ANALISIS KI-KD IPA KELAS 9
ANALISIS SKL, KI-KD, INDIKATOR , DAN
INSPIRASI PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN: IPA
SKL
|
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Teknik Penilaian
|
DIMENSI PENGETAHUAN
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual
,prosedural dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana
berkenaan dengan:
1. ilmu pengetahuan, 2. teknologi, 3. seni, dan 4.
budaya .
Mampu
mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah,
masyarakat, dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional
|
KOMPETENSI PENGETAHUAN
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
3.6
Menerapkan konsep kemagnetan,
induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet, termasuk dalam
kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari
makanan dan migrasi
|
3.1.1
Menjelaskan pengertian magnet.
3.1.2
Membedakan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
3.1.3
Menyebutkan contoh feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
3.1.4
Menjelaskan 3 cara membuat magnet.
3.1.5
Menjelaskan 3 cara menghilangkan sifat magnet.
3.1.6
Menjelaskan teori kemagnetan bumi.
3.1.7
Menyebutkan contoh-contoh penerapan Gaya Lorentz dalam kehidupan
sehari-hari.
3.1.8
Menjelaskan prinsip kerja contoh-contoh penerapan Gaya Lorentz
dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.9
Menjelaskan prinsip induksi elektromagnetik.
3.1.10 Menyebutkan
contoh-contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.11 Menjelaskan
prinsip kerja contoh-contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan
sehari-hari.
3.1.12 Mengamati berbagai
bentuk magnet dan berbagai produk yang memanfaatkan elektromagnet atau
induksi elektromagnetik
|
·
Konsep
kemagnetan
·
Induksi
elektromagnetik
·
Pemanfaatan
medan magnet dalam kehidupan sehari-hari, termasuk pada navigasi/pergerakan
hewan dalam mencari makanan dan migrasi
|
Mengamati
1.
Sebuah magnet dapat menarik benda-benda seperti besi, baja
yang ada di sekitarnya.
2.
Jarum kompas yang digantung pada statif menggunakan benang.
Menanya
1.
Mengapa benda-benda seperti besi dan baja yang ada di sekitar
magnet, dapat ditarik oleh magnet?
2.
Mengapa jarus kompas yang digantung pada statif menggunakan
benang (bergerak bebas) selalu menujuk arah utara dan selatan bumi?
3.
Apakah penggunakan magnet dalam kehidupan sehari-hari?
4.
Apa hubungan antara hewan-hewan dengan listrik dalam mencari
makan atau migrasi?
Eksperimen/explore
Melakukan eksperimen, sehingga menghasilkan data tentang:
1.
Sifat kemagnetan
2.
Electromagnet
3.
Induksi Elektromagnet
4.
Trafo, dynamo sepeda
Asosiasi
1.
Menganalisis data untuk menentukan sifat-sifat kemagnetan
2.
Menganalisis data untuk membuat kesimpulan bahwa di sekitar
arus listrik terdapat medan magnet dan factor-faktor yang menentukan besarnya
medan magnet.
3.
Menganalisis data untuk membuat kesimpulan bahwa di sekitar
medan magnet terdapat arus listrik dan faktor-faktor yang mempengaruhi
besarnya arus listrik yang dihasilkan.
4.
Menganalisis data untuk menentukan hubungan antara tegangan,
jumlah lilitan dan kuat arus pada trafo.
Komunikasi
1. Mempresentasikanhasilpercobaan
2. Membuat
karya sederhana yang memanfaatkan prinsipelektro-magnetik (misalnyabellistrik dan induksi elektromagnetikmisalnyatrafosederhana)
·
|
·
Tes
tertulis, bentuk uraian
·
Penugasan
|
3.7. Menerap kan konsep
bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia
|
3.1.1
Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.
3.1.2
Menjelaskan perbedaan prinsip dasar pengembangan bioteknologi
konvensional dan modern.
3.1.3
Mengidentifikasi penerapan bioteknologi konvensional dalam
memenuhi kebutuhan pangan di kehidupan sehari hari
3.1.4
Mengidentifikasi sumber-sumber agen bioteknologi dan produk
yang dihasilkan
3.1.5
Mengidentifikasi penerapan bioteknologi modern atau memenuhi
kebutuhan pangan di kehidupan sehari hari
3.1.6
Menjelaskan prinsip rekayasa genetik dan hasilnya produk.
3.1.7 Menjelaskan keuntungan dan kerugian dari penerapan
bioteknologi dalam bidang pangan
|
·
Bioteknologi
konvensional
·
Bioteknologi
modern
·
Penerapan
bioteknologi modern
|
Mengamati
:
·
Mengamati gambar, tayangan dan atau bacaan yang berhubungan
dengan produksi pangan.
Menanya :
·
Apa saja produksi pangan itu ?
·
Mengapa kita bergantung pada produksi pangan?
·
Bagaimana menghasilkan produksi pangan?
·
Mengapa ada yang gagal panen?
Eksperimen/explore
:
·
Melakukan stufi literatur tentang produksi padi dalam rangka
usaha peningkatan hasil panen.
·
Alternatif lain berupa survey di lingkungan sekitar tentang
produk pangan unggulan yang dihasilkan.
Asosiasi :
·
Mencari hubungan antara peningkatan produksi pangan dengan
faktor-faktor yang mempengaruhinya.
·
Mencatat produk pangan unggulan di sekitar dan
menghubungkannya dengan perkembangan teknologi.
.
Komunikasi:
·
Diskusi kelompok untuk membahas hasil pengamatan.
·
Menyampaikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis
dan dipresentasikan di depan kelas.
|
·
Tes
tertulis
·
Penugasan
|
||
8 Menghubungkan
konsep
partikel materi(atom, ion,molekul),struktur zat
sederhana dengan
sifat
bahan yang digunakan dalamkehidupan
sehari-hari, sertadampak penggunaannya terhadap kesehatan manusia
|
3.1.1
Mendeskripsikan
atom, ion dan molekul
3.1.2. Menjelaskan macam-macam
sifat bahan
3.1.3. Mendeskripsikan
pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan sifatnya
3.1.4. .Mendeskripsikan
pengaruh sifat bahan terhadap kesehatan
|
Konsep
partikel materi
|
Mengamati
·
Mengamati benda-benda yang ada di sekitar baik benda hidup
maupun benda mati. Semua benda-benda tersebut tersusun atas molekul-molekul.
Kemudian mengamati kapur tulis yang
dihancurkan sampai menjadi butir-butir yang sangat halus, bahkan tidak bisa
dilihat lagi oleh mata.
Menanya
1.
Disebut apakah bagian yang sangat kecil dari suatu zat?
2.
Bagaimana sifat bagian terkecil dari benda (kapur) yang kita hancurkan
tersebut dibandingkan sifat benda sebelum dihancurkan?
3.
Apa yang terjadi jika bagaian yang sangat kecil dari zat
tersebut bersegekan dengan udara atau
dengan bagian benda yang lain?
Eksperimen/explore
Study literature tentang konsep atom, molekul di buku-buku
refrentsi
Asosiasi
1.
Menganalisis data yang diperoleh dari literature sampai
memperoleh kesimpulan tentang konsep atom, ion dan molekul.
2.
Menyimpulkan hasil analisis data tentang atom, ion dan
molekul.
Komunikasi
1.
Mempresentasikan kesimpulan yang diperoleh dari analisis data,
sehingga mampu membedakan karakteristik atom, ion, dan molekul berikut
contoh-contohnya.
2.
Menggambarkan konfigurasi atom.
|
Tes
tertulis
Penugasan
|
||
3.9.
Menghubungkan
sifat fisikadan kimiatanah,organisme yang
hidup
dalamtanah,dengan pentingnya
tanah untuk keberlanjutan kehidupantermasuk sistem sonar pada hewan
|
3.9.1. Mengidentifikasi sifat
fisika, dan kimia tanah, organisme
yang hidup dalam tanah, dan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan
3.9.2. Mendeskripsikan peran
organisme yangada di permukaan dan dalam tanah.
3.9.3. Mengamati berbagai
tekstur, lapisan-lapisan serta komponen-komponen tanah yang ada di lingkungan
sekitar
3.9.4. Mengidentifikasi
komponen penyusun tanah dan tingkat
kesuburan tanah
3.9.5. .Menjelaskan pentingnya
tanah untuk keberlanjutan kehidupankecepatan gelombang
|
·
Sifat
fisika dan kimia tanah
·
Peran
organisme yang di permukaan dan di dalam tanah
·
Komponen-komponen
tanah
·
Pentingnya
tanah
|
Mengamati
:
·
Mengamati gambar atau tayangan tentang tanah dan organisme
yang hidup di dalamnya.
Menanya :
·
Apakah fungsi tanah ?
·
Organisme apa saja yang umum ditemukan di dalam tanah?
·
Apakah fungsi organisme tersebut di dalam tanah?
Eksperimen/explore
:
·
Melalukan praktikum mengetahui peran Cacing tanah (Lubricus sp.) dalam proses pembusukkan
bahan organik. Cacing tanah diletakkan
dalam wadah kaca transparan (bekas akuarium kecil) yang di dalamnya terdapat tanah dan
potongan kecil sampah organik. Sebagai
kontrol digunakan wadah dengan isi yang sama namun tidak dimasukkan cacing
tanah.
Asosiasi :
·
Mencatat data pengamatan bentuk/tekstur dan kondisi tanah yang
dicampur dengan bahan sampah organik setiap 3 hari sekali selama 40 hari.
·
Data pengamatan diolah dalam bentuk tabel perbandingan antara
wadah yang dimasukkan cacing ke dalamnya dengan wadah kontrol.
·
Menyimpulkan pengaruh/peran cacing dalam proses pembusukkan
bahan organik (pupuk kompos) .
Komunikasi:
·
Diskusi kelompok untuk membahas hasil percobaan. Menyampaikan
hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis dan dipresentasikan di depan
kelas.
·
Menginformasikan lebih lanjut tentang peran organisme lainnya
didalam tanah serta peran tanah dalam kehidupan.
|
Tes
Tertulis
|
||
3.10 Menganalisis proses
dan
produk
teknologi ramah
lingkungan
untuk keberlanjutan
kehidupan
|
3.10.1. Menjelaskan tentang
teknologi ramah lingkungan.
3.10.2. Mendeskripsikan tentang
produk-produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan.
3.10.3. Mengamati produk dan
fungsi teknologi ramah lingkungan
|
Teknologi
ramah lingkungan
Produk
teknologi ramah lingkungan
|
Mengamati :
Mengamati tayangan tentang proses hingga menjadi produk dari
teknologi ramah lingkungan. Misalnya
produk pertanian organik, biodisel.
Menanya :
·
Apa yang dimaksud dengan teknologi ramah lingkungan?
·
Syarat apa saja yang menentukan sebuah teknologi dimasukkan ke
dalam kelompok ramah lingkungan?
·
Apasajacontoh proses
danprodukteknologiramahlingkungan?
Eksperimen/explore
:
Studi literatur tentang proses dan produk teknologi ramah
lingkungan dari buku maupun sumber referensi lainnya.
Asosiasi :
·
Menganalisis data yang diperoleh dari literatur hingga
memperoleh kesimpulan proses dan produk teknologi ramah lingkungan.
·
Memerikan contoh-contoh proses dan produk teknologi ramah
lingkungan dan yang tidak ramah lingkungan.
Komunikasi :
Mempresentasikan hasil studi literatur di depan kelas tentang
proses dan produk teknologi ramah lingkungan.
|
Tes
tertulis
|
||
4. Ketrampilan Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.6. Membuat karyasederhanayang memanfaatkan
prinsip
elektromagnet
dan/atau induksi elektromagnetik
|
4.6.1. Membuat karyasederhanayang
memanfaatkan prinsip
elektromagnet
dan/atau induksi elektromagnetik
|
Induksi
elektromagnetik
|
Membuat
generator sederhana
|
Produk
|
|
4.7 Membuat
salah satu produk
bioteknologi konvensional
yang ada di lingkungan sekitar
|
4.7.1
Membuat produk pangan
dengan menggunakan bioteknologi konvensional.
4.7.2
Menyajika
hasil produk pangan dengan menggunakan bioteknologi konvensional
|
Bioteknologi
konvensional
|
Praktik
membuat Yogurt
|
Produk
|
||
4.8.
Menyajikan
hasil penyelidikan
tentang
sifat
dan pemanfaatan
bahan dalam kehidupan
sehari-haripenerapannya dalam
menjaga kesehatan diri
|
4.8.1
Membuat
laporan hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam
kehidupan sehari-hari.
4.8.2. Membuat karya
sederhanan pemanfaatan sifat bahan dalam kehidupan sehari-hari
|
Sifat
bahan
|
Pengamatan
tentang sifat bahan dan pemanfaatannya
Membuat
karya sederhana
|
Produk
|
||
4.9 Menyajikan hasil penyelidikan
tentang
sifat-sifat
tanah dan
pentingnyatanah bagikehidupan
|
4.9.1
Melakukan
percobaan penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan peranan tanah bagi
kehidupan.
4.9.2
Mengumpulkan
informasi mengenai proses pembentukan tanah
4.9.3 Membuat
laporan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat dan pentingnya tanah
bagi kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman
|
Tanah
bagi kehidupan
|
Pengamatan
sifat fisika dan kimia tanah
Menyusun
laporan hasil pengamatan
|
Praktik
Produk
|
||
4.10 Menyajikan
karya tentang
proses
dan produk
teknologi sederhana
yang ramah
lingkungan
|
4.10.1
Mengumpulkan
informasi mengenai proses dan produk teknologi ramah lingkungan yang ramah
lingkungan.
4.10.2. Membuat laporan hasil
karya tentang proses dan produk teknologi sederhana yang ramah lingkungan dan
mendiskusikanya dengan teman
|
Teknologi
ramah lingkungan
|
Mendata
contoh teknologi ramah lingkungan
|
Produk
|
Bisa di download ANALISIS KI-KD IPA KLS 9
Kunjungi Juga :
0 Response to "ANALISIS KI-KD IPA KELAS 9"
Post a Comment