Soal Pos Tes PMM Modul 4 Topik 4 Merancang Modul Projek SMP
1.
SD Merdeka telah melakukan
asesmen diagnostik dan menyadari bahwa lingkungan sekolahnya dekat dengan
sentra oleh-oleh daerah. Tim fasilitas projek juga menyadari bahwa ada
ketertarikan murid terkait dengan jajanan khas daerahnya. Terlebih lagi,
banyaknya orang tua murid yang bekerja sebagai pekerja di sentra oleh-oleh
tersebut. Tema apakah yang cocok diambil oleh SD Merdeka dalam berprojek
terkait dengan isu diatas?
A.
Kearifan Lokal
B.
Bangunlah jiwa dan raganya
C.
Suara Demokrasi
D.
Bhineka Tunggal Ika
2.
Pak Luis melihat beberapa alur
projek yang dicontohkan oleh pemerintah, tetapi merasa butuh penambahan
kegiatan projek agar kegiatan murid memiliki waktu lebih pada kegiatan
eksplorasi. Langkah
apa yang bisa dilakukan Pak Luis dalam merancang modul projeknya?
A.
Tidak perlu menambah kegiatan projek
B.
Menambah
asesmen yang harus dilakukan oleh murid-muridnya
C.
Menambah pertemuan/kegiatan pada sesi eksplorasi dalam modul
D.
Semua salah
3.
Dalam merancang modul projek, kita akan menentukan alur kegiatan
projek. Pemerintah telah memberikan contoh alur kegiatan projek dalam
panduan projek penguatan profil pelajar pancasila. Sebagai pendidik kita dapat
merubah alur projek sesuai dengan kebutuhan orang tua dan mitra.
Pernyataan di atas adalah ….
A. Benar
B.
Salah
4.
Dalam pelaksanaan satu tema
projek, disarankan untuk memilih 2 atau 3 dimensi yang menjadi fokus. Pernyataan
diatas adalah...
A. Benar
B. Salah
5.
Bu Ganes sedang membuat rubrik
asesmen projek SMP, bagaimanakah prinsip pembuatan rubrik asesmen yang benar?
A.
Bu Ganes harus membuat deskripsi yang jelas, terukur dan terlihat
perbedaannya di tiap tingkatan penilaiannya
B.
Bu
Ganes membuat indikator yang sulit untuk diukur
C.
Tidak
perlu melibatkan murid dalam merancang rubrik
D.
Bu
Ganes membuat deskripsi yang mudah untuk dipahami para guru, murid tidak perlu
paham
6.
Pembuatan modul projek bersifat fleksibel
karena dapat menyesuaikan dengan keadaan satuan pendidikan masing-masing.
Berikut adalah beberapa komponen inti yang ada dalam modul projek...
A.
Alur Kegiatan Projek
B.
Tema, Topik dan Dimensi juga elemen dan
Sub-elemen yang dipilih
C.
Rubrik asesmen dan instrumen asesmennya
D.
Semua benar
7.
Pak kiki melihat beberapa modul projek dalam platform yang disediakan
oleh pemerintah. Ia memutuskan akan memodfikasi modul projek yang sudah ada
untuk disesuaikan dengan konteks satuan pendidikannya. Berikut adalah kondisi modul projek yang sudah disediakan oleh
pemerintah :
1.
Modul Projek memliki 5 dimensi
2.
Alur kegiatan projek memiliki instrumen asesmen yang jelas dan terukur
3.
Setiap kegiatan sudah memiliki
pertanyaan pemantik yang tepat sasaran
Dengan kondisi
modul projek di atas, apakah yang bisa Pak Kiki modifikasi sesuai dengan
prinsip dan panduan projek?
A.
Mengurangi dimensi yang ada menjadi 2-3 dimensi yang menunjukkan fokus
utama projek ini
B.
Mengganti alur kegiatan projek sehingga 1 projek dapat dilakukan dalam
satu tahun
C.
Menambah dimensi menjadi 6 dimensi agar lebih holistik
D.
Semua
benar
8.
Penyelenggaraan pemilihan OSIS sudah semakin dekat. Tim
fasilitas projek ingin mengintegrasikan pemilihan tahunan ketua OSIS dengan
kegaitan projek murid, maka tema yang dapat diambil oleh tim fasiilitas projek
adalah..
A.
Kearifan lokal
B.
Bhineka tunggal Ika
C.
Kewirausahaan
D.
Suara Demokrasi
9.
Sebelum memulai projek, tim fasilitator
projek dapat melakukan asesmen .......... untuk mengetahui kondisi dan
kebutuhan murid
Jawaban yang tepat untuk melengkapi titik-titik di
atas adalah . . .
A.
Sumatif
B.
Awal pembelajaran
Merancang Gaya Hidup Berkelanjutan
Lampiran Gaya Hidup Berkelanjutan
Merancang Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun
NKRI
Lampiran Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun
NKRI
Merancang Bangunlah Jiwa dan Raganya
Lampiran Bangunlah Jiwa dan Raganya
0 Response to " Soal Pos Tes PMM Modul 4 Topik 4 Merancang Modul Projek SMP"
Post a Comment