3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
PEMETAAN ASET
SMP NEGERI 1 PURWODADI
Berikut
adalah pemetaan 7 sumber daya/aset yang dimiliki oleh sekolah saya dan strategi
Pemanfaatannya
1. Modal Manusia
Guru
·
Memiliki kualifikasi pendidikan S-1 dan S-2 dan sebagian besar telah bersertifikasi
pendidik.
·
Sebagian besar memiliki kemampuan teknologi informasi yang baik.
· Adanya komunitas praktisi.
·
Aktif dalam mengikuti kegiatan MGMP tingkat kabupaten dan sebagian besar
menjadi ketua dan pengurus MGMP .
Murid
·
Jumlah murid banyak (33 kelas rombel) dan heterogen.
· Disiplin dan ber prestasi
Tenaga
Kependidikan
·
Memiliki kualifikasi pendidikan minimal SMA.
·
Mampu mengelola administrasi menggunakan IT.
Orang tua
·
Memiliki ekonomi golongan menengah ke atas.
· Sangat mendukung program sekolah.
Karyawan
dan Satpam
· Disiplin dalam melaksanakan tugas.
Alumni
·
Memiliki alumni yang sukses dalam pendidikan dan karier.
·
Motivator bagi adik kelas agar lebih bersemangat dalam belajar.
Kepala
Sekolah
· Memiliki kepala sekolah yang tegas, disiplin, tanggung
jawab dan amanah.
Pengawas
Sekolah
·
Berkompeten dan sebagai motivator sekolah.
Strategi Pemanfaatan Modal Manusia :
·
Menetapkan visi dan misi sekolah.
·
Melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid.
·
Meningkatkan kompetensi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti
KSN, FLS2N, KOSN, Basket, Karate, Paskibra, Paduan Suara dll.
·
Melaksanakan budaya literasi sekolah dan kegiatan keagamaan.
·
Mengaktifkan kegiatan komunitas praktisi dan MGMP sekolah.
2. Modal Sosial
· Hubungan yang baik dengan pemerintah setempat
seperti Camat, Kepolisian, Kejaksaan, Dinas Lingkungan Hidup, Rumah Sakit dan
Puskesmas,
·
Hubungan kerjasama yang baik dengan instansi lain seperti PLN, Telekom,
Bank, PDAM, PMI, dan lainnya,
·
Hubungan baik dengan organisasi seperti OSIS, Komunitas Praktisi, MGMP,
dan Komite.
Strategi Pemanfaatan Modal Sosial
·
Bekerja sama dan saling percaya dengan instansi/lembaga lain dalam
mewujudkan visi dan misi sekolah,
·
Mengoptimalkan kegiatan OSIS, komunitas praktisi dan MGMP sekolah
untuk meningkatkan pembelajaran yang berpihak pada murid
3. Modal Fisik
·
Memiliki 33 ruang kelas yang dilengkapi dengan AC, kipas, dan LCD
·
Memiliki ruang laboratorium IPA, IPS, Matematika, Komputer,
Perpustakaan, Ruang seni, dan ruang penunjang belajar lainnya yang memadai
· Memiliki saluran air bersih, saluran pembuangan
pembuangan limbah, instalasi listrik, jaringan internet, dan tempat sampah yang
memadai
Strategi Pemanfaatan Modal Fisik
· Memanfaatkan sarana dan prasarana serta merawat dan
memeliharanya secara rutin agar digunakan secara optimal untuk pembelajaran
yang bermakna
4. Modal Lingkungan/Alam
· Taman sekolah tertata dengan baik
·
Letak sekolah yang strategis dan di tengah kota
Strategi Pemanfaatan Modal
Lingkungan/Alam
·
Memanfaatkan taman sekolah sebagai tempat belajar, literasi dan kegiatan
ekstrakurikuler dan lainnya
5. Modal Finansial
· APBN Pusat/Dana BOS
· Sumbangan wali murid
· Koperasi Sekolah
· Kantin Sekolah
Strategi Pemanfaatan Modal Finansial
· Menyusun RKAS di awal tahun ajaran
·
Menyusun rencana jangka pendek dan jangka panjang
·
Membuat buku administrasi keuangan dengan tertib dan melaporkan secara
transparan
· Mengoptimalkan dana yang tersedia untuk kegiatan
sekolah
6. Modal Politik
· Kesehatan (Rumah Sakit Umum Daerah, Panti Rahayu dan
Puskesmas Purwodadi)
· BRI Purwodadi, BPD Jateng, dan BKK Purwodadi
· BPJS
· Kepolisian
· PDAM
· PLN
· PT Telekom
Strategi Pemanfaatan Modal Politik
·
Menjalin kerjasama yang baik dengan semua komponen untuk meningkatkan
mutu pendidikan sesuai dengan bidangnya masing-masing.
7. Modal Agama dan Budaya
· Multietnis sehingga mudah menerima perbedaan
· Kegiatan-kegiatan tahunan sekolah
Strategi Pemanfaatan Modal Agama dan
Budaya
· Merayakan hari-hari besar nasional
· Merayakan Kegiatan keagamaan
·
Berpartisipasi dalam kegiatan Daerah seperti karnaval dan kirab budaya
Video
0 Response to "3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"
Post a Comment