3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya - POJOK IPA -->

Pages

3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 PEMETAAN ASET

SMP NEGERI 1 PURWODADI

Berikut adalah pemetaan 7 sumber daya/aset yang dimiliki oleh sekolah saya dan strategi Pemanfaatannya

1.       Modal Manusia

Guru

·       Memiliki kualifikasi pendidikan S-1 dan S-2 dan sebagian besar telah bersertifikasi pendidik.

·       Sebagian besar memiliki kemampuan teknologi informasi yang baik.

·       Adanya komunitas praktisi.

·       Aktif dalam mengikuti kegiatan MGMP tingkat kabupaten dan sebagian besar menjadi ketua dan pengurus MGMP . 

Murid

·       Jumlah murid banyak (33 kelas rombel) dan heterogen.

·       Disiplin dan ber prestasi

Tenaga Kependidikan

·       Memiliki kualifikasi pendidikan minimal SMA.

·       Mampu mengelola administrasi menggunakan IT.

Orang tua

·       Memiliki ekonomi golongan menengah ke atas.

·       Sangat mendukung program sekolah.

Karyawan dan Satpam

·       Disiplin dalam melaksanakan tugas.

Alumni

·       Memiliki alumni yang sukses dalam pendidikan dan karier.

·       Motivator bagi adik kelas agar lebih bersemangat dalam belajar.

Kepala Sekolah

·       Memiliki kepala sekolah yang tegas, disiplin, tanggung jawab dan amanah.

Pengawas Sekolah

·       Berkompeten dan sebagai motivator sekolah.

 

Strategi Pemanfaatan Modal Manusia :

·       Menetapkan visi dan misi sekolah. 

·       Melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid.

·       Meningkatkan kompetensi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti KSN, FLS2N, KOSN, Basket, Karate, Paskibra, Paduan Suara dll.

·       Melaksanakan budaya literasi sekolah dan kegiatan keagamaan.

·       Mengaktifkan kegiatan komunitas praktisi dan MGMP sekolah.



2.       Modal Sosial

·       Hubungan yang baik dengan pemerintah setempat seperti Camat, Kepolisian, Kejaksaan, Dinas Lingkungan Hidup, Rumah Sakit dan Puskesmas,

·       Hubungan kerjasama yang baik dengan instansi lain seperti PLN, Telekom, Bank, PDAM, PMI, dan lainnya,

·       Hubungan baik dengan organisasi seperti OSIS, Komunitas Praktisi, MGMP, dan Komite.

 

Strategi Pemanfaatan Modal Sosial

·       Bekerja sama dan saling percaya dengan instansi/lembaga lain dalam mewujudkan visi dan misi sekolah,

·       Mengoptimalkan kegiatan OSIS,  komunitas praktisi dan MGMP sekolah untuk meningkatkan pembelajaran yang berpihak pada murid



3.       Modal Fisik

·       Memiliki 33 ruang kelas yang dilengkapi dengan AC, kipas, dan LCD

·       Memiliki ruang laboratorium IPA, IPS, Matematika, Komputer, Perpustakaan, Ruang seni, dan ruang penunjang belajar lainnya yang memadai

·       Memiliki saluran air bersih, saluran pembuangan pembuangan limbah, instalasi listrik, jaringan internet, dan tempat sampah yang memadai

 

Strategi Pemanfaatan Modal Fisik

·       Memanfaatkan sarana dan prasarana serta merawat dan memeliharanya secara rutin agar digunakan secara optimal untuk pembelajaran yang bermakna



4.       Modal Lingkungan/Alam

·       Taman sekolah tertata dengan baik

·       Letak sekolah yang strategis dan di tengah kota

 

Strategi Pemanfaatan Modal Lingkungan/Alam 

·       Memanfaatkan taman sekolah sebagai tempat belajar, literasi dan kegiatan ekstrakurikuler dan lainnya



5.       Modal Finansial

·       APBN Pusat/Dana BOS

·       Sumbangan wali murid

·       Koperasi Sekolah

·       Kantin Sekolah

Strategi Pemanfaatan Modal Finansial

·       Menyusun RKAS di awal tahun ajaran

·       Menyusun rencana jangka pendek dan jangka panjang

·       Membuat buku administrasi keuangan dengan tertib dan melaporkan secara transparan

·       Mengoptimalkan dana yang tersedia untuk kegiatan sekolah



6.       Modal Politik

·       Kesehatan (Rumah Sakit Umum Daerah, Panti Rahayu dan Puskesmas Purwodadi)

·       BRI Purwodadi, BPD Jateng, dan BKK Purwodadi

·       BPJS

·       Kepolisian

·       PDAM

·       PLN

·       PT Telekom

Strategi Pemanfaatan Modal Politik

·       Menjalin kerjasama yang baik dengan semua komponen untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

7.       Modal Agama dan Budaya

·       Multietnis sehingga mudah menerima perbedaan

·       Kegiatan-kegiatan tahunan sekolah 

Strategi Pemanfaatan Modal Agama dan Budaya

·       Merayakan hari-hari besar nasional 

·       Merayakan Kegiatan keagamaan

·       Berpartisipasi dalam kegiatan Daerah seperti karnaval dan kirab budaya


Video

 

0 Response to "3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya"

Post a Comment

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel