benda tersebut tersusun atas molekul-molekul. Kemudian mengamati  kapur tulis yang dihancurkan sampai menjadi butir-butir yang sangat halus, bahkan tidak bisa dilihat lagi oleh mata.
Menanya
1.        Disebut apakah bagian yang sangat kecil dari suatu zat?
2.        Bagaimana sifat bagian terkecil  dari benda (kapur) yang kita hancurkan tersebut dibandingkan sifat benda sebelum dihancurkan?
3.        Apa yang terjadi jika bagaian yang sangat kecil dari zat tersebut bersegekan dengan  udara atau dengan bagian benda yang lain?

Eksperimen/explore
Study literature tentang konsep atom, molekul di buku-buku refrentsi

Asosiasi
1.   Menganalisis data yang diperoleh dari literature sampai memperoleh kesimpulan tentang konsep atom, ion dan molekul.
2.   Menyimpulkan hasil analisis data tentang atom, ion dan molekul.

Komunikasi
1.   Mempresentasikan kesimpulan yang diperoleh dari analisis data, sehingga mampu membedakan karakteristik atom, ion, dan molekul berikut contoh-contohnya.
2.   Menggambarkan konfigurasi atom.

Tes tertulis
Penugasan


3.9.              Menghubungkan sifat fisikadan kimiatanah,organisme yang hidup
dalamtanah,dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupantermasuk sistem sonar pada hewan
3.9.1.      Mengidentifikasi sifat fisika, dan  kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan
3.9.2.       Mendeskripsikan peran organisme yangada di permukaan dan dalam tanah.
3.9.3.       Mengamati berbagai tekstur, lapisan-lapisan serta komponen-komponen tanah yang ada di lingkungan sekitar
3.9.4.       Mengidentifikasi komponen  penyusun tanah dan tingkat kesuburan tanah
3.9.5.      .Menjelaskan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupankecepatan gelombang

·       Sifat fisika dan kimia tanah
·       Peran organisme yang di permukaan dan di dalam tanah
·       Komponen-komponen tanah
·       Pentingnya tanah
Mengamati :
·      Mengamati gambar atau tayangan tentang tanah dan organisme yang hidup di dalamnya.
Menanya :
·      Apakah fungsi tanah ?
·      Organisme apa saja yang umum ditemukan di dalam tanah?
·      Apakah fungsi organisme tersebut di dalam tanah?
Eksperimen/explore :
·      Melalukan praktikum mengetahui peran Cacing tanah (Lubricus sp.) dalam proses pembusukkan bahan organik.  Cacing tanah diletakkan dalam wadah kaca transparan (bekas akuarium kecil)  yang di dalamnya terdapat tanah dan potongan kecil sampah organik.  Sebagai kontrol digunakan wadah dengan isi yang sama namun tidak dimasukkan cacing tanah.
Asosiasi :
·      Mencatat data pengamatan bentuk/tekstur dan kondisi tanah yang dicampur dengan bahan sampah organik setiap 3 hari sekali selama 40 hari.
·      Data pengamatan diolah dalam bentuk tabel perbandingan antara wadah yang dimasukkan cacing ke dalamnya dengan wadah kontrol.
·      Menyimpulkan pengaruh/peran cacing dalam proses pembusukkan bahan organik (pupuk kompos) .
Komunikasi:
·      Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan. Menyampaikan hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis dan dipresentasikan di depan kelas.
·      Menginformasikan lebih lanjut tentang peran organisme lainnya didalam tanah serta peran tanah dalam kehidupan.

Tes Tertulis


3.10 Menganalisis proses dan produk
teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan
3.10.1.       Menjelaskan tentang teknologi ramah lingkungan.
3.10.2.       Mendeskripsikan tentang produk-produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan.
3.10.3.       Mengamati produk dan fungsi teknologi ramah lingkungan
Teknologi ramah lingkungan
Produk teknologi ramah lingkungan

Mengamati :
Mengamati tayangan tentang proses hingga menjadi produk dari teknologi ramah lingkungan.  Misalnya produk pertanian organik, biodisel.
Menanya :
·      Apa yang dimaksud dengan teknologi ramah lingkungan?
·      Syarat apa saja yang menentukan sebuah teknologi dimasukkan ke dalam kelompok  ramah lingkungan?
·      Apasajacontoh proses danprodukteknologiramahlingkungan?

Eksperimen/explore :
Studi literatur tentang proses dan produk teknologi ramah lingkungan dari buku maupun sumber referensi lainnya.

Asosiasi :
·      Menganalisis data yang diperoleh dari literatur hingga memperoleh kesimpulan proses dan produk teknologi ramah lingkungan.
·      Memerikan contoh-contoh proses dan produk teknologi ramah lingkungan dan yang tidak ramah lingkungan.

Komunikasi :
Mempresentasikan hasil studi literatur di depan kelas tentang proses dan produk teknologi ramah lingkungan.

Tes tertulis

4.  Ketrampilan            Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.6. Membuat karyasederhanayang memanfaatkan prinsip
elektromagnet dan/atau induksi elektromagnetik
4.6.1. Membuat karyasederhanayang memanfaatkan prinsip
elektromagnet dan/atau induksi elektromagnetik
Induksi elektromagnetik
Membuat generator sederhana
Produk


4.7  Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar
4.7.1        Membuat produk pangan dengan menggunakan bioteknologi konvensional.
4.7.2        Menyajika hasil produk pangan dengan menggunakan bioteknologi konvensional


Bioteknologi konvensional
Praktik membuat Yogurt
Produk


4.8. Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan
sehari-haripenerapannya dalam menjaga kesehatan diri
4.8.1        Membuat laporan hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari.
4.8.2.      Membuat karya sederhanan pemanfaatan sifat bahan dalam kehidupan sehari-hari
Sifat bahan
Pengamatan tentang sifat bahan dan pemanfaatannya
Membuat karya sederhana
Produk


4.9   Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan
pentingnyatanah bagikehidupan
4.9.1        Melakukan percobaan penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan peranan tanah bagi kehidupan.
4.9.2        Mengumpulkan informasi mengenai proses pembentukan tanah
4.9.3  Membuat  laporan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat dan pentingnya tanah bagi kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman
Tanah bagi kehidupan
Pengamatan sifat fisika dan kimia tanah
Menyusun laporan hasil pengamatan
Praktik
Produk


4.10 Menyajikan karya tentang proses
dan produk teknologi sederhana yang  ramah lingkungan
4.10.1    Mengumpulkan informasi mengenai proses dan produk teknologi ramah lingkungan yang ramah lingkungan.
4.10.2.  Membuat laporan hasil karya tentang proses dan produk teknologi sederhana yang ramah lingkungan dan mendiskusikanya dengan teman
Teknologi ramah lingkungan
Mendata contoh teknologi ramah lingkungan
Menyusun artikel yang berkaitan dengan salah satu teknologi ramah lingkungan yang dihasilkan.
Produk



 Bisa di download ANALISIS KI-KD IPA KLS 9 



Kunjungi Juga :





0 Response to "ANALISIS KI-KD IPA KELAS 9"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel