Bunyi, Materi Pelajaran IPA Kelas 8 Kurikulum Merdeka - POJOK IPA -->

Pages

Bunyi, Materi Pelajaran IPA Kelas 8 Kurikulum Merdeka

C.       Bunyi
Video Bunyi
Sumber Gurules

Berdasarkan frekuensinya, bunyi dikelompokkan menjadi 3 macam, yaitu :
1. Bunyi Infrasonik
adalah bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 hertz.
Bunyinfrasonik hanya dapat didengar olehewan-hewan tertentu yait jangkrik,& anjing
2. Bunyi Audiosonik
adalah bunyi yang frekuensinya antara 20 hertz sampai dengan 20.000 hertzBunyi audiosonik dapat didengar oleh manusia.
3. Bunyi Ultrasonik
adalah bunyi yang frekuensinya lebih dari 20.000 hertzBunyi ultrasonik hanya dapat didengar oleh kelelawar.

Cepat rambat bunyi
Cepat rambat bunyi (v) adalah besarnya jarak yang ditempuh (s) oleh bunyi tiap satuan waktu (t). Secara matematis, dituliskan sebagai berikut.
Hubungan antara cepat rambat bunyi (v) dengan frekuensi (f) dan periode (T) adalah sebagai berikut
 atau v = λf

Resonansi

Resonansi adalah peristiwa bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran benda lain. Syarat agar dapat terjadi resonansi adalah; frekuensi benda yanberesonansi sama besar dengan frekuensi sumber bunyi. frekuensi kedua benda sama ).
Resonansi dapaterjadi pada :
1. dua benda yang diayunkan dengan tali.
2. dua garpu tala yang digetarkan.
3. kolom udara.

Resonansi  Pada Dua Benda yang Diayunkan

 Jika benda A diayunkan, maka benda C juga akan berayun.  Sedangka benda   da  tida ikut berayun. Hal ini terjadi karena frekuensi getaran benda A dan benda C sama besar, sebagai akibat tali A dan C yang sama panjang.
Resonansi Pada Dua Garpu Tala yang Digetarkan.
Frekuensi garpu tala dan B sama besar.
Jika garpu tala A digetarkan, maka garpu tala B jugakan ikut bergetar.

Resonansi Kolom Udara

video resonansi
Sumber Belajar Fisika Gratis

Jika garpu tala dengan frekuensi tertentu dibunyikan di atas kolom udara, kemudian kolom udara digerakkan naik turun, maka suatu saat terdengar bunyi yang lebih keras dari bunyi aslinya secara berulang-ulang. Pada saat terdengar bunyi yang keras dari bunyi aslinya tersebut dikatakan dalam kolom udara terjadi peristiwa resonansi.
  • Pada saat terjadi perkerasan pertama dikatakan terjadi resonansi I.
  • Pada saat terjadi perkerasan kedua dikatakan terjadi resonansi II.
Resonansi Kolom UdaraResonansi Kolom Udara
Pada saat terjadi perkerasan ketiga dikatakan terjadi resonansi III dan seterusnya
  • Resonansi I syaratnya jika L = 1/4 λ
  • Resonansi IIsyaratnya jika L = 3/4 λ
  • Resonansi III syaratnya jika L =5/4 λ
Keterangan:
L adalah panjang kolom udara di atas permukaan air.
λ adalah panjang gelombang bunyi yang terbentuk.
Dengan percobaan resonansi pada kolom udara tersebut dapat ditentukan kecepatan bunyi di udara pada saat itu dengan menggunakan persamaan :
V = λ . f
Dimana :
v adalah kecepatan bunyi (dalam m/detik)
λ adalah panjang gelombang (dalam meter)
f adalah frekuensi sumber bunyi (dalam Hz)
Jika getaran yang didengar lebih kuat, ini menunjukkan adanya resonansi dari udara di dalam tabung. Dengan demikian adanya resonansi bunyi, mengakibatkan bunyi asli menjadi lebih keras. Pada alat-alat seperti gitar, biola, kentongan, beduk, dan lain-lain diberi kotak yang berisi udara. Hal ini dimaksudkan karena udara mudah beresonansi maka bunyi yang dihasilkan oleh alat-alat tersebut menjadi lebih keras.
Sumbar : Fisikazone 

Pemantulan Bunyi

Video pemantulan bunyi
Sumber Guru les

Macam-macam bunyi pantul :
1. Bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli.
 Misalnya : bunyi pantul di ruang kelas     (   jara dinding   pemantul dekat dengan sumber  bunyi ).
2. Gaung ( = Kerdam )
 adalah bunyi pantul yang hanya sebagian bersamaan dengan bunyi asli, sehingga bunyi asli terdengar tidak jelas. (jarak dinding pemantul dengan sumber bunyi agak jauh)
Untuk menghindari kerdam/gaung, di studio radio/TV , gedung     bioskop,   atau ruangan yang besar biasanya dilapisi bahan peredam bunypada dinding ataatapnya dengan kain woll, karton, kapas, busa, karet dsb. Bahan-bahan tersebut disebut bahaakustik.
3. Gema

adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli.    (dinding    pemantul   jauh dengan sumber bunyi).
Pemanfaatan bunyi pantul, diantaranya sebagai berikut :
a.       Mengukur cepat rambat bunyi
b.      mengukur kedalaman laut
d  kedalaman air laut (m)
v  = cepat rambat bnyi di udara (m/s )
t  waktu yang diperlukan ( s )
c.       mengukur panjang lorong gua
d.      menyelidiki lapisan bumi
e.       menyelidiki kerusakan logam


Contoh soal:

1.    Sebua kapa mengirim  sinya ke  dasa laut,  ternyata  sinya tersebut  diterima kembali oleh kapal setelah 6 sekon. Jika cepat rambat bunyi dalam air laut 1.400 m/s, hitunglah kedalaman laut!
Diketahui       t       6 s
                                       v    =   1.400 m/s
Ditanya      :     d
Jawab         :       


2.    Perhatikan gambar percobaan resonansi bunyi pada kolom udara berikut!
Mula-mula tabung setinggi  1 meter tersebut penuh dengan air. Sementara garpu tala terus menerus digetarkan, kran dibuka perlahan-lahan. Pada saat air pada ketinggian seperti pada gambar, bunyi garpu tala makin keras. Panjang gelombang bunyi garpu tala tersebut adalah....
Diketahui   :     L    =   1 m – 60 cm = 40 cm
                                       n    =    1
Ditanya      :     l
Jawab         :     L    =    ¼l ® l = 4 L
l        =    4 x 40 cm = 120 cm
              Jadi panjang gelombang bunyi = 120 cm

Ulangan Online
Kode Ujian : IPA Bunyi

Latihan Soal


            1.      Perhatikan gambar berikut !
Bandul bergerak dari  A ke C memerlukan waktu 0,2 sekon dan jarak A-B-C 10 cm. Frekuensi dan Amplitudo bandul adalah ….
A.    5 Hz dan 10 cm
B.     2,5 Hz dan 10 cm
C.     2,5 Hz dan 5 cm
D.    0,4 Hz dan 5 cm
           2.       Perhatikan gambar!
Jika bandul diayun, maka bandul yang turut berayun adalah....
A.      (A) dan (E).
B.      (B) dan (D)
C.      (A) dan (B)
D.     (D) dan (E)
            3.      Perhatikan gelombang transversal berikut!
Perhatikan pula pernyataan mengenagelombang tersebut:
1.   Panjangelombangnya adala4 m
2Amplitudgelombang tersebuadalah 4 cm
3Jumlagelombang yanterjadadala4 gelombang
4Cepat rambagelombang tersebuadala30 m/s
5  Periodgelombang tersebuadala8 s
Pernyataayanbenasesuagambagelombang tersebuadalah....
           A.    dan 3 saja                         
           B.     1, 3 dan 4
           C.     dasaja.                     
           D.    2, 4 dan 5
          4.      Perhatikan gambar!
Jarak antara dua puncak gelombang berdekatan diperlihatkan seperti gambar, maka cepat rambat gelombang tersebut adalah . . . .
A.    3 m/s
B.     1,5 m/s
C.     1 m/s
D.    0,5 m/s
          5.      Sebuah pegas sepanjang 50 cm digetarkan membentuk gelombang longitudinal. yang terdiri dari dua buah rapatan dan dua buah regangan dalam waktu 0,5 sekon. Berdasarkan data                tersebut, maka panjang gelombang, periode dan cepat rambatnya adalah ....

Pilihan
λ  (cm)
T (s)
v ( cm/s)
A
25
0,25
100
B
25
0,5
50
C
50
0,25
200
D
50
0,5
100
            6.      Bunyi mesin Apollo di bulan tidak dapat didengar oleh para astronot karena di bulan. . . .
A.    suhunya terlalu tinggi
B.     tekanan sangat rendah                             
C.     gaya gravitasi besar
D.    hampa udara
            7.      Peristiwa berikut berhubungan dengan pemantulan bunyi:
1.      Mengukur kedalaman laut
2.      Menentukan tinggi rendah nada pada gitar
3.      Mengukur kecepatan bunyi di air
4.      Mengukur ketinggian gedung bertingkat
Pernyataan yang merupakan manfaat pemantulan bunyi adalah ....
A.    1 dan 2     
B.     1 dan 3     
C.     2 dan 3
D.    2 dan 4
            8.      Seorang pemimpin regu (pinru) pramuka penggalang berdiri di tanah lapang bersama  anggota  regunya. Beberapa ratus meter di depan terdapat tebing yang terjal dan berteriak                 “Hai“ dengan kuat. Setelah 1,4 detik terdengar bunyi pantul “Hai“ dari tebing itu. Jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s, jarak pinru dari tebing adalah ...
A.    170 m             
B.     238 m
C.     340 m             
D.    476 m
           9.      Seseorang berteriak dengan keras di antara dua tebing tinggi.
          Beberapa saat kemudian orang tersebut mendengar dua bunyi pantul, pertama setelah 3 sekon  dan berikutnya 4 sekon setelah ia berteriak. Cepat rambat bunyi di udara saat itu 340 m/s.
Jarak antara dua tebing tersebut adalah ….
A.    170 m
B.     510 m
C.     1.190 m
D.    1.700 m
            10.  Perhatikan gambar kolom resonansi udara dengan tabung berongga yang dapat diatur 
            panjang  kolom udaranya dengan dinaikkan dan diturunkan sebagai berikut.
          

            Ketika sumber bunyi digetarkan dan kolom udara dinaikkan, ternyata terdengar bunyi keras   ketiga pada kolom udara (x) 150 cm. Berdasarkan hasil tersebut, panjang gelombang yang dihasilkan oleh sumber bunyi adalah … . 



.

0 Response to "Bunyi, Materi Pelajaran IPA Kelas 8 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel