Soal Pos Tes PMM Modul 4 Topik 4 Merancang Modul Projek SMP - POJOK IPA -->

Pages

Soal Pos Tes PMM Modul 4 Topik 4 Merancang Modul Projek SMP

 Soal Pos Tes PMM Modul 4 Topik 4 Merancang Modul Projek SMP

1.        SD Merdeka telah melakukan asesmen diagnostik dan menyadari bahwa lingkungan sekolahnya dekat dengan sentra oleh-oleh daerah. Tim fasilitas projek juga menyadari bahwa ada ketertarikan murid terkait dengan jajanan khas daerahnya. Terlebih lagi, banyaknya orang tua murid yang bekerja sebagai pekerja di sentra oleh-oleh tersebut. Tema apakah yang cocok diambil oleh SD Merdeka dalam berprojek terkait dengan isu diatas?

A.       Kearifan Lokal

B.       Bangunlah jiwa dan raganya

C.       Suara Demokrasi

D.       Bhineka Tunggal Ika

2.        Pak Luis melihat beberapa alur projek yang dicontohkan oleh pemerintah, tetapi merasa butuh penambahan kegiatan projek agar kegiatan murid memiliki waktu lebih pada kegiatan eksplorasi. Langkah apa yang bisa dilakukan Pak Luis dalam merancang modul projeknya?

A.       Tidak perlu menambah kegiatan projek

B.       Menambah asesmen yang harus dilakukan oleh murid-muridnya

C.       Menambah pertemuan/kegiatan pada sesi eksplorasi dalam modul

D.       Semua salah

3.        Dalam merancang modul projek, kita akan menentukan alur kegiatan projek. Pemerintah telah memberikan contoh alur kegiatan projek dalam panduan projek penguatan profil pelajar pancasila. Sebagai pendidik kita dapat merubah alur projek sesuai dengan kebutuhan orang tua dan mitra.

Pernyataan di atas adalah ….

A.       Benar

B.       Salah

4.        Dalam pelaksanaan satu tema projek, disarankan untuk memilih 2 atau 3 dimensi yang menjadi fokus. Pernyataan diatas adalah...

A.    Benar

B.     Salah

5.        Bu Ganes sedang membuat rubrik asesmen projek SMP, bagaimanakah prinsip pembuatan rubrik asesmen yang benar?

A.       Bu Ganes harus membuat deskripsi yang jelas, terukur dan terlihat perbedaannya di tiap tingkatan penilaiannya

B.       Bu Ganes membuat indikator yang sulit untuk diukur

C.       Tidak perlu melibatkan murid dalam merancang rubrik

D.       Bu Ganes membuat deskripsi yang mudah untuk dipahami para guru, murid tidak perlu paham

6.         Pembuatan modul projek bersifat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan keadaan satuan pendidikan masing-masing. Berikut adalah beberapa komponen inti yang ada dalam modul projek...

A.        Alur Kegiatan Projek

B.        Tema, Topik dan Dimensi juga elemen dan Sub-elemen yang dipilih

C.        Rubrik asesmen dan instrumen asesmennya

D.        Semua benar

7.        Pak kiki melihat beberapa modul projek dalam platform yang disediakan oleh pemerintah. Ia memutuskan akan memodfikasi modul projek yang sudah ada untuk disesuaikan dengan konteks satuan pendidikannya. Berikut adalah kondisi modul projek yang sudah disediakan oleh pemerintah :

1.      Modul Projek memliki 5 dimensi

2.      Alur kegiatan projek memiliki instrumen asesmen yang jelas dan terukur

3.      Setiap kegiatan sudah memiliki pertanyaan pemantik yang tepat sasaran

Dengan kondisi modul projek di atas, apakah yang bisa Pak Kiki modifikasi sesuai dengan prinsip dan panduan projek?

A.       Mengurangi dimensi yang ada menjadi 2-3 dimensi yang menunjukkan fokus utama projek ini

B.       Mengganti alur kegiatan projek sehingga 1 projek dapat dilakukan dalam satu tahun

C.       Menambah dimensi menjadi 6 dimensi agar lebih holistik

D.       Semua benar

8.        Penyelenggaraan pemilihan OSIS sudah semakin dekat. Tim fasilitas projek ingin mengintegrasikan pemilihan tahunan ketua OSIS dengan kegaitan projek murid, maka tema yang dapat diambil oleh tim fasiilitas projek adalah..

A.       Kearifan lokal

B.       Bhineka tunggal Ika

C.       Kewirausahaan

D.       Suara Demokrasi

9.         Sebelum memulai projek, tim fasilitator projek dapat melakukan asesmen .......... untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan murid

Jawaban yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah . . .

A.        Sumatif

B.        Awal pembelajaran

 Materi :

Merancang Modul Projek

Lampiran Suara Demokrasi

Merancang Gaya Hidup Berkelanjutan

Lampiran Gaya Hidup Berkelanjutan

Merancang Kearifan Lokal

Lampiran Kearifan Lokal

Merancang Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI

Lampiran Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI

Merancang Kewirausahaan

Lampiran Kewirausahaan 

Merancang Bangunlah Jiwa dan Raganya

Lampiran Bangunlah Jiwa dan Raganya

0 Response to " Soal Pos Tes PMM Modul 4 Topik 4 Merancang Modul Projek SMP"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel